Pengaruh Sikap Terhadap Kesuksesan

Kebanyakan orang untuk meraih kesuksesannya, cenderung lebih konsen terhadap bidang keahlian yang ingin ditekuninya, namun justru hal yang sebenarnya lebih penting dari itu kadang justru terabaikan. Hal yang lebih utama dari keahlian atau skill yang harus dimiliki setiap orang yang ingin sukses di bidang apapun (sesuai yang diinginkan) adalah SIKAP.

Berdasarkan hasil penelitian para ahli terhadap ribuan orang-orang yang sukses dalam bidang masing-masing, disimpulkan bahwa kemampuan atau keahlian teknis (technical expertise) hanya berperan 15% terhadap kesuksesannya. Sedangkan 85% kesuksesan dari tiap-tiap individu tersebut dipengaruhi oleh sikap. Itulah kenapa banyak dari kita yang sebenaranya memiliki skill atau keahlian teknis yang tinggi, namun tidak mendapat karir yang lebih bagus. Atau jika mau mengembangkan usaha, tidak memperoleh perkembangan yang signifikan.

Menurut Jennie S. Bev, penulis buku "Rahasia Sukses Terbesar", yang juga seorang konsultan, entrepreneur, edukator dan juga merupakan salah seorang warga Indonesia yang sukses di Amerika, beliau mengulas 10 Sikap dan Kepribadian orang sukses (baik dari segi keuangan dan prestasi) yang berdasarkan pada komunikasi dan pergaulannya dengan para billionaire dan beberapa pengusaha sukses lainnya.

Sepuluh Sikap dan Kepribadian yang dimiliki orang sukses adalah sebagai berikut:

1. Keberanian Berinisiatif.
Kekuatan terbesar dari orang-orang yang sukses yaitu mereka selalu punya ide-ide cemerlang. Seorang Donald Trump yang awalnya berproses dari status bangkrut dan akhirnya berpredikat sebagai Raja Real Estate, adalah contoh dari seorang yang jenius dan berani berinisiatif. Selain sukses didunia Real Estate, kita tentu mengenal serial TV The Apprentice, kontes Miss Universe, TrumpUniversity.com, yang pencetusnya adalah Donald Trump yang sudah ditayangkan diseluruh penjuru dunia. Serta Tirto Utomo pendiri Aqua, yang karena idenya ingin membuat air minum dalam kemasan, telah mengantarkan Aqua menjadi merk air kemasan terbesar di Indonesia yang harga per liternya mengalahkan harga bahan bakar. Inisiatif adalah kekayaan semua orang, tinggal orang itu mau atau tidak untuk berinisiatif mengemukakan ide-idenya.

2. Tepat Waktu.
Kita semua memiliki jumlah waktu yang sama yaitu 24 jam sehari. Seorang yang menepati janji dan tepat waktu menunjukkan bahwa dia adalah seorang yang memiliki kemampuan mengatur/manage sesuatu yang paling terbatas tersebut. Kemampuan untuk hadir sesuai janji adalah kunci dari keberhasilan, terutama keberhasilan berbisnis dan berinteraksi. Bayangkan saja ketika kita punya janji penting dengan orang lain, sementara orang tersebut terlambat. Tentu nilai positif orang tersebut di mata kita akan berkurang. Memberikan perhatian lebih terhadap waktu merupakan pencerminan dari respek terhadap diri sendiri, kolega maupun mitra kita.

3. Senang Melayani dan Memberi.
Sebuah rumus sukses dari banyak orang sukses adalah mampu memimpin. Sikap pemimpin yang bagus bukanlah yang pandai memerintah, tapi justru mereka pandai melayani dan memberi. The more you give to others, the more respect you get in return (Semakin banyak kita memberi, akan semakin banyak respek yang kita dapat). Dan keikhlasan adalah kunci untuk sifat ini. Setidaknnya dengan memberi dan melayani berarti menunjukkan kepada teman, kolega serta rekan kita betapa pedulinya kita kepada mereka. Sehingga membuat orang lebih yakin bermitra dan bergaul dengan diri kita.

4. Membuka Diri Lebih Dahulu.
Pernahkah kita pernah bertemu orang yang selalu mau tahu tentang hal pribadi orang lain, namun dia malah menutup diri agar jati dirinya tidak terbuka? Mereka biasanya hidup dalam ketakutan dan kecurigaan, dan selalu berprasangka buruk kepada siapa saja yang dijumpainya. Sikap ini adalah unsur yang tidak dimiliki banyak orang sukses. Rasa percaya dan kebesaran hati untuk membuka diri terhadap lawan bicara merupakan cermin bahwa kita nyaman dengan diri sendiri. Itulah yang dicari oleh para partner sejati dan sebagian besar dari kita akan setuju, bahwa tidak banyak orang yang mau bekerja sama dengan orang yang misterius.

