Perbedaan Topik dan Judul Sebuah Tulisan

Artikel ini saya tulis dikarenakan masih ada kebingungan bagi sebagian orang, yang menganggap judul sama dengan topik. Padahal topik dengan judul itu berbeda. Seperti yang saya tulis di bagian akhir artikel Pembatasan Topik untuk Tulisan, bahwa topik adalah intisari atau pokok pikiran yang menjadi pembahasan, sementara judul adalah kalimat yang dijadikan headline atau kepala tulisan agar lebih menarik dan membuat penasaran.

Pemilihan topik harus ditentukan sebelum memulai menulis, sedangkan judul bisa dibuat sebelum atau sesudah tulisan itu jadi. Bagi penulis yang sudah berpengalaman, pemilihan judul sering dilakukan setelah karya tulisnya jadi. Kalaupun dibuat sebelum memulai menulis, tak jarang penulis merasa perlu untuk mempertimbangkannya kembali atau merubahnya. Ini dimaksudkan agar judul sebagai headline benar-benar sesuai dengan isi tulisan. Topik dan judul memiiliki kedudukan yang sangat penting dalam sebuah tulisan. Topik penting untuk membuat rumusan pokok pikiran selama proses menulis. Judul juga penting karena dijadikan headline, terutama saat disuguhkan kepada pembaca.

Untuk lebih jelasnya saya akan berikan contoh perbedaan topik dan judul sebagai berikut :

Misalnya topik tentang "Perjuangan Ki Hadjar Dewantara" dengan pokok pikiran, "Ki Hadjar Dewantara berjuang dengan mencetuskan pemikiran yang cemerlang, khususnya dalam bidang pendidikan. Pemikiran-pemikiran itu masih tetap bisa digunakan untuk masa kini dan masa yang akan datang. Meskipun Ki Hadjar Dewantara mencetuskannya pada masa sebelum kemerdekaan."

Tulisan yang sudah jadi berdasar topik dengan pokok pikiran tersebut bisa diberi judul "Pemikiran Seorang Pejuang Pendidikan", atau "Ki Hadjar Dewantara seorang yang Jenius", atau "Ki Hadjar Dewantara Putera Bangsa Indonesia yang Besar", atau "Warisan Ki Hadjar Dewantara", atau "Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Masih akan Tetap Aktual" dan seterusnya.

Judul selain dibuat berdasarkan selera penulisnya juga harus sesuai dengan isi tulisannya. Untuk itu seorang penulis harus mampu memilih judul yang dianggapnya menarik dan memiliki nilai artistik. Sehingga dengan membaca judulnya saja, pembaca sudah tertarik dan memutuskan untuk membaca lebih lanjut karya tulis seorang penulis. Topik bisa saja berbeda dengan judul, asalkan masih memiliki kesesuaian dengan isi tulisan. Terkadang ada topik yang langsung dijadikan menjadi sebuah judul, ini sering didapati dalam tulisan-tulisan ilmiah. Namun untuk saat ini, tulisan yang tidak berpretensi ilmiah pun seperti tulisan populer atau tulisan jurnalistik, kerapkali membuat topik langsung sebagai judul.

Dari ulasan ini semoga saja tidak ada lagi pembaca yang bingung akan perbedaan dari topik dengan judul. Mungkin kelihatan serupa, tapi keduanya tidaklah sama artinya. Dan untuk postingan selanjutnya, saya akan memberikan "Tips Membuat Judul yang Baik dan Menarik". Jika diantara pembaca ada hal yang belum jelas dan ingin ditanyakan, silahkan ditulis di kolom komentar. Tapi mohon maaf jika jawabannya tidak quick respond, sebab aktivitas saya tidak selalu terhubung dengan jaringan internet. Atau Anda bisa langsung berkomunikasi dengan istri saya, Vanny Chrisma W, via facebook.


