Tips Menulis Cerita Pendek (Cerpen)

Seperti yang telah saya ungkapkan di artikel sebelumnya, bahwa saya akan berusaha menyajikan postingan tentang tips yang diminta oleh para pembaca. Request ini berasal dari teman facebook istri saya yang menginginkan tips menulis sebuah cerpen, untuk itu saya akan coba memberikan tips sederhana yang siapa tahu tulisan ini juga dibutuhkan oleh pembaca lainnya.

Bagi calon penulis ataupun penulis pemula, kadang memang masih terkesan ragu untuk menghasilkan sebuah karya tulis. Perasaan minder, takut karyanya jelek dan sebagainya selalu menghantui, yang justru itu malah menghambat dalam menuangkan ide. Karena itu pada saat mau menulis, sebaiknya kita hilangkan dulu ketakutan dan pikiran negatif yang ada di kepala. Yang harus di eksplore adalah pikiran positif dan rasa percaya diri, agar ide bisa mengalir lebih lancar.

Dalam menulis sebuah cerita, ada 2 jenis penulisan yaitu cerita pendek (cerpen) dan cerita panjang (novel). Perbedaan yang paling jelas antara cerpen dan novel adalah dari durasi ceritanya. Jika cerpen biasanya ditulis dengan menggunakan 500-10.000 kata atau sekitar 3-10 lembar kertas A4, sementara novel tidak ada batasannya atau tergantung kemampuan si penulis. Tahap menulis novel komersial sudah pernah saya ulas dalam artikel sebelumnya. Untuk kali ini saya lebih fokus untuk menjelaskan tentang cerpen.

Pada saat menulis cerpen, kita harus cermat dalam pemilihan kata. Hal ini dikarenakan terbatasnya durasi dan lingkup cerita dalam sebuah cerpen. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar cerpen yang kita buat memiliki cerita yang jelas serta dipahami oleh pembaca. Berikut ini adalah paparannya:

  • Pemilihan Topik/Tema
    Topik atau tema adalah ide cerita dari sebuah tulisan, dan biasanya mengandung pesan, nilai-nilai atau tujuan yang akan disampaikan kepada pembaca. Tema ini pula yang menjadi benang merah yang menghubungkan awal dan akhir dari sebuah cerita. Karena durasi cerpen yang pendek, maka apapun yang kita tulis harus disesuaikan dengan tema agar cerita tidak melantur kemana-mana.

  • Pengaturan Durasi (Tempo Waktu)
    Cerpen yang efektif akan berisi cerita dengan tempo waktu yang pendek. Biasanya cerita sebuah cerpen hanya berkisar tentang satu kejadian yang dialami oleh si tokoh cerita. Bisa jadi isi ceritanya hanya terjadi dalam satu hari atau beberapa jam saja, tidak seperti menulis novel yang bisa menuliskan kehidupan tokoh cerita dari mulai bayi hingga tua. Karena waktu yang singkat inilah, usahakan agar kejadian yang kita ceritakan bisa sesuai dengan tema cerita.

  • Penentuan Setting
    Karena ini adalah cerita pendek, maka jumlah kata yang akan kita tulis juga terbatas. Untuk itu setting atau lokasi kejadian yang kita tentukan haruslah tepat dan mendukung jalannya cerita. Tidak perlu banyak membuat setting, karena akan membuat jalan cerita mengambang alias tidak jelas. Misal untuk menulis cerita tentang kisah cinta pertama, kita bisa mengambil lokasi di sekolah, atau kampus, atau tempat kerja dan rumah si cewek. Jadi tidak perlu kita menceritakan kejadian saat ketemu di toko buku, pasar, taman, mall, food court dan lainnya.

  • Pemilihan Tokoh
    Sebuah cerpen cukup memiliki maksimal 4 tokoh saja untuk menjaga efektivitas cerita. Terlalu banyak tokoh akan membuat cerita menjadi kabur. Dari tokoh-tokoh tadi, kita harus memilih tokoh utama yang akan menjadi fokus cerita yang kita buat. Tidak perlu terlalu panjang lebar dalam menjelaskan para tokoh, cukup singkat saja karena ini hanyalah sebuah cerita dengan durasi yang pendek.

