Mengembangkan Ide Menjadi Rangkaian Tulisan

Ide adalah sesuatu yang abstrak, yang hanya ada di pikiran si pemilik ide. Ide itu takkan bisa dimengerti oleh orang lain, jika si pemilik ide tidak pernah mengungkapkan dalam sebuah bahasa atau menuangkan dalam bentuk tulisan yang bisa dimengerti. Ide yang dibahasakan misalnya ketika kita ngobrol, berdiskusi, presentasi dan menelepon. Ide yang dituliskan misalnya saat kita membuat proposal, artikel, surat, dan sms. Dan pada kesempatan ini, saya akan lebih fokus untuk mengulas bagaimana mengembangkan ide menjadi rangkaian tulisan.

Sumber ide bisa didapat dari mana saja

Sebagai seorang blogger, tentu kita sudah menyadari bahwa tugas kita adalah menulis. Entah itu menulis tutorial, tips dan trik, hasil penelitian, perjalanan traveling atau yang lainnya. Namun ada beberapa blogger (khususnya yang pemula) merasa kesulitan untuk membuat konten di blognya. Alasannya karena kesulitan menemukan ide untuk dibuat artikel, atau sudah menemukan ide tapi merasa kesusahan dalam menuangkannya menjadi tulisan. Mencari ide untuk tulisan itu sangat mudah karena sumber ide bisa berasal dari mana saja, seperti yang sudah saya posting pada artikel Mencari Ide untuk Tulisan. Bahkan tanpa perlu dicari, ide itu kadang muncul dengan sendirinya. Dan untuk menuliskannya sebetulnya tidak begitu sukar karena menulis itu sama dengan bercerita, asalkan sumber ide tersebut kita kuasai atau alami.

Cara yang sering saya dan istri saya (Vanny Chrisma W) pakai untuk mengajari siswa yang belajar menulis, adalah dengan menunjukkan sesuatu yang sering mereka lihat untuk dijadikan ide tulisan. Misalkan saya menunjukkan sebuah gelas, lalu saya menyuruh mereka menceritakan dengan gaya bebas dalam sebuah kalimat. Kemudian mengembangkan kalimat itu menjadi satu paragraf, dua paragraf, sampai beberapa paragraf sehingga menjadi satu artikel tentang gelas. Apakah sulit untuk bercerita tentang gelas??...


Jika masih kesulitan, saya akan memberikan contohnya.

Menulis tentang gelas menjadi satu kalimat:
Gelas adalah sebuah alat yang digunakan sebagai wadah untuk menampung air pada saat kita mau minum.

Sekarang kita kembangkan menjadi satu paragraf:
Gelas adalah sebuah alat yang digunakan sebagai wadah untuk menampung air pada saat kita mau minum. Ada aneka macam bentuk gelas dan yang berada di depan saya ini adalah salah satu contohnya. Warnanya bening, tingginya sekitar 10 cm dan lebarnya 4 cm. Dari ukurannya, gelas ini termasuk kelas jumbo. Biasanya digunakan oleh orang yang memiliki selera minum yang tinggi. Gelas model ini banyak dijumpai di warung kopi atau kedai minum di pinggir jalan. Pemilik warung menyediakan gelas ini khusus untuk pelanggan yang memesan minuman es teh jumbo, soda gembira dan mega mendung.

Tidak sulit kan membuat tulisan seperti yang saya contohkan diatas? Karena memang yang namanya gelas itu adalah sesuatu yang sering kita lihat dan kita gunakan. Jadi untuk menceritakannya dalam sebuah tulisan, pastilah sangat mudah. Untuk itu saya selalu menyampaikan kepada penulis pemula yang belajar menulis kepada kami, untuk menanamkan 5 tips berikut ini:
  1. Tulislah apa yang kita kuasai.
  2. Ungkapkan semua yang ada dipikiran kita secara mengalir.
  3. Uraikanlah dengan gaya bahasa kita sendiri.
  4. Jangan pernah takut jika hasilnya jelek dan tidak menarik, karena itu adalah hasil karya kita sendiri.
  5. Sering belajar dan berlatih, akan membuat kemampuan menulis kita semakin bagus.