~ Happy Blogging & Teruslah Belajar ~
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

128 comments

25 Juni, 2012

artikel yang bagus mas...
benar apa yang mas Arie katakan ketika kita menulis dengan kita sudah menulis judul terlebih dahulu sering kali setelah dibaca ulang perlu ada yang dirubah.
Tapi mas, memilih judul setelah tulisan selesai juga sangat sulit, setidaknya itu pengalaman saya. Ada beberapa puisi yang saya buat dan sampai saat ini saya belum menemukan judul yang pas buat puisi saya.

Met siang mas Arie, happy blogging moga sukses selalu

25 Juni, 2012

Artikel yang memberikan wawasan, karena menulis bukan perkara mudah, setidaknya dengan membaca artikel ini tulisan kita bisa lebih terarah.

25 Juni, 2012

wahhh, sangat membantu sekali artikel mas arie ini. saya akan terus belajar menulis mas, biar bisa jadi penulis handal :))

salam sukses :)

25 Juni, 2012

Kang Arie selalu menampilkan tulisan yang berkelas. Bagi pemula dalam menulis seperti saya, kadang kala ketika menemukan topik yang menarik, justru saya kesulitan membuat judul. Jadi, saya benar2 nunggu postingan selanjutnya Kang ...
Thank's udah share ...

hingga detik inipun saiia jelas masih harus banyak belajar.. terbukti.. sering terjadinya ngaco arah pembicaraan pada banyak tulisan kami :( terimakasih atas artikelnya.. sangat bermanfaat :)

26 Juni, 2012

ternyata Judul sama Topik beda ya bang, aku juga kadang masih bingung membedakan antara topik dengan judul... masih harus banyak belajar lagi nih aku sama Bang Arie hehehe...., terima kasih Bang, sangat bermanfaat postingannya .. :)

terimakasih kawan..sudah memberikan pemahaman perbedaan topik dan judul :)

26 Juni, 2012

pengalaman saya kalau manulis kadang susah pingin ngasih judulnya apa padahal tulisan sudah siap hehehe...makasih informasinya ya :D

Biasannya kalo menulis posting atau artikel kita harus memberikan judul sesuai topik yang deiberikan

26 Juni, 2012

sangat bermanfaat nih artikel, gk tau mau komentar apa, saya bingung mau komentar apa :D
Nice Post bang Arie

bener bgt bang kadang saya juga merasa kesulitan untuk membedakan antara judul dan topik. dengan artikel yg ditulis saya merasa terbantu atas penjelasannya. thanks bang :)

Anonim
27 Juni, 2012

wah jadi teringat masa-masa sekolah dulu mas,
ane sering di cubit sama guru bahasanya masalah persis kayak topik artikel ini.
KKKKKKKK
nice post sobat.

27 Juni, 2012

Weleeehh.. dari dulu saya kira sama .. setelah baca ini baru tahu to perbedaannya.. :O terimakasih ya pengetahuannya :)

27 Juni, 2012

Terima kasih pencerahan tentang judul dan topik. Satu lagi yang masih bingung adalah tema. Sukses slalu.

27 Juni, 2012

wah bener banget nih mas. dalam jurnalistik biasanya judul itu di bikin kontroversial atau drmataisir, sehingga menarik minat pembaca. betul tidak?

event ngeblog: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

27 Juni, 2012

wah terkadang bingung untuk menentukan keduanya
tapi makasi mas, nambah ilmu

27 Juni, 2012

sampai sekarang saya masih bingung dengan topik dan judul,tapi tetap berusaha agar tahu lebih banyak mengenai hal-hal seperti diatas kang,thanks infonya,. :)

27 Juni, 2012

bener banget. tapi kalo untuk SEO menurut saya si topik disamakan saja dengan judul postingan blog bang.. ^__^

27 Juni, 2012

saya selalu bingung kang memilih judul postingan.. tulisan biar menarik untuk dibaca, judulnya harus mantep dan menarik kan?..

dan itu yang belum bisa saya lakukan, membuat judul yang menarik.. jadi selama ini saya hanya buat judul seadanya.. hehehe

27 Juni, 2012

@aidaJudul itu memang cukup sulit mbak, maka itu penulis yang sudah biasa nulis sering tidak memikirkan judul di awal karena bisa menghabiskan waktu. Yg pertama dilakukan adalah memilih topik dahulu, karena dari topik akan disusun kerangka pokok pikirannya.