  • Penyisipan Dialog
    Meski ini adalah sebuah cerita pendek, namun ceritanya menjadi kurang bermakna jika hanya berisi narasi tanpa dialog. Dialog adalah pendukung yang akan menguatkan karakter tokoh dan mempertegas jalan cerita. Namun perlu berhati-hati dalam menyisipkan dialog ini, jangan sampai terlalu panjang. Buat saja dialog yang bisa sejalan dengan tema. Jika terlalu melebar, lebih baik dialog yang tidak penting dihapus saja.

  • Pembuatan Alur Cerita
    Untuk membuat cerpen yang bisa membuat pembaca akan mengikuti jalannya cerita sampai akhir, sebaiknya kita membuka dengan sebuah paragraf yang menarik. Alur cerita selalu dimulai dengan pembuka, kemudian inti/isi cerita dan diakhiri dengan penutupan (ending). Karena dibatasi dengan durasi yang pendek, maka sebisa mungkin kita membuat alur cerita yang singkat dan jelas. Tidak perlu memutar-mutar cerita sehingga terkesan bertele-tele, yang membuat ending cerita tidak bisa klimaks. Meskipun kita membuat alur ceritanya singkat dan jelas, tapi tetap usahakan agar pembaca tidak bisa menebak akhir cerita secara dini (istilahnya (twice ending). Kita harus pandai membuat cerita yang membuat pembaca penasaran dan selalu menebak-nebak hingga terus membaca hingga akhir cerita.

Demikianlah tips menulis cerpen yang bisa saya ulas, jika ada hal yang perlu ditanyakan atau ditambahkan, silahkan Anda tulis di kolom komentar. Jika Sobat atau pembaca ingin menjadi seorang penulis, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menulis. "Seribu langkah akan bisa ditempuh, dengan sebuah langkah pertama."


~ Happy Blogging & Keep Writing ~
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

112 comments

27 April, 2012

Pertamax di postingan mas bro..

wah sangat bermanfaat nih bagi yang suka menulis..
banyak juga ya kang point2nya.. makasih sharingnya

27 April, 2012

wah, mas arie akhirnya dipost juga. keren mas hasilnya, aku kaget sekali, uda aku like di fesbukku biar pembaca yg butuh artikelnya langsung menuju ke blog mas arie:)

27 April, 2012

bagi saya yang rada susah itu alur cerita dan dialog, harus pandai mengarang situasi, cerita juga, artikel yang menarik, :D

27 April, 2012

Wah sangat berguna nih bagi kita-kita yang mau belajar menulis, makasih ya atas artikel-artikelnya....>

27 April, 2012

wahhh, lengkap sekali langkah-langkahnya sobat...
dan saya masih ingat kata mas ari dulu Tulislah tulisan yang kita kuasai

sukses selalu sobat :)

27 April, 2012

@duniasharingDalam menulis cerita, ini sudah menjadi hal yang baku masbro. Tema, tokoh, setting dan alur sepertinya tak bisa dipisahkan sebagai kesatuan unsur cerita

27 April, 2012

@vanny chrisma wNunggu yang ditanya sendiri yang share, kelamaannn... :p

27 April, 2012

@TwiciusJika sering berlatih menulis, lama-kelamaan akan bisa membuat alur dengan baik masbro. Jam terbang bisa mempengaruhi keahlian dalam menulis. Terus berkarya dan selalu mencoba

27 April, 2012

@Helda TunkemeSaya jadi tersandung kalau ada penulis (yg lagi nyamar) berkomentar nih. Terima kasih sudah mampir ya mbak..

27 April, 2012

@muhammad hidayatMenulis yang dikuasai itu akan menjadi modal dasar dalam menulis sob. Karena tidak semua orang mampu menulis yg belum menjadi keahliannya. Butuh belajar dan literatur yg cukup banyak

27 April, 2012

Terus terang bang Arie memang jagonya kalau soal yang beginian..salut banget aku bang dan trima kasih banget atas tips yang abang berikan..hahhahyyyyy

28 April, 2012

nice tips nih.. ane lagi belajar nulis. keep sharing ilmunya sob. :D

28 April, 2012

nah itu dia kang, susahnya membangkitkan inspirasi :) tipsnya top banget dah

28 April, 2012

Mantap ini Bang, cerpen saya yang "Aku Ingin Sekolah" belum selesai sampai sekarang, hehe ini sangat bermanfaat bagi saya..

28 April, 2012

wah saya belum bakat bang untuk bikin cerpen, belum bisa ngalirin cerita.. mau di coba dengan tips abang ah. hehe. tenkyu bang.

