"Hari akan terasa begitu indah, jika dimulai dengan senyuman."
Mungkin perkataan seperti ini seringkali kita dengar, namun terkadang kita tidak memahami begitu dalam tentang makna yang terkandung dalam kata-kata tersebut. Bagaimana kita bisa merasa bahagia, hanya dengan sebuah senyuman?

Karena itu pada kesempatan ini, saya ingin sekali mengulas bagaimana sebuah senyuman akan mampu merubah kehidupan seseorang. Saya pernah mengikuti sebuah seminar "Personality Development and Communication" yang diadakan oleh John Robert Power Indonesia, yang intinya mengajarkan tentang cara kita bersikap dan berbicara secara sopan kepada orang lain khususnya relasi kita. Salah satu yang diajarkan dalam seminar itu adalah cara bagaimana kita menunjukkan senyuman termanis di depan relasi. Hebat bukan? Ternyata senyum saja perlu dilatih, padahal setiap saat kita bisa senyam-senyum sendiri sepuasnya.. hehehehe...

Mengapa senyuman itu begitu penting, terutama dalam kita berinteraksi dengan orang lain? Berikut adalah efek positif yang dihasilkan dari sebuah senyuman:

1. Senyum Itu Ibadah.

Bagi seorang muslim, seyuman itu sedekah yang paling murah meriah. Disamping itu, senyuman juga termasuk sebagai ibadah. Rosululloh telah mengajarkan dalam sebuah hadist yang berbunyi, "Tersenyum ketika bertemu saudaramu adalah ibadah" (HR. Trimidzi, Ibnu Hibban, dan Baihaqi). Dalam hadist yang lain Rosululloh juga menegaskan, "Jangan meremehkan sedikit pun dari amal kebaikan, meski hanya sekadar bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri-seri (tersenyum)" (HR. Muslim). Hal ini menunjukkan bahwa meskipun kita tidak punya uang dan kekayaan, namun jika masih mau membagi senyuman dengan ikhlas kepada orang lain, maka itu bisa menjadi catatan amal kebaikan.

2. Senyum Mampu Mencairkan Suasana.

Bila suatu saat kita sedang bepergian dengan naik kereta api. Lalu di depan kita duduk 2 orang penumpang yang lain. Yang satu memasang muka datar dan bersikap cuek, seakan-akan tidak melihat kita di depannya. Dan yang satu memasang muka ceria dan tersenyum saat kita melihatnya. Kira-kira yang akan kita sapa orang yang mana? Tentu kebanyakan dari kita memilih menyapa orang yang tersenyum kepada kita. Karena kita akan lebih merasa nyaman jika mengobrol dengan orang yang terlihat ramah. Bahkan Dale Carnegie pengarang buku "Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain" menyarankan kita untuk tersenyum, sebagai cara agar kita disukai orang lain.

3. Senyum Baik Untuk Kesehatan Wajah.

Para pakar kesehatan dan kecantikan seringkali menyarankan, bahwa olahraga yang paling baik dan paling efektif untuk kesehatan wajah adalah dengan tersenyum. Mengapa bisa demikian? Karena dengan tersenyum, aliran darah di sekitar wajah menjadi lebih lancar dan ribuan syaraf di sekitar wajah mengalami pergerakan secara konstan. Hal ini akan menyebabkan otot dan kulit wajah menjadi semakin kencang, sehingga mengurangi efek terjadinya keriput. Hanya dengan membiasakan tersenyum saja, maka kita akan terlihat muda lebih lama.

4. Senyum Bisa Mendatangkan Pelanggan.

Pada saat kita pergi ke toko untuk membeli barang, seperti biasa yang dilakukan para pembeli adalah melihat-lihat dulu dan bertanya sekaligus juga membandingkan harga. Ketika pelayan atau pemilik toko melayani kita dengan ogah-ogahan serta menunjukkan muka masam (antara kecapekan dan kesal karena kita menawar terus tapi gak beli-beli), apakah kita akan membeli barang di toko itu? Kalaupun kita masih membeli juga karena merasa tidak enak, tentu di hari lain kita akan enggan untuk kembali. Tapi coba jika kita dilayani dengan senyum yang ramah, bisa jadi kita akan terus berlangganan dengan toko tersebut. Ketika sebagai pembeli kita berharap untuk dilayani dengan ramah, maka ketika kitalah yang menjadi pelayan atau pemilik sebuah toko, maka selayaknya kita harus ikhlas melayani pembeli dengan ramah. Sehingga ada istilah di kalangan wirausahawan, "Jika tak mampu tersenyum, jangan membuka toko".

