Postingan ini sekali lagi tentang 4 Macam Kepribadian Manusia. Dan bagi anda yang sudah menjawab Kuisioner Tes Kepribadian, silahkan cocokkan pilihan jawaban yang sudah anda tulis pada secarik kertas dengan hasil dibawah ini:

  • Bila yang terbanyak adalah option A, maka kepribadian anda adalah SANGUINIS.
  • Bila yang terbanyak adalah option B, maka kepribadian anda adalah KOLERIS.
  • Bila yang terbanyak adalah option C, maka kepribadian anda adalah MELANKOLIS.
  • Bila yang terbanyak adalah option D, maka kepribadian anda adalah PLEGMATIS.


Sekarang sudah tahu khan anda termasuk berkepribadian yang mana? Berikutnya saya akan membahas pengaruh kepribadian terhadap bidang pekerjaan.

Dibawah ini ada sebuah diagram yang dikenal dengan "Diagram DISC". DISC adalah singkatan dari Dominant (Koleris), Influencer (Sanguinis), Steady (Plegmatis) dan Compliant (Melankolis).

Diagram DISC (klik untuk memperbesar)

Pada diagram DISC diatas dijelaskan bahwa setiap orang akan memiliki 1 atau 2 kepribadian yang dominan pada dirinya (ini bisa dilihat dari jumlah rating jawaban tertinggi dari hasil test kepribadian).
  • Orang yang memiliki perpaduan Koleris dan Sanguin (atau sebaliknya),  biasanya memiliki kemampuan untuk memimpin karena semangat dan kepercayaan dirinya.
  • Orang yang memiliki perpaduan Sanguin dan Plegmatis (atau sebaliknya), biasanya memiliki kemampuan dalam membina relasi dan persahabatan.
  • Orang yang memiliki perpaduan Plegmatis dan Melankolis (atau sebaliknya), biasanya punya kemampuan untuk menganalisa karena ketelitian dan kecermatannya.
  • Orang yang memiliki perpaduan Melankolis dan Koleris (atau sebaliknya), biasanya punya semangat kerja dan produktivitas yang sangat tinggi.

Masing-masing kepribadian memiliki kecocokan dalam bidang pekerjaan tertentu :
  • Seorang Sanguinis cocok dalam bidang pekerjaan : presenter, penyiar, sales, pengacara, tour leader dan selebriti.
  • Seorang Koleris cocok dalam bidang pekerjaan : direktur, owner perusahaan, bos dan dokter.
  • Seorang Melankolis cocok dalam bidang pekerjaan : keuangan, komputer, R&D/QC, Hakim dan Notaris.
  • Seorang Plegmatis cocok dalam bidang pekerjaan : staf administrasi, konselor dan customer service.

Sekarang... setelah kita mengetahui tipe kepribadian dari hasil tes, kita bisa menentukan bidang pekerjaan apa yang bisa kita jadikan sebagai karir. Tentu bukan berarti jika sudah cocok antara kepribadian dengan bidang pekerjaan akan memastikan seseorang bisa berhasil. Hal itu tidak akan terlepas dari kemauan, usaha dan restu dari Allah Tuhan Yang Maha Kuasa.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, terutama dalam hal karir. Bagi Anda yang belum tahu tipe kepribadian Anda yang paling dominan, silahkan ikuti kuisioner Tes Kepribadian!
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

120 comments

19 Desember, 2011

Kalau ada tipe kepribadian yang gabungan, misal melankolis-kholeris, berarti dia bisa cocok di kedua bidang pekerjaan ya pak?

19 Desember, 2011

INFO YANG SANGAT MENARIK BANG...

20 Desember, 2011

bagus gan artikelnya nih

20 Desember, 2011

nice post gan...ditunggu komentar baliknya gan...makasih...

20 Desember, 2011

wah.. makasih infonya sob. nambah pengetahuan nh. keep posting ya.

21 Desember, 2011

kunjungan dini hari masbrooo

23 Desember, 2011

keren om, pernah ngetes kuis ini di facebook. hasilnya plegmatis hehehe

07 Maret, 2012

artikel sangat bagusa, mksih bang, ijin ngopy

Anonim
19 April, 2012

Gimana kalo kombinasinya Melankolis-sanguinis atau sebaliknya dan kombinasi koleris-plegmatis atau sebaliknya?
Apakah belum pernah ada pembahasan mengenai kedua kombinasi ini?
Pekerjaan apa yang cocok untuk mereka?