28 April, 2012

Wah .. tambah ilmu lagi nih Kang...

Makasih udah dishare ... Doain supaya saya juga bisa segera menulis ...

28 April, 2012

wah sharing dan tips cerpen yg oke banget..

28 April, 2012

tips bagus, mas Arie..
ternyata bisa request artikel juga ya, mas?
kalo boleh, minta tips memilih universitas ya, mas?
supaya saya gak tersesat nanti. masih bingung nih milih universitas menurut minat atau menurut tuntutan kerja gitu deh pokoknya.

bisakah?

28 April, 2012

Bravo! (no comment)
Numpang parkir aja Mas GanBro!

O ya, Mas! Tentang seringnya error di halamanku, Aku juga bingung.
Error spt 301 dan 404 sudah sedayanya diupayakan (bahasa apaan tuh?).
Kok tetep aja error. Weleh3 jadi mulai males deh, ngeblog!

28 April, 2012

waduhhhhh...maap terlambat hadir ni kang mas.... lagi pol duk sibuknya :).
lha ini yang saya tunggu2...tutorial buat cerita pendek yang layak saji, trus ntar kalo saya dah belajar gitu gmana carane upload ning penerbit mas... pake email-kah atau di copy soft-nya pake pdf?... ntar ini yg tak tunggu jawabannya mas ...hahayyy
maju terus pantat mundur...hehehehe

29 April, 2012

Saya sih sebenernya kurang suka Nulis, tapi kalo di suruh Nulis CerPen kalo gk puisi dan pantun, saya semangat Banget bang Arie, Makasih Tippnya, Sangat Bermanfaat sekali bagi saya.

29 April, 2012

Terima kasih sahabat atas berbagi tipsnya nih...hanya saja saya sepertinya tidak bakat menulis.Menulis di blog juga mungkin bisa dijadikan hobi dan bisa jadi penulis juga kali yah

29 April, 2012

Mantap nih om untuk saya yang masih bingung dan ogah2an menulis cerpen....

saya simpan dulu halamannya untuk dibaca offline ;-)

terimakasih

29 April, 2012

Duh klo saya mau bikin cerpen pasti membosankan deh.. gak ada yang seru..
thx tipsnya smg klo saya buat cerpen lagi bisa seru.. hihihi :)

29 April, 2012

Baca artikel ini jadi kepengen nulis cerpen lagi rasanya gairah menulis muncul kembali, sebelum nulis lagi perlu tips dulu mas, gimana sih cara membuat ending cerita yang baik. tolong di jawab ya mas, ditunggu......

29 April, 2012

wah tips yang menari ni bang. boleh di coba nie.

Saya lebih suka baca Cerpennya sob, ketimbang nulis Cerpennya. Hehe

29 April, 2012

mantab mas...semoga bisa saya terapkan untuk belajar nulis cerpen, berbagi ilmu makin nambah ilmunya..hehe
makasih sudah berbagi mas Arie..

30 April, 2012

@ICAH BANJARMASINIya bang, tiap orang khan punya kelebihan masing². Seperti bang Icah paling jago kalau untuk optimasi blog. Saya belajar banyak dari tiap tips² yg bang Icah share

30 April, 2012

@Ahmad ZuhdiTetep semangat sob dan terus belajar serta memperbanyak tulilsan. Itu akan membantu kita lebih mengalir dalam menulis

30 April, 2012

@Belajar KomputerManusia sering lupa suatu kejadian, karena itu biasanya jika kita menekuni dunia menulis, biasanya selalu membawa catatan. Dari catatan itu yg kita buat sebagai ide awal dalam menulis mas

30 April, 2012

@Dede DiagramCerpen lebih gampang dari novel, karena halamannya lebih sedikit. Sebaiknya abang selesaikan, nanti khan bisa dievaluasi dan kemampuan menulis akan meningkat seiring berjalannya waktu

30 April, 2012

@cerita anak kostBakat memang membantu kans seseorang utk menekuni sebuah profesi atau keahlian tertentu. Tapi sebetulnya banyak belajar dan berlatih, akan membantu meningkatkan kemampuan sob. Coba terus saja..

