Setelah beberapa hari disibukkan dengan persiapan acara "reuni alumni" sehingga tidak bisa update postingan serta blogwalking ke para sahabat blogger. Untuk itu maafkan daku ya sobat, bila belum bisa membalas kunjungan rutinnya. Sorry jika sebetulnya prolog ini tidak penting, hehehehe....

Kali ini saya ingin sharing tentang Bagaimana agar bisa berbicara di depan umum. Berbicara di depan umum tidak perlu dibayangkan terlalu tinggi, seperti orang presentasi massal layaknya Mario Teguh, Tung Desem Waringin, Bong Chandra dan lainnya yang notabene mereka memang seorang pembicara dan motivator handal. Cukup kita bayangkan bagaimana seandainya kita adalah ketua RT yang harus berbicara di depan warganya, atau seorang guru yang menjelaskan kepada murid-muridnya, atau seorang mahasiswa yang melakukan presentasi sidang di depan dosen pengujinya, atau seorang ketua panitia yang harus memberikan sambutan pesan dan kesan, atau seorang atasan yang mensosialisasikan target dan kebijakan perusahaan kepada bawahannya, dan masih banyak lagi contohnya.

Mungkin kita pernah mengalami ketika secara spontanitas disuruh memberikan kesan dan pesan, sambutan atau testimonial, serasa lidah kita sulit untuk mengeluarkan kata-kata. Bahkan untuk sebuah acara yang sudah dipersiapkan pun yang disana kita mendapat jatah untuk memberikan sambutan, rasanya kita beberapa hari tidak bisa tidur. Setiap malam mulut komat-kamit untuk menghapalkan teks yang akan kita sampaikan ketika sambutan. Namun begitu sudah saatnya tiba memberi sambutan, mulut kita terasa terkunci, kata-kata keluar terbata-bata seperti orang baru belajar membaca, keringat dingin mengucur deras serasa mandi sauna, badan kita terasa dingin seperti barusan masuk kulkas dan badan kita bergetar seperti sedang naik bajai dijalanan yang terjal. Jika sudah seperti itu, biasanya show kita akan berakhir tidak lebih dari satu menit.

Banyak orang mengatakan bahwa kemampuan berbicara di depan umum itu merupakan sebuah bakat, sebetulnya hal itu adalah mitos yang salah. Yang benar... Kemampuan berbicara di depan umum akan berkembang dengan latihan dan praktek. Penyebab utama seseorang tidak berani berbicara di depan umum adalah karena munculnya perasaan grogi, gugup, atau nervous yang merupakan eksplorasi dari rasa takut. Problem tersebut tidak hanya terjadi pada orang Indonesia saja, bahkan di negeri paman Sam (Amerika) yang katanya negara "super power" pernah diadakan survei nasional dan didapati sebuah hasil yang mencengangkan, bahwa:

"75% warga Amerika lebih takut berbicara di depan umum daripada kematian."

Jadi jika saat ini kita termasuk orang yang mengalami masalah dalam berbicara di depan umum, maka "selamat"... karena yang mengalami masalah seperti itu ternyata banyak. Namun jika kita ingin terlepas dari masalah "demam panggung", maka mulai saat ini belajarlah untuk mengendalikan perasaan grogi, gugup atau nervous dengan cara melakukan banyak latihan dan praktek.

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mengendalikan rasa takut berbicara di depan umum yang bisa kita lakukan:

  • Tanamkan sugesti bahwa kita bisa melakukannya. Ini awal langkah yang sangat penting, karena tanpa modal keberanian mustahil kita bisa mengalahkan rasa takut yang menghantui pikiran kita.

  • Persiapkan materinya. Berbicara di depan umum sebenarnya sama dengan kita bercerita atau berbicara dengan teman secara one on one, hanya saja ini dilakukan secara lebih formal dengan kita berada di depan lebih dari satu orang. Sehingga kuasailah materi yang akan kita sampaikan.

  • Latihan bicara di depan cermin. Jika ingin mengalahkan ketakutan berbicara di depan orang lain, maka kita harus mampu dulu mengalahkan ketakutan berbicara di depan diri sendiri. Yaitu di depan cermin dengan kita sebagai pembicara dan dihadapan kita ada bayangan kita sebagai audien.

  • Anggaplah diri kita lebih tahu dari audien. Ini berbeda sekali dengan sombong, namun cara ini adalah untuk mengalihkan gambaran kita tentang audien yang akan mentertawakan, membantai kita dengan kritikan, dan gambaran-gambaran menakutkan lainnya yang membuat nyali berbicara kita semakin ciut. Dengan berpikir kita lebih tahu dari audien, akan membuat kita lebih enjoy.

