Mencari Solusi Disaat Krisis

Mungkin semua dari kita sudah tahu, bahwa sebentar lagi pemerintah akan menaikkan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) menjadi Rp 6.000/liter. Meski ini masih menjadi pro dan kontra, tapi kelihatannya rencana ini akan segera direalisasikan pada 1 April 2012 nanti. Seperti pengalaman yang sudah-sudah, kenaikan BBM biasanya akan berdampak pada kenaikan harga barang dan kebutuhan pokok lainnya.

Bila harga BBM naik, maka semua mesin dan alat yang menggunakan bahan bakar akan mengalami kenaikan biaya. Tidak terkecuali alat transportasi darat, laut maupun udara. Baik untuk angkutan barang maupun untuk mengangkut penumpang. Secara otomatis, apapun yang diangkut dengan menggunakan alat transportasi ini akan mengalami kenaikan biaya juga, termasuk didalamnya adalah sembako.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, "Apakah kenaikan harga BBM yang berdampak pada kenaikan harga kebutuhan pokok ini akan diikuti dengan kenaikan pendapatan atau UMR (Upah Minimum Regional)?" Meskipun sudah direncakan untuk memberikan BLT (Bantuan Langsung Tunai), tapi apakah penyalurannya nanti bisa sesuai sasaran yang betul-betul membutuhkan? Inilah yang menjadi polemik, bahkan menimbulkan keresahan khususnya pada masyarakat tingkat bawah.

Postingan saya kali ini bukanlah dalam rangka protes, karena saya tahu tulisan ini tidak akan merubah putusan apapun. Juga bukan dalam rangka mengajak demo, karena percuma kita menghabiskan energi untuk demo, toh rencana akan tetap dijalankan. Tujuan saya membuat artikel ini, untuk mengajak agar para pembaca yang nyasar di blog "gado-gado" ini agar tidak terlalu fokus pada masalah yang ditimbulkan dari kenaikan BBM. Namun berusaha mencari solusi, untuk mengatasi persoalan yang berhubungan dengan finansial. Karena dengan naiknya harga BBM, tentu yang paling terpengaruh adalah masalah perekonomian kita.

Sebelumnya saya pernah mengulas tentang Kiat Membangun Bisnis Pribadi saat menjadi karyawan. Dibawah ini ada beberapa usaha yang bisa dijadikan alternatif untuk menambah pendapatan selain dari penghasilan utama kita selama ini, yang antara lain:

  1. Bisnis pulsa
    Bisnis pulsa adalah salah satu peluang yang mudah untuk dijalankan oleh seorang karyawan. Seorang karyawan bisa memanfaatkan HPnya sendiri dengan mendaftarkan HPnya untuk berbisnis pulsa elektrik. Banyak yang gratis untuk pendaftaran, seorang karyawan hanya diminta untuk deposit sesuai kemampuan keuangannya. Selanjutnya tinggal ditawarkan ke rekan-rekan kerja atau sanak keluarga. Tapi hati-hati banyak penawaran bisnis pulsa dalam bentuk "jaringan" yang hanya sebagai kamuflase yang intinya menjual keanggotaan saja.

  2. Keagenan
    Banyak peluang keagenan yang ditawarkan, informasi bisa didapatkan dari beberapa tabloid usaha. Hanya dengan 200 ribu sampai 500 ribu, kita bisa menjadi agen salah satu produk seperti agen dan distributor produk sandal unik, obat-obat herbal, minuman, buku dan lain sebagainya. Dengan menjadi agen, biasanya promosi dibantu oleh pihak distributor sebagai pemilik produk.

  3. Network Marketing (MLM)
    Tak sedikit orang yang bisa berhasil di bisnis jaringan ini, meskipun banyak juga yang kurang beruntung. Namun begitulah resiko sebuah bisnis, selalu ada yang gagal dan berhasil. Bisnis jaringan bisa menjadi alternatif karena sistem dan perangkat sudah disediakan, selain itu jam kerjanya bisa ditentukan sendiri.

  4. Menjual Keahlian
    Mengambil job di luar waktu kerja, juga bisa dijadikan sebagai alternatif. Menjual keahlian yang dimiliki seperti mengajar les, menjadi trainer (tutor), design grafis, dan masih banyak lagi. Dengan sistem freelance, seseorang tidak akan terikat dengan institusi atau perusahaan secara tetap, sehingga bisa mengambil job dari tempat lainnya.

