Karakteristik Seorang Entrepreneur


Wirausaha atau Entrepeneur kini mulai dijadikan alternatif untuk mengatasi keterbatasan dunia kerja dalam menampung tenaga kerja. Bahkan mereka yang bekerja di perusahaan atau di tempat lainnya pun juga sudah banyak yang melirik dunia wirausaha atau entrepreneur ini, untuk menambah penghasilannya atau untuk persiapan pada saat dia pensiun nanti.

Namun untuk menjadi seseorang yang berjiwa entrepreneur dibutuhkan tekad yang kuat untuk merubah kebiasaan dari orang-orang kebanyakan yang biasa melakukan rutinitas pergi-pulang kantor.

Berikut adalah beberapa karakteristik seseorang yang biasa bergelut di dunia entrepreneur :

1. Menyukai tanggung jawab.
Wirausahawan merasa bertanggung jawab secara pribadi atas hasil perusahaan tempat mereka terlibat.Mereka lebih menyukai dapat mengendalikan sumber-sumber daya mereka sendiri dan menggunakan sumber daya tersebut untuk mencapai cita-cita yang telah ditetapkan sendiri.

2. Lebih Menyukai resiko menengah.
Seorang wirausahawan bukanlah seorang pengambil resiko liar melainkan seseorang yang mengambil resiko yang diperhitungkan. Tidak seperti penjudi, wirausahawan tidak suka berjudi. Wirausahawan melihat sebuah bisnis dengan tingkat pemahaman resiko pribadinya. Cita-cita mungkin tampak tinggi bahkan mustahil tercapai menurut persepsi orang lain, tetapi wirausahawan melihat situasi itu dari sudut pandang yang berbeda dan percaya bahwa sasaran mereka masuk akal dan dapat dicapai. Mereka biasanya melihat peluang di daerah yang sesuai dengan pengetahuan, latar belakang dan pengalamannya yang akan meningkatkan kemungkinan keberhasilannya.

3. Keyakinan atas kemampuan mereka untuk berhasil (optimis).
Wirausahawan umumnya mempunyai banyak keyakinan atas kemampuan untuk berhasil. Mereka cenderung optimis terhadap peluang keberhasilan dan optimisme mereka biasanya berdasarkan kenyataan. Salah satu peneliti dari National Federation of Independent business (NFIB-USA) menyatakan bahwa sepertiga dari wirausahawan menilai peluang berhasil mereka 100%, tingkat optimisme yang tinggi kiranya dapat menjelaskan mengapa kebanyakan wirausahawan yang berhasil pernah gagal dalam bisnis, kadang lebih dari sekali sebelum akhirnya berhasil.

4. Hasrat untuk mendapatkan.
Wirausahawan ingin mengetahui sebaik apa mereka bekerja dan terus menerus mencari pengukuhan.

5. Tingkat energi yang tinggi.
Wirausahawan lebih energetik dibandingkan orang kebanyakan. Energi itu merupakan penentu mengingat luar biasanya bisnis yang diperlukan untuk mendirikan suatu perusahaan. Kerja keras dalam waktu yang lama merupakan sesuatu yang biasa.

6. Orintasi ke depan.
Wirausahawan memiliki indra yang kuat dalam mencari peluang. Mereka melihat ke depan dan tidak begitu mempersoalkan apa yang telah dikerjakan kemarin melainkan lebih mempersoalkan apa yang akan dikerjakan besok.

7. Keterampilan mengorganisasi.
Membangun sebuah perusahaan"dari nol" dapat dibayangkan seperti menghubungkan potongan-potongan sebuah gambar besar. Para wirausahawan mengetahui cara mengumpulkan orang-orang yang tepat untuk menyelesaikan tugas. Penggabungan orang dan pekerjaan secara efektif memungkinkan para usahawan untuk mengubah pandangan ke depan menjadi kenyataan.

8. Menilai prestasi lebih tinggi dari uang.
Salah satu kesalahpengertian yang paling umum mengenai kewirausahawan adalah anggapan bahwa mereka sepenuhnya terdorong oleh keinginan menghasilkan uang. Sebaliknya, prestasi tampak sebagai motivasi utama wirausahawan, uang hanyalah cara untuk "menghitung skor". Seorang peneliti bisnis mengatakan : "yang membuat wirausahawan maju lebih komplek dan lebih luhur dari sekedar uang (dikutip dari: Essentials of entrepreneurship and small business management).

Nah... bagi kita yang ingin terjun di dunia wirausaha atau entrepreneur, mulai belajar untuk menumbuhkan 8 karakter diatas. Dan yang perlu diingat bahwa dunia wirausaha tidaklah sama dengan dunia kerja yang "pergi-pulang, nunggu jam dan akhir bulan gajian".
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

5 comments

31 Oktober, 2011

emmmm..... ijin nyimak dulu yaa...

31 Oktober, 2011

@adeline: silahkan... sambil nyemil juga ya :D

26 November, 2011

mantab sob infonya,,,,
mampir sob di AndreyKusanagi.Com

26 November, 2011

@Andrey: trims kunjungannya... segera meluncur ke tekape masbro :D

nice shared!! Mari Tebarkan semangat Entrepreneur! Indonesia butuh entrepreneur2 baru

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.