Kiat Memilih Perguruan Tinggi (Universitas)

Artikel kali ini saya posting berkenaan dengan salah satu sobat blogger Zero CodeXgigas yang bertanya melalui komentar pada artikel Tips Menulis Cerita Pendek (Cerpen) tentang memilih Universitas. Seperti kita tahu bahwasanya saat ini, saudara-saudara kita yang menginjak kelas 12 (SMU/SMK kelas 3) sudah merampungkan UNAS sebagai salah satu syarat untuk kelulusan. Dan sudah menjadi kebiasaan bahwa para lulusan SMU/SMK yang memiliki biaya serta niat untuk melanjutkan studi, akan segera memilih perguruan tinggi (Universitas) untuk menimba ilmu sebagai bekal masa depan.

Mungkin sebagian dari lulusan sudah mempunyai planing universitas dan program studi yang akan dipilihnya, namun sebagian lagi masih terasa kebingungan untuk menentukan pilihannya. Hal ini sangatlah wajar, karena pada fase ini bisa menjadi penentu untuk meraih profesi dan jenjang karir yang diidamkan di masa depan. Kesalahan memilih universitas dan program studi, akan menyebabkan perasaan kurang nyaman, tidak fokus serta semangat belajar yang menurun. Tentunya kondisi ini akan sangat merugikan, baik bagi si penuntut ilmu maupun orang tua yang membiayainya. Bagi orang tua yang memiliki kondisi finansial berkecukupan mungkin tidak begitu bermasalah, tapi bagaimana jika kondisi finansial orang tua yang pas-pasan?

Untuk itu sebelum memilih Perguruan Tinggi (Universitas), ada 5 hal berikut ini yang perlu diperhatikan oleh para calon mahasiswa/mahasiswi:

  1. Keinginan / Minat
    Dalam memilih Universitas dan program studi, hal yang paling utama adalah sesuai dengan keinginan atau minat. Coba dalami diri sendiri untuk menggali minat, agar tidak terjadi salah pilih. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa kesalahan memilih Universitas dan program studi akan membuat kita tidak enjoy dalam menjalani masa studi. Jika masih bingung akan minat diri sendiri, silahkan baca artikel Pengaruh Kepribadian Terhadap Bidang Pekerjaan, siapa tahu bisa membantu dalam menentukan pilihan.

  2. Biaya Studi
    Setiap calon mahasiswa/mahasiswi pasti menginginkan bisa masuk ke Universitas favorit yang memiliki program studi sesuai minatnya, namun terbentur masalah biaya karena kondisi finansial orang tua yang tak mencukupi. Karena dalam menmpuh studi ke Perguruan Tinggi tentu ada biaya seperti uang gedung dan SPP, semakin favorit sebuah Universitas biasanya semakin tinggi pula biayanya. Itu belum jika ada tugas membuat makalah, seminar dan praktikum, yang tentunya akan membutuhkan biaya tambahan. Alangkah bijaksananya jika calon mahasiswa/mahasiswi menyesuaikan hal ini, agar tidak semakin membuat beban orang tua menjadi berat.

  3. Lokasi / Tempat
    Semakin jauh jarak lokasi tempat studi dengan tempat tinggal si calon mahasiswa/mahasiswi tentu akan berpengaruh terhadap biaya hidupnya. Biaya hidup ini termasuk transportasi, kost, makan, minum dan kebutuhan lainnya. Berpisah dengan orang tua memang akan dapat menempa kemandirian seseorang, namun perlu disadari juga bahwa orang tua juga perlu mengeluarkan biaya lain selain biaya hidup mereka sendiri. Jika kampus berada di luar kota dan ditempuh dengan cara pulang-pergi setiap hari, tentulah akan sangat melelahkan yang akan mempengaruhi konsentrasi belajar-nya.

  4. Reputasi Universitas
    Mencari tahu informasi Universitas yang akan dimasuki akan lebih membantu dalam menentukan pilihan. Informasi ini bisa dilihat dari brosur-brosur pendidikan, wikipedia atau lewat web resmi yang dimiliki tiap Universitas. Pelajarilah program studi yang disediakan, kondisi kampus, sarana dan prasarana serta status Universitas tersebut. Mencari informasi ini diperlukan, baik dalam memilih Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.