19 April, 2012

@DEBRIAN RUHUT BLOG: Betul mas, tapi biasanya ada kepribadian yang lebih dominan. Jika poin saat test hampir sama hasilnya, ya kecocokan bidang pekerjaan bisa dipilih antara yang melankolis dan sanguin.

@Anonim: Cukup jarang ada yang point penilaiannya hampir sama antara sanguin dan melankolis. Sbb yang satu sangat populer dan yang satu cenderung pemalu dan melow (kadang suka nangis). Tapi andai ada perpaduan ini, bisa dipilih bidang perkerjaan apakah utk sanguin atau melankolisnya.

20 April, 2012

Apakah kita bisa merubah kepribadian kita? Misal yang tadinya melankolis ingin menjadi seorang yang sanguin.

25 Mei, 2012

suka bangat deehh inspirasi nya ... saya tipe melankolis juga sanguiniss ^^ cocok nya kerja nya sebagai apa yaaa .. hehehe

Inspirasi kita sama yah ?
karangan Dale Carnegie, luar biasa mas bukunya...
kayaknya saya bakalan nemplok terus diblog ini deh...

14 Juni, 2012

melankolis ... :D

ijin share ya :D

15 Juni, 2012

@EKA IKHSANUDINSelamat.... anda sama dg saya :)

15 Juni, 2012

@EtikSilahkan jika memang bermanfaat mbak :)

15 Juni, 2012

@Hasyim Ibnu HasbullahSaya banyak buku motivasi di rumah mas, sampai rak buku gak cukup. Belinya dulu pas saat saya lagi semangat²nya buka usaha, biar gak gampang down :)

15 Juni, 2012

@afri_fauzamiSifat dasar mungkin sulit. Seperti saya sendiri Melankolis. Dulu saya paling takut presentasi di dpn, krn biasanya yg jago adalah para sanguin ato koleris. Tapi lambat laun krn sering belajar, skr malah gak demam sama pnaggung sebesar apapun. Tapi ya tetep... kalau liat tv mengharukan masih tetep ikutan nangis hehehe :)

26 Juni, 2012

Terima kasih sahabat, saya baru tahu dari fungsi tes psikologi pada setiap penerimaan calon pekerja baru,,,,

waah,, aku Orang nya pesimis & Pendiam sobat.. ( -__-)

12 Juli, 2012

gimana kalo kombinasinya melankolis dengan plegmatis???

tolong penjelasannya ya :)

syukron

Tapii ko kl sy Sangunis sm melankolis yah
ko ga d jelasin akan seperti apa karakter'a jika ini kuat,,,,

28 Juli, 2012

kalo saya kok aneh ya? poin melankolis saya paling tinggi, tapi setelah melan kolis sanguinis sama koleris nilai nya sama! dan yang paling kecil plek matis. jadi saya paduan nya sama apa dong om?

18 Agustus, 2012

oke de, kalau begitu perbandngan sanguins dan koleris saya beda tipis, itu artinya saya masih punya kesempatan untuk memilih kepribadian mana toh untuk di jalani???? misalnya sanguinsku 15, koleris 13, jd mdah mabi ku untuk mengambil2 poitn dari sangins dan mentransfernya ke kepribadian koleris ,,,

rini rusmaningsih
20 Agustus, 2012

wah,, hasilnya saya orangnya melankolis,, cocok dengan pekerjaan yg saya jalani saat ini...

21 Agustus, 2012

kalau perpaduan plegmatis dan koleris pekerjaan apa yg cocok??

24 Agustus, 2012

GIMANA KALAU MELANKOLIS - SANGUINIS ???

Anonim
27 Agustus, 2012

Awh aku melankolis dan plegmatis! Aku cocok di keuangan, hakim atau notaris weleh weleh mantabzzz!!

