Memilih Profesi Sebagai Penulis

Berbicara tentang profesi, tentu takkan menyimpang jauh dengan yang namanya karir dan penghasilan. Karena pengertian profesi secara umum adalah sebuah kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dengan mengandalkan suatu keahlian. Jika kegiatan tersebut tidak bertujuan untuk mencari nafkah, biasanya disebut hobi atau sukarela. Banyak macam jenis profesi yang bisa kita pilih, bahkan seseorang bisa melakukan lebih dari satu profesi bila memang memiliki cukup waktu dan tenaga untuk melakukannya.

Menjadi penulis juga bisa dijadikan sebagai profesi. Entah itu dilakukan sebagai profesi utama ataupun sebagai profesi penunjang. Yang jelas dengan keahlian menulis, kita bisa menghasilkan karya yang bisa mendatangkan rezeki. Pekerjaan yang bisa dilakukan seorang penulis, pernah saya uraikan dalam artikel "Bidang Pekerjaan bagi Para Penulis". Ada salah seorang teman istri saya bernama Wahyu Sujani, yang memiliki profesi utama sebagai guru SD di Bandung. Namun dia juga menjadi penulis novel yang dilakukan selepas mengajar. Dan beberapa karya novelnya masuk kategori Best Seller.

Apakah profesi sebagai penulis bisa dijadikan sebagai penopang kebutuhan hidup? Jika mendapat pertanyaan demikian baik dari teman maupun calon penulis (yang belajar menulis kepada kami), saya biasanya menjawab, "Janganlah mengharap kepastian, karena sesuatu yang pasti hanyalah milik Allah. Asalkan kita ada kemauan untuk terus berusaha menghasilkan karya, Insya Allah jalan rezeki masih terbuka untuk kita. Dan selagi masih ada orang yang suka membaca, saya yakin penulis masih akan tetap dibutuhkan."

Mengapa saya menjawab demikian? Karena menurut saya tidaklah ada profesi yang pasti bisa menjamin kita 100% akan bisa menopang kehidupan kita dan keluarga sampai akhir hayat. Apakah dengan berbisnis pasti menjamin? Tidak sedikit pebisnis wartel yang dulunya booming, ternyata gulung tikar gara-gara munculnya CDMA fleksi. Apakah menjadi karyawan juga pasti menjamin? Tidak sedikit karyawan yang bahkan bekerja di perusahaan bonafit, selalu kasbon karena penghasilannya habis sebelum gajian. Semua pilihan selalu ada resikonya, termasuk juga memilih profesi sebagai penulis.

Untuk itu sobatku dan pembaca sekalian yang akan memilih atau sudah memilih menjadi penulis sebagai profesi, janganlah berkecil hati. Memang untuk menjadi penulis komersial butuh keahlian dan usaha yang cukup keras di awal, seperti yang pernah saya bahas dalam artikel "Perjuangan Menjadi Seorang Penulis" dan "Tahap-tahap Dalam Menulis". Namun dengan kesabaran dan semangat untuk terus belajar demi meningkatkan hasil karya, lambat laun jalan kita nanti akan semakin dimudahkan.

~ Tetap Semangat dan Terus Berkarya ~

Arie5758 dan Vanny Chrisma W.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

46 comments

21 Maret, 2012

loh emang prospek bang klo jadi penghasilan utama? soalnya kayang kerjanya gitu gitu ja. terlihat tak jelas soalnya, gimana menurut agan? mungkin bisa memberi sedikit motofasi dari segi materi. hehehe.

21 Maret, 2012

saya berniat mejadi penulis bang, saya mau latian dari menulis blog dulu. saya masih baru ni bang. mohon bimbingannya ya bang..

21 Maret, 2012

wah...tumben bang arie postnya singkat , padet dan penuh arti... cieee..
saya pengen seperti bang arie tapi belom tahu darimana memulai nulis nih bang...hehehe ( ato saya gak niat paling ya...hehehe ).
kalo bang arie saya acungi jempol 5 deh kalo nulis...huebat plus EYD bagus banget... sukses untuk bang arie dan karyanya ya... amiin

21 Maret, 2012

sukses selalu untuk bang arie ya... ane juga pengen punya penghasilan nulis... ni masih belajar dikit2 di blog bang....hihihihi

21 Maret, 2012

@cerita anak kost: Mungkin postingan akan datang akan saya berikan sedikit gambaran gan :)

@Peduli AlamKu: Tidak apa² masbro. Banyak kok dari penulis buku atau novel yang sumber tulisannya berasal dari blog-nya :)

21 Maret, 2012

@Kang Farhan: Tadi niatnya mencet preview malah kepencet publish sebelum artikel jadi kangmasbro hahahaha...

@MasChandra: Siip mas, moga bisa segera bisa menghasilkan buku dari tulisan blog :)

21 Maret, 2012

kalau saya nggak PD jadi penulis nggak bakat gitu... gampang gampang susah dasarnya aja nggak tau, seperti subjek segala macem hehe...