30 April, 2012

@RicdetopSetiap blogger itu adalah penulis kang, khan blognya berisi tips² terutama masalah blogging. Kemampuan dalam bidang tertentu sudah ada, tinggal mengolah kata untuk menjadi sebuah artikel dan tulisan menjadi lebih menarik untuk dibaca

30 April, 2012

@cik awiTerima kasih juga buat kunjungan dan supportnya

30 April, 2012

@Zero CodeXgigasSebetulnya blog ini bukan utk share masalah pendidikan sob, tapi nanti akan saya coba sesuai dg pengalaman yg saya tahu. Ditunggu saja ya :)

30 April, 2012

@gurukelasLha iya pak guru, tiap mau bersilaturrahmi ke blog guru kelas sering terbentur error page. Sampe tak refresh berkali² barangkali browser saya yg bermasalah, tapi penampakan yg muncul tetep. Moga selalu semangat deh pak-bro, khan udah domain berbayar. Sayang jika ditinggal

30 April, 2012

@Kang FarhanUntuk cerpen, biasanya publisher atau penerbit menerima naskah cetak kang (alias di print). Yang biasa menerima cerpen adalah surat kabar, majalah, rubrik atau buletin. Jarang yang mau menerima soft copy.

Tidak ada cerpen yang dicetak tunggal menjadi buku, karena jumlah halaman yg sedikit. Terkecuali jika akang kirim sekaligus menjadi kumpulan cerpen karya sendiri. Saya biasanya mengirim ke Jawa Pos atau Republika. Coba aja kang, lumayan utk cerpen yg ditayangkan mendapat fee minimal Rp 500rb

30 April, 2012

@Bukan MasterKumpulan puisi atau pantun juga bisa menjadi karya cetak kok masbro. Pokoknya dikirim saja, sampai ada penerbit yang mau menerima. Meski cuma penerbit kecil, lumayan lah sebagai batu loncatan dan untuk mendapat nama dulu

30 April, 2012

@Blog KeperawatanSaya mengenal bbrp penulis blog yg kontennya dijadikan panduan utk menjadi buku. Seperti tulisan ttg back packer, touring, hobi, kuliner dsb. Jangan berkecil hati sob, siapa tahu konten tentang keperawatan juga suatu saat mendapat tawaran utk dibukukan atau menjadi penulis utk web komersial

30 April, 2012

@FikriBanyak belajar dan terus menulis akan membantu meningkatkan kemampuan sob. Terus saja menulis meskipun di blog, itu akan melatih diri sendiri

30 April, 2012

@Lusia YotistaNovel pertama kami "Dejavu" adalah tulisan yg sangat polos dan kami berpikir sangat jelek. Tapi ternyata ada penerbit yg mau menerima dan sampai sekarang masih terima royalty per 6 bulan. Artinya khan ada yg beli. Kadang yang kita pikirkan, belum tentu orang lain juga berpikir yang sama sist

30 April, 2012

@aidaCerpen yang menarik biasanya selalu dimulai dg paragraf yang membuat penasaran dan memancing pembaca utk terus membaca. Dan ending yang menarik adalah yg tidak mudah ditebak dan endingnya bisa klimaks, bahkan bisa menggugah perasaan si pembaca.

Ending yang menarik biasanya ceritanya jelas, tentang sad ending atau happy ending adalah hak si penulis sendiri utk mengakhiri tulisannya. Tapi jika akhir ceritanya bisa membuat pembaca terbawa oleh suasana, itu merupakan kepuasan tersendiri bagi seorang penulis

30 April, 2012

@Peduli AlamKuSilahkan sob, siapa tahu bisa membantu :)

30 April, 2012

@Master Software MobileTidak apa² sob, kalau ada penulis khan juga harus ada yang membaca. Jadi semua bisa berjalan seimbang hehehehe....

30 April, 2012

@Tonny MondongTerima kasih juga mas Tonny atas supportnya, mudah²an tulisan kisahnya bisa dilanjutkan. Menjadi cerpen disetiap postingan dan akhirnya bisa jadi sekumpulan kisah cerpen

30 April, 2012

makasih mas tuk jawabannya suatu saat nanti aku pasti akan menulis lagi, sukses buat mas Arie.

30 April, 2012

wahh.. saya ga' begitu paham bikin cerpen jadi harus banyak belajar disini nihhh...

Praktis, to the point dan mudah dicerna: "Tips menulis cerpen" nya. Trims mas infonya. Artikel yang bagus dan sangat bermanfaat bagi semuanya. Salam kenal ya Mas Arie. Numpang lewat, selamat dan sukses selalu untuk Anda.