  5. Prospek ke Depan
    Sudah menjadi alasan yang umum jika meneruskan jenjang pendidikan ke Perguruan Tinggi adalah sebagai sarana agar bisa mendapatkan posisi atau jabatan yang lebih tinggi saat bekerja nanti. Dan keahlian yang paling dibutuhkan perusahaan biasanya akan menjadi program studi paling favorit. Namun yang perlu disadari bahwa pada program studi favorit pasti peminat dan jumlah siswanya sangat banyak, sementara lapangan pekerjaan yang tersedia tidak cukup memadai. Dalam hal ini akan membutuhkan kejelian calon mahasiswa/mahasiswi dalam memilih program studi yang akan diambil. Saat ini tidak sedikit lulusan Perguruan Tinggi favorit yang memilih prgoram studi favorit malah menganggur karena kalah dalam bersaing.

Demikianlah 5 hal yang perlu diperhatikan oleh seorang calon mahasiswa/mahasiswi dalam memutuskan pilihan Perguruan Tinggi dan program studi yang akan diambilnya. Namun yang paling penting yang harus dimiliki adalah Niat. Jika niat sudah besar ditambah tekad yang bulat, meskipun ada kendala apapun (termasuk biaya), maka orang tersebut akan berusaha mencari solusi untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi pilihannya. Selamat berjuang untuk meraih masa depan yang lebih baik.

===================================================================

Bersamaan dengan artikel ini, saya akan mengumumkan 2 blogger yang akan mendapatkan novel gratis dari saya pada periode bulan April 2012:


Mohon untuk kang Farhan dan bang Icah, mengirimkan pesan ke akun Facebook saya perihal nama dan alamat tujuan lengkap agar kiriman tidak nyasar ke tetangga. Untuk blogger lainnya jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan mendapat novel gratis karya saya dan istri (Vanny Chrisma W) di bulan selanjutnya. Support dari Anda merupakan kehormatan bagi kami


~ Happy Blogging dan Nikmati Hidup Ini ~
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

63 comments

01 Mei, 2012

Kok saya PertamaxxX ?
kalo saya masih SMP, jadi kayaknya saya Cuma baca2 aja deh hehehehe .

01 Mei, 2012

terimakasih kak Arie.. saya gak nyangka kalo permintaan saya akhirnya dipenuhi..
#nangisTerharu

hhe

dari baca artikel ini saya udah punya gambarannya kak, antara minat sama prospek kedepannya. bener juga, tadinya saya malah pengen nekad ngambil jurusan yang peminatnya banyak, tapi setelah baca, dan dipikir2, saya bisa ngambil jurusan lain yang juga sesuai minat saya.

makasih ya kak, saya cuman bisa membalas kebaikanmu dengan share artikelnya ke teman2 saya yang juga sama-sama GALAU cari Universitas.

sekali lagi terimakasih kakak..

01 Mei, 2012

hahayyyy.... saking senegnya nih saya komennya bab yang dapet novel nih kakang mas, jadi lupa mau komenin bab universitas ( gak papa ya kakang mas... :) )....asiiikkkk dapet giliran pertama yang dapet nih sama bang icah.... ntar saya konfirmasi deh secepatnya plus alamat saya cantumin gamblang ...ajiibbb ajiiibbb...maturnuwun bin tengkyu lho kakang mas novelnya...lemah teles 'sing Kuoso sing mbales' ... :)

01 Mei, 2012

wah senengnya dapet bingkisan dari bang arie kali yang pertama lagi....selamat ya..dan untuk bang arienya tips nya ok tuh bang...terkadang ada yang kuliah hanya sekedar mengikuti keinginan ortu padahal dia ga begitu minat dengan jurusan yang diambilnya..

01 Mei, 2012

Wah c abang baek banget ngasih tips, yang jelas ketika kuliah sudah berlangsung lama harus inget tujuan pertama untuk dapet gelar jangan. Jangan sia-siakan biaya yang dikeluarkan orang tua... hehe...