21 Maret, 2012

wahhh... q kesini lagi nengok foto mesra penulis nih...hehehe,,,
mesraaaa abissss pokoknya...cieeeee

21 Maret, 2012

betul mas Arie, jalani saja sesuai dengan sekenario kita, kepastian milik Allah
penulispun bisa sukses, semoga bang Arie bisa seperi Habiburrahman El Shirazy atau Tere Liye, amin.

sukses selalu mas...

22 Maret, 2012

Bang Arie..saya terus terang kalo sama abang salut dech,padahal saya kepengen banget ingin jadi penulis kaya abang,tapi mungkin karena ga jodoh kali ya terpaksa jadi BEGINIAN..hahahahyyyyyyyyy.....nasibb..nasibbb..mantef artikel bang arie kali ini..saluteee.

22 Maret, 2012

semangat..semangat..semangat...

22 Maret, 2012

saya pengen jadi penulis tapi pengen jalan2... gak duduk diemm.. bisa traveling ke tempat2 yg pengen dikunjungi.... pengen ke korea!!hhehe

minta resep dong om....

22 Maret, 2012

heheheh betul bang , semua itu kan butuh proses menjadi seoarang penulis dan terkenal dan mempunyai karya2 novel yang best seller. menurut saya menjadi penulis bisa menjadi sutu pekerjaan yang menyenangkan + menghasilkan uang :P ( itu menurut saya yang awam )



saya bangga punya temen penulis sepert bang ari ini. banyak belajar dan banyak mendapat motivasi dari artikel-artkelnya bang :)

salam sukses dari [DS]

22 Maret, 2012

Bagi saya Penulis adalah pekerjaan yg sangat mulia bang.

22 Maret, 2012

menulis itu memang mengasyikkan...tetapi bang...ane seringa mengalami kalo menulis suka kehilangan alur ketika sudah sampai pertengahan....dulu saya suka buat cerpen...tapi sekarang dah jarang...

22 Maret, 2012

menulis adalah kehidupan (itu u/ sy pribadi kang) :D dengan menulis sy bisa meresapi makna hidup ini. meski hanya beberapa bait melalui puisi. but, menulis adalah hal yg indah. titik :D

btw, hahahay.... romantis banget kang liat fotonya itu... jadi ingiri... :D

maaf kang baru berkunjugn bnyk yg harus dikunjungi :D salam sukses n semangat selalu kang ;)

22 Maret, 2012

penulis = kebebasan berekspresi ..

Greetings... visiting here again.

22 Maret, 2012

menurut ane, profesi itu tergantung rezeki dan kesempatan. yang penting halal

#komen balik blog saya :D

22 Maret, 2012

masih belajar menulis, salah satunya dituangkan dlm blog, nilai plus jka bisa mnjadi sumber penghidupan, palagi sumber utama, postnya jd mtivasi untk trus bljr mnulis, trims bang :)

22 Maret, 2012

Penulis itu memang bidang pekerjaan yang mensyaratkan keahlian khusus. Saya bisa katakan bahwa MasBro dab Mbak Vanny adalah orang yang memiliki keahlian khusus tersebut, singkatnya orang yang profesional.

Semua orang bisa nulis (termasuk Saya), tapi gak semua yang ditulis orang bisa menarik orang lain tuk membacanya. Lebih hebatnya gak ada senjata yang paling ampuh selain senjatanya penulis, beanr gak MasBro!

MasBro! Buk Wahyu Sujani berguru sama MasBro/Mbak Vanny ya?
Sukses selalu ya...Photonya keren (tampak betul siya sekatanya), kahkahkahkah.....

23 Maret, 2012

pilihan profesi yang harus memiliki keahlian khusus, kerja keras, dan takdir. profesi yang indah bila tergapai selalu dekat dengan keluarga, ngga pernah dimarahi siapapun,pokoknya profesi yang free disegala aspek.
sukses dan sehatlah selalu kang

23 Maret, 2012

asik jadi penulis ya,, bebas..
tapi susah juga, butuh waktu lama buat mikirnya, belum di edit, belum lihat sesuatu yang kurang pas di hati pembaca..hehe
blajar nulis lewat blog ajadeh sy bang..:D

23 Maret, 2012

Kalau saya sob, gak suka nulis.. Jadi saya lebih memilih profesi di jagat hiburan aja..

23 Maret, 2012

tancAP gas spirit. . . Sukses ya!

23 Maret, 2012

@agusbg: Memang untuk memilih profesi itu harus sesuai pilihan hati dan kesiapan sob :)

@Kang Farhan: Iya kang, sbb banyak yg nanya istrinya kok gak pernah dimunculin hahahaha :)

@Muro'i El-Barezy: Amin bang, itu memang harapan utk jadi penulis ngetop. Tapi utk sementara, targetnya lancar menulis dulu :)

@>>> Ichwan HAUSGAME: Terima kasih supportnya masbro :)

23 Maret, 2012

@ICAH BANJARMASIN: Iya bang, tiap orang punya pilian masing². Semua profesi akan bagus jika ditekuni kok. Kangen nih sama celotehan bang Icah hahahay :)

@Catatan_Su: Lanjutkan...!!!! heehehhe :)