5. Senyum Sebagai Wujud Penghargaan.

Misalkan saat ini kita punya profesi sebagai satpam di bank, penjaga pintu masuk mall atau hotel maupun penjaga loket parkir, apa yang akan kita rasakan bila ada pengunjung yang mau tersenyum kepada kita? Tentunya kita akan merasa sangat senang sekali. Perasaan itu juga akan dirasakan oleh orang lain yang memiliki profesi tersebut, ketika kita mau menebar senyuman ikhlas untuk mereka. Sebab untuk masa sekarang ini, berapa banyak orang berduit yang rela tersenyum untuk orang kecil? Mereka akan lebih respek dengan kita, karena merasa dihormati dan dihargai.

6. Senyum Dapat Memancarkan Aura Positif.

Ketika kita sedang marah, jengkel, kesal, patah semangat, patah hati, murung dan cemberut, sesekalii cobalah untuk melihat penampilan kita didepan cermin. Di dalam cermin itu akan terlihat sosok diri kita yang kurang enak untuk dipandang. Maka dari itu, tak jarang orang yang sedang marah selalu memecahkan cermin, karena telah melihat penampakan lain.. hehehe... (becanda). Nah, wujud kita yang ada didalam cermin itulah yang juga dilihat oleh orang lain ketika kita sedang tidak enak hati. Sekarang coba pada saat tersenyum kita bercermin, apa yang akan kita lihat? Tentunya yang akan muncul adalah sosok diri kita yang paling manis. Karena senyuman yang kita lakukan itu mampu meningkatkan aura positif didalam diri kita.

7. Senyum Mampu Mendatangkan Kebahagiaan.

Saat kita sedang sedih, biasanya kita selalu mengurung diri atau menyendiri. Badan terasa lemas dan kepala akan tertunduk lesu. Disaat itulah kita akan merasa sebagai orang yang paling menderita di dunia. Memang terkadang masalah yang datang bertubi-tubi dapat membuat kita bersedih. Namun jika kita terus terhanyut dalam kesedihan itu, energi dan waktu kita akan terkuras sia-sia. Jika kita mampu tersenyum dikala sedih, maka senyuman itu akan mengobati hati yang terluka dan tersakiti. Senyum akan membuat kita lebih ikhlas dan lebih tabah dalam menghadapi tekanan jiwa. Menurut Dr. Aidh al-Qarni dalam buku "La Tahzan" (Jangan Bersedih) menyebutkan, "Senyuman itu adalah sesuatu yang indah, menarik hati, menyenangkan dan menggembirakan. Seseorang yang melihat orang lain sedang tersenyum akan merasa damai dan hati diliputi kesejukan." Ada sebuah ungkapan bijak, "Setiap menit kita marah atau sedih, berarti kita telah kehilangan 60 detik kebahagiaan".


Sobatku sekalian dan para pembaca... Mulai saat ini marilah kita biasakan diri untuk menebar senyuman. Ketika bertemu dengan orang, ketika memulai percakapan, ketika disakiti orang, ketika mengalami problem dan apapun tekanan hidup yang menimpa, kita hadapi semua itu dengan senyuman.

"Tersenyumlah dengan hati yang ikhlas, maka kau akan mengetahui betapa dahsyat dampak yang ditimbulkan dari senyuman itu."
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

53 comments

12 Februari, 2012

iya nih sob, jika kita tersenyum maka akan kelihatan aura segar dari wajah kita...Aysik dah,,dan juga kalau kita terus cemberut itu akan membuat perasaan hati makin tak karuan, tersenyumlah selalu walau apapun yang terjadi,, hehehe..kare senyum adalah ibadah

12 Februari, 2012

wahh... berarti senyum itu pelengkap kehidupan ya sob.. hmmm harus banyak2 senyum ini... hati tentram, pikiran jernih.. bukan begitu sob?

12 Februari, 2012

Setuju, senyum bikin wajah tampak cantik dan mempesona...hehehe

“Senyuman yang tulus dari seseorang meberikan refleksi kejiwaan positif kepada orang lain. Seorang muslim selalu diajarkan agar memiliki sifat lapang dada dan senantiasa terbuka menebarkan senyuman kepada orang lain,
Lebih jauh tentang makna senyuman, seorang muslim yang tersenyum saja sama telah menebarkan kegembiraan dan kasih sayang melalui senyumannya. Sejalan dengan misi Islam menebarkan keceriaan di muka bumi ini.

12 Februari, 2012

Senyum pelengkap kehidumapan kita dan membaut susana damai Nice kawan

12 Februari, 2012

senyum itu sedekah paling mudah dan murah :)

12 Februari, 2012

@muhammad hidayat: Ya coba saja lihat pas lagi marah ato sedih didepan cermin, pasti tampang kita kelihatan kumal sob :))

@Deby Putra Bahrodin: Yang jelas senyum itu bermanfaat tidak hanya utk sosialisasi, tapi juga buat kesehatan :)

12 Februari, 2012

@sweethy_amore: Iya betul sist, karena dalam Islam sendiri sudah dinyatakan bahwa senyum adalah ibadah. Makasih uraiannya ya sist :)

@Spenza-Sumpiuh: Saling senyum membuat kita lebih rukun :)

12 Februari, 2012

@imanarsyad: Bener sob, jadinya yg ga punya duit pun bisa bersedekah dg senyuman :)

12 Februari, 2012

bagus banget mas artikelnya... yang penting tidak senyum senyum sendi di pinggir jalan ya, sukses deh...