Dengan 5 tips diatas, Insya Allah akan membuat sobat lebih enjoy dan menjadi penulis yang aktif, kreatif dan produktif. Karena dengan bekal tips itulah kami mulai menjadi penulis, sehingga tanpa terasa sudah hampir 30 buku dan novel yang kami hasilkan.


~ Happy Blogging and Keep Writing ~
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

46 comments

08 Maret, 2012

Pertamax mas bro mantep hehehe

bener mas bro dari sebuah benda bisa di kembang kan menjadi sebuah tulisan yang menarik, mas bro emang menulis sudah jadi hobi juga kan jadi begitu mudah , tapi bagi saya masih rada kaku mas bro :D

tapi ada aja ide untuk menuangkan sebuah tulisan :)
salam dan suport dari [DS]

gagal pertamax masih dapat solar :P

mantaf nih mas arie, tutornya detail banget...
sip, saya tinggal cari tahu bagaimana cara merangkai kata menjadi artikel yang menarik dan enak dibaca. karena kadang apa yg sy pikirkan, tidak mudah sy rangkai menjadi sebuah kalimat yang enak untuk dibaca :(
mungkin masbro bisa sharing, cara merangkai kalimat...

yups thanks banget gan untuk postingannya,, udah bisa membuka sirkuit pikiranku untuk berpkir kreatif

08 Maret, 2012

Terima kasih sahabat atas berbagi inspiratifnya ini.
Mari kita kembangkan ide dengan menulis ini

08 Maret, 2012

Mengexplore ide yang ada, n merangkainya menjadi paragraf-paragraf yang enak diikuti pembaca, masih rada sulit nih, kadang, mau nyeritain di awal tulisan, eeh ketinggal, jadi dibelakang deh, jadi malah kadang ada yang gak nyambung,,,

Betul banget mas kata @tasbih souvenir pengajian ,,, mungkin kalo ada waktu nanti juragan bisa sharing cara merangkai kalimat yang baik dan benar ...

Ditunggu lho mas :)

08 Maret, 2012

saya suka preambulenya, ide ga akan diketahui orang sampai kita mengungkapkannya, emg kita dedi cobuzer yngbisa bca pikiran klo g di ungkapkan... hehe.
ternyata mudah ya menulis itu, hannya dengan menemukan di topik sederhana sehari hari bisa jd carita. yng no 4 bnyk di takuti, pdhl di coba aj belum ud takut. saya juga lg balajar mrnulis, trimakasih gan tipsnya.... saya camkan sbgy pengetahuan

08 Maret, 2012

haha mantap bang arie, ini cocok buat yang sering kopas :p kayakk sy wkwk

08 Maret, 2012

siiippp...ini dia rahasia penulis kayak bang arie dan istrinya... dalam fikiran saya ada saja yang mau dicurahkan tapi entah mengapa sulit tuk menuliskannya ya bang... saya akan coba nih tips dari mas arie... sederhana tapi perlu latihan... itu kan mas kuncinya ?
sip buat artikel bang arie yg sangat menyemangati ini... salam sukses tuk bang arie ya

09 Maret, 2012

makasi ka ari, tips nya mantab euy ... mudah2an saya bisa mengikuti jejak ka ari walopun hanya iseng tapi seenggaknya mau usaha walopun cuman sebatas satu paragrap atau 1 halaman ... untuk 2 halaman masih belum sanggup ka, kebentur sama ide dan daya imaji ni ka sayanya.. :D

09 Maret, 2012

wahhh,, mantap mas arie... seperti kata mas arie beberapa waktu lalu Tulislah Tulisan yang kita kuasai..

semoga ini menjadi motivasi bagi saya dan teman-teman yang lain.
thanks udah share tipsnya mas :)

09 Maret, 2012

mantap tenan... selalu ada saja ilmu yg baru jika berkunjung kemari. apalagi kalo masalah tulis-menulis... ;)

sipp kang, makasih atas shareny. happy blogging^^

09 Maret, 2012

Mantap sekali..go action...
makasi..makasi...