@adeline: Ada kok blogger yang jadi penulis traveling, semua isi bukunya berasal dari postingan traveling yg dia lakukan selama ngeblog sist :)

@duniasharing: Iya masbro.. bersyukur jika hobi menulis ini ternyata bisa menghasilkan. Lumayan buat tambahan nafkah hidup hehehe :)

23 Maret, 2012

@Ayriy Zone: Kita tahu banyak wawasan karena adanya penulis mungkin sob :)

@pasar herbal: Terkadang hasil karya tidak selalu sama dg kerangka bang. Karena bisa jadi di pertengahan, ada perubahan alur. Saat menulis, sebaiknya mengalir saja. Editing bagian terakhir bang :)

@Jejak Puisi: Betul sob. Ada org yg menganggap menulis sbg hobi namun ada yg membuat itu sbg profesi bahkan yg utama. Postingan ini utk menyemangati para pembaca yg memilih jadlur menulis sbg profesi :)

@kata bijak: Saya sepakat. Hasil tulisan itu tergantung dari sang penulis itu sendiri.

23 Maret, 2012

@Bookkeeping Melbourne: Thanks for your visited :)

@ina-2012: Bisa jadi begitu sobat :)

@wongcrewchild: Terima kasih juga sudah mampir kemari sob :)

@isman: Wahyu Sujani itu pria masbro, dia hanya teman sesama penulis saja. Lebih dulu dia jadi penulis daripada kami :)

23 Maret, 2012

@DESA CILEMBU: Terima kasih banyak pak Kades... Itu sisi positif dan enaknya menulis kang. Jadi lebih banyak waktu di rmh bersama keluarga hehehe :)

@ABC: Proses belajarnya memang butuh waktu sob. Moga banyak pembaca yg terinspirasi dari potingan sobat di blog deh :)

@Master Software Mobile: Sudah bisa dilihat dari Id-nya kok gan, kalau ga suka nulis hehehe :)

@ione day: Sukses juga buat sobat :)

23 Maret, 2012

Wah ...
Saya sih penginya jadi Penulis, tapi mungkin gk pantes deh, soalnya saya orangnya males bang Arie ..
Nice post Bang Arie hahahayyyy ..

23 Maret, 2012

saya suka komentar ina-2012.blogspot.com , kalau profesi itu tergantung nasib dan rejeki, yang penting hasilnya halal

24 Maret, 2012

Saya juga suka menulis, tapi itu sih hanya hobi saja. Mau sih untuk mendalami inli kepenulisan, tapi saya merasa belum cukup baik untuk menjadi seorang penulis.

24 Maret, 2012

tapi jujur sob, aku ingin sekali menjadi seorg penulis.
entah knp, bkn sebagai profesi. tp sebagai tempat mencurahkan rasa. karena disaat aku menulis, disitulah aku merasa menemukan sisi duniaku yg lain.
:)
tp aku gak tau, kpn itu semua bs terwujud.

24 Maret, 2012

Betul kata sobat "Janganlah mengharap kepastian, karena sesuatu yang pasti hanyalah milik Allah". Didunia ini sungguh tidak ada yang pasti yang pasti itu cuma mati hihi, tergantung dari diri kita cara melakukannya dan menyikapinya. Jika kita melakukannya dengan mencintainya dan disiplin insya'allah apa pun pekerjaan itu akan berjalan dengan mulus. Seperti halnya penulis banyak penulis yg sukses karena dy hoby dan mampu memaparkan tulisan yang diminati banyak orang

24 Maret, 2012

betul juga tuh, saya setuju ama akang :D

25 Maret, 2012

jadi penulis itu susah-susah gampang..
harus punya mental kuat dan daya juang tinggi kalo karyanya ditolak sama penerbit.
salut deh sama penulis dan pengarang buku.. :)

25 Maret, 2012

pengen jadi penulis...
tapi suka bingung mulainya gimana...

25 Maret, 2012

saya kayaknya tidak ada bakat menjadi penulis gan, ada kiat-kiatnya ga

25 Maret, 2012

Inspiratif dan memotovasi banget mas Arie, apapun pilihan pekerjaan kita, kalau ditekuni dengan serius insya allah akan membuahkan hasil, dan yang lebih penting lagi hasil kerja keras dan usaha yang halal lagi berkah :)
maaf baru kesini lagi mas :)

31 Maret, 2012

Wah jadi penulis ebook pun bisa kaya seperti pak Joko Susilo

03 April, 2012

Inspiratif mas ... semakin nambah semangat saya untuk memulai buku pertama ...

Wah sangat Kratif ni mas..semangat mas!!"
mudah2n hasil buah tangan mas bisa berguna bagi anak bangsa!!"
Saalluutt banget..

29 Juli, 2012

Hidup penulis! :)

22 Juli, 2014

saya ingin berbagi pengalaman soal dunia publiskasi, pada dasarnya book won't make you that rich, tapi buku dapat membuka pintu-pintu karir anda, membuka relasi, partnership, dan menyingkapkan pengetahuaan baru dan kondisi demikian dapat membuka peluang kesuksesan atau pencapaian :)

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.