Kiat Agar Kita Disukai Banyak Orang

Siapa sih dari kita yang tidak ingin disukai oleh banyak orang? Setiap individu yang suka bersosialisasi tentunya ingin diterima dan disukai oleh lingkungannya. Karena dengan disukai banyak orang, maka dalam berinteraksi kita akan menjadi semakin enjoy. Tidak ada rasa curiga, tidak ada rasa iri dan dengki serta tidak ada perasaan tidak enak di dalam hati orang-orang yang menyukai kita.

Sebetulnya ada cara yang sederhana agar kita disukai banyak orang. Dalam buku Best Seller "Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain" karya Dale Carnegie disebutkan, untuk membuat orang lain menyukai kita adalah dengan cara "Memperlakukan mereka seperti kita ingin diperlakukan". Meski sederhana namun dalam aplikasinya di kehidupan sehari-hari, cara ini begitu sulit karena membutuhkan pengorbanan untuk melakukannya. Mengapa saya katakan sulit dan membutuhkan pengorbanan? Karena seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, bahwa pada dasarnya manusia adalah makhluk egois.

Dalam buku ini juga mengajarkan kepada kita semua melalui sebuah ungkapan bijak, "Jika ingin mendapatkan madu, jangan tendang sarang tawonnya". Maksud dari ungkapan tersebut adalah jika kita ingin mendapatkan respek dan disukai orang lain, maka jangan pernah menyinggung perasaannya. Apalagi sampai menyakiti fisiknya dengan cara memukul, menampar, mencakar, atau dengan jurus apapun yang kita kuasai.

Untuk itu Dale Carnegie memberikan 6 Tips kepada kita, agar menjadi insan yang disukai oleh orang lain:

  1. Berminatlah pada orang lain dengan tulus.
    Jika kita mengharapkan orang lain menyukai kita, maka tumbuhkanlah minat terhadap orang lain. Hargailah orang lain seperti kita menghargai diri sendiri, karena dengan menghargai orang lain tidak akan pernah mengurangi harga diri kita sendiri.

  2. Tersenyumlah pada semua orang.
    Setiap kali kita berjumpa dengan orang, baik yang kita kenal maupun tidak, berusahalah untuk melempar senyum kepada mereka. Sebab dengan memberi senyuman akan membuat suasana menjadi lebih cair dan bersahabat. Orang yang tidak kita kenalpun jika diberi senyuman, pasti mereka juga akan membalas senyum kita (terkecuali orang yang sedang mengalami gangguan mental). Bahkan mereka akan mengingat-ingat kembali, "Pernah berjumpa dimana ya dengan orang ini?" Padahal tidak pernah berjumpa sekalipun.

  3. Berusaha mengingat nama orang lain.
    Nama adalah identitas diri yang paling berharga melebihi pangkat dan titel. Untuk itu usahakan menyebut nama jika kita memanggil atau berbicara dengan orang yang kita kenal. Jangan memanggil dengan julukan yang tidak dia sukai, apalagi menggantinya dengan nama binatang seperti "anjing" atau "babi".

  4. Jadilah pendengar yang baik.
    Pada saat kita mengobrol dengan orang lain, usahakan untuk tidak mendominasi pembicaraan. Apalagi yang kita bicarakan adalah tentang diri kita, keluarga kita, hobi kita dan kesuksesan kita. Lama-lama orang akan menjadi bosan dan menganggap kita sok pamer. Belajarlah menjadi pendengar yang baik, dengan memberi kesempatan kepada orang lain untuk bercerita lebih banyak. Jika dia adalah orang pendiam, kita bisa memancing pertanyaan umum tentang dirinya, keluarganya atau aktivitasnya. Hindarilah pertanyaan yang bersifat privasi seperti: gajinya berapa?, istrinya berapa? dan sejenisnya.

  5. Bicarakan minat orang lain.
    Di setiap perbincangan apapun dan dimanapun, sebisa mungkin kita kurangi cerita yang hanya kita minati. Biarkan orang lain yang bercerita tentang minatnya, karena itu akan membuat dia merasa dihargai. Jika minat yang dia bicarakan kita tidak tahu banyak, maka kita jawab saja sebatas yang kita tahu. Jangan menjadi PERSOTI (Pekumpulan Orang Sok Tahu Indonesia), karena justru mengesankan kita ngawur dan mengada-ada. Belajarlah berbicara menurut sudut pandang orang lain, bukan hanya sudut pandang kita sendiri.