Anonim
27 Agustus, 2012

Okay jd melankolis +plegmatis cocoknya menganalisa tapi aku lebih dominan di melankolis aku rasa itu sangat bagus i love my personality yaaay!! thanks mas bro :)

02 September, 2012

Waw Ternyata Melankolis.
Artikelnya keren.:)

11 September, 2012

kalo A ada 16 dan D juga ada 16 itu gimana?

Anonim
15 September, 2012

Aku termasuk yang SANGUINIS. dan ternyata benar sanguinis cocok untuk presenter + penyiar. seperti kegiatan aku sekarang ini.

15 September, 2012

amien-amien...tetap berusaha dan berdo'a....(^_^)

Anonim
19 September, 2012

aku bgt

Anonim
20 September, 2012

semua orng tu bisa menjadi apa saja, tinggal dari sendirinya aja..
walaupun sebenarnya saya sendiri kebanyakan memiliki kebanyakan sifat PLEGMATIS.. haha

24 September, 2012

Wah sangat membntu artikelnya. Tp hasil sya jadi silang sanguinis dn melankolis. Kalau bgitu apa sya bs di semua posisi?

dhani
30 September, 2012

aku senang bisa tahu posisi kepribadian yg kumiliki dan banyak benarnya, selamt jangan berhenti berkarya, trimks

erma.enterprise@yahoo.com
02 Oktober, 2012

Wow great! Mas lha aq kok kolerisss bngt.semua b.piye je?

Anonim
06 Oktober, 2012

aku masih umur 17thn tp menurut tes diatas dh masuk di kategori koleris. apa itu tetap ada dalam pribadiku sampai tua kelak ya?

10 Oktober, 2012

Melankolis..koleris..


30 Oktober, 2012

Pilihan gw C semua(melankolis)..yah yaah yah
Sempurna

fen
10 November, 2012

Antara A dan D hasilnya sama...padahal kepribadian mereka bertolak belakang. what's the meaning?berkepribadian ganda kah?

11 November, 2012

Koleris......!
Ok....Bagus banget infonya...Makasih

28 November, 2012

Sanguinis masaaa... heheehhe...

03 Desember, 2012

Mas Bro, Kalau pas di test kepribadiaan itu ada 2 pilihan yang benar menurut pribadi saya , misalnya pilihan C dan D .. Jadi itu bagaimana ?
Harap dibalas

05 Desember, 2012

@yannaBiasanya memang sifat plegmatis itu cukup dekat dg melankolis, tapi biasanya ada salah satu yg lebih dominan. Jika memang pada saat mengisi kuisioner jumlahnya sama antara melankolis dan plegmatis, maka pilih saja bidang pekerjaan yg paling cocok.
Kadangkala tidak semua orang selalu memilih bidang pekerjaan yg sesuai dg kepribadiannya, ini bisa jadi karena tuntutan hidup atau tantangan mengenal dunia baru.

05 Desember, 2012

@fenBukan kepribadian ganda... sebetulnya kita memiliki 4 sifat itu dalam diri, hanya saja mana yg lebih dominan itu biasanya bergantung pembawaan, lingkungan dan cara hidup masing² :)

05 Desember, 2012

@AnonimKepribadian seseorang bisa berganti yg paling dominan seiring perembangan cara berpikir, lingkungan hidup dan pola hidup. Dg pelatihan atau training yg diikuti, itu juga bisa merubah kadar dari kepribadian. Saya sendiri seorang melankolis, tapi salah satu aktivitas saya adalah seorang MC

05 Desember, 2012

@Ima ImosSaat ini ada 2 kepribadian yg dominan, tinggal pilih saja aktivitas yg paling disukai antara Sanguinis dan Melankolis :)

05 Desember, 2012

@teeezxcPatokan termudah adalah yg paling dominan saja, yaitu melankolis :)

05 Desember, 2012

@Sulaehah ajaBiasanya memang kebanyakan melankolis paduannya adalah dg plegmatis. 2 kepribadian ini sangat kuat dg pekerjaan yg membutuhkan analisa dan hitung²an :)

05 Desember, 2012

@AnonimSepakat dg statemennya... Tes ini biasanya dipakai HRD dalam mencari tenaga kerja saat rekruitmen. Setelah bekerja sudah lama, yg menentukan adalah kesempatan dan prestasi biasanya

11 Desember, 2012

Info yang menarik mas arie... ijin Bookmark dulu ya hehehe.. wah akhirnya nambah wawasan baru nih. kira2 aku msk kategori yang mana ya..?? hhmmm bingung.