01 Mei, 2012

Cuma ngasih nasehat sama calon mahasiswa...
Jangan pernah dicita-citakan setelah masuk Univ ikut demon dan bentrokan, haha. Gak keren! MasBro Arie pun pernah nyinggung soal ini di postingan lawasnya.

Dan ketahuilah nuntut ilmu sebagai kewajiban itu bertujuan untuk mendapatkan ilmu yang brmanfaat, bukan tuk nyari kerja. Tapi mudah-mudahan dengan ilmu yang diperoleh menjadikan mudah untuk menciptakan/nyari kerja.

Artikel yang menarik Kang, kebetulan saya juga sedang ingin melanjutkan study..........

Thanks...

seharusnya seperti ini gan, bagi calon mahasiswa harus melihat potensi diri terlebih dahulu agar mampu memiliki kompetensi nantinya, banyak alumni PTN dan PTS bingung setelah lulus, alasan klasik jurusan tidak singkron dengan bakat, alhasil mereka tidak bisa bersaing

Anonim
02 Mei, 2012

Tips ne bguz bnget bagii yg bngung mau msuk universitas.
mkcii Maz tipsny.

sangat bagus dan mantap, terima kasih sobat atas infonya

Anonim
02 Mei, 2012

mas tuh ada dia kan sciprt nya memakai label

makasih infonya kak,,,tambah ilmu nih alxa ak jg mau kuliah,,wkwkwk

02 Mei, 2012

waahhh..
makasih mas, sangat membantu bagi saya yang sedang kebingungan mencari perguruan tinggi.. :)

02 Mei, 2012

wahhh, manteb nih sobat,,
terima kasih sekali sudah memberi informasi yang bagus, soalnya tahun ini saya akan meneruskan keperguruan tinggi, dan saya belum pasti dalam memilih dimana saya akan kuliah.

oya saya nitip jawaban dari guest book saya tadi, sebelumnya saya meminta maaf kepada mas arie, karena ada sedikit problem di postingan link exchange saya, jadi semua link yang tertanam jadi kacaw, dan saya baru saja memperbaikinya, silahkan dilihat TKP mas ari..
sekali lagi saya mohon maaf yah :)

02 Mei, 2012

tipsnya bermanfaat skali mas...

trimakasih... :)

02 Mei, 2012

nomer 1 penting banget tuh bang..

kebanyakan mahasiswa biasanya hanya menuruti keinginan orang tuanya

03 Mei, 2012

Poin 3. lokasi/tempat.
selain daripada yang diatas, menurut saya, butuh kesiapan mental guna menghadapi lingkungan baru sebagai anak kost.(ssttt...pengalaman pribadi...:o)
jujur saya ngiri dapet novel nih kang..hehe, langsung dari penulisnya..wah bangganya.

kepada sohib kang farhan dan Bang Icah..selamat yah.

salam sehat selalu u/kita semua

03 Mei, 2012

BEtul sekali mas, dalam memilih Perguruan tinggi dan jurusan memang harus teliti dan hati-hati. Jika salah jurusan maka akan fatal jadinya buat masa depan. Sip banget dech buat artikelnya, moga bermanfaat bagi para calon mahasiswa se-Indonesia. Aamiin.

03 Mei, 2012

@Bukan MasterKalau begitu buat persiapan nanti aja sob :)

03 Mei, 2012

@Zero CodeXgigasDisesuakan saja dg kondisi sob, meski gak dapet Universitas favorit yg penting skill ditingkatkan terus :)

03 Mei, 2012

@Kang FarhanPaketan sudah meluncur ke tempat tujuan kang :)

Buat bang Icah: Maaf komen saya hapus demi privasi abang ya hehehe :)

Nice Posting.. Thank's for share Kawanku.. :)

Tips yang bagus

03 Mei, 2012

dari semua tips di atas tinggal yang no.2 Bang yang lagi di pikirin...!