  5. Toko online
    Cukup beli domain dan hosting plus mencari distributor ataupun membuat produk sendiri selanjutnya dijual via internet. Jika tidak memiliki kemampuan untuk membuat sebuah toko online bisa di outsourcekan ke orang lain, untuk mengerjakan semua perangkat yang terkait dengan website dan internet. Bisa juga menjadi re-seller (dropship), dengan cara menjual barang yang ada di web lain untuk dipromosikan di web/blog pribadi.

  6. Franchaise dan kemitraan
    Semua sistem dan produk sudah disiapkan oleh pemilik frainchaise dan franchaisee (yang mengambil franchaise) tinggal menjalankan sistem dan promosi. Banyak franchaise ataupun kemitraan yang hanya membutuhkan modal sedikit. Seperti beberapa tenant yang bisa dilihat didepan indomart, alfamart, atau beberapa mall lainnya.

  7. Publisher Iklan
    Hal ini biasanya yang dilakukan oleh beberapa blogger yang mendulang rupiah maupun dollar melalui blognya. Hanya berbekal blog baik berbayar maupun gratisan, seseorang sudah bisa menjadi publisher iklan. Namun meski prinsip kerjanya sederhana, tetap dibutuhkan keahlian dalam mengoptimasi blog sehingga iklan yang dipasang tidak hanya sekedar menjadi pajangan, tapi betul-betul menghasilkan

  8. Penulis Lepas
    Seseorang yang memiliki kemampuan menulis, bisa menjadi seorang penulis lepas. Dengan mengirimkan karya tulisnya ke penerbit, media masa, majalah, televisi, radio atau web komersial akan berpeluang mendapatkan fee jika naskahnya diterima. Apabila karya tulis yang dihasilkan bermanfaat dan disukai, bisa jadi akan mendapat order menulis secara rutin.

  9. Makelar atau Perantara
    Ini mungkin alternatif bagi seseorang yang ingin berbisnis tapi tidak punya cukup modal. Seorang perantara bisa menjual produk orang lain, tanpa harus terikat dengan orang yang mempunyai produk tersebut. Langkah ini banyak dipakai hanya untuk mengumpulkan modal. Setelah modal terkumpul, baru kemudian membuka usaha sendiri.

Bagi seseorang yang sudah memiliki gaji yang besar, tentu kenaikan harga BBM nanti tidak akan banyak berpengaruh. Tapi bagi yang penghasilannya kisaran UMR, alternatif usaha diatas akan sangat membantu jika mau dilakukan. Fokus pada masalah, akan membuat kita semakin stres dan merasa makin terpuruk. Namun jika kita fokus untuk mencari solusi, Insya Allah lambat laun kesulitan kita akan bisa teratasi.


~ Happy Blogging and Keep Fighting ~
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

82 comments

wah mantep nih infonya kawan hehehe #serap dulu ilmunya :) hehehe

sebenarnya sangat banyak sekali ya pak pekerjaan yang bisa di geluti, jika mau berusaha pasti ada jalan dan pasti ada hasilnya ... nice post pak ...(kayaknya lama gak update ya pak) hehehe....

25 Maret, 2012

satu lagi kang, kembali kedesa dan menggali potensi yang ada didesa, jadi petani saat ini bukan lagi pilihan yang konyol..setuju kang?

25 Maret, 2012

potensi itu sangat penting sekali gan

25 Maret, 2012

sip bang solusi krisisnya... mungkin sobat2 kita yg tidak mempunyai ketrampilan akan semakin merana karena krisis... moga aja pemerintah dan rakyat sama2 memahami kondisi negaranya ya mas... dan tanpa putus asa harus mencari solusi di tengah krisis saat ini...
semangat indonesia, semangat bang arie, semangat tuk semua... hahayyy :)

25 Maret, 2012

setuju banget dengan semua gagasan mas arie.. selalu mencari solusi bukan tuk mencari kambing yg item...hehehe
sip mas

26 Maret, 2012

saya setuju banget tuh sama langkah - langkah dalam menghadapi krisis...dari yang pertama sampa terakhir...ane kasih tambahan satu ya....tetap tawakal kpd Alloh....
salam sehat semuanya.....