Anonim
22 Desember, 2012

Kak,apakah berarti orang melankolis tidak cocok untuk menjadi dokter ?
terima kasih :)

dede
22 Desember, 2012

Bro, kalo aku 3 kepribadian hampir sama jumlahnya ....kecuali melankolis....xixixi
Itu gimana yah?

17 Januari, 2013

@erma.enterprise@yahoo.comYa berarti sifat yg paling dominan koleris. Keuntungan seorang koleris itu adalah pantang menyerah dan selalu berambisi :D

17 Januari, 2013

@AnonimBukankah seorang dokter butuh kejelian dan kecermatan? Disamping itu dokter juga harus banyak hapalan tentang penyakit dan obatnya... Saya rasa orang melankolis paling jago untuk urusan seperti itu :D

17 Januari, 2013

@dedeSejujurnya hasil tes ini adalah utk mengetahui dominan sifat kita saat ini, seiring perkembangan waktu biasanya lingkungan akan mempengaruhi perubahan sifat. Kalaupun ada sifat yg jumlahnya sama, pilih saja bidang pekerjaan yg paling disukai

Anonim
24 Januari, 2013

hasilnya aku sih sama antara melankolis dan plegmatis..

Anonim
25 Januari, 2013

Dari hasilnya sih aku gak pecaya sanguinus melankolis. Tp setelah lihat ciri" pekerjaannya.. Wah, beneer. Hahaha

07 Februari, 2013

jumlah rating jawaban tertinggi ku koleris, trus yg ke dua melankolis. hanya selisih 6 point. jadi, perpaduan koleris dan melankolois. skg aku kuliah di kebidanan, bidan adl paramedis sdngkan dokter adl medis, tgs pokok bidan adl fisiologis sdngkn dokter lbh bnyak patologisnya. tp bidan jg punya wewenang atas kegewat daruratan. jadi dokter sm bidan itu intinya sama, sama2 pengen nolong orang. jadi koleris-melankolis cocok ya dengan saya. makasih infonya.. :)

11 Februari, 2013

dari hasilnya sih , lebih dominan ke sanguinis dan tidak banyak selisih dengan melankolis :)

11 Februari, 2013

kalo sanguinis 25 dan melankolis 18 ?

13 Februari, 2013

@indah octavianaSemoga dg perpaduan ini bisa menjadikan mbak Indah jadi bidan yg baik. Koleris pantang menyerah dan melankolis cenderung tidak tega melihat penderitaan.

13 Februari, 2013

@Neni NurazizahJika menurut hasilnya begitu, maka karakter dominannya adalah sanguin. Tapi karakter ini bisa bertambah atau berkurang seiring perubahan lingkungan

14 Februari, 2013

wah tepat sekali apa yang ditulis di artikel ini. karakter saya plegmatis, dan memang senengnya sama pekerjaan yang menyangkut administrasi.. :)

Annissa
19 Februari, 2013

sanguinis.... sedikit plagmatis.
tp knapa bidang pekerjaanya begitu ya???

26 Februari, 2013

Bro, kalau kata temen saya, saya pribadi yang Koleris Melankolis. Memangnya bisa ya bro klo dipaduin 2 kepribadian sekaligus? Makasih sebelumnya :)

05 Maret, 2013

@AnnissaIni adalah tabel karir sederhana yg biasa dipakai psikolog utk menentukan jenis pekerjaan yg cocok dg karakter. Tapi perkara pekerjaan yg didapat itu sesuai apa tidak, tentu bergantung pada peluang dan kesempatan :D

05 Maret, 2013

@Lowongan KerjaManusia memiliki sifat dasar yg dominan. 4 sifat/karakter ini dimiliki setiap orang, hanya saja ada yg paling dominan diantara keempatnya. Terkadang ada yg memiliki 2 sifat dg skore yg sama. Sifat/ karakter seseorang itu akan dipengaruhi oleh lingkungan dan pembiasaan, jadi sifat dominan saat ini belum tentu skorenya sama utk hari² ke depan :D

08 Maret, 2013

thanks

Anonim
08 Maret, 2013

melankolis kerja jadi fotografer atau Desainer Grafis cocok tidak ya?

vandy febrian
29 Maret, 2013

bapak saya mau nanya, jika ada perpaduan kepribadian seseorang itu sanguinis dan melankolis, itu bagaimana ya pak?