  6. Buatlah orang lain merasa penting.
    Dengan siapapun kita bersosialisasi, janganlah pernah memandangnya karena usia, status sosial, jabatan, dan apapun strata yang melekat pada dirinya. Buatlah orang lain merasa penting dan kita lakukan itu dengan tulus. Meski yang kita temui atau kita ajak bicara adalah tukang sampah, maka berikanlah penghargaan kepadanya tanpa melihat status pekerjaannya. Bayangkan saja jika tidak ada orang yang menjadi tukang sampah, depan rumah kita akan menjadi seperti TPA (Tempat Pembuangan Akhir).


Dengan menerapkan 6 tips yang diberikan Dale Carnegie ini, akan membuat kita menjadi orang yang ramah. Tapi seperti saya ungkapkan di awal, bahwa untuk menerapkan tips ini tidak mudah dan membutuhkan pengorbanan. Dan pengorbanan yang terbesar adalah kita dituntut untuk menurunkan ego kita. Karena tanpa menurunkan ego sedikitpun, mustahil kita bisa menerapkan tips-tips yang diajarkan oleh penulis yang bukunya menjadi panduan bagi kebanyakan orang sukses di dunia tersebut.

Memang teori ini tidak akan bisa dibuat untuk menghitung rangka beton, menentukan kecepatan mesin, mengukur aerodinamis sebuah mobil, mengoptimasi serta mempercantik blog dan ilmu tekhnik lainnya. Namun apa guna kita menjadi orang yang pandai dan mampu menciptakan produk jika kita tak mampu memasarkannya? Karena untuk memasarkan produk butuh relasi dan berhubungan dengan orang lain. Cepat atau lambat, kita akan membutuhkan ilmu tentang bagaimana mencari kawan dan mempengaruhi orang lain.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

106 comments

26 Januari, 2012

Semua yg ada di postingan bang arie selalu jadi inspirasi saya untuk menjadi lebih baik.... siap laksanakan apa yg jadi poin diatas...moga bang arie jadi makin suka dengan saya...hehehhehe....

26 Januari, 2012

laksanakan ah tipsnya :D makasih ya bang tipsnya hehe semoga makin sukses

siip, , , berusah agar menjadi orang yg tidak ego sob

26 Januari, 2012

Nah ini tips yang sangat menarik. Point ke-3 kekurangan saya sangat susah menghapal nama orang. Satu bulan saja tidak ketemu otak sering blank lupa sama sekali dg nama org tersebut ... #aneh :(

happy blogging

26 Januari, 2012

tips bagus ne sob..ane sangat suka sama yang no.2 (Tersenyumlah pada semua orang)..asal orang yang disenyumi tidak beranggapan lain.hmmm

26 Januari, 2012

wooww tips yang sederhana tpi manteb...

bener kata Kang asep, susah juga ngapalin nama, kecuali sering berkumpul atau bertemu, pasti hapal...

yang paling gampang adalah point no 2, senyum pada semua orang tpi harus dengan hati yang tulus, karena senyum juga termasuk sedekah...

terima kasih tipsnya bang...

26 Januari, 2012

wah no 4 saya bgt tuch sob..??

26 Januari, 2012

Tips yang sederhana, namun sangat berat jika dilaksanakan..tapi jika berusaha kita bisa...:)

26 Januari, 2012

good post,boss
tapi jangan lupa kita juga jangan jadi pengekor orang lain..jangan karena ingin disukai banyak orang malah jadi mengorbankan diri sendiri..

26 Januari, 2012

Tipsnya oke banget dech...Semoga kita jadi insan yang disukai oranglain karena sisi positif kita. Terimakasih tipsnya ya sobat.

26 Januari, 2012

sangat bermanfaat mas...... ^_^

26 Januari, 2012

bermanfaat skli tipsnya sob, cocok sekali dg apa yg kita butuhkan, bisa juga dipakai saat BW, untuk nambah teman/shbt, goodpost

26 Januari, 2012

Tips patut di coba tuh .... salam kenal.:D

26 Januari, 2012

yes...yes..pastilah dengan tips ini makin banyak yang nyantol hihihi..
malam mas Arie, semoga keluarga sehat2 ya :)

26 Januari, 2012

tampil apa adanya dan selalu lowprofil juga harus, dan jadilah diri sendiri juga penting.