26 Maret, 2012

saya pilih makelar aja deh mas Arie hehe...itu aja mungkin masih butuh perjuangan :D

26 Maret, 2012

nah kalo BBM naik saya bingung
apakah kedai saya harus naikin harga segera atau tidak
maklum tujang mie

salam persahabatan :)

26 Maret, 2012

@Deny Kurniawan ( Computer Indonesia ): Silahkan sob, jangan sampai kelebihan ilmu ya hehehe :)

@Deby Putra Bahrodin: Baru 4 hari ga posting, saya memang ga bisa tiap hari nge-blog bang :)

@DESA CILEMBU: Sepertinya saya sepakat kang, kembali ke desa dan menggali potensi desa. Atau membuat produk dari desa, sepeti ubi cilembu di kemas secara modern ya :)

26 Maret, 2012

@ione day: Potensi apa nih sob yg dimaksud? :)

@KangFarhan: Selalu ceria jika kedatangan kangmasbro Farhan. Dalam kondisi seperti ini, sepertinya memang kita harus lebih kreatif kang :)

@masChandra: Kambing item sekarang pasarannya turun soalnya sob,, hahaha :)

26 Maret, 2012

@pasarherbal: Memang dalam kondisi apapun, kita harus tawakkal ya bang. Mengeluh cuman bikin sakit ati aja soalnya :)

@Tonny Mondong: Jangan mas Ton... nanti nyaingi saya dong.. hehehehe :)

@achoey el haris: Yang bingung sepertinya pedagang ya sob, jika bahan baku pada naik. Trims ya udah mampir :)

Siang sahabat...

Pertamax sahabat...
Salam KKISP :)

26 Maret, 2012

wah saya pernah yang bisnis pulsa gan, bahkan sejak mahasiswa. tapi karena sekarang sudah lulus, belum mendapat market baru. yang mejual kemampuan pribadi saya juga melaksanakannya, kaya bikin PPT yang saya jalani. alhamdulilahnya da aja rejekinya, saya setuju di balik sesuatu pasti da hikmahnya.

penulis lepas yang belum saya jalanin, pelah pelan ah..

26 Maret, 2012

saya setuju dengan adanya kenaikan BBM, munkin kita jadi berpikir dan dipaksa berpikir akan nikmat yang telah di berikan. bisa jadi semua yang di tulis agan mulai di jalani sejak kepaksa, mungkin malah bisa menghasilkan manfaat daripada memikirkan musibah kenaikan BBM

26 Maret, 2012

betul gan, masalah BBM sekarang lagi gencar-gencarnya Demo, mungkin besok lebih ...????

Wahwahwah rajin amat yah^^. Alhamdulillah saya jual pulsa dan seorang agen hehe. Ngeblog juga dehhh alhamdulillah walau belum dapet hasil tapi ada peluang buat dapet dari adv di blogku #bantu yah!! ^^ ayo yang laennya gimana. Walaupun aku seorang pelajar aku selalu semangat, semangat, semangat.

26 Maret, 2012

bener kang ya harus ada solusinih biar penghasilan tetep mengalir walo sedikit2 :D


makash tipsnya kang..

salam dan suport dari duniasharing.com

26 Maret, 2012

wah, sob bener banget nih... Harga kebutuhan pokok akan ikut naik juga... Tapi di tempat saya ini di Kal-Tim memang sudah mahal walau BBM tidak naik...tak terkecuali di tempat saya yang biaya hidup sangat tinggi karena di pengaruhi oleh pendapatan yang lumayan besar karena wilayah tambang batu bara...

tapi sebesar apapun masalahnya tergantung dari kita bagaimana menyikapinya dan kita bukan malah mengeluh tapi harus berfikir bagaimana caranya agar keluar dari masalah krisis tersebut.

oke sob, keep Blogging, sukses selalu :)

26 Maret, 2012

iya bang, peluang akan selalu ada, kata orang bijak tertutup satu pintu terbukalah pintu yang lain, :)
terimakasih atas sharing-nya bang,,

27 Maret, 2012

Ide Bisnis yang bisa menjadi penghasilan sampingan yang kreatif....
terkadang krisis dan masalah bisa dijadikan Peluang, tantangan sbagai batu loncatan menuju sukses, dan bukab halangan untuk sukses itu sendiri....
Nice share kang.....
banyak belajar disini....