12 Februari, 2012

Mak nyos sekali kata2 ....
"Tersenyumlah dengan hati yang ikhlas, maka kau akan mengetahui betapa dahsyat dampak yang ditimbulkan dari senyuman itu."

saya termasuk yang banyak senyum lho bang...hehehe...bang arie di foto juga manis senyumnya...berwibawa sekali :).
sip pokoke post abang ini... akan saya praktekin agar senyum saya ntar berkah bang :)

13 Februari, 2012

hahaha,,,tentunya itu Bang Arie , pokoknya kelihatan jelek banget deh..hehehe... kan wajah mengekspresikan perasaan hati..

13 Februari, 2012

hehe..iya mas Arie...senyum pasti membuat kita sendiri merasa nyaman dengan orng-org :)
maf baru bisa datang lagi kesni mas, lagi jarang blogwalking krena kesibukan offline ditambah koneksi lelet banget hehe, jadi makin berat blogwalkingnya..
semoga tetap jabat erat ya :)

13 Februari, 2012

waduh mas ari . baru lagi nih artikelnya, maaf baru bisa mampir ane bang,

betul bang senyuman selain ibadah juga, kesehatan juga banyak maanfaatnya ya, jadi inget lagu Raihan - Senyum . Terima kasih artikelnya bang :)

salam duniasharing [DS]

13 Februari, 2012

asal jangan selalu senyum, ntar disangka orang gila lagi... :D

but, i love jika senyum adalah ibadah yg dapat mendatangkan pahala (ibadah yg paling mudah dilakukan)

keep posting y sob. salam blogger ^^

13 Februari, 2012

Ternyata senyuman begitu banyak manfaatnya sahabat

13 Februari, 2012

@agusbg: Iya sob... kalau sering senyum tanpa sebab bisa dikarantinan nanti :)

@Kang Farhan: Pengalamannya gini mas, kalau beli nasi diwarung. Orangnya diajak senyum dan ngobrol, porsinya selalu ditambah dari yg lain hahaha :D

13 Februari, 2012

@muhammad hidayat: Makanya jgn sering masang muka manyun sob, ntar banyak orang lari melihat kita hahaha :D

@Tonny Mondong: Tidak apa² mas Tonny.. saya juga tidak setiap hari bisa jalan² ke tempat sahabat. Pas saat BW, selalu saya ampiri nanti :)

13 Februari, 2012

@duniasharing: Tahu juga lagu Raihan-Senyum ya masbro... kirain cuma saya yg gemar :)

@Jejak Puisi: Betul sob, jgn suka senyam-senyum ga jelas.. apalagi dekat RSJ hehehe :)

13 Februari, 2012

@Blog Keperawatan: Contoh diatas hanya sebagian saj, sbb kalau ditulis semuanya nanti kepanjangan :)

13 Februari, 2012

setuju kang mari kita selalu tersenyum untuk semua orang...

13 Februari, 2012

Setuju MasBro, asal jangan "senyam-senyum" sendiri. Aku pernah marah pada seseorang, dan berjanji minimal akan kumaki seseorang tersebut karena membuatku sangat kecewa. Eh begitu dia menebar senyuman saat bertemu denganku, hatiku malah luluh. Jadi memang bener MasBro bahwa senyum itu senjata murah yang bisa meluluhkan (hampir ke ponit no.2).

Dengan senyum semuanya terasa mudah..

13 Februari, 2012

Senyum juga membawa keberkahan. Apa lagi sama pelanggan.hehehe

14 Februari, 2012

tersenyum sungguh memiliki banyak manfaat,asal jangan tersenyum setiap hari,ntar dikirain 'heng'
he..:)

aku sudah follow ya sob #168

ditunggu follow backnya y sob...
http://abadiorkes.blogspot.com/

salam blogger..:)

14 Februari, 2012

@bursaobatherbal: Mari kang... asal jangan sampai senyum kita malah bikin orang takut hehehe :)

@isman: Betul pakbro, hampir mirip dg point 2. Terima kasih sudah memberi contoh versi lain :)

14 Februari, 2012

@Classhoster: Betul sob, jika kita ramah dg pelanggan.. maka pelanggan juga akan suka berlangganan dg kita :)

@spirit lion: Senyum tiap hari mungkin tidak apa2 sob, tapi kalo senyum gak jelas itu yg perlu diwaspadai hehehe... follback sudah dilluncurkan :)

14 Februari, 2012

@Aditya - KiosBisnis.com: Karena senyum bisa membuat kita lebih ikhlas dan lebih tabah, maka yg kita hadapi terasa lebih mudah masbro :)

14 Februari, 2012

Good morning Arie! Happy Valentine's Day to you my friend and your special someone.