26 Januari, 2012

@Kang Farhan: Weeehh... saya memang suka kok sama masbro, tapi jangan disalah artikan lhoo. Nanti jadi maho kayak istilah kaskus hahaha :D

@sampeweweh: Semoga sukses untuk kita semua sob, terima kasih ya :)

26 Januari, 2012

@Arief Rachmadi Blogger Pemula: kita tidak bisa menghilangkan ego karena itu bagian dari manusia, kita hanya bisa mengendalikannya sob :)

@Sakahayang Kang Asep: Yah mungkin karena orang yang kita temui sangat banyak kang Asep, jadinya sering lupa kalau lama tidak ketemu.. hehehe :)

26 Januari, 2012

@B@zz0874: Ya sih, asal senyumnya proporsional. Jangan cengar cengir terus, orang malah takut nanti :)

@uniknya: Betul sob..apalagi orang jejaring sosial atau komunitas, sukanya pakai username atau nama samaran. Jadinya yang kita ingat nama itu deh :)

26 Januari, 2012

@MASNADY-BLOEGREEN: Keuntungan orang pendiam, biasanya lebih suka mendengarkan. Tapi kelemahannya biasanya cepet kehabisan bahan obrolan hahaha :)

@Muro'i El-Barezy: Betul sob, sederhana tapi susah. Butuh latihan dan perjuangan :)

26 Januari, 2012

@roedie: Bener sob sepakat. Jika saat mengambil keputusan, itu memang butuh ketegasan kita sendiri... karena kitalah yang akan menanggung resiko terbesar :)

@Sweethy Amore: Terima kasih juga sudah mampir.. semoga kita semua jadi lebih baik dari hari ke hari :)

26 Januari, 2012

@Nanang Ismail: Salam kenal juga sob, semoga ada manfaat yang bisa diambil :)

@Tonnys: Hahahaha... nyantol buat apa mas? asal jangan jadi jemuran lho hehehe :D
Kabar keluarga baik² mas Tonny, saat ini persiapan jadi ayah :)

26 Januari, 2012

@Desa Cilembu: Bener bang, sepakat. Karena kita tidak akan mampu untuk menjadi orang lain. Terima kasih masukannya :)

26 Januari, 2012

tips yang menarik bang, wlaupun sulit di lakukan, toh kw kita mau menjadi seorang yang besar kudu mengerti dan berbuat seperti itu secara alami dan secara ikhlas. nice post sangat menarik bang :)

26 Januari, 2012

@goyang pattah-pattah: Trims sob... memang segala sesuatu membutuhkan proses dan perjuangan untuk melakukannya :)

26 Januari, 2012

Dalam ajaran agama manapun adalah dianjurkan agar mengasihi "sesama". Secara rinci memang tidak disebutkan bagaimana cara melakukannya. Artikel PakBro, dengan sumber yang sangat jelas memberikan semacam tips bagaimana cara agar kita disukai oleh orang lain. Tentu sangat bermanfaat bagi "mereka" yang menginginkan agar disukai orang lain...

26 Januari, 2012

Mantef banget bang artikelnya,aku suka banget kalo ada yang menulis artikel seperti ini,makanya aku betah banget kalo baca artikel dari bang Arie......hahhahyyyyyy.

26 Januari, 2012

@ismanpunggul: Bener pakbro... memang semua agama mengajarkan pada kebaikan, khususnya untuk semua umat manusia :)

@ICAH BANJARMASIN: Saya juga senang bang Icah bisa mampir kesini lagi, kangen bang hahaha :D

27 Januari, 2012

wah, thanks atas post articlenya. gara2 nih artikel semangat saya kembal termotiasi! :)

27 Januari, 2012

@kang ucup: Makasih kang, moga ada manfaat yg bisa diambil :)

27 Januari, 2012

kebetulan sekali... saya baru baca ulang buku itu.....

hahhahaa....