03 Mei, 2012

Nice info mas.....
jadi ingat dulu sewaktu lulus SMU sempet bingung nyari perguruan tinggi. antara ngikut temen ato pilihan sendiri tapi pada akhirnya ane mutusin ngikut pilihan sendiri .. :D

03 Mei, 2012

@pasarherbalInsya Allah setiap bulan saya akan bagi novel gratis untuk 2 blogger bang. Mungkin lain waktu giliran admin Pasar Herbal :)

03 Mei, 2012

@uniknyaIya kang, inget² dulu masih merantau hidup serumah kontrakan sama temen mahasiswa. Makan seadanya demi menuntut ilmu

03 Mei, 2012

@gurukelasMasa dibangku kuliah memang usia yg sangat idealis pak guru. Apa yg tidak sejalan dg prinsip biasanya suka ditentang. Tapi semoga saja anak kuliahan skr bisa lebih bijaksana dalam menyikapi masalah.

Kalau kita tahu, pejabat skr yg terkena masalah skandal dan korupsi... dulunya juga menjadi garda depan pada saat demo. Itu dulu ketika uang berada jauh darinya. Tapi saat uang berada lebih dekat, malah lupa dg misi perjuangannya

03 Mei, 2012

@Adis Outline BaliMudah²an saja artikel ini bisa memberi sedikit wawasan masbro :)

03 Mei, 2012

@Belajar KomputerSangatlah disayangkan jika lulusan sarjana jadi pengangguran. Mau kerja kasar, sayang sama ijazahnya. Mau kerja sesuai bidang peluangnya terbatas. Tapi memang beginilah kondisi realita yg ada, lowongan kerja lebih sedikit dibanding jumlah lulusan bang

03 Mei, 2012

@penyuluh perikananTerima kasih juga sudah sudi berkunjung dan berkomentar :)

03 Mei, 2012

@cahaya ilmuYang muncul adalah recent post, bukan related post gan

03 Mei, 2012

@kata cinta | game gratis | tutorial blogSemoga saja bisa masuk di Perguruan Tinggi yg sesuai dg harapannya :)

03 Mei, 2012

@Muhammad HidayatYang terpenting pilih saja sesuai dg minat, agar bisa selaras dg program studi yg ada sob.

Terima kasih juga atas konfirmasinya, kadang saya juga mengecek link sahabat yg ada di partner's link

03 Mei, 2012

@ivan lionel andreasSama² masbro. Terima kasih juga sudah sudi mampir di blog gado² ini :)

03 Mei, 2012

@Muro'i El-BarezyBetul bang, karena mungkin si calon mahasiswa tidak ingin menyakiti perasaan ortu yg membiayai. Tapi permasalahannya kadang kesalahan memilih jurusan, bisa menyebabkan semangat belajarnya turun

03 Mei, 2012

@Desa CilembuBenar kang, jika memang sudah berada jauh dari ortu, yg dibutuhkan adalah kesiapan mental. Karena biasanya semua kebutuhan selalu terpenuhi, skr apapun dilakukan sendiri.

Terima kasih masukannya kang :)

03 Mei, 2012

@SweethyTerima kasih banyak mbak Sweety, sudah beberapa lama tidak melihat tulisannya di kolom komen, jadi terharu nih hehehehe...

Moga kesibukan di dunia nyatanya membawa manfaat dan barokah ya mbak :)

03 Mei, 2012

@Website EducationSama² bang, saya juga suka dg artikel di blog abang :)

03 Mei, 2012

@oleh oleh khas medanMakasih... moga ada manfaatnya sob :)

03 Mei, 2012

@bocah nMudah²an saja kendala nomer 2 bisa teratasi sob, agar perjalanan studi bisa berjalan lancar. Jika mau berusaha, pasti akan ada jalan. Coba saja mencari kerja partime.. misal dg ngasih les atau apa saja, biar ada pemasukan utk membantu biaya kuliah

03 Mei, 2012

@Black2ShareKadang sih budaya ngikut teman juga jadi alasan salah pilih Universitas dan jurusan. Pinginnya sih bisa dekat dg teman, tapi malah jadi booring dg mata kuliah yg diterima

Anonim
03 Mei, 2012

ini sangat bermanfaat bagi sobat2 yang mo melanjutkan study ke PT.