09 Maret, 2012

Sebuah teknik yang sungguh memukau, menciptakan mood untuk menuliskan/menuangkan sesuatu yang ada dalam pikiran, menjadi sebuah cerita yang memukau dan bahkan bermanfaat.
Salam sahabat, God bless you, Guys.
Saya juga pendukung Palestina!!!

09 Maret, 2012

wah...Jadi Banyak Inspirasi Nich bang Arie...terima kasih...postingan Bang arie selalu bermanfaat bagi saya...
maaf baru bisa berkunjung cz lagi sibuk dengan Skripsi Bang..Mohon Bantuan do'anya ya Bang....sukses selalu bwt Bang Arie...(^_^)

Hmm.... Maka dari itu salah satu menu di blog saya saya namakan "Shaidul Khatir" yang aslinya merupakan salah satu judul Kitab fenomenal karya Ibnu Jauzi yang mana dalam buku tersebut beliau menulis "review" atas berbagai hal yang beliau temui untuk kemudian ditulis dan dilihat dari kacamata Islam. Good posting :)

mantap masbro tipsnya

10 Maret, 2012

nambahin pak,Gelas yang diatas nama serinya adalah B20N merknya kedaung, kebetulan ane jual perabotan,hehe
kalo ingin menjadi blogger memang mau tidak mau harus bisa menulis, karena ya memang berbagi ide melalui tulisan kok kerjaannya,

ada sbuah ungkapan yang saya dapatkan ketika menonton Film 5 menara,
"Hanya dengan kalimat, kita bisa merubah dunia", kalimat itu bisa diungkapkan dengan tulisan, pidato dll....

loh,jadi ngelantu nih,nice share pak,
banyak belajar menulis disini...
maklum pemula pak...
thanks

10 Maret, 2012

singgah sini

10 Maret, 2012

terima kasih mas sudah di share, memang harus banyak berlatih untuk menghasilkan tulisan berkualitas..

Thank you for the share.. nice information...

10 Maret, 2012

banyak belajar dari master nih saya bang... makasih bang arie.. saya akan praktekin ya bang
salam hormat saya tuk abang ya

kadang malah tulisan saya tidak nyambung bang dalam satu paragraf itu, untuk nulis aja saya makan waktu berjam-jam, hehe
tapi saya coba untuk latihan terus, semoga tulisan saya bisa semakin baik ya bang..
saya coba deh ke-5 tips dari abang ini :D

11 Maret, 2012

trims gan atas tipsnya, saya yakin artikel ini bisa membantu banyak orang dalam menuangkan idenya menjadi sebuah tulisan (artikel). sukses selalu buat anda :)

Menjadi blogger tdk dituntut utk bisa seperti jurnalis tpi harus bisa mendaptkan ide baru menjadikannya sebuah tulisan sendiri

11 Maret, 2012

Maaf OOT .
ada award buat sobat..
Di ambil yaa
Award

11 Maret, 2012

hebat nih kang arie hehehe :D tapi tuklisan di atas itu bener semua,, , :D

11 Maret, 2012

belajar dari hal yang sederhana mungkin lebih baik...

salam blogger mas..
-abadiorkes-

11 Maret, 2012

mampir lagi kesini bang, memperdalam wawasan kembali.

11 Maret, 2012

Wah ,,
Dari Sebuah Kata Gelas bisa Jadi Kalimat yang panjang ya, Mantap bang Arie ..
Nice Post Pokoknya .

11 Maret, 2012

waah.. sep bang... :)

11 Maret, 2012

memang yang terpenting adalah ide awal :)

11 Maret, 2012

tanpa ide, nggak bakalan bisa nulis apapun..