27 Januari, 2012

menarik sekali sahabat, memang kita harus belajar mau mendengar ..., salam

baca tiap point nya kayaknya mudah, tp kadang pelaksanaan nya yang angin2-an... apalagi ktemu orang yg jengkelin, teori dr pak dale carnegie ini dah ilang ntah kemana :D

27 Januari, 2012

mantab sobat, ijin nyimak...

27 Januari, 2012

@adeline: Lah.. kok kebetulan sekali hehehe :)

@BRI Jakarta Veteran: Betul bang, belajar mendengar mengurangi dominasi ke orang lain :)

27 Januari, 2012

@souvenir tasbih cantik: Memang sederhana sob, makanya saya ungkapkan meski sederhana tapi penerapannya bisa cukup sulit :)

@Arif Pri: Silahkan sob, moga ada manfaatnya ya :)

27 Januari, 2012

sungguh ulasan kiat yang sangat bermanfaat untuk menjadikan diri ini bisa lebih bersosialisasi dan menyatu dengan lingungan pergaulan dimanapun berada :-)

27 Januari, 2012

mantab nih bang postnya. bermanfaat

wah keren sob,nice infonya

27 Januari, 2012

memang sulit sobat butuh pengorbanan, terlebih banyak orang maunya senang melulu dan mereka tidak memikirkan orang yang memberi kesenangan. artikel bagus sobat

27 Januari, 2012

@BlogS of Hariyanto: Makasih bang hariyanto, semoga bermanfaat untuk kita semua :)

@ahmas2396: Trim sob udah mau membaca artikelnya :)

27 Januari, 2012

@Gadged Reviews-Faisal Blog: Terima kasih ya sob atas kunjungannya :)

@Belajar Komputer: Bener sob, kesulitan terbesar adalah pada ego manusia itu sendiri :)

27 Januari, 2012

Keingat seperti mario teguh seperti gini ... :D

27 Januari, 2012

Follow sukses yang ke #46
follback secepatnya ya...!!! :)

28 Januari, 2012

wah info yang sangat berguna ...
keep posting ya bang .
:)

28 Januari, 2012

@Torayasurabaya: Wah... kalau sama beliau mah beda jauh sob :)
Saya sudah pernah follow, belum pernah di cek ya?? :D

@Juli suhendri: Trims sob, moga ada manfaatnya :)

02 Februari, 2012

gimana cra ber langganan

05 Februari, 2012

keren banget gan , saya suka :)

22 Februari, 2012

terima kasih kang atas artikelnya. belajar menurunkan ego untuk menghargai orang lain ^^. tp yg sy alami (meski beberapa tips di atas pernah sy jalankan) tetap saja sulit u/ mendapatkan teman bahkan bbrp dari mereka mengukur sejauh mana kekayaan dan ketenarn sy di masyarakat. haddowwwhhh..., makanya sy lebih baik diam sj dan internetan di rumah (red: kamar), selain rutinitas kerja harian...^^~curhat mode on~

salam blogger^^

23 Februari, 2012

dr ke-6 poin,poin ke3 lah yg keap kali di langgar,,,hhhhhhhhhhh
tp keren banged,jarang2 yg posting begini,,maju terus pakbro,,,

23 Februari, 2012

nice share gan,,follow suses,folo back ya

02 Maret, 2012

mantap infonya, semoga makin banyak saja teman

15 Maret, 2012

semua poin bakal saya ikuti, semoga saya menjadi lebih baik dari yang sekarang.
terimakasih share yang selalu menjadikan yang mampir kesini akan menjadi lebih baik...amin

18 Maret, 2012

waaah... cepet sukses and pasti banyak sahabat dengan tips ini nih... **thanks yaaa...

24 Maret, 2012

Satu dari buku dale carnegie diulas sempurna di sini. sangat menarik memang membaca buku ini, ditambah lagi ulasan menarik yang Bapak suguhkan di sini.

04 April, 2012

Tips Sederhana tapi sangat manjur nih kang thanks infonya kang admin

04 April, 2012

bermanfaat infonya dan tipsnya ...

07 April, 2012

sangat bermanfaat nih kawan, dalam pergaulan, thanks informasinya

09 April, 2012

nice posting kang :)
di coba ahh..tapi kya'a sii hrus extra sabar :D
salam blogger

13 April, 2012

AYO BERJUANG MENJADI YANG TERBAIK

15 April, 2012

super sekali saudara arie, smoga stiap postingan bang arie bisa menjadi bahan ajar untuk pendewasaan setiap pembacanya...