Lama nggak kunjung ke sini, moga sobat sehat selalu...

wilujeng ngeblog

04 Mei, 2012

wah bagi yang baru lulus dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sangat penting nih mas bro...

makasih share tips2 nya mas bro

maaf nih baru bisa mmapir dan OL lagi, salam dan suport dari DS

05 Mei, 2012

wah bagus ni buat yg sedang nyari perguruan tinggi.

05 Mei, 2012

mantep kak arie,,hehe besok2 saya mau bagiin pulsa 50 rb per bulan bagi 2 blogger,,:D
Siapa yang mau ya???wkwkwk

05 Mei, 2012

kira kira pilihan saya benar atau gak ya

kunjungfan perdana gan??

06 Mei, 2012

nyimak kiat2nya sob, penting neh yg mo masuk PT

06 Mei, 2012

wah.. saya masih sekolah... belum lulus.. masih belum mikir deh.. buat milih universitas.. but tipsnya wookkehh.. :D

06 Mei, 2012

@sakahayang.comTerima kasih kang Asep. Saya juga lama gak bertandang ke blog akang, lagi banyak jadwal di darat :)

06 Mei, 2012

sekarang saya masih kelas 11 duduk di bangku SMK
saya juga bingung mau lanjut kuliah atau kerja orang tua sih pilih kuliah tapi saya kan orangnya pemalas,setelah mau lulus nanti deh saya pikir pikir lebih dalam

Nice Post

06 Mei, 2012

Wow..
Artikel yang bermamfaat Sobat...
Semoga bisa jadi Acuan dan pegangan buat adik Saya yang mau melanjutkan ke perguruan Tinggi...

Oh,iya Sob..Mau ga bertukar Link dengan Saya Sobat..Saya tunggu Konfirmasinya ya...

07 Mei, 2012

q kebetulan juga punya temen satu kampus n satu kelas pula, tapi teman saya itu kw di ajak berangkat kuliah kx males bgt, sekarang kami sudah semester 6, tapi temn saya masih juga kw di ajak ke kampus ogah2an, padahal tiap semester dia g pernah telat bayar kuliah, apa teman saya tersebut slah ambil jurusan ya, tapi kayaknya tidak dech,n setahu saya dia suka bgt dengan dunia komputer terutama deunia desain grafis. menurut kang arie gmna?

07 Mei, 2012

jadi ingat jaman dulu bang, sebelm kuliah pikir2 terus mau menetapkan pilihan, baik buruk, suka enggak dan bagaimana prospek kedepan,,,

07 Mei, 2012

walau saya udah gak sekolah lagi tetapi tips diatas mantep tuk tak terapne di anakku kelak mas....hehehe
nunut coret2 koment biar tuambah rame poll mas...hahayyyy

info nye menarik sekali ya

07 Mei, 2012

infonya sangat bermanfaat sekali nih sob , berpikir dulu sebelum bertindak menuju jenjang berikutnya hehehe.. :D



admin " variasi blogger "

08 Mei, 2012

memilih universitas memang gampang-gampang susah ya mas Arie, apalagi seperti di jogya ini, seratusan lebih universitas negeri dan swasta, pastinya dengan biaya spp yang bervariasi menjadi pilihan yang sangat membantu, terutama bagi yang pengen kuliah tapi dengan biaya pas-pasan.

Semngat dan keinginan untuk kuliah tidaklah cukup, biaya SPP yang tinggi selalu menjadi pertimbangan utama sehingga mengabaikan kualitas lulusan...

09 Mei, 2012

bagus nih artikelnya.. mumpunga masih kelas 11 :D

20 Mei, 2012

ntar saya pake kiat kiatnya ya
tp saya baru kls 1SMA hehe

info yg menarik,,,
izin copas ya gan,,,
^_^

17 November, 2012

terimakasih artikelnya, ijin copas juga ya "_"

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.