27 Maret, 2012

mungkin mereka yang berdasi putih ambil keputusan tidak melihat sisi baik dan buruknya, dampak akibat nya juga tidak mikir kok,,

mereka enak cuma mikir duit - dan duit, akan tetapi rakyatnya tidak bisa hidup enak, apalagi kasih inspirasi dan pendapat, buktinya seperti bapak2 jalan ke jakarta cuma cari keadilan atas anaknya meninggal di tabrak pejabat saja, ga di tanggepin kan???

seperti lagu slank - bobrokisme, mungkin bisa jadi bobrok, pada mikir perut sendiri ga ada solidaritasnya.. :)

sorry panjang bangg,, soal'nya kesel dengan penderitaan temen2 di kampung, ga ada lapangan pekerjaan di tambah naik BBM ntar lagii, semua janji... janjii,, dan janjii.. ga ada buktii

happy blogging bangg

27 Maret, 2012

BBM naik kebutuhan pun naik. harus pinter nyari solusi. hanya ada 2 solusi yang bisa diambil pertama kurangi pengeluaran dan kedua tingkatkan penghasilan. :D dan cara nya sesuai ama yang diatas tuh. smuanya bisa kita lakuin untuk menjadi solusi kenaikan BBM. :D

27 Maret, 2012

Sebenarnya saya sempat jengkel kemarin waktu baca di detik soal opsi kenaikan BBM sama pemangkasan gaji PNS. knapa PNS yang harus dipotong gaji? mending potong gaji pejabat. potong anggaran DPR bener ga? hehehe sorry gan agak agak emosi nih. yang no 2 keagenan itu juga bisa disebut affiliate kah?

27 Maret, 2012

wah mantab solusinya sob, ini bisa jadi pekerjaan sampingan yang baik hihi ^^

27 Maret, 2012

saya setuju sob dengan yang no 4..
apalagi saya mahasiswa sederhana,, butuh tambahan ya dengan ngajar les..
salam kenal sob..

27 Maret, 2012

terima kasih atas tulisanx pak.., inspiratif jg..,

klo berkenan kita tukaran link yaa.., link Bapak dah aq pasang..., terima kasih *smile

27 Maret, 2012

Keren nih Bang Arie, Bingung mau Komentar apa.
Nice Posts Bang Arie ..

28 Maret, 2012

mampir lagi disini mas Arie :)

28 Maret, 2012

kalau saya milih jadi publiser iklan aja deh kang :D

28 Maret, 2012

Kalo aku pilih item yang no 7 gan... pengen banget jadi publisher yang menghasilkan..

28 Maret, 2012

setuju banget Bang dan masih banyak potensi yang bisa di gali di sekitar kita, hanya kita kurang menyadarinya/memahami aja! salam sukses Bang "Arie maju mapan" !!!!

28 Maret, 2012

banyak amat pilihannya.. hehhee

31 Maret, 2012

Dari ke-9 itu saya belum pernah coba satupun, kalau di pikir2 kayaknya jadi publisher iklan sangat bagus ni
trims ya..

makasih banyak infonya,semoga bermanfaat

02 April, 2012

makasih,,udah share artikelnya,,,
salam kenal yaahh

Benar-benar menjadi Ruang Insipirasi, postingan inspiratif semua. Thanks sob untuk pencerahannya.

04 April, 2012

thanks sob buat sarannya, kayanya yg paling cocok buat ane jadi Publisher Iklan di blogger... walaupun berkali-kali GA dibanned tpi seru :D hehehe

11 April, 2012

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

pasti say akan coba

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

11 April, 2012

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

11 April, 2012

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

11 April, 2012

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

11 April, 2012

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

11 April, 2012

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

11 April, 2012

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

11 April, 2012

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

11 April, 2012

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

11 April, 2012

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

11 April, 2012

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

11 April, 2012

Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

11 April, 2012

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

11 April, 2012

Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

11 April, 2012

boleh di coba tipsnya dan artikelnya

11 April, 2012

Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

11 April, 2012

Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

11 April, 2012

Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.

Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

17 April, 2012

keren ganssssss......

21 Juni, 2012

smoga sukses y...
mampir2 teman, download software game komputer
http://sigitkotabumi.blogspot.com/

05 November, 2012

Benar-benar sebuah..Solusi...thanks...Y bro..

selalu ada solusi di setiap situasi walaupun saat krisis

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.