Salam kompak:
Obyektif Cyber Magazine
(obyektif.com)

ahihihihihi...
iya nih om, aku mulai suka bikin cerpen akhir-akhir ini..
tapi kadang pas nulis suka ragu, kira"nih ceritanya bakalan ada yang suka nggak yaa..
tapi pas udah di publish rasanya lega banget, hehe..

makasih om buat tips-tipsnya, akan saya terapkan untuk yang selanjutnya . :)

03 Mei, 2012

Tips-tips nya keren punya nich.., Dulu waktu SD saya juara menulis cerpen se jak-Sel, tapi pas udah gede malahan males nulis-nulis cerpen, hehe. Semoga aja tipsnya bisa di aplikasikan bagi semua orang yang ingin jadi penulis cerpen yang handal.

Thanks ya Mas udah share artikel bagi kita, pengunjung setia Ruang Inspirasi ini.

03 Mei, 2012

jadi ingat jaman kuliah (gini-gini juga pernah kuliah sastra dulu), ingin kembali bisa nulis cerpen lagi..!

03 Mei, 2012

wah bagus sekali nih , coba cek novel saya dong mas hehehe

04 Mei, 2012

nah ini nih, yang ditunggu2 ilmu 'cara bikin cerpen' langsung dari master nya...
ilmu dah dapet, tinggal inspirasi nya nih,
nunnggu 'galau' kali ya, biasanya kalau lg galau inspirasi ngalir...
kan lumayan tuh, drpg galau jd bete - sakit, mendingan galau jd cerpen - dijual - jadi duit....he..he...

thank kang Arie :)

05 Mei, 2012

mba Fany, aku susahnya mengembangkan kalimat, bingung kata-katane
terus gmn carane???
nuwun

Terimakasih Pak, saya juga dapat mengambil pelajaran dari sini.
Hehe

05 Mei, 2012

@aidaSama² mbak, moga bisa membantu. Sesekali coba mengirim cerpennya ke media, siapa tahu dimuat khan lumayan dapat fee :)

05 Mei, 2012

@Bocah nMenulis biasanya berawal dari hobi yang kemudian diminati. Jika tidak ada minat, akan susah utk memulai sob :)

05 Mei, 2012

@obyektif-magazineTerima kasih banyak kang sudah menyempatkan diri berkunjung kesini. Salam kenal juga, segera saya akan bersilaturrahmi ke blog akang :)

05 Mei, 2012

@Chequita ChiproetBisa karena biasa. Kemahiran bisa dimulai dari pembiasaan dan mau untuk terus belajar. Terus berkarya ya sist, meski itu lewat postingan blog :)

05 Mei, 2012

@sweethyMungkin karena punya kesibukan lain mbak, jadinya bakat yg dulu jadi tidak sempat diasah lagi. Ibarat orang yang dulunya bisa bersepeda, lalu tidak pernah bersepeda lagi dalam waktu lama, bisa jadi dia akan kagok untuk naik sepeda.

Semoga ada kesempatan deh buat nyalurin bakat yg terpendam :)

05 Mei, 2012

@Galih JatiMudah²an ada pencerahan lagi untuk membuahkan karya² baru masbro :)

05 Mei, 2012

@Hisyam FakhriUntuk review novel, biar nanti saya suruh istri saya mas. Secepatnya deh, sbb saya masih ada kesibukan lain selain menulis yg cukup padat shg tidak bisa online dalam waktu yg lama

05 Mei, 2012

@tasbih cantikIya bang, menulis juga butuh feel. Dan tiap penulis beda² dalam menciptakan feel (suasana hati) untuk bisa menulis.

Moga aja ada ide yang bisa ditulis dan menjadi karya yg bisa dijual bang. Lumayan bisa jadi penghasilan sampingan :)

05 Mei, 2012

@vega casmiSilahkan baca artikel tentang "Mengembangkan Ide Menjadi Rangkaian Tulisan" yang ada di label karya tulis. Jika masih kurang, saya akan coba bantu dimana kesulitannya, bila perlu akan saya buatkan postingan tersendiri.

Menulis memang tidak bisa dipaksakan. Modal utama adalah Ide dan selanjutnya bagaimana mengembangkan ide itu menjadi sebuah cerita. Banyak membaca literatur dan melakukan interaksi sosial, akan memperkaya perbendaharaan kalimat untuk dijadikan cerita.