  • Lakukan exercise. Pada saat akan tampil di depan umum, biasanya rasa takut mulai menjalari dari kepala sampai sekujur tubuh. Untuk meminimalisir itu semua, kita bisa lakukan hal berikut:
    • Minumlah air putih secukupnya.
    • Tarik napas dalam-dalam kurang lebih tiga kali (3x).
    • Lompat/lari kecil ditempat untuk mengurangi grogi dan tubuh yang mulai gemetar.
    • Sekali lagi tanamkan sugesti bahwa kita bisa melakukannya.
    • Lakukan banyak latihan dan praktek. Jika kita diberi kesempatan untuk berbicara di depan umum, maka jangan pernah menolaknya. Anggap itu sebagai sarana latihan untuk semakin mengasah kemampuan dan menambah jam terbang kita.

Penjelasan diatas adalah cara untuk kita mulai belajar berbicara di depan umum. Apakah ketika kita sudah bisa mengendalikan rasa takut, akan membuat kita jadi pembicara yang baik? Ingatlah kembali statement ini, bahwa "Kemampuan berbicara di depan umum akan berkembang dengan latihan dan praktek".

Pada pembahasan berikutnya, saya akan mengulas tentang Teknik Presentasi yang Baik dan Menarik berdasarkan pelatihan yang pernah saya ikuti dan saya adakan sendiri. Untuk itu tetaplah setia mengunjungi blog ini, agar tidak ketinggalan kabar beritanya hehehehe (promosi.com). Berhubung waktu sudah pagi, saya akan bersiap-siap untuk memulai aktivitas.

Happy Blogging dan Tetap Semangat!!...
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

54 comments

Anonim
29 Desember, 2011

wah,,, bermanfaat banget buatku sob,, karna aku anaknya pemalu banget kalo disuruh bicara didepan orang banyak.. hhehehe

29 Desember, 2011

Hmm postingan yang sangat manfaat sobatku.. Setuju sekali apa yang sobat katakan diatas, bicara didepan umum karena bakat? hah! itu hanya mitos, jika diperhatikan betul tips-tips penting diatas pasti ini dapat membangkitkan jiwa-jiwa tak percaya diri, menurut saya itu adalah salah satu penyebab kita tidak bisa bicara didepan umum selain dari pada masalah diatas.

Minggu depan ada seminar APL project yang sedang saya bangun dengan ini memantapkan saya untuk berkreasi sebagai pembicara. Thanks. :)

29 Desember, 2011

ternyata ada disini yang saya butuhkan, thanks ya udah berbagi tips

29 Desember, 2011

@Chikunk: Tenang sob, kita senasib.. saya juga termasuk orang plegmatis + Melankolis yang notabene adalah pemalu dan rendah diri :)

@Berbagi Kreativitas: Terima kasih sob, sudah mau membaca artikel ini. Yang jelas, barang siapa yang sudah bisa mengatasi masalah "ketakutan" nya sendiri, maka kans untuk bisa berbicara di depan umum semakin besar. Jika sobat akan ada seminar, yang terpenting siapkan materinya dan keep enjoy. Anggap saja sobat lagi bercerita pengalaman dengan teman-teman yang sudah dikenal. Semoga sukses sob :)

@Belajar Komputer: Terima kasih juga bang sudah mengunjungi blog saya ini. Semoga ada manfaat yang bisa diambil :)

29 Desember, 2011

kalau ane gan di suruh bicara depan umum, bisa mampus berdiri ane :o

29 Desember, 2011

ajari aku juga dong mas, kan sebentar lagi kita ngadain sseminar....

29 Desember, 2011

Nahhh..ini yang sip artikelnyaa...gitu dong..FULL LIKE aku bang.
ngomong2 masih cinta ga nih..kikikkikiikikikikkk.

29 Desember, 2011

Bisa karena biasa. kalau saya pertama-tama masih ragu dan grogi berbicara didepan umum. tapi setelah keseringan, jadi lebih percaya diri tanpa ada rasa takut.

29 Desember, 2011

bacaannya dah dilahap habis, ditunggu pembahasan berikutnya master :)
tetap semangat :)

29 Desember, 2011

@pancoeng: Hehehe.. utk orang tipikal seperti kita, akan merasa kaku saat berada di depan sob, pertama kali saya berbicara di depan orang secara formal, yang keluar cuma kalimat "eeeeeeeeeeeeee... saya ucapkan terima kasih atas waktunya. Wassalam" hahahaa :D

@Vanny Chrisma W Jika ada niat dan mau belajar, Insya Allah bisa :)

@ICAH BANJARMASIN: Wah bang Icah, jadi Ge-eR dg full Like-nya. Saya tetep masih cinta kok... cinta sama postingan abang... ahahaaay :D

29 Desember, 2011

@Fazri: Betul sob, kita bisa karena terbiasa... dan untuk membiasakannya adalah dengan berlati :)

@Tonnys: Semoga tidak kekenyangan setelah melahap mas. Jadi ga enak nih dipanggil master... master Wong kah? eheheee :D

29 Desember, 2011

membahas mengenai presentasi, saya jadi teringat masa-masa dulu dibangku kuliah, yang pasti ngeter atau dag dig dug kalau belum terbiasa atau baru, tetapi dengan terus belajar dan membiasakan, maka saat tampil kita justru bisa mengembangkan potensi lebih luas dari kasus yang dipresentasikan hingga diluar batasan masalah pun bisa di atasi. o iya sahabat terimakasih banyak ilmunya, artikel anda ini pasti sangat dibutuhkan bagi semua pelajar. salam ukhuwah sahabat.