Untuk puisi saya rasa lebih simple daripada tulisan cerita atau artikel. Seperti judul puisi "Aku" nya Khairil Anwar saja masih sering dibaca hingga sekarang. Yg terpenting dalam puisi adalah untaian katanya saya rasa. Karena per judul tulisan puisi tidak sebanyak cerpen atau bahkan novel.

27 Juni, 2012

@CosmosArtikel yg ini utk memperjelas saja perbedaan topik dengan judul sob. Agar si penulis tidak rancu :)

27 Juni, 2012

@Bang DayatMoga dg seringnya nulis artikel di blog, akan semakin mengasah kemampuan mas Dayat. Siapa tahu dari sekedar sharing, nantinya akan ada tawaran untuk menulis komersial. Lumayan khan buat biaya online :)

27 Juni, 2012

@RicdetopKarena yg saya bisa adalaha dunia kepenulisan, makanya saya share tentang menulis mas. Kalau saya handal di bidang blogging, tentu yg saya share adalah bagaimana membuat blog jadi makin beken hahahaha :)

27 Juni, 2012

@Indonesian Strong from HomeMemang tiap penulis memiliki perbedaan tersendiri sob, khususnya dalam masalah gaya bahasa. Apalagi jika yg di share adalah tentang seputar peristiwa atau kejadian sehari². Gaya bahasa yang santai justru terkesan lebih enak dibaca.

Namun jika topik yg kita sajikan cukup berbobot apalagi dibutuhkan pembaca, alangkah lebih baik jika dikemas sedikit formal, sehingga kita menjangkau semua kalangan pembaca...

27 Juni, 2012

Betul banget tuh bang Arie malah tidak sedikit orang yang mengartikannya sama antara TOPIK dan JUDUL,salut buat bang Arie yang slalu memberikan sebuah wawasan..ngomong2 sdh KELUAR ya sijabang bayinya?

27 Juni, 2012

@EkaSalah tafsir karena belum tahu khan wajar masbro. Bahkan saya dulu pun mengira topik sama dg judul, makanya saat mulai menulis terasa lama sekali, karena masih pusing mikir judulnya hehehehe :)

27 Juni, 2012

@BlogS of HariyantoTerima kasih bang Har, selalu setia mampir kemari. Moga benar² ada manfaatnya tulisan ini :)

27 Juni, 2012

@loveheaven07Perlahan² dg terus belajar, lama² akan terbiasa membuat judl yg menarik minat pembaca sob. Saya sendiri untuk membuat judul novel saja, kadang masih di edit sama pihak penerbit karena kurang memiliki nilai jual :)

27 Juni, 2012

@Social networkingBetul sob,, judul harus selaras dg topik atau apa yg sedang kita bahas. Karena pertama kali org berniat membaca postingan kita, adalah dari judulnya dulu. Jika ternyata judul sama artikel berbeda jauh, maka si pembaca akan merasa kecewa

27 Juni, 2012

@Buka(n) Master ?Ini khan sudah bnerkomentar masbro... lumayan meski komentarnya agak galau... hahahahahay :)

27 Juni, 2012

@Full Software MediafireTerima kasih juga sudah berkenan membaca ulasan ini mas. Sering menulis akan mengasah kemampuan kita untuk menentukan topik dan judul yg sesuai.. Terus menulis saja pokoknya :)

27 Juni, 2012

@Riko YudiansyahMasalah kepenulisan memang tidak jauh dari materi yg sering disampaikan guru bahasa Indonesia masbro. Karena karya tulis komersial, ilmiah dan yg bersifat penting harus sesuai dg ejaan yg baku

27 Juni, 2012

@Lusia YotistaSalah di awal tidak mengapa, daripada salah tafsir terus menerus. Setelah ini khan jadi tahu khan mbaksist :)

27 Juni, 2012

@UmmiegaDalam dunia kepenulisan berdasar tata bahasa yg baku, sebetulnya topik itu sama dg tema. Hanya saja beberapa penulis ada yg membedakan sbb:

tema = pokok pikiran atau gagasan dalam tulisan yg nantinya dijadikan sebagai kerangka.

topik = paragraf utama atau yg terpenting dalam sebuah tulisan yg menjadi intisari dari tulisan.

