Mata Uang Paling Mahal adalah "Waktu"

Berbicara tentang waktu, mungkin hampir setiap orang menyadari bahwa setiap waktu yang kita miliki adalah sangat berharga. Bahkan karena pentingnya arti waktu, orang Barat sering mengatakan "Time is Money" (waktu adalah uang). Setiap kali kita kehilangan waktu, berarti sama dengan kehilangan uang. Orang Arab pun punya sebuah ungkapan, "Al-waqtu kas Saifi" (waktu ibarat pedang). Jika tidak bisa memanfaatkan waktu, sama halnya kita telah melukai diri kita sendiri.

Sebetulnya hidup kita di dunia ini, tidak lain adalah waktu yang diberikan oleh Tuhan kepada kita, semenjak lahir sampai ajal menjemput. Menyia-nyiakan waktu yang kita miliki, sama halnya dengan menyia-nyiakan hidup sendiri. Kita perlu membagi waktu yang kita miliki untuk bekerja (menghasilkan uang), bersosialisasi, beristirahat, beribadah, mengurus keluarga, menyalurkan hobi dan mengisi hari-hari dengan sesuatu yang positip dan berharga.

Waktu lebih berharga daripada uang. Uang yang sudah hilang bisa dicari kembali, tapi waktu yang sudah berlalu tidak bisa dibeli kembali. Meski banyak dari kita yang sepakat dengan statemen tersebut, namun dalam kenyataannya terkadang kita lebih takut kehilangan uang daripada kehilangan waktu. Menyibukkan diri dengan pekerjaan memang bisa membuat kita bisa menghasilkan banyak uang, namun perlu kita ingat bahwa keluarga kita juga butuh waktu dan kehadiran kita untuk menikmati saat-saat bersama. Memanjakan diri sendiri dengan berselancar di dunia maya, atau bercuap-cuap di media sosial, atau berfantasi di dunia game, memang sangat menyenangkan, tapi bersosialisasi di dunia nyata sebagai sarana menyambung silaturrahmi jangan sampai kita lupakan.

Mari kita ingat selalu sabda Rosululloh Muhammad kepada kita semua, "Manfaatkan 5 perkara sebelum datang 5 perkara lainnya".

  1. Masa sehat, sebelum datang masa sakit.
  2. Masa muda, sebelum datang masa tua.
  3. Masa kaya, sebelum datang masa miskin.
  4. Masa luang, sebelum datang masa sempit.
  5. Masa hidup, sebelum datang masa kematian.

Penyesalan selalu datang di akhir dan rasanya begitu menyakitkan, apalagi bagi orang yang tidak siap untuk menerima kenyataan. Untuk itu sebelum datang rasa sesal, sebaiknya gunakan waktu yang kita miliki sebijaksana mungkin. Kesempatan hidup kita hanya sekali, jangan pernah disia-siakan.


~ Happy Blogging dan Bijaksana Mengatur Waktu ~
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

63 comments

05 April, 2012

Pertamax !

Sangat betul kang ari,, sama raihan juga di buat lagu bisa lebih enak mencernanya :)

makasih kang :)

05 April, 2012

bahkan allah pun bersumpah demi waktu, bahwa sesungguhnya manusia akan sangat merugi kecuali orang yang beriman dan beramal saleh *smile
makasih sudah berbagi mas Arie

05 April, 2012

pencerahan yang menyejukan hati, thanks bang tlah mampir diblog saya

05 April, 2012

pepatah mengatakan : Waktu itu lebih berharga dari pada emas...
waktu yang terlewat sedetik saja tidak bisa kembali lagi.

trims mas Arie sudah saling mengingatkan:}

05 April, 2012

dapet inspirasi lagi dah disini.. ^_^

05 April, 2012

Benar gan, malah kalau dipikir2 waktu lebih berharga dari pada uang... uang bisa dicari, tapi kalau waktu tak akan pernah kembali

05 April, 2012

betul banget tu bg..
wahh memotivasi bgt artikelnya. .

05 April, 2012

Betul banget tuh bang Arie..terkadang kita juga harus berkejaran dengan waktu..terus terang bang sampe2 aku lupa akan waktu..waktu untuk mengadu dan waktu untuk bertasbih..mantef bang artikelnya.

05 April, 2012

pergunakanlah waktu kita sebaik mungkin.....

#happy blogging

05 April, 2012

iya gan, bahkan tuhan saja bersumpah berkali kali terhadap waktu. karena begitu pentinya waktu, munkin kita ja yang ga sadar atau memang perlu di sadarkan?

05 April, 2012

kalau kata islam malah: al waktu kasoif, waktu itu sperti pedang.
klo kita bisa make, akan melindungi diri, klo ga bisa, bisa mencelakan diri dan orang di sekitarnya