29 Desember, 2011

wow... keren infonya. sangat membantu. terimakasih...

29 Desember, 2011

nice post sobat :D jujur saya suka nerves kalo presentasi :D

29 Desember, 2011

makasih infonya mas, ditunggu info lainnya...

30 Desember, 2011

pertama kali grogi pastinya, lama kelamaan ya pasti terbiasa ya...

30 Desember, 2011

sama donk gan,, ane malah nambah 'eeeeeeee'..'hmmmmmmmmm'
trus berputar-putar rasanya dunia dan sukses hampa udara,, hahahahahaha

30 Desember, 2011

ulasan yang sangat menarik dan sangat membantu untuk mengatasi demam panggung yang kebetulan saya juga terkadang mengalaminya :-)

30 Desember, 2011

keren infonya, mungkin saya harus praktekan nih ilmu yg ini, karena saya termasuk org yg cuma jago kandang hehe..
cuap² di kandang sendiri sih oke² aja tapi kalau dah diluaran sana ciut.

30 Desember, 2011

siip gan.. harus praktek praktek dan praktek, biar bisa terasah bakat berbicaranya..
poin penting harus menguasai materi serta percaya diri dan yakin bahwa kita mampu dan bisa membawakan dengan baik. lancarlah presentasi. hehe :)

mampir di rumah saya ya sobat,,
happy blogging :)

30 Desember, 2011

@Dakwah Syariah: Terima kasih kembali sob sudah membaca artikel saya, semoga pembacanya bisa punya keberanian untuk tampil di depan :)

@clasix: terima kasih juga sob :)

@iman@sampeweweh: Nervous itu biasa sob, bahkan utk pembicara yg sudah sering manggung pun juga merasakannya :)

30 Desember, 2011

@adibey: Ditunggu aja ya sob, masih repot urusan di dunia nyata nih hehehehe :D

@Arif Pri: Betul sob, seiring jam terbang akan terasah dg sendirinya :)

@pancoeng: yang penting jangan patah semangat dalam berlatih sob :)

30 Desember, 2011

@BlogS of Hariyanto: Semoga bisa menjadi alternatif untuk menyiasati rasa grodi bang :)

@nini Bawel: Di coba saja, itu jurus jitu yg biasa saya pakai saat pertama kali berbicara di depan sist :)

@Outbound Malang: Iya gan, saat pertama belajar jgn berpikir sempurna dulu, yg penting berani maju dulu... seiring berkembangnya waktu akan bisa menyesuaikan sendiri. Nanti blog-nya akan saya ampiri gan :D

PT CITRA MANDIRI MULTIFINANCE
DANA TUNAI 10 - 200 JUTA
ANDA BUTUH DANA TUNAI 2 HINGGA 200 JUTA,PROSES CEPAT BUNGA MULAI 0,72% PERTAHUN,CUKUP JAMINKAN BPKB MOBIL,TRUCK,TRAVEL,JEEP,SEDAN,PICK UP,COLT MULAI TAHUN 90 KE ATAS LEASING RESMI BPKAB AMAN DAN TERJAMIN,PERSYARATAN BAWA FOTOCOPY NYA KTP,KK,REK LISTRIK,STNK,BPKB
VIA SMS 085229348635 laman facebook PT CITRA MANDIRI MULTIFINANCE RULLY
KANTOR CITRA MANDIRI MULTI FINANCE Jl Puri Anjasmoro Bl F-12, Semarang , Jawa Tengah, 50144, Indonesia info ( herbalmodern.blogspot.com )

15 Mei, 2012

bner benr memberikan ruang inspirasi bg saya
trimakasih

mksh atas infonya saya juga kalao disrh persentasi pasti gerogi

mksh atas infonya saya juga kalao disrh persentasi pasti gerogi

11 September, 2012

makasi banget gan atas sugestinya...
sangat membantu tinggal aplikasinya aja

12 September, 2012

yang penting anda percaya dan yakin .. wess pasti semua akan teratasi.

visit me :
http://qnetbalikpapan.blogspot.com/

presentasi anda disini di hargai dollar.