Jika tulisan hanya bersifat artikel, tentu akan lebih mudah mencari paragraf mana yg terpenting dari tulisan*tersebut. Tapi jika tulisan itu berupa buku atau novel, di setiap pembahasan (dalam buku) atau di setiap chapter (dalam novel) selalu ada inti ceritanya. Namun kesemua pembahasan akan berawal dari tulisan ringan hingga klimaks.

Jadi jika menurut saya pribadi, topik itu tidak berbeda dg tema. Tapi jika ada penulis yg berbeda pendapat, itu adalah hal yg wajar sob :)

27 Juni, 2012

@dimas geelBener masbro... bila kita pernah ingat slogan sebuah iklan minyak wangi ada yg seperti ini "Kesan pertama begitu menggoda... selanjutnya terserah anda."

Judul juga harus memiliki daya pembangkit utk menarik minat para pembaca agar terus membaca lebih lanjut. Ini nanti yg akan saya ulas dalam postingan selanjutnya...

27 Juni, 2012

@AdityaN8zzAwal belajar nulis pasti semua mengalami hal yg sama... yaitu bingung. Bingung mikir topik tulisan, setelah tulisannya jadi bingung nyari judul yg tepat. Tapi nanti akan terbiasa kok :)

27 Juni, 2012

@MisbahudinTenang aja masbro... seiring berjalannya waktu, nanti akan terbiasa dalam membuat topik dan judul tulisan. Yg penting tulis apapun yg kita minati :)

27 Juni, 2012

@Aziz Adi SasmitaUntuk tekhnik SEO jujur saya kurang tahu ilmunya bang. Ulasan ini hanya utk memperjelas perbedaan topik dg judul saja. Tapi sesuai dalam alinea terakhir pembahasan saya, dalam tulisan populer entah itu artikel atau berita terkini, terkadang topik juga sekaligus dijadikan judul. Jika ini bagus utk SEO, berarti masih selaras khan :)

27 Juni, 2012

@ariefSebetulnya kalau dalam blogging, kita bisa belajar banyak dari mbah goggle. Kita ketik saja artikel yg mau kita cari, nanti akan dimunculkan oleh si mbah mana web/blog yg muncul. Setelah itu kita buka dan pelajari bagaimana si pemilik web/blog tersebut dalam memilih topik dan judul utk artikelnya. Disitu kita akan banyak belajar. Karena penulis yg baik itu selalu berawal sebagai pembaca yg baik

27 Juni, 2012

@ICAH BANJARMASINSaat belajar nulis dulu, saya susah utk cari guru bang. Makanya saya dan istri belajarnya dari buku dan artikel berbahasa asing. Karena tidak semua pembaca mampu beli buku dan membaca konten asing utk bidang menulis, shg saya coba share disini.

Utk si jabang bayi, saat ini belum mau keluar lebih awal bang. Karena masih usia 7 bulan kandungan. Nanti kalau udah lahir tak tag deh, tak suruh minta hadiah ke bang Icah nanti hahahahay :):)

Apa yang disampaikan oleh sahabatku memang benar terutama masalah topik dan isi tulisan, jujur saja sobat... di Blog saya kadang yang saya tulis itu masih ngawur terutama dalam membuat postingan ya...antara judul dan tulisan, tapi daripada tidak ada postingan sama sekali yah...apa boleh buat, namanya masih belajar.....
Terima kasih sobat, sudah memberikan pengetahuan yg bermanfaat buat saya.........sekali lagi terima kasih

28 Juni, 2012

Lagi-lagi nyimak MasBro! Asyik juga yang mbaca belakangan, sekalian nyimak komentarnya. Saya tidak termasuk orang yang bingung dengan perbedaan judul dan topik, tapi orang yang kesulitan dalam menentukan tema dan judul.