Bila perlu sedikit invest untuk membeli kumpulan cerpen (jika ingin menulis cerpen) atau membeli novel yang punya nama (jika ingin menulis novel). Hal ini untuk mengetahui bagaimana cara mereka merangkai kalimat menjadi sebuah cerita yang menarik.

05 Mei, 2012

@Adamssein [Penulis Buku]Sama² belajar bang, setiap penulis pasti punya jurus tersendiri buat menyalurkan idenya. Sepertinya saya juga perlu belajar dari Abang nih :)

Informasi yang sangat berguna mas ..
tapi saya sering pengen nyoba buat nulis..
tapii ide" yang melayang di otak kaga ada .. ada tips mungkin mas bro??

09 Mei, 2012

utuk menulis cerpen butuh imajinasi
dan pemilihan kata yang tepat sesuai
dengan ide yang ada di pikiran

29 Mei, 2012

makasi :)
jdi nambah ilmu deh

a. lhulu
30 Juni, 2012

. jadhi wawasan.y bertambaahh ,,,,,,,,,,, makasihhh

05 Juli, 2012

terima kasih tips nya bang

La selama ini nulis cuma asal tulis ide yang melintas.
Ternyata harus ada tips - tips nya juga ya?...
Nggak papa deh, itung - itung nambah wawasan
^_^

09 Oktober, 2012

hmmm... Jadi pengwn pinter nulis cerpen... Kok buntu ya....
Btw.. Makasih infonya... Mencerahkan.. :)

16 Oktober, 2012

terima kasih atas informasi yang sudah di berikan

Postingan yang Sangat bagus dan menarik untuk dibaca tentang tips menulis cerpen.... Saya suka mengunjungi blog ini.

18 Desember, 2012

Wah,
bagus nih buat para pemula..
Sudah lama pengen bisa nulis, yang disulitkan mungkin merangkai idenya untuk membentuk cerita yang baik, gimana yaa, tulung bantu ya mas

20 Desember, 2012

tips-tips yang bagus,,
saya ingin harus bisa menerbitkan cerpen denga tips-tips ini.
do'ain ya,,??

shinta_oca
26 Desember, 2012

membuat cerpen, paragraf awal harus menarik.
yang saya bingungkan, saya tidak bisa membuat paragraf pertama menjadi menarik. saya harus gimana? please help me :)

31 Desember, 2012

wah tipsnya sangat membantu mas, buat newbie seperti saya
terima kasih... :)

Anonim
09 Januari, 2013

postingan ini bagus sekali , membantu orang berani unctuk menulis cerpen

12 Januari, 2013

mas,kalo buat pemula bagusnya itu nulis cerpen tentang apa dulu ya? baru mau belajar mas masalahnya.
makasih ya mas tips sama infonya.

17 Januari, 2013

@Widini InformasiJika sering kehilangan ide... alangkah lebih baik jika kemanapun pergi selalu membawa ala pencatat. Siapa tahu di sela aktivitas akan menemukan ide untuk ditulis, catat semua yg menarik lalu rangkai setelah siap untuk menulis :)

17 Januari, 2013

@Cipta karya cerpenJika sudah bisa menulis dg mengalir, itu sudah bagus. Tips ini adalah untuk pemula yg ingin belajar menulis

17 Januari, 2013

@NOVA VIOLITADi coba terus... lama² akan terlatih :D

17 Januari, 2013

@son-sonPaling mudah adalah menulis tentang kejadian yg terjadi disekitar kita, entah itu kejadian yg kita alami sendiri maupun orang lain yg kita kenal :D

17 Januari, 2013

@shinta_ocaCoba baca sebuah cerpen yg banyak diminati, selalu di awal paragraf akan membuat si pembaca meneruskan membaca sampai akhir. Nah... seperti itulah membuat paragraf yg menarik. Jika masih ragu, konsultasikan dg teman yg suka membaca, lalu konsultasikan apakah yg kita tulis sudah enak dibaca. Selalu belajar membuat kita semakin terlatih

17 Januari, 2013

@Faiz muzakkyMenjadi penulis itu bukan hal yg instan, butuh latihan terus untuk mengasah tulisan dan merangkai tiap kata. Hasil awal yg jelek itu adalah proses belajar. Pokoknya selalu menulis, terus suruh teman² yg suka baca utk menilai, dari situ kita akan banyak belajar. Jika ingin belajar menulis lebih cepat, ya harus kepada penulis yg sudah punya karya... Coba cari penulis yg dekat dg domisili :D

23 Januari, 2013

Saya kutu buku yang ingin menghasilkan buku... (mungkin gak ya???)
Terima kasih atas postingnya ya mase...