11 Maret, 2012

Kadang dengan hanya mengandalkan kekuatan daya ingat, hanya bertahan beberapa waktu. Tapi dengan tulisan kita bisa mengenangnya lebih lama.

12 Maret, 2012

hmm betul banget gan..

12 Maret, 2012

heeeeee, seperti belajar filosofi ya... tp hal seperti ini penting klo ntar pas skripsi... mantab... ^_^

12 Maret, 2012

wah info nya mantabs baget bang..selama ini memang saya kesulitan dalam menuangkan ide menjadi suatu karya tulis..lewat ilmu bang arie ini jadi ngerti tips nya..

12 Maret, 2012

ternyata menulis itu sebenarnya sederhana ya...cukup ambil satu ide lalu dikembangkan menjadi kalimat lalu paragraf dan akhirnya.....hmmm benerjuga mas arie OK thanks atas ilmunya sangat membantu saya...salam sehat

13 Maret, 2012

tips yang luarbiasa...semoga bisa mencairkan jutaan ide yang menumpuk agar bisa lumer menjadi karya ..trimakasih sudah berbagi sobat :)

13 Maret, 2012

nice share post..its very amazing tips and motivation ^_^

13 Maret, 2012

Sangat inspiratif mas Arie, makasih buat semangatin saya nge blog lagi :)

14 Maret, 2012

sungguh luar biasa dan mantap mas, saya salut begitu banyak inspirasi atau ide yg pada akhirnya menjadi sebuah tulisan artikel...terima kasih mas, kita tukar link mas biar saya bisa ngulang ngunjungi blog mas arie..oke mas ini link saya
http://penyuluhp.blogspot.com/
http://penyuluhpi.blogspot.com/
dan link mas sudah kupasang
oke jangan lupa yah...

14 Maret, 2012

kalau melihat contoh soalnya sepertinya sangat mudah, saya akan mencoba tips ini, walau kadang setelah panjang lebar kita menuliskannya, ditengah pejalanan kadang masih suka kehilangan kata dan perlu beberapa lama disimpan untuk dibaca ulang...kepercayaan diri masih minus nih kang.
mohon kritik sarannya bila berkesempatan mampir ke desa kang.

17 Maret, 2012

Aku pemula MasBro! Memang kesulitan untuk membuat kalimat yang mengalir...

Tipsnya akan kuterapkan kepada siswaku.
Sebenarnya metodenya MasBro dah kuterapkan pada pelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis puisi bebas. Siswa keluar kelas dan kubebaskan untuk memilih benda atau apa saja yang dilihatnya, kemudian membuat kalimat sederhana. Di kelas mereka dibimbing mengubahnya menjadi kalimat yang puitis. Berhasil! Tapi memang tidak sesederhana itulah...

Kadang-kadang aturan membuat karangan yang harus ada kerangkanya: pendahuluan, isi, dan penutup malah membuat siswa kehabisan ide tuk menulis kalimat yang ngalir. Mengembangkan kalimat menjadi sebuah paragraf dengan teknik yang MasBro tuturkan sangat simpel, mudah, dan akupun yakin siapa saja akan mampu melakukannya dengan syarat "banyak berlatih dan jangan takut salah"

20 Maret, 2012

makasih buat 5 tipsnya, bermanfaat banget mas..soalnya saya sering buntu juga kalo nulis

12 Mei, 2012

5 tips nya sungguh sangat bermanfaat bro, bukan hanya untuk saya sendiri tetapi juga untuk semua teman teman blogger yang senang menulis. dan tulisan ini pun menumbuhkan ide ide baru saya dalam menulis baik untuk blog, penelitian, laporan atau pun karya tulis dan sebagainya. cukup sekian saja bro.

16 April, 2013

tipsnya bener-bener bermanffat buat saya yang lagi fokus belajar nulis. Kadang suka mentok mengembangkan ide jadi tulisan makanya saya nyari tips mengembangkn ide dan ketemu blog ini .
trima kasih y admin atas tipsnya :D

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.