Semua manusia memiliki semua karakter dalam Personality Plus, namun ada yang paling dominan. Dan Karakter tersebut yang mempengaruhi tindakan dan keputusannya. Semua karakter sangat penting dalam sebuah kelompok atau organisasi dalam mencapai tujuan karena memiliki keunggulan dalam perannya sebagai elemen pencapaian tujuan. Posting yang bagus..!

Anonim
06 Mei, 2013

kepribadian saya cenderung Koleris - Melankolis... dulu prnah tes kepribadian sprti ini dan hasilnya dulu Melankolis - Plegmatis.
adakah cara mempertahankan kepribadian yg dianggap lbih bagus dri yg satunya???
sya kuliah ambil prodi Manajemen, kira - kira kecocokan dlm bidg pekerjaannya apa?
trmakasih :)

Anonim
12 Mei, 2013

@Anonim

maksud saya plegmathis sanguin,

03 Juni, 2013

Wah, saya dapat Melankolis dan Plegmatis. Namun, saya selalu ceroboh jika berurusan dengan hal yang bersifat detail, itu gimana yah?

Anonim
10 Juni, 2013

kalo saya sanguinis dan plegmatis ^_^

Anonim
26 Juni, 2013

kalo jawabannya koleris 12, melankolis 12 berarti masuk kmna?trus yang sanguine sama plegmatis sama juga 8 sama 8

Anonim
26 Juni, 2013

Plegmatis - Sanguin, kok bisa memiliki 2 sifat seperti itu ya??, merasa seperti hidup di 2 sifat yg berlawanan, tp sedtikit lebih dominan plegmatisnya...

Tapi nice infonya...

tasya
11 Juli, 2013

Jumlah A dan C saya sama tapi kelemahanx cendrung A kelebihanx cendrung ke C ,, itu gmn mas ???

Anonim
15 Agustus, 2013

melankolis.......tapi bertentangan akan cita2 saya.

Anonim
17 September, 2013

jawabanx A= 16,, B=14,, C=5 dan D=5
jd dominan ke SANGUINIS.. padahal profesiQ saat ini masuk di kolom koleris..hehehe

27 Oktober, 2013

Samgat bermanfaat artikel ttg psikologi karakter manusia nya .. Thanks

06 November, 2013

Koleris :)

13 November, 2013

GREGET.. Klo ada lagi yang sejenis ini,, 4 tipe kpribadian.. tolong posting atau kasih linknya ya bang..

Makin paham ama diri sndiri,, makin potensial.. :v

Melankholis..

Anonim
03 Desember, 2013

Dulu saya pernah menulis mengenai hal nie.. tapi time tu x cukup maklumat...
artikel nie benar2 menjelaskan isu mengenai hal nie..
terima kasih atas penulisan awak...

Feel free to surf to my website - Rahsia Suami Isteri Hebat

Anonim
03 Desember, 2013

hmm koleris-melankolis agak langka juga.

31 Desember, 2013

waow,,,,,
cocok sekali dengan diriku....
terima kasih_

01 Januari, 2014

Koleris-melankolis, dan kebetulan saya saat ini dokter muda. Ga nyangka bahwa pilihan study saat itu ternyata mmg cocok untuk karakter saya. Makin semangat jadinya hehee.. thanks

Anonim
12 Januari, 2014

Boleh tau darimana sumbernya ?

12 Januari, 2014

kayaknya saya plegmatis deh,klo orang plegmatis mw jd pebisnis harus gmana ya?

20 Januari, 2014

A = 7
B = 2
C = 13
D = 18

21 Maret, 2014

terakhir tes,, saya tipe Melankolis dan Plegmatis,,
,kira2 pak, apakah kepribadian seseorang bisa berubah,,???