Konten "Kiat agar kita disukai banyak orang" kucomot dan kupublish di blogku, MasBro!
Belakangan ini Saya agak sibuk. Maklum akhir tahun pembelajaran. Ditambah PCku sering ngeluarkan pesan error yang belum bisa kuatasi gara-gara disusupi "trojan horse". Setiap kali OL, tempo beberapa menit padam! Jadi masih malas nulis. Mending edit kontennya MasBro walau dengan tata bahasa yang pas-pasan, haha.

Dah Buat acara "tingkepan MasBro Arie?
Kudoakan MasBro, isteri dan si jabang bayi tetap dalam lindunganNya. Biar MasBro Arie terus berbagi pengalaman, Mbak Vanny sehat untuk tetap berkarya dan menyambut kelahiran, serta jabang bayinya akan menjadi pribadi yang sangat berguna bagi semua orang...amiiiiin!

29 Juni, 2012

Artikel yang bagus mas
xd
(getcheaters)
back

30 Juni, 2012

Terimakasih Mas... bertambah ilmu pengetahuan saya tentang dunia tulis-menulis yang sebelumnya sebelumnya sama sekali tidak saya pahami...
Salam ^_^

30 Juni, 2012

saya juga berfikr begitu kalo topik dan judul itu berbeda...tapi saya juga sulit mendefinisikannya...

dan kebingungan saya sudah terjawab setelah membaca artikel mas arie ini..makasih salam sukses buat mas arie sekeluarga

30 Juni, 2012

ini masalah saya biasanya,.. binggung cari judul, mungkin saya terlalu takut judul tak sesuai dengan isinyaa,, makasih mas dah bagi2 ilmu..

01 Juli, 2012

makasi banyak mas artikelnya, sangat bermanfaat khususnya bagi saya yang masih dalam tahap belajar.....

01 Juli, 2012

makasih ya mas... bener-bener bermanfaat buatku, yang minat sangat untuk menulis

01 Juli, 2012

mantab bang..
sangat bermanfaat

02 Juli, 2012

wah makasih bgt sob ilmu nya...?? saya kadang mengalami kendala dalam membuat judul suatu tulisan...?? sering bgt malah...?
makasih bgt nih dah membagikan ilmu dan wawasan nya sob..??

02 Juli, 2012

mantab mas,,,banyak belajar dari sini saya mas Arie :)

02 Juli, 2012

ternyata perbedaannya itu sangat mendasar sekali, nice share information

03 Juli, 2012

mengerti2 :D

04 Juli, 2012

Bagi saya yang agak sulit itu memberikan judul sob, tapi tetep semangat dalam menulis

nice share :D

owh gitu ya kang,ternyata judul beda sangat ya dengan topik, baru tahu saya, pantesan kw saya menulis acap kali aburadul ngalor ngidul g jelas, dan ternyata para penulis jempolan dalam menetukan judul karya tulis justru setelah tulisannya rampung,,,, jadi nambah pengetahuan nich mantap kang :)

Udah lama juga nih ga mampir kesini,, ga baca2 novel bang arie,, nyimak dulu ah.. oya.. bang ari masih suka tuker link ga ya.. klu masih suka boleh bertukar deh.. trims..

06 Juli, 2012

artikelnya oke banget.. thanks ya telah berbagi.

06 Juli, 2012

kunjungan lagi sob...?? sambil liat postingan baru hehehehehe
sukses trs ya sob..??

menarik artikelnya...

07 Juli, 2012

jadi baiknya menentukan judul dulu atau topik dulu sob?

BTW, pa kabar mas Arie? sukses utk buku2nya ya..

08 Juli, 2012

ehm, ini sebenarnya pelajaran telah ada di sma atau smp. teorinya terkadang mudah, namun begitu terjun sebagai penulis, mudai dari tulisan blog. ternyata ga mudah ya, perlu di pelajari lagi teknik teknik seperti ni. tenkyu bang.

