Belajar Presentasi yang Baik dan Menarik

Setelah sebelumnya saya mengulas cara sederhana untuk Belajar berbicara di depan umum, yang fungsinya adalah untuk memberikan keberanian pada kita untuk tampil di depan. Maka saat ini lebih mendalam lagi tentang cara Belajar Presentasi yang baik dan menarik. Mungkin sudah banyak tips-tips cara presentasi yang bisa dengan mudah kita cari lewat mbah Google, tapi kali ini saya akan ulas dengan bahasa sederhana berdasar pengalaman saya sendiri.

Seperti yang telah saya paparkan bahwasanya berbicara (presentasi) di depan umum bukanlah sebuah bakat, namun sebuah kemampuan bicara yang akan terus berkembang seiring dengan banyaknya latihan dan praktek. Namun apakah orang yang sudah tampil di depan dan banyak melakukan latihan dan praktek berbicara di depan, akan mampu meyuguhkan sebuah presentasi yang baik dan menarik? Jawabannya... belum tentu.

Sebelumnya mohon maaf bila ada yang tersungging... Mungkin pada saat kuliah/sekolah, kita pernah mendengarkan seorang guru atau dosen yang menyampaikan mata pelajaran, justru membuat siswanya mengantuk atau merasa booring. Padahal seorang guru atau dosen, pekerjaan setiap harinya adalah mengajar. Atau kita pernah mengikuti sebuah seminar yang ternyata kita bukannya memperhatikan pembicaranya, tetapi lebih banyak memandang layar karena begitu banyaknya slide yang ditampilkan. Bahkan lebih parah lagi kita tidak memperhatikan pembicara dan slide yang ditampilkan, tapi malah sibuk sms-an atau main handphone dan berharap acara segera berakhir.

Sehingga... setelah kita mulai berani untuk tampil berbicara di depan lebih dari satu orang dengan banyak melakukan latihan dan praktek, maka selanjutnya kita perlu mengembangkan diri agar presentasi kita bisa lebih baik dan menarik.

Dalam sebuah presentasi (apapun itu bentuknya), selalu memiliki 4 unsur:
  1. Pembicara : adalah orang menyampaikan ide/gagasan dalam sebuah presentasi.
  2. Materi : adalah ide/gagasan yang akan disampaikan, sehingga bisa tersalurkan kepada orang lain.
  3. Audien : adalah target dari pembicara untuk menyampaikan ide/gagasan-nya.
  4. Perlengkapan : adalah sarana penunjang yang dipakai oleh pembicara yang akan menyampaikan ide/gagasan agar bisa tersampaikan kepada audien. Sarana penunjang bisa berupa ruangan, penerangan, lcd proyektor, sound sistem dan sebagainya.

Peserta seminar yang saya adakan bersama Tim.

Pembicara atau Presenter adalah orang yang paling berperan selama berjalannya presentasi, karena dialah yang menyajikan informasi, ide atau gagasan. Untuk itu jika kita ditunjuk sebagai pembicara (dalam acara apa saja) ada 4 hal yang harus dipersiapkan agar selama presentasi bisa berjalan dengan lancar:

1. Menguasai Materi.

Seorang pembicara yang tidak menguasai materi, bisa terlihat dari caranya menyampaikan presentasi. Dia akan lebih banyak melihat catatannya, entah itu catatan di kertas, laptop atau yang terpampang di layar proyektor. Jika ini yang kita lakukan, maka sama halnya kita mendikte audien. Pernahkah kita menjumpai pada saat sekolah atau kuliah, seorang guru atau dosen selalu mengajar dengan membacakan buku yang dibawanya sementara kita mencatat? Bagaimana rasanya? Sangat menjemukan tentunya. Untuk itu gunakanlah catatan sebagai kunci agar step-step presentasi yang kita bawakan bisa sistematis, bukan hanya dibacakan. Oleh karena itu seorang pembicara mutlak hukumnya untuk menguasai materi.