Anonim
17 April, 2012

orang yg melankolis dan plegmatis sepertinya tidak terlalu kesulitan dlm hal ini :)

29 April, 2012

terimakasih tipsnya mas arie...

tips no.6 saya setuju banget karena tidak ada batasan umur untuk bergaul dan saling menghargai :)

makasih infonya.. sangat membanttu

13 Mei, 2012

siplah kang Arie, kpn ya aku bisa nulis yang bagus ky punya kang Arie???? mungkin hanya Tuhan yng tahu, tapi Dewi Lestari bilang "malaikat juga tahu" cuma aku yang belum tahu..

makasih banyak ya gan buat infonya

23 Mei, 2012

salam kenal ya gan

23 Mei, 2012

Mkasih banget nih informasinya moga sukses trus gan...

Salam kenal gan makasih mo berbagi informasinya...

01 Juni, 2012

Terima kasih atas tipsnya

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

01 Juni, 2012

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

01 Juni, 2012

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

01 Juni, 2012

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

01 Juni, 2012

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

03 Juni, 2012

Saya sudah mempraktekkan banyak kali cara :D, salah satu yang cocok untuk anak muda sekarang adalah jadi oran Lebay dan Cerewet :D pasti banyak temennya :D hehehhee

12 Juni, 2012

di tunggu tulisan berikutnya...

15 Juni, 2012

trims sudah berbagi gan,, untuk yan gingin mendalami seni membuat orang suka bahkan jatuh cinta silahkan baca buku saya GRATISS

di farhanfh.blogspot.com

salam kenal ya gan siapa tahu bermanfaat

11 Juli, 2012

salam kenal ya gan....

makasih banyak ya gan sudah mau berbagi ilmunya

11 Juli, 2012

Wah mantap banget kiat-kiatxa...

28 Juli, 2012

poin ke 3 yg saya ska lupa...:D
makasih gan, salam kenal n' nice share...

04 Agustus, 2012

tipsnya sangat bagus dan penting sekali sob,,bener tuh kita harus mementingakn orang lain ..tidak menganngap remeh..selalu tersenyumm..bagus,,,semoga sobat nih selalu menjadi orang yg disukai banyak orang sob,,,

tersenyum aja ma orang lain sob,,tp jangan terusan senyum nanti dikira orang aneh wkwkwkw

afif
09 Agustus, 2012

emang iya kalo trsenyum teruz entar dikirain kya orgil....... hehehehehehe..........

anggi
09 Agustus, 2012

hahahahahaha.... y yg orgil kmue fif kan kmu trsenyum trus,,,,, heeeeeeeeeeeee.........

jadi pengdengar yang baik tidak salah sih... tapi ada kalanya kita juga harus ngomong, tidak hanya diam terus2an

07 November, 2012

saya coba tips yang sob kasih

maria
30 November, 2012

kalau kita sudah menghargai orang tapi kita tetap tidak di hargai org lain gmn tuh kak

02 Desember, 2012

@mariaPerbuatan baik memang tidak selalu berbalas kebaikan. Ikhlaskan saja, nanti pasti akan bertemu orang lain yg mau menghargai kita

20 Desember, 2012

Kepemimpinan dinilai dari seberapa besar kemampuan yang dimiliki untuk mempengaruhi orang lain

30 Desember, 2012

Tips diatas sangat bagus juga diterapkan untuk pelanggan saya
terima kasih

01 Maret, 2013

wah bener banget tuh bila kita ingin di sukain banyak orang kita juga harus mehormati mereka.

01 Maret, 2013

bila kita ingin di sukai banyak orang kita juga harus menyukai mereka.

01 Maret, 2013

kebanyakan orang yang mau di sukai banyak orang tetapi mereka tidak mau menyukai orang lain.

01 Maret, 2013

bagus sekali informasinya semoga berguna.

bila kita ingin di sukai oleh orang banyak kita juga harus sopan kepada mereka semua.

menjadi pendengar yang baik membuat kita paham akan pemikiran sahabat , nice info

19 Desember, 2013

semua nya MEMBERI AKU INSPIRASI MAKASIH YA

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.