08 Juli, 2012

belajar disini, suwun mas..
wah lama neh gak jumpa, pakbarnya :)

Anonim
10 Juli, 2012

Emang sulit mas kalo berhubungan sama judul kalo mau menarik dan bisa memancing orang buat membacanya, kalo berhasil sih bisa membuat orang tertarik dan mengajak orang itu untuk berdiskusi tentang suatu topik, ya seperti berkomentar hahah. Nice info gan, btw saya sih lebih suka ngasih judul di awal, soalnya saya ngerancang dulu di otak apa yang mau ditulis :D

13 Juli, 2012

banyak sekali ilmu yg saya serap dari blog ini, ....
sangat berterima kasih atas ilmunya kawan....
terima kasih...

17 Juli, 2012

benar-benar menginsfirasi ini artikel yang sangat sempurna..
salam kenal

21 Juli, 2012

kunjungan silaturahmi di sini,,,
selamat menjalankan ibadah puasa bang arie

selamat menyambut bulan suci Ramadhan dan selamat menjalankan ibadah puasa..maaf lahir batin :)

25 Juli, 2012

mohon maaf lahir batin, lama ngga mampir kesini, semoga sehat selalu dan keberkahan ramadhan selalu beserta akang sekeluarga...amin

ternyata berbeda selama ini tidak memperhatikan topik atau judul... yang penting nulis aja.........hehhe

27 Juli, 2012

Mas, baru belajar nulis nih diblog (newbie), kebetulan saya ketemu blog ini. Bermanfaat sekali utk belajar menulis.

27 Juli, 2012

Waw, penulis profesional nih. Happy blogging and sukses terus

28 Juli, 2012

waduh lama gak berkunjung, tertinggal banyak nih :D
topik dan judul kadang sering rancu kalau tidak terbiasa menulis, terima kasih pembelajarannya bang Arie...

29 Juli, 2012

Informasi dan artikelnya dari Bang Arie sangat bermanfaat untuk saya ... :)

29 Juli, 2012

Mas ari memang inspiratif sekali. selalu memberikan konten yang bermanfaat.. makasih ya mas

31 Juli, 2012

hadir lagi disini sobat :))

03 Agustus, 2012

kunjungan perdana di blog ini

03 Agustus, 2012

sangat bermanfaat buat pencerahan

05 Agustus, 2012

wah iyah memang bingung saya juga membedakan topik dan judul ,tapi dari belajar menulis saya biasanya membuat tema jalan ceritanya baru deh terakhir dikasih judul karena judul paling susah dibikin untuk nilai jual sebuah tulisan a/ cerita hehe.. kalo topik sama tema sama kan kang hehe..

09 Agustus, 2012

tipsnya dari om arie mantap banget nih, btw udah lama banget ane ga kesini heheh

09 Agustus, 2012

mantap artikelnya sekarang jadi bisa bedain deh

09 Agustus, 2012

saya kira sama kalii antara judul dan topik

09 Agustus, 2012

bookmark dulu yah

11 Agustus, 2012

salam kenal aja deh

11 Agustus, 2012

JADI TERINSPIRASI SAYA.. SALAM KENAL SOBAT.

12 Agustus, 2012

thenkyu mas udah sharing tentang perbedaan ini, saya sndiri kadang ga terlalu menghiraukan tentang ini,

23 Agustus, 2012

trima kasih mas arie...sy jadi paham sekarang mengenai itu...met lebaran ya mas :D

30 Agustus, 2012

makasih bang arie...ternyata beitu ya...beda antara topik dan judul

02 September, 2012

artikel yang bagus bang,, dan ane bertambah ilmu yang baru lagi nh :)

02 September, 2012

terima kasih bang Arie,, saya baca dahulu lebih lengkapnya,,

02 September, 2012

saya baru tau bang,, perbedaan nya,,

makasih sudah share bang,, oya Minnal Aidzhin Walfaidhin ya bangg,, :)

salam kenal

02 September, 2012

singgah disini bang, sekalian baca perbedaan apa sih itu Topik dan judul ?? hehehehe

04 September, 2012

saya kira sama tu antara topik dan judul hhe
udah mendapat pencerahan sekarang

08 September, 2012

Lain lagi kalau penulisnya blogger mas salam kenal

08 September, 2012

@Area Infoku

benar pada topik ada judul juga karena keyword hahaha

10 September, 2012

Cakep banget dah ah,, saya dah lama gak kesini, ^_^ semoga dalam keadaan sehat ^_^

11 September, 2012

Oooo...itu bedanya ya...bagus postingannya ya

14 September, 2012

makasih sob infonya :D

Pagi kak, maaf ni keluar dari topik, coz topik lagi keluar negri n baru pulang ntar sebelum hari raya, he he.....