29 April, 2014

ijin copy buat referensi pembelajaran

Anonim
15 Mei, 2014

Saya sanguinis-melankolis. Tapi kolerisnya juga ada. *rumit*

Anonim
15 Mei, 2014

Saya sanguinis-melankolis. Tapi kolerisnya juga ada. *rumit*

Anonim
18 Juni, 2014

boleh minta quisionernya?
untuk tugas kampus niiihh

18 Juni, 2014

Ini mau nanya nih, saya kan mendapat angka melankolis dengan 12, plegmatis 11 dan sanguinis 10 itu seperti apa dong ?? Mohon di jawab ya..

Anonim
14 Agustus, 2014

Kalau dokter itu sebaiknya org dengan kepribadian mana?

28 Agustus, 2014

Ijin share ke murid-murid saya :)
Saat ini kami sedang membuka Teenpreneur Club. :)
Silahkan add kami di Facebook dan Instagram :)

16 Oktober, 2014

kalau saya setiap melakukan tes, selalu dapat Koleris dan Sanguin dengan poin yang sama. itu pertanda apa?

Anonim
10 November, 2014

mas kepribadian kita bisa gk diubah, misalnya dari plegmatis ke koleris..?
harap dibalas ya mas
maksih.

Anonim
10 November, 2014

mas bisa gak klw kepribadian kita itu di ubah. misalnya dari plegmatis ke koleris.
harap dibals ya mas
thanks

03 Desember, 2014

Bagus bang kontennya. Makasih, hehe..

Anonim
08 Januari, 2015

Saya dominan plegmatis, sisanya melakonis. Ada beberapa pertanyaan antara C dan D yg sya bingung jwbnya karena dua2nya cocok dgn saya.. (^O^)

Anonim
27 Januari, 2015

apakah kuesionernya diambil dari buku Personality plus?
saat ini sulit mendapat bukunya

Anonim
23 Maret, 2015

kalo saya 40 nya A semua, sanguinis banget tapi saya punya cita" jadi kardiologi, apa kendala sanguinis untuk jadi dokter?

Anonim
31 Maret, 2015

Kalau saya Gabungan Plegmatis dan Melankolis.

Sumpih....aku koleris banget...dan emang bener susah juga berhubungan dgn orang lain, kadang orang lain jg g ngertiin kita gimana, terus aku hrs gimana tuh :3 ????

10 Desember, 2015

A= 22
B=7
C=4
D=7
dominan banget sanguinisnya tapi plegmatis sama kolerisnya juga ikut imbang... yg hebatnya soal penelitian logis dan teratur kayaknya gak masuk...
hehehhehehe

02 Februari, 2016

saya melankolis, tapi di kerjaan sekarang.dipaksa menjadi kepribadian koleris.saya pun jadi tersiksa,saya sudah mencoba tapi hasilnya saya merasa saya tersiksa. (keliatan kan melankolisnya)

01 Maret, 2016

B 17, C 16. Merasa salah jurusan. Hmmm

Lantas bagaimana cara untuk mengkombinasikan dua kepribadian seperti yang dijelaskan di atas gan?

09 Juli, 2016

saya sangat membutuhkan pengetahuan ini untuk karir saya sebagai sales, makasi ya mas

11 Juli, 2016

whatt?? sanguin + plematis?? saya kerjanya di melankolis.

hahahaha...
pantesan di keuangan kerjaannya kek membosankan, ternyata ini ya,,

Anonim
31 Juli, 2016

Kalau menurut saya, mungkin tergantung kepribadian yang lebih dominannya, berarti Febrian dominannya di melankolis ya? Berarti lebih cocoknya di compliant, dan tergantung juga, kalau kekuatannya lebih dominan di ranah melankolis berarti lebih tepatnya Febrian ditempatkan di compliant

18 September, 2016

Saya bantu jawab sekiranya bisa mencerahkan. Saya mempelajari hal ini dari beberapa buku yg ditulis ahlinya. Hampir mustahil menemukan perpaduan kepribadian yang anda sebutkan karena sifatnya bertolak belakang. Itulah sebabnya dalam diagram posisinya berseberangan dan tidak dibahas.

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.