Enjoy your week and your date. ☺

14 Februari, 2012

Kunjungan kawan sambil nyimak artikel abang

14 Februari, 2012

sip bang nice post ! untuk mengajak kita berbagi senyuman :)

14 Februari, 2012

wah betul sekali bang memang senyum dapat membuat kekuatan :D
Absen siang dan Nice info

14 Februari, 2012

saya suka jug abang sama raihan ehehhe .... ntr kapan2 di sharing deh di [DS] :P

14 Februari, 2012

dengan senyum, otomatis kita sudah memberikan hal yg berharga buat orang lain,, apalagi buat pasangan (kekasih)....
hehehe...... :D

14 Februari, 2012

@Michael: Thank you myke.. But I never celebrate valentine's day, my love day is every day hahahaha :)

@Spenza-Sumpiuh: Terima kasih sudah menyimak sob hehe :)

14 Februari, 2012

@Inuzuka Grend: Senyum itu indah sob, layak untuk dibagi :)

@Black Angel Syndicate: Iya sob... kekutannya dahsyat jika sering diterapkan :)

14 Februari, 2012

@duniasharing: Boleh sob... sekalian nostalgia nih hehehe :)

@ofie: Senyum itu hadiah yang murah, meriah dan gratis sob. Juga lebih terlihat manis bila selalu senyum tuk kekasih hehehe :)

14 Februari, 2012

Senyuman jg merupakan sebuah sedekah. indahnya bila mengawali hari dengan senyuman ya bang. info yang menarik dan menginspiras ni bang. Keep Posting ya. salam sukses

14 Februari, 2012

iya gan, senyum memang punya power bahkan lembaga suwasta "john powel" saya lupa namanya, untuk pelatiha senyum ja harganya mahal.
saya harusnya belajar dari trit abang ni, makasih ya bang.

14 Februari, 2012

dengan senyuman
hilang kesedihan
bersama senyuman
terpampang keindahan

hehehe :)

14 Februari, 2012

@Ary_Putra: Sesuatu yang dimulai dg senyum, biasanya lebih sedikit mengalami stress sob. salam sukses juga ya :)

@drieant: John Robert Power bang maksudnya? Saya pernah ikut pelatihannya, salah satu ngajari cara senyum. Memang mahal banget sob, tapi waktu itu saya dibayar perusahaan hehehe :)

14 Februari, 2012

@anisayu: Senang jika mbak ayu komen, krn selalu bernada puisi hehehe...
Terima kasih sudah mampir mbak :)

14 Februari, 2012

Saya setuju bang senyuman memang bisa membawa kebahagiaan, apapun yang terjadi hadapi dengan senyum niscaya segala sesuatu akan baik baik saja. salam kenal sblmnya.

14 Februari, 2012

Super sekali kang postingannya,saya suka postingannnya mas...Senyum memang segala-galanya...

14 Februari, 2012

Senyuman adalah kunci pembuka di terimanya kita dalam berbisnis juga sob. Senyuman yang tulus ikhlas akan jelas kelihatan di banding dengan senyum palsu. Jadi belajarlah tersenyum dengan ikhlas sob.

14 Februari, 2012

@Mitospedia: Salam kenal juga mas, terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog sederhana ini :)

@BLOG HAYARDIN: Terima kasih mas, mudah²an ada manfaat yg bisa diambil :)

14 Februari, 2012

@HP Yitno: Benar sob, biasanya didalam pelatihan wirausaha sering diajari juga cara senyum untuk pelanggan hehehe :)

14 Februari, 2012

Hahaha,, bener Sekali Mas Arie , nanti gak kelihata gagahnya kan mas..hehehe..

Thanks yah infonya mas..berbincang sama Mas Arie sanagt seru sekali

14 Februari, 2012

Dan satu lagi mas ari, bibir yang tersenyum suaranya beda.

15 Februari, 2012

Saya setuju banget nih gan :D, keep posting ya :D

Anonim
17 Februari, 2012

salam kenal gan. artikel yang menarik gan... http://hotmovieskep.blogspot.com/

22 Februari, 2012

wah keren nih,, senyum aja banyak manfaatnya,,
kalo ketawa gimana ya ?? :D

anjar
26 Oktober, 2012

ANJAR_CANTIQUE
bner sekali senyum itu membuat kita bahagia n bsa mengurangi beban kita

28 Oktober, 2013

Benar sekali,,,sungguh membangun artikelnya,,thanks friend,,
Jadi senyum saat bacanya,,hehe:)

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.