28 Januari, 2013

"Menulis" itu maksudnya pakai tangan atau ketik comp.? Ceritaku juga belom selesai :( bingung antara cerpen atau novell. Soalnya ceritaku itu aga panjang tapi gamau panjang2 banget :D

02 Februari, 2013

@RayzanainaSegalanya bisa saja mungkin, jika ada usaha untuk mewujudkannya. Semoga sesegera mungkin bisa memulai menulis sebuah buku sendiri

02 Februari, 2013

@Dilla FauziyahMenulis jika pada masa modern ini ya bisa pakai tangan di kertas, mesin ketik, smartphone, laptop atau PC. Jika ingin menulis cerpen, ya paling ideal seperti yang saya tulis diatas untuk mencegah kebosanan. Tapi jika agak panjang akan menjadi sebuah novel. Nanti tergantung genre novelnya termasuk yg mana, itu tergantung ceritanya

10 Februari, 2013

Saya mau nanya apakah paragraf pertama yang saya tulis ini sudah menarik atau belum? kalau ada yang salah mohon masukannya ya mas?.
Di tengah rimbunnya pepohonan dalam sebuah hutan belantara diseberang desa itu, seorang wanita tua sedang berusaha ke luar dari tempat tersebut. Sesaat setelah berhasil keluar, Mak su menyusuri jalan setapak hingga ia sampai ke tepian sungai kecil. Di tepi sungai itu sudah ada sebuah perahu yang sedang menunggu untuk mengantarkannya ke gubuk. Sebakul besar pakis yang diperoleh tadi diletaknya di sudut perahu dan disampingnya ada tas kecil yang sudah lusuh tempatnya menyimpan bekal tadi pagi. Esok Mak su berencana akan menjualkan pakis-pakis itu ke pasar, dan berharap cukup untuk membeli beras dan ikan asin.

15 Februari, 2013

Saya amat menyukai semua tips nya, makasih ya semoga bisa bermanfaat soalnya saya mau belajar menulis ya... walaupun umur udah terlambat

16 Maret, 2013

Saya belum memahami 100% cara-cara menulis cerita dengan benar,tapi saya ingin sekali jadi penulis dan saya masih duduk di bangku kelas 9 SMP,apakah itu jadi masalah?

mas tolong dong minta sarannya!
terima kasih.

nissa
23 Maret, 2013

makasih banyk atas tipsnya,,,,,saya pingin bget bs menulis cerpen yang ketika orang membaca,orang itu langsung suka dengan karya saya,,,,minta doanya ya,,,

Anonim
01 April, 2013

semoga saya bisa mengambil manfaatnya

02 April, 2013

terimakasih pak, ini sangat sangat bermanfaat untuk saya.

blog ini mmiliki desain yang sangat menarik dan isi yang begitu inovatif. semoga banyak orang yang berkunjung ke blog ini.

15 April, 2013

wahhhh.... tipsnya mudah dipahamiii,,, terima kasihhh untuk infonya
semoga bermanfaat untuk kita semua...

semoga bermanfaat

Terima kasih atas tipsnya...

Anonim
04 September, 2013

Tp kdang saya plg ribet kalo menentukan tipe ending yg pas mas. .

19 Oktober, 2013

nambah wawasan, gak tahu nih karyaku udah bagus apa blm

21 November, 2013

lengkap, padat dan jelas gan. terima kasih banyak :)

Anonim
11 Desember, 2013

dari dulu saya ingin banget menulis cerpen, tapi gak pernah rampung alias bsetengah jalan mandeg. smg dengan tips ini memudahkasn saya untuk menyelesaikannya. terima kasih ya mas....

05 Mei, 2014

makasih tips nya

06 Desember, 2014

Trimakasih, sangat bermanfaat infonya buat saya yang baru mulai ingin menulis cerpen :)

04 April, 2015

terimakasih untuk tips nya :) ini sangat membantu

03 November, 2015

Materi seperti apa yang dapat dijadikan bahan cerpen mas?

10 Desember, 2015

Makasih banyak tips nya mas bro...

07 Januari, 2016

Nice Info Gan

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.