Anonim
14 September, 2012

Syukron bwt semuanya

semoga bermanfaat dan bs menambah wawasan kita

25 September, 2012

Cocok Bang. Ane dikit2 belajar untuk melawan rasa gerogi dan nervous ketika mau presentasi di depan siswa saya. hehe ...

27 September, 2012

mudah2 an aku sukses ya melakukan presentasinya di minggu dpan,aku nervous bget tw..hmm
thnks y saran na

08 Desember, 2012

Trims ilmunya sob.....
Tes dulu ah.....

13 Desember, 2012

Kadang emang ujung-ujungnya sih sugesti gitu. Bisa gak, bisa gak. Nah itu yang musti dihilangkan :D

31 Desember, 2012

wah sayang saya baru tau ternyata ada blog sekeren ini, hehe
isinya sangat bermanfaat sekali mas, saya juga sering nerveous klo saat maju presentasi dikelas, tips ini membuat saya percaya diri, terima kasih mas

Anonim
20 Januari, 2013

bagus.. saya butuh banget artikel ini. soalnya saya mau seminar proposal penelitian , dan banyak seminar2 laen yg harus dilakuin demi mndapatkan sarjana . . oke . . terimakasih . .

Anonim
22 Januari, 2013

makasih banget tutorialnya, mas.. coz, pas banget dengan saya.. hehee..
btw, gimana caranya berbicara dgn teman?. seperti ngobrol2 sama teman biar gak terkesan kaku gitu, mas.. :D

02 Februari, 2013

@~eSMasri~Mungkin artikel yg ini bisa membantu mbak
http://arie5758.blogspot.com/2011/11/tanda-tanda-orang-bosan-dengan.html

Anonim
17 Februari, 2013

Artikel yang bagus namun kalau tidak sering diaplikasikan jadi sering kedodoran. Nah, saya termasuk orang yang mengalami hal yang sama, enggak sering2x tampil namun dadakan bisa dituntut untuk tampil, bagaimana kalau kita yang ingin bisa lebih trampil membentuk kelompok latihan yang bisa diadakan regular misalnya 1 bulan sekali? Masalah tempat dan akomodasi tidak menjadi problem. Yang berminat gabung email / whatsup boleh di 0816760711, kalau jumlah yang mau gabung sudah lumayan nanti bisa ditentukan kapan ketemu pertamanya. Trims.

23 Mei, 2013

ya, saya memang sulit untuk berbicara didpan bnyak orang apalagi pada saat presentasi dkampus rasa grogi ad tetep,, padahal yang mau dkeluwarkan itu ad, tpi sulit banget untuk mengungkapkannya saya merasa takut salah tok..

31 Mei, 2013

BENER TUH SY PALING SERING GEROGI KALO SDH MULIA PRESENTTASI DEPAN UMUM,OOHH TUHANNN SERASA GIMAAAAAA GTUUUU !!!!!!!

11 Desember, 2013

Kalo saya kadang masih mengalami minder ketika di depan ada orang yang kita rasa lebih senior atau "lebih" dari kita. gmn ya solusinya?

02 Februari, 2014

terima kasih atas tipsnya ilmunya....moga bermamfaat bagi yang membaca....sukses slalu...trims...

linda pawere
05 Februari, 2014

trima kasih bpk tipsnnya

12 April, 2014

Aaaaa thankyouuu so mucchhh

bener tuh pak.. saya sayngat sepakat dengan TANAMKAN SUGESTI kalau kita bisa melakukanya.
^_^ dulu saya baca artikel ini dan saya cari lagi setelah saya praktikan tips nya. SALAM SUKSES pak

03 Desember, 2014

artikel ini sangat sangat membantu saya yang sedang demam pangung. terimakasih ya?

30 April, 2015

deg degan rasanya :D pengen kabur hahahah

Kadang suka lupa kalo udah giliran tampil presentasi di depan temen2 kantor padahal materinya udah di hafalin dirumah. Thanks bgd tipsnya sangat bermanfaat untuk saya.

Anonim
24 Oktober, 2015

semoga kita smua dan pribadi saya, bisa menjadi orang yang slalu mampu berbicara di depan umum dengan rasa percaya diri serta kecakapan lisan dan lidah yang tidak kaku. amin.
ngomong2 banyak sekali pertanyaan yg berdebu akibat tidak di respon selama 4 tahun menanti jawaban dari admin nya. semoga admin dan para pengkomentar serta dirisaya dan keluarga senantiada diberi kesehatan. amin

saya semakin mau belajar lebih lagi, supaya semakin berani tampil.

23 November, 2015

Mimit
waahh ini ni yg saya butuhkan.
kadang suka grosi bgt kl lagi presentasi didepan bos.
thanks a lot infonya.

Lembaga Sertifikasi ISO

01 April, 2016

Alhamdulillah, semoga aku jga bisa mengobati serta menghilangkan demam panggungku ini Amiin....terimakasih.

04 Mei, 2016

You can do it

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.