5. Bekerja Sama dan Membina Hubungan Baik.
Tidak ada ceritanya orang bisa sukses tanpa relasi dan mitra kerja, karena kemampuan bekerja sama adalah salah satu kunci keberhasilan. Ingin sukses dalam pendidikan harus bisa bekerja sama dan membina hubungan baik dengan guru/dosen, teman dan perangkat sekolah/kampus agar memperoleh nilai pelajaran dan nilai tingkah laku yang bagus. Ingin sukses dalam karir harus bisa bekerja sama dan membina hubungan baik dengan atasan, bawahan serta rekan kerja agar prestasi pencapaian target bisa terpenuhi. Ingin sukses dalam usaha harus bisa bekerja sama dan membina hubungan baik dengan karyawan dan kolega agar jaringan serta perkembangan bisnis semakin besar.

6. Mempelajari Hal-hal Baru.
Seorang Ciputra dan Aburizal Bakrie adalah orang-orang yang bisa dikatakan sukses dalam bidang perdagangan. Tapi saat mereka mendirikan universitas, apakah mereka beralih sebagai seorang pendidik? Atau mereka sendiri sebenarnya adalah profesor? Jelas tidak. Mereka tetap seorang entrepreneur, namun dengan kegemarannya mencari hal-hal baru serta langsung menerapkannya, maka dunia bisnis semakin terbuka luas bagi mereka. Dunia bisnis ibarat sebagai tempat bermain yang luas dan tidak terbatas. Jadi senang belajar dan mencari hal baru adalah sebuah sikap kesuksesan. Namun tentunya mereka sukses dulu di satu bidang, sebelum kemudian melakukan ekspansi.

7. Tidak Pernah Mengeluh.
Orang yang sukses bukan berarti bahwa mereka tidak pernah gagal. Tapi orang yang sukses adalah orang yang ketika gagal, bisa dengan cepat untuk bangkit dan memulai usahanya kembali. Adalah wajar ketika gagal akan merasa sedih, kecewa bahkan marah, namun kegagalan tersebut bukan untuk disesali dalam waktu yang cukup lama. Lance Armstrong pernah berkata, "There are two kinds of days, good days and great days." (Hanya ada dua macam hari, hari yang baik dan hari yang sangat baik). Adalah baik jika kita tidak pernah mengeluh, walaupun suatu hari mungkin kita akan jatuh dan gagal. Karena setiap kali gagal, itu adalah kesempatan bagi diri kita untuk belajar mengatasi kegagalan itu sendiri sehingga tidak terulang lagi di kemudian hari.

8. Tanggung Jawab dan Berani Menanggung Resiko.
Banyak orang yang tidak mau tampil di depan hanya karena mereka tidak mau merasa bertanggung jawab dan menanggung resiko jika terjadi kesalahan dan kegagalan. Mereka lebih suka berada di belakang dan menjalankan perintah, agar merasa lebih aman. Padahal sikap seperti itu justru akan mengurung mereka, karena tidak bisa mengeksplorasi kemampuan yang mereka miliki. Orang yang sukses (dalam bidang apapun), mereka selalu memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan berani mengambil resiko atas semua keputusan dan tindakan yang diambil. Karena bagi orang sukses, kegagalan dan kesuksesan adalah resiko yang harus siap dihadapi.

9. Berpikir Positif.
Orang yang sukses selalu men-set pikirannya untuk positif setiap saat. Dengan pikiran positif, maka perbuatan kita akan didasarkan oleh getaran positif, sehingga hal positif akan semakin besar kemungkinannya. Semakin positif kita menyikapi hambatan, semakin besar kesempatan kita menemukan penyelesaian atas hambatan tersebut. Namun Jika kita gunakan pikiran negatif dalam berpikir, maka semua perbuatan kita akan berdasarkan hal-hal yang negatif. Sehingga efeknya justru akan membuat kita merasa khawatir dan cemas, setiap kita hendak melakukan apapun.

10. Nyaman dengan Diri Sendiri.
Pernahkah kita bertemu dengan orang sukses yang rendah diri alias tidak nyaman dengan diri mereka sendiri? Tidak ada tentunya. Kenyamanan menjadi diri sendiri tidak perlu ditutup-tutupi, supaya lawan bicara tidak tersinggung, karena setiap orang mempunyai tempat dan kesuksesannya sendiri. Orang bisa sukses mungkin dengan cara meniru para pendahulu, namun tetap selalu ada inovasi yang disesuaikan dengan pribadi masing-masing. Orang yang sukses selalu pandai mengolah kelebihan yang dimilikinya, tanpa harus berpura-pura menjadi orang lain.

Sikap dan kepribadian diatas, wajib dimiliki jika kita mau berhasil di bidang yang diinginkan. Meningkatkan kemampuan dan skill individu itu penting, namun jangan sampai melalaikan faktor sikap yang memiliki prosentase lebih besar dalam mencapai kesuksesan. Ada sebuah kata bijak yang menyebutkan, "Your attitude, not aptitude, determine your altitude" (Sikap Anda, bukanlah bakat (kecerdasan), yang menentukan tingkat kesuksesan Anda).


~ Happy Blogging dan Tetap Semangat ~
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

70 comments

20 Februari, 2012

kata john c maxwell dan dale carnegine juga jatuh bangunya seseorang karena sikap. ane setuju banget bang. ane ud ada modal no 1 dan 2, lah. inisiatif ada tepat waktu juga bisa. yang lain ane mau pelajari dulu gan. makasih ya.. ternyta buku yang kita baca beda tapi intinya sma.

20 Februari, 2012

wahhhh terima kasih mas atas penyampaiannya... ini membuat ane ingin lebih sukses

20 Februari, 2012

cakep mas bro ulasannya full,, mudah-mudah2an kita semua di miliki sikap dan kepribadian yang di ulas sama mas bro di atas, terima kasih banyak bang arie.


salam dan suport dari [DS]

20 Februari, 2012

Semoga kita termasuk individu yang memiliki sikap dan kepribadian orang sukses, dan semoga kita sukses di dunia dan di akhirat. Aamiin.

20 Februari, 2012

Nyimak aja dah. :)

20 Februari, 2012

semoga saja salah satunya bahkan kalo bisa semuanya bisa saya terapkan dalam dri saya bang hehe

20 Februari, 2012

Moga sukses selalu ya Mas. Saling mendoakan untuk meraih kesuksesan

20 Februari, 2012

mampir sambil baca-baca artikel yang sangat bermanfaat..:)

20 Februari, 2012

motivasi yang harus dilaksanakan,
yang paling susah bagi saya adalah point 7 sob,
entah kenap pas ketemu kesulitan ditengah perjalanan, selalu saja ada keluhan,,,

nice share,,,
wilujeng ngeblog

20 Februari, 2012

hmmmm mantap banget om,
boleh di copas manfaatnya??
;)

20 Februari, 2012

ckckckc....ulasan yang luengkap bin full... segala hasil akan tergantung pada dimana sifat kita ya bang... selalu ada jalan tuk meraih kesuksesan dan tidak ada sukses instant bagi seorang entrepreneur sejati...
sip banget bang... saya akan praktekin semua tips sikap di atas...Insya Allah bang Arie...
Salam untuk abang arie...hahayyyy :)

20 Februari, 2012

motivasinya membuat aku tergugah kang... mantap sekali.

ijin copas u/ dokumen pribadi y kang... ^^

20 Februari, 2012

Wahh ,,
sangat bagus artikel ini untuk kita lakukan ,, gann,,
Thx for share :D

20 Februari, 2012

siip banget artikelnya..terutama tips yang no 7.. cukup membakar semangat saya..
artikelnya pokoknya top markotop lah..hehehe

20 Februari, 2012

setuju bgt ma poin no.3, seperti hkum alam jika kita mau berbagi n memberi kita juga akan menerima lebih =)

21 Februari, 2012

@cerita anak kost: Saya juga pernah baca bukudari maxwell dan carnegie, tapi utk artikel kali ini saya mengulas dari referensi yg lain :)

@zhey five: Moga kita bisa sukses dibidang masing2 ya.. :)

21 Februari, 2012

@duniasharing: Terima kasih buat supportnya selalu masbro, dan mari kita sama2 belajar memperbaiki sikap :)

@sweethy: Sukses Mulia ya sist?
Sukses di dunia dan Mulia di akhirat.. Amiin.. atas doanya :)

21 Februari, 2012

@Hacc: Jangan lupa camilannya masbro :)

@imanarsyad: Kita belajar bersama utk terus memperbaiki diri masbro Iman :)

21 Februari, 2012

@Miss Nesthy: Mudah2-an Allah meridho'i harapan kita semua sist :)

@Muro'i El-Barezy: Makasih ya bang, sudah berkenan membaca artikelnya :)

21 Februari, 2012

@Kang Asep: Memang susah untuk menahan keluhan kang Asep, apalagi saat ketika kita benar2 drop. Tapi saya sering mendapat saran, mengeluh itu naluriah, asal jgn sampai terlarut dalam waktu yg lama :)

@bagollum: Jika memang ada manfaat, silahkan saja jika ingin di share kembali :)

21 Februari, 2012

@Kang Farhan: Saya juga lagi belajar kembali utk menata sikap kangmasbro, utk bisa membangun kembali bisnis yg sempat hancur :)

@Jejak Puisi: Silahkan saja sob jika memang ada manfaatnya. Mau jadi dokumen pribadi atau di share ulang juga boleh :)

21 Februari, 2012

@enonovan44: Mudah2-an ada manfaatnya ya gan :D

@roedie: Terima kasih bang Roedi, moga selalu sehat dan terus sukses :)

@Rumah Info: Itu sama dg prinsip tabu-tuai bang. Terima kasih ya sudah mengunjungi blog sederhana ini hehehe :)

21 Februari, 2012

sangat bermotivasi bagi yang membacanya, tapi kembali ke pembaca masing masing...

21 Februari, 2012

Hey arie! Since I don't understand much what this post is about, I'll just say HI and wish you a great week! LOL

Take care my friend.

21 Februari, 2012

snagat menggugah sekali, bikin jadi semangat lagi untuk meraih sukses! thanks atas motivasinya brother..!

21 Februari, 2012

harus sering2 kemari nih biar terus termotivasi, terima kasih sudah hadir untuk memotivasi kami para nubi...

maksih juga linkback nya bang :)

21 Februari, 2012

@agusbg: Betul masbro, semua kembali pada masing² individu, karena sukses itu pilihan :)

@Michael: Hahaha.. do you can make the google translate for read my post myke?.. But never mind, thanks for be supported my blog :)

21 Februari, 2012

@bocah n: Moga ada manfaat yg bisa diambil sob :)

@souvenir tasbih cantik: Hehehe... wah, masbro ini bisa aja. Masbro khan sudah ada dagangan, berarti sudah ada action sebagai bisnisman :)

21 Februari, 2012

nice info gan,,,

go on spirit, keep on succes,,,,

21 Februari, 2012

Terima kasih atas sharingnya sahabat...
selalu mendapatkan penserahan di ruangan ini yang indah

Selalu semangat seperti pada artikel diatas dengan beretika yang baik akan mengantarkan Kita pada kesuksesan. Bukan begitu Bp.Arie...?


MangzTaaaaaaaaaabbbzzz... (",)

21 Februari, 2012

nyaman dengan diri sendiri
ga gampang dipengaruhi
ini sangat saya sukai :)

21 Februari, 2012

harus di coba ah :D biar jadi orang yang lebih berguna dan bermanfaat

22 Februari, 2012

sikap memang hal terpenting dan paling utama :)

wah selalu menginspirasi dan makin menginspirasi...^__^

salam sukses mas...hehe

#malam ndak bisa tidur, ya udah mampir sini aja dah..:p

22 Februari, 2012

salut buat artikelnya mas .. inspirasi banget buat menyikapi diri sendiri terutama pada diri saya, hehee

22 Februari, 2012

Ajibbb.. keren gilak nih artikell.. keren

22 Februari, 2012

sungguh inspiratif dan memotivasi.. nice post sob.

happy blogging :D

22 Februari, 2012

@on teknologi: Wih.. semangat banget sob, sukses selalu buat kita semua :)

@Blog Keperawatan: Terima kasih untuk selalu memantau blog saya ini sobat :)

22 Februari, 2012

@arie5758

dah ane posting di kamar kang... ^^ biar pas bangun tidur bisa semangat ^^

salam blogger

22 Februari, 2012

@Aneka Tutorial | Blog | Blogging | Informasi | tutor26: Wadduh... emang saya keliatan tua ya sampe dipanggil bapak hahaha...
Jika kita selalu semangat, kan berarti pantang menyerah sob :)

@anisayu: Betul mbak Ayu, tidak perlu berpura² jadi orang lain :)

22 Februari, 2012

@hzndi: Silahkan sob, moga ada perbaikan dari diri kita semua :)

@Akhsa Nant: Salam sukses juga sob, lama tak bersua nih. Terima kasih mampir lagi kesini :)

22 Februari, 2012

@Juru Indra Download: Kita belajar bersama² mas :)

@Tulisan dan Curhatku: Terima kasih sobat, sudah mau membaca artikel ini :)

22 Februari, 2012

sikap memang memegang peranan penting dalam keberhasilan seseorang, seperti selalu bersikap positif, melayani dengan tulus dan mengembangkan diri, nice sahabat. Salam

22 Februari, 2012

@Ahmad Zuhdi Travelife: Terima kasih sob.
Happy blogging dan salam persahabatan :)

@Jejak Puisi: Dikamar tidur, ato dikamar blog maksudnya sob? Moga selalu semangat utk meraih asa sob :)

22 Februari, 2012

berkunjung sobat di sore hari :) comment me back trims .

22 Februari, 2012

wah mntap sob.!?
kunjungan sore nih sob, maaf nih g bs ngisi buku tamu,cz lg ol pke hp nih hahahayyy

22 Februari, 2012

wahhh,, sep bang..

22 Februari, 2012

wauuhh..Banyaknyaaa.....hehehehe....yaa...tetap semngat untuk menjadi lebih baik...dijalani dikit demi sedikit dulu.....happy blogging Bang Arie....(^_^)

22 Februari, 2012

@DeeJayHan-Blog: Trims udah berkunjung sob :)

@MASNADY-BLOEGREEN: Wah.. lama tak bersua masbro, kemana aja nih :)

22 Februari, 2012

@opex: Keso'on lek :D

@mrofiuddin: Memang banyak tulisannya sob, kebiasaan nulis buku soalnya hehehe.. belajarnya pelan² dulu :)

22 Februari, 2012

kesuksesan memang penuh kerja keras, makasih untuk infonya yang sangat bermanfaat buat saya...salam

22 Februari, 2012

Pengaruh sikap memang luar biasa, nice post, salam

22 Februari, 2012

g kmn2 sob, cm g bs ol z,jd g bs update nih, blog saya seperti blog mati .!?
mkasih nih sundulan nya.!?hahahyy

23 Februari, 2012

wahhh mantep nih Mas Arie, bisa dijadikan sebagi pedoman untuk meraih kesuksesan bagi saya...

thanks yah Mas Arie udah share pengetahuannya :)

23 Februari, 2012

Maaf bang Arie baru bisa absen nih soalnya kerjaan numpuk bangetttt,padahal kangennya ga ketulungan nih,artikel bang Arie kali ini mantef banget dan aku suka banget.

23 Februari, 2012

wah info yg sangat menarik ni, mulai skarang merubah sikap seperti orang skses yg lainnya...

mantap gan.....
inspirasi_na bermanfaat banget...

23 Februari, 2012

semua point dia tas itu yang belum bisa saya laksanakan adlah yang terakhir :(

23 Februari, 2012

Thanks for sharing :)

23 Februari, 2012

wah makasih infonya

24 Februari, 2012

Cocok ni buat calon etrepeneur.. betul gak sob.. ;)

03 Maret, 2012

info bagus bang buat masa depan,,thanks ya

04 Maret, 2012

Nice share Kang, sangat bermanfaat motivasi nya. Salam

Gak rugi memang mampir di rumah sobatku ini, selalu dapat hal baru...
gestur memng penting untuk meraih kesuksesan ya sob :)
ckckckckk ulasanya itu loh komplit banget... salut!

sukses selalu kang.

13 Mei, 2012

point kedua yg agak susah sy terapkan, dimana banyak kerjaan dan jg musti kuliah dan kerja offline....

indahnya dunia ini apabila semua poin diatas bisa diterapkan dalam kehidupan nyata, bukan hanya teori. tapi saya berani bertaruh, mungkin hanya ada satu dari seribu orang yang benar2 bisa menerapkannya secara penuh dalam kehidupan nyata. dan semoga kita masuk dalam kategori yang satu orang tersebut.

14 Juni, 2012

Sobat, link mu sudah berkibar di blogku, Cek aja!
Ditunggu segera link backnya sobat.. Thanks..

22 April, 2015

Ternyata cara meraih kesuksesan bisa dilakukan dengan 2 jalan pertama dengan
cara spritul kedua dengan jalan usaha dan kerja keras,,,,menjadi faktor penentu sukses atau tidaknya seseorang,rahasia sukses,
motivasi untuk sukses jika ingin hidup lebih
sukses dari yang sekarang silahkan klik >>disini<<
guru kesuksesan

07 September, 2015

Luar biasa mas, trims ya

Anonim
26 Oktober, 2015

Smoga inspirasi ini membawa perubahan untuk bangsa

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.