Sekedar info aja, tombol Reply nya g berfungsi tu kak, coba anda Reply komentar sebagai orang lain/bukan Admin blog ini, kayaknya problemnya ada di ID blog :

https://www.blogger.com/comment.g?blogID=__BlogID__&

coba tulisan __BlogID__ Anda ganti dengan ID blog Anda.

Maaf jika aku nyepam hapus aja komentar ini.

maksut saya tombol reply untuk membalas komentar Anda.

18 September, 2012

terima kasih atas infonya sobb..

salkomsel:)

18 September, 2012

postingan yang baguss,, d tunggu yang lainnya lagi

salam sehat :)

28 September, 2012

mas Arienya kemana yach......

02 Oktober, 2012

terima kassih banyak, informasinya bermanfaat..

04 Oktober, 2012

menambah ilmu kepenulisan saya
terima kasih atas penjelasannya

07 Oktober, 2012

berarti inti dari sebuah tulisan itu adalah topik yakh,,sedangkan judul merupakan pelengkap yang dimaksudkan untuk membuat daya tarik pengunjung agar mau melanjutkan membacanya,,nice sharing mas arie hee

14 Oktober, 2012

saya pikir judul dan topik itu sama.. heheh

terima kasih atas infonya gan..

17 Oktober, 2012

selama ini saya mengganggap judul dan topik sama aja sob, ternyata berbeda juga... makasih sudah berbagi :)

info yang bagus ni gan

01 November, 2012

Wah rupanya ada perbedaannya ya kang.

Terima kasih kang buat artikelnya, bermanfaat sekali.

salam sukses selalu...

04 November, 2012

tulisan yang keren
terimah kasih buat tambah ilmu masbro

07 November, 2012

berbagi itu lebih baik . alhamdulillah bertemu web ini .
trimakasih
bravo untuk anda yang mengelola site ini .
sukses yah semoga bisa menjadi inspirasi untuk yg lain..

07 November, 2012

thanks artikelnya bagus

07 November, 2012

jadi tau perbedaannya, trimaksih

14 November, 2012

@Cilembu thea maaf beribu maaf kang, saat ngoprek "blogroll terpanas" rupanya link akang rupanya terhapus, semoga akang memakluminya.

ditunggu kembali artikel bergunanya kang.
salam sehat selalu dan selamat datang didunia maya kembali

25 November, 2012

Wah jadi tau ane perbedaannya, ma kasih buat ilmunya.

Follow back blog ane ya sob.

Salam sukses selalu...

04 Desember, 2012

yang mau ditulisin novel....silahkan klik:

www.tokoghostwriter.blogspot.com

23 Desember, 2012

cita cita saya pngen jadi penulis, terimakasih kang penjelasan nya

30 Januari, 2013

cemerlang sekali infonya, boleh saya coba tipsnya

08 Maret, 2013

bagus sekali infonya bro, tapi saya sampai sekarang juga masih binun membedakan antara topik dan judul

11 Maret, 2013

bermanfaat sekali sob....

22 April, 2013

eumz,., bg2 ya caranya.....

22 April, 2013

ok, tahnk's atas infonya gan akan saya coba,.,.

22 April, 2013

tips yang sangat bagus sekali gan......

04 September, 2013

Sip gan slm knl.

Anonim
16 September, 2013

Assalamualaikum, mungkin Anda bisa memberikan saya satu lagi contoh tentan perbedaan topik dan judul sebuah tulisan. Terima kasih :)

semoga bermanfaat informasinya,,,

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.