2. Mengenali Audien.

Audien sering dianggap sebagai obyek pasif yang hanya menerima informasi dari pembicara. Karena itu banyak pembicara yang menyampaikan presentasi dengan asal-asalan dan sangat cepat, yang penting materi sudah tersampaikan dan tidak memakan banyak waktu. Cara ini biasanya dilakukan oleh pembicara pemula atau yang baru belajar berbicara di depan, karena mungkin saking nervouse-nya sehingga dia menyampaikan informasi seperti iklan koran "padat, singkat, terpercaya"... hehehe.

Memang untuk membuat audien memahami materi hanya dalam sekali pertemuan sangatlah sulit, namun respon yang ditunjukkan mereka selama berjalannya presentasi itulah yang menjadi tolak ukur sukses/tidaknya seorang pembicara dalam menyampaikan informasi. Untuk itu jika kita sebagai pembicara harus mengenali siapa audien yang menjadi target penyampaian informasi. Setelah itu baru kita bisa menentukan materi, susunan kata serta cara penyampaiannya. Pembicara yang bagus adalah orang yang mampu menyampaikan informasi dengan bahasa yang dimengerti oleh audiennya, seperti kata pepatah "Jangan bicara tentang warna kepada orang buta".

3. Mengetahui Peralatan Pendukung.

Jika dalam presentasi menggunakan sarana pendukung seperti sound sistem, lcd proyektor atau peralatan elektronik lainnya seyogyanya pembicara harus mengetahui cara penggunaannya. Hal ini untuk mencegah kesalahan yang terjadi akibat ketidak tahuan menggunakan peralatan, seperti mikrofon mendenging, slide yang seharusnya maju ke halaman depan justru malah balik ke halaman sebelumnya, dan sebagainya. Kesalahan seperti ini bisa berakibat konsentrasi baik pembicara maupun audien menjadi pecah, si pembicara menjadi panik dan respon audien akan menurun. Karena itu sangat disarankan bila kita menjadi pembicara, untuk mencoba semua peralatan yang digunakan sebelum acara presentasi berlangsung.

4. Menyiapkan Rencana Alternatif.

Terkadang selama presentasi, ada saja hal-hal yang terjadi yang bisa membuat jalannya presentasi terganggu. Misalnya mikrofon (wireless) tiba-tiba mati karena kehabisan baterai, laptop yang tiba-tiba hang, file presentasi yang rusak dan tidak bisa dibuka dan lain sebagainya. Jika kita tidak mempersiapkan rencana alternatif, maka bisa jadi presentasi akan terhenti. Dan tentunya ini tidak hanya membuyarkan konsentrasi tapi juga menurunkan penilaian audien terhadap pembicara dan panitia pelaksana.

Setelah kita mempersiapkan segala sesuatunya, maka saat ini waktunya untuk menyampaikan presentasi kepada audien. Agar presentasi yang kita bawakan bisa berjalan dengan baik dan menarik serta mendapatkan respon yang positif dari audien, maka kita perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Penampilan.
    Tidak peduli presentasi itu dibawakan oleh ketua RT kepada warganya, atasan kepada anak buahnya, guru kepada muridnya, seorang marketing kepada calon pelanggannya dan lain sebagainya... yang namanya penampilan harus dijaga.
    • Raut muka kita harus terlihat berseri, jangan terlihat kusam seperti orang dikejar hutang.
    • Baju yang kita kenakan harus rapi dan bersih, jangan acak-acakan seperti orang habis kalah judi.
    • Jika habis makan, periksalah mulut dan gigi siapa tahu ada yang masih nyangkut.
    • Pokoknya penampilan dari ujung rambut sampai ujung kaki harus benar-benar dijaga, karena penampilan adalah kesan pertama untuk menilai seseorang. Seperti moto sebuah iklan, "Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda..."

  • Suara.
    Dalam menyampaikan presentasi, suara yang kita keluarkan harus jelas. Tidak terlalu keras seperti orang sedang mengamuk atau terlalu pelan seperti orang lagi menggerutu. Pengucapan huruf vokal pun harus jelas antara A, I, U, E dan O, agar informasi yang kita sampaikan bisa ditangkap dengan jelas oleh audien. Intonasi suara juga perlu diperhatikan, jangan menyampaikan presentasi dengan suara yang datar. Seperti mendengarkan lagu, apakah enak didengar jika hanya menggunakan satu nada/not saja? Pasti akan banyak penonton yang segera pergi meninggalkan kita.

  • Ice Breaking.
    Sebelum masuk ke materi presentasi, sebaiknya pembicara melakukan ice breaking untuk mencairkan suasana. Ice breaking bisa dengan cara kita memperkenalkan diri, menanyakan kabar audien, cerita ringan atau mengungkapkan alasan mengapa kita memilih materi. Jika suasana antara pembicara dengan audien sudah cair, maka akan lebih mudah kita dalam menyampaikan informasi.

  • Body Language (Bahasa Tubuh).
    Acara presentasi bisa disebut sebagai sarana "show" bagi pembicara yang disaksikan audien. Maka jangan pernah kita menyampaikan presentasi seperti patung atau seperti murid yang dihukum gurunya, hanya berdiri diam di satu tempat.
    • Kuasailah ruangan dengan bergerak kekiri, kekanan, atau bila perlu maju ke audien. Dengan kita bergerak maka pandangan audien juga akan bergerak tidak cuman melihat satu titik, itu bisa membuat audien tidak mengantuk.
    • Gerakkan tangan, mimik muka, bila perlu anggota tubuh untuk berekspresi, jangan suka menyimpan tangan kita ke dalam saku karena itu bisa membuat audien jenuh.
    • Bila kita menyampaikan presentasi sambil duduk berjejer di depan, jangan sampai kondisi itu membuat kita kaku. Tetap gunakan tangan dan mimi muka, bila perlu kita ambil mikrofon dari stand-nya agar gerak kita bisa lebih bebas.

  • Eye Catching (Tatapan Mata).
    Menyampaikan presentasi sama halnya dengan kita berkomunikasi dengan audien. Arahkan pandangan kita ke depan menatap pandangan semua audien secara bergantian (jangan cuma menatap audien yang cakep saja). Dengan bertatap mata akan semakin membuat hubungan komunikasi lebih dekat, selain itu kita bisa mengetahui respon dari audien yang memperhatikan dengan yang tidak. Bagaimana jika kita belum berani menatap mata audien?... Kita bisa menatap dahi atau ujung rambut audien, yang penting jangan sering melihat ke bawah karena kita tidak sedang mencari uang yang jatuh.

  • Pemilihan kata.
    Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti oleh audien. Jangan karena supaya kelihatan jenius, kita menggunakan istilah-istilah yang justru membuat audien tidak mudeng (mengerti). Pakailah bahasa yang sopan, seperti menyebut audien dengan "bapak", "ibu", "adik" (jika audiennya pelajar) atau "anda", serta menyebut kita sendiri dengan "saya" atau langsung menyebut "nama kita". Jangan sok kayak artis yang suka menyebut dengan kamu, aku, loe, gue... karena itu mengesankan kita sombong dan meremehkan. Jika menggunakan bahasa daerah, maka pergunakan bahasa paling halus di daerah itu.

  • Sisipkan Joke (Humor).
    Suasana yang riang dan gembira akan terkesan lebih santai, dan itu membuat materi yang disampaikan bisa dengan mudah untuk diserap. Asal jangan bercanda terus dari awal sampai akhir, nanti malah dikira kita pelawak yang alih profesi jadi pembicara hehehehe...

  • Tambahkan Diskusi (Tanya jawab).
    Bila waktu memungkinkan, berilah waktu untuk sesion diskusi atau tanya jawab. Hal ini akan lebih menunjukan kepedulian terhadap audien, serta membuat presentasi berjalan dengan komunikasi dua arah. Apabila waktu yang diberikan tidak mencukupi, maka sisihkan waktu setelah presentasi untuk audien bertanya lebih dalam. Semakin kita care maka audien pun semakin merasa nyaman, sehingga ketika kita memberikan presentasi lagi di lain waktu, mereka pasti akan lebih respek dengan kita.

Uraian diatas adalah bagaimana supaya kita bisa menyampaikan presentasi yang baik dan juga menarik. Jadi bagi yang sudah punya keberanian untuk berbicara di depan umum, mulailah melakukan pengembangan diri agar kita bisa menjadi penyampai informasi yang baik dan disukai. Kita tidak tahu di masa depan kita akan jadi apa, sehingga tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri sejak dini.

Untuk selanjutnya, saya akan mengulas tentang jenis-jenis presentasi dan fungsinya. Bila para sobat tertarik, maka tetaplah staychun di blog saya untuk mengetahui kelanjutannya hehehehe....


~ Happy Blogging dan Tetap Semangat ~
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

69 comments

02 Januari, 2012

Perlu banget nih bang..trima kasih bang sdh dikasih tips yang sangat bermanfaat..mantef artikelnya.

02 Januari, 2012

wah info mantap gan, aplg lagi sering2 presentasi ni

02 Januari, 2012

blog walking... nice blog... following for support

02 Januari, 2012

wah bagus nih gan, bisa jadi referensi, thanks udah berbagi ya gan sukses di tahun 2012 dan selamat tahun baru

02 Januari, 2012

wah bermanfaat banget nih mas arie :D izin sedot hehe

02 Januari, 2012

@ICAH BANJARMASIN: makasih bang udah sempat membaca, maaf baru sempat onlen lagi nih :)

@Tutorial Photoshop: iya sob, semoga bermanfaat :)

@the orange teapot: Thank for your coming, happy new yaer for you :)

02 Januari, 2012

@Belajar Komputer: Terima kasih do'anya sob,,, semoga tahun baru ini sobat juga selalu diberi kesuksesan yg barokah :)

@iman@sampeweweh: hahahaha... apanya yg disedot sob?? semoga bermanfaat :D

02 Januari, 2012

amin

02 Januari, 2012

SANGAT BERFANMAAT MAS, PENGEN SKALI MENGUASAI CARA2 INI, SEPERTINYA LATIHAN MEMANG PALING UTAMA YA MAS, DAN TENTU PENGUASAAN MATERI BIAR LANCAR...HARUS BERGURU NIE SAMA MAS ARIE...BAGI LAGI ILMUNYA YANG LAEN MAS YA... :D

03 Januari, 2012

wah nice share nih, saya pengen bgt bisa presentasi didepan ribuan orang, sangat bermanfaat nih .

03 Januari, 2012

A good speaker can only be determined effective when the listeners enjoyed listening the presentation and got the whole discussions.

03 Januari, 2012

thanks infonya sob...

makasih kawan.. :D

04 Januari, 2012

Thanks Infonya sob...

04 Januari, 2012

penginnya sih spt itu,... tp klo didepan audien jd bungkam, ...hehehe
mksih pelajarannya, kawan....

04 Januari, 2012

Intinya harus banyak belajar dan berlatih secara berkala. Terima kasih atas ilmunya sob. Saya pasti suatu saat membutuhkan ilmu ini, walaupun dalam skala yg agak kecil tidak seperti di seminar yakni presentasi hasil program yg saya buat di dalam perkuliahan.

Sekali lagi terima kasih bang. Sukses selalu untuk Anda.

05 Januari, 2012

tips yang sangat bermanfaat trimakasih sobat,,jangan lupa mampir ke blog saya ya

06 Januari, 2012

@Agung Budi: Semoga bermanfaat :)

@Tonnys: Biasanya anak kuliahan kan sudah terlatih beginian, khususnya nanti saat sidang skripsi mas hehehe :)

@Januar: Dari presentasi kecil, lambat laun bisa tampil pada presentasi besar. Tetap semangat sob :)

06 Januari, 2012

@Limo Hire Melbourne: I agree with you, thanks for reading my articel :)

@Armada Scout: Sama-sama sob :)

@Rachmad a.k.a Gorengan: Semoga bisa bermanfaat kawan :D

06 Januari, 2012

@Black Angel Syndicate: Terima kasih sudah berkunjung :)

@windows dan SEO: Dengan belajar, nantinya juga pasti bisa sob :)

@Bisnis Investasi: Cara ini bisa diterapkan di segala medan kok sob, semoga nanti presentasi programnya sukses :)

@BLOGCUNAYZ: Terima kasih udah membaca artikelnya, segera mampir balik nanti sob :)

07 Januari, 2012

Cocok nuat saya nih

Kunjungi blog saya :
http://jeffryfaruki.blogspot.com/......
Disitu terdapat bisnis - bisnis online dan software - sofwtare unik..
Ditunggu commentnya

08 Januari, 2012

@Nasri: terima kasih, semoga bisa bermanfaat sob... segera melunjur ke blog sobat :)

Very very beautiful tips,,,
i like ur style...

25 Januari, 2012

Sangat bermanfaat tulisan ini. Bisa menambah wawasan para pembaca...tipsnya juga bisa dicoba. Terimakasih

25 Januari, 2012

betul sobat. 4 poin diatas merupakan poin penting dalam berpresentasi.
dan dalam mempraktekkannya harus dilandasi dengan niat dan hati yang gembira.
hehe,
terima kasih sudah berbagi sobat.
salam persahabatan

25 Januari, 2012

@Pecandu Wordpress Dan Blogger: Terima kasih atas kunjungan dan supportnya sob :)

@Sweethy Amore: Silahkan diterapkan dikemudian hari sist, siapa tahu banyak manfaatnya :)

25 Januari, 2012

@Outbound Malang: Terima kasih kembali sobat... berbicara masalah public speaking, tentu sobat lebih menguasai karena sering mengadakan outbond :)

Anonim
27 Januari, 2012

makasih banyak nih informasinya...sangat membantu sekali untuk membuat saya jadi lebih pede dalam berpresentasi di hadapan publik.....pas banget sama kerjaan nih....

07 Februari, 2012

waah...dapat ilmu banyak nich disini..terima kasih Bang Arie...artikelnya sangat membantu saya nich....semoga sukses selalu bwt Bang Arie...(^_^)

12 Februari, 2012

wahhh,,, sangat membantu sekali ini sob, sebab dalam waktu dekat ini saya ada ujian praktek lulusan presentasi dengan bahasa inggris,

thanks yah sob :)

Anonim
15 Februari, 2012

sipp neh pemberitahuannya
bisa bwat bljar dan nmbah pngetahuan saya tntng presentasi
terima ksih ya

28 Februari, 2012

materinya lengkap dan deskriptif, inspirasi untuk penilisan blog saya juga

20 Maret, 2012

Setuju pak ...

Mengenali Audience itu ...
menurut saya ... adalah faktor yang relatif penting ...
namun celakanya ... ini yang paling susah ... :)

Salam saya Pak

20 Maret, 2012

Tipsnya sangat bermanfaat buat persentasi nanti

Thank you mas..
tapi apakah kematangan usia juga mempengaruhi mental (keberanian) juga ya mas ? sampai sekarang saya sudah duduk di bangku kuliah tapi masih pemalu mas, kecuali sama teman dekat, hhehe

26 Maret, 2012

keren pak materinya...ane srg ada di setiap pembicaraan tapi buat buang nervous yang paling susah..apalagi kalo uda bad moodd...blog walking gan hehehee

18 April, 2012

makasih ya sudah mau berbagi ilmunuya

18 April, 2012

salam kenal ya gan thanks ya sudah mau berbai infonya

ilham je lah
22 April, 2012

ahhhh dr saya yg tdk tau ngomong ni sekali baca ini jd semangttt wahhhhhhhhhhhh dahsyat

29 April, 2012

harus banyak belajar nih disini, thanks gan, saya suka ini

29 April, 2012

makasi artikelnya sangat bermanfaat sekali mas arie, yang kurang dari ane kalo presentasi serasa kurang PD bgt mas juga ditambah suka nervous :D yang pada akhirnya kadang suka lupa apa yang mau di ungkapkan...
Minta tips nya mas untuk meningkatkan lebih kepercayaan diri dan menghilangkan rasa nervous saat kita presentasi atau saat kita menghadapi orang banyak..
makasi sebelumnya y mas....

adam
02 Mei, 2012

mantabs...informasi yg sangat berguna..menjadi tambah semangat belajar presentasi..terima kasih ilmunya.

Nah ini dia, yang kucari.
Makasih bakal saya pelajari dulu.

die
14 Mei, 2012

menyimak....thaks

25 Mei, 2012

wah semuanya ada disini kang ,mantapp sekali :D pernah saya persentasi beberapa bulan yang lalu, hari sekarang d kasih tugasnya besok di persentasikannya. sedangkan materi belum kekuasai semua. saya selalu demam pangung kang hehe istilahnya ngagibrig keringatan kalo dalam istilah sundanya hehe. antisipasinya gimna yah? dalam kita berimprovisasi pda auidiens :D susah sekali bagi saya ..hehe

03 Juni, 2012

postingan yang bermanfaat..
mari kita bertukar pikiran di id.4presentation.net
trimakasih

Anonim
26 September, 2012

menarik,,, idenya, gimana ya mas agar gak kaku pada saat didepan orang banyak? termaksih

Anonim
30 September, 2012

kenapa kok harus pakai baju yg rpi

04 Oktober, 2012

makasih banyak mas..

06 Oktober, 2012

Selamat Siang dari Jogja :)

Anonim
07 Oktober, 2012

Wow.............super sekali.....thats amazing...........semoga saya bisa mengambil semua aspek yang ada dengan implementasi yang baik.......Thanks y Maz Bro...I'II to try........Salam kenal dari saya Nia.......

07 Oktober, 2012

good id :)

muanteb, terimakasih tq masbro....!

Anonim
22 Oktober, 2012

>>>>>>>>>>>>>>>>>> Ajibbbbbbbbbbb

farhan
24 Oktober, 2012

mas saya boleh bertanya gak, bagaimana cara untuk mengenali audien.?

Anonim
26 Oktober, 2012

Izin sedot gan . . .
Maap gan pake profil anonim . . .
Hehehehe Akun q ga mau kompromi gan . . .

14 November, 2012

@mrofiuddinSemoga bisa dipraktekkan saat jadi presenter apapun mas :)

Anonim
19 November, 2012

makasi mas atas ilmunya
memang bener mas orang yang baik adalah orang
yang bermanfaat bagi orang lain
contohny mas sendiri :)

22 November, 2012

terima kasih ya mas, atas ilmu pengetahuan yang dah mas bagikan...

Anonim
22 November, 2012

terima kasih untuk untuk ilmu yang telah diberikan, saya jadi mengerti tentang presentasi yang menarik.
akan saya terapkan dalam presentasi saya di MELIA SEHAT SEJAHTERA

11 Desember, 2012

kalau misal kita uda menguasai materi,,tapi saat sudah didepan audiens materi yang akan kita sampaikan balank ..dan kita bingung mau bicara tentang apa,,saya harus bagaimana?/
terima kasih

12 Desember, 2012

Terimakasih, sangat terbantu sekali untuk tugas kuliah saya :D

14 Desember, 2012

@siska hariningsihBlank didepan audiens itu sebenarnya bukan karena tidak tau yg mau dibicarakan. Perasaan nervous yg terlalu tinggi dapat menghambat fungsi otak, shg apa yg kita pelajari dan kita ingat sebelumnya menjadi hilang seketika. Siapkan mental seperti yg saya uraikan dan percaya diri sebelum presentasi, akan memberikan energi positip shg apa yg mau kita sampaikan dapat keluar secara mengalir :)

24 Maret, 2013

cara menumbuhkan sikap PD tuh yg pling susah...

Anonim
24 April, 2013

terimakasih infonya..cukup bermanfaat

Anonim
30 April, 2013

keren saya suka blog ini...

15 Mei, 2013

Keren nih! Praktis ilmunya! :D

20 Mei, 2013

terimaksih,,,sangat membantu motivasi saya,..!!

05 Juni, 2013

tulisan yang sangat bagus.....

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.