Arti Kebersamaan Dalam Organisasi

Kata "Kebersamaan" terasa begitu familiar di telinga kita, khususnya bagi mereka yang tergabung dalam sebuah komunitas atau organisasi. Tapi terkadang individu didalam kelompok tersebut tidak tahu atau bahkan melalaikan arti makna dari kebersamaan. Mengapa rasa kebersamaan begitu penting dalam sebuah organisasi, ikatan, group atau komunitas? Kata "Kebersamaan" memiliki makna sebuah ikatan yang terbentuk karena rasa kekeluargaan/persaudaraan, lebih dari sekedar bekerja sama atau hubungan profesional biasa.


Kebersamaan memiliki 4 unsur yang harus diciptakan dan dijaga oleh setiap individu yang tergabung didalamnya:

1. Sehati & Sepikir (Satu Visi)
Dalam sebuah organisasi akan terdapat banyak orang yang memiliki pendapat berbeda. Satu kepala satu ide, seribu kepala seribu ide. Namun jika ingin membuat kelompok kita kuat dan solid, maka selayaknya kepentingan bersama lebih diutamakan dari kepentingan pribadi. Tinggalkan perbedaan dan galang persamaan, akan mengantar organisasi kita dapat berjalan dg lancar.

2. Tidak Egois
Sudah bukan rahasia lagi jika manusia itu adalah "makhluk egois". Apapun yang tidak memiliki nilai tambah buat dirinya, kebanyakan tidak akan ada partisipasi yang dikeluarkan, bahkan dianggap tidak penting. Jika sifat ini ada dalam sebuah organisasi, bisa dipastikan organisasi tersebut hanya punya program tapi tidak ada kegiatan. Tidak ada yang mempelopori, karena semua menganggap apa yang mereka lakukan tidak ada imbal baliknya. Jika ingin memiliki organisasi yang solid, maka kita mulai utk belajar menurunkan Ego demi kepentingan bersama.

3. Kerendahan Hati
Organisasi akan memiliki anggota yang hegemoni (campuran). Terkadang ada sebagian anggota yang terlibat tidak memiliki keahlian dan pengalaman khusus, modal mereka hanya sekedar kerelaan demi memberikan sumbangsih. Maka selayaknya anggota yang memiliki usia lebih tua, pengalaman lebih matang, keahlian lebih tinggi, kondisi finansial lebih beruntung, untuk menekan rasa sombong dalam diri dan rela bekerja sama (sambil menuntun) dg anggota lainnya. Kerendahan hati akan menghindarkan kita dari rasa benci, iri hati dan timbulnya kelompok yang terkotak-kotak.

4. Kerelaan Berkorban.
Setiap individu dalam sebuah organisasi, akan memiliki sumbangsih yang bisa berbeda-beda. Ada yang menyumbangkan dana, pikiran, fasilitas, tenaga atau waktu. yang punya finansial lebih menyumbangkan dana utk transportasi dan konsumsi, sementara yang memiliki waktu menyumbangkan tenaga dan waktunya utk melaksanakan tugas. Perbedaan sumbangsih jangan sampai membuat gesekan negatif yang bisa berdampak pada perpecahan. Jika ingin bekerja bersama-sama, maka siapkan kerelaan untuk mau berkorban dan jangan pernah itung-itungan.

Jika setiap individu dalam sebuah organisasi memahami dan terus belajar untuk memenuhi 4 unsur diatas, maka lambat laun organisasi yang dikembangkan akan menjadi semakin kuat dan solid di kemudian hari. Kesadaran diri untuk menjadi insan yang lebih baik dan terus bertumbuh, akan sangat membantu proses perubahan diri.


~ Happy Blogging & Belajar Lebih Baik ~

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

20 comments

28 November, 2012

lama baru baru mucul sobat, hehheheee.... kebersamaan mank indah ya sobat. dengan 4 tips yang di berikan mas ari, saya yakin dech kebersamaan akan langgeng :)

28 November, 2012

Astagaaaa..karatan juga ini blog lama ga diupdate..kikikikkk..kebersamaan itu memnag penting ya bang,mantef banget dech artikelnya..hahahayyy

29 November, 2012

@IcahbanjarmasinIseng aja bukak² bang, ditinggal 5 bulan di hutan malah dikasih naik PR-nya... nyahaihaahia :D

29 November, 2012

@goyang patah patahKebersamaan memang indah, karena itu kangen juga gak keliling blogwalking lagi :D

29 November, 2012

Sulit ngga, mudah juga ngga gabung dengan organisasi tapi kalau kita mau selalu belajar dan membuka diri, insyaallah kelak akan jadi organisator yang mantap.
pernah sekali waktu bertanya dalam hati...ngga ada kabar beritanya akang didunia blogger, sehat kah?...sakitkah?, satu lagi kemaren palestina memerah lagi, langsung tak buka lagi buku "Purnama Untuk Palestine"
linknya sempet kehapus, saat ngoprek "link error" diweb desa...maaf atas ketidaknyamanannya, kini sudah diperbaiki.
salam sehat selalu kang

30 November, 2012

sangat menginspirasi sekali, terutama bagi yang mereka yang terjun dalam dunia organisasi karena memang gesekan antar akan sering terjadi seiring pertumbuhan oraganisasi

02 Desember, 2012

@Cilembu theaBisa dimaklumi kok kang, sbb blog ini tak terurus lama. Ini pas online kok yg dapet bingkisan PR dari mbah google, jadi mau diurus lagi kayaknya.... hahahaha

05 Desember, 2012

saya sangat setuju sekali dengan postingan di atas. sukses selalu

11 Desember, 2012

bisa menumbuhkan jiwa sosial kita, saling memahami dan mengerti satu sama lain..

14 Desember, 2012

selalu bersama dalam suka maupun duka...walau jrang ketemu tapi hati kita selalu bersama... hahayyy..iyo to bang arie...xixixi

pemimpi kecil tuk merubah Bangsaku

15 Desember, 2012

ane setuju banget dengan artikel di atas, sangat bermanfaat gan

22 Desember, 2012

nice share gan

25 Desember, 2012

Artikelnya menarik mas.. senang bisa ketemu ni blog bagus..salam kenal ya

26 Desember, 2012

wah artikel yang sangat bagus sob.. ane suka nih
mampir juga yah ??

31 Desember, 2012

tutorial sangat bermutu trims

Jelang 2013 sebentar lagi, cilembu mendo'akan semoga seluruh keluarga diberikan kesehatan, kebahagiaan dan sukses selalu.

09 Januari, 2013

artikel yang sangat menarik , isi blog nya pun sangat menarik

Kunjungan Perdana Nih

13 Februari, 2013

kebersamaan seperti isitilah yang sering kita dengar, makan gak makan asal ngumpul :D

setuju banget dengan tulisan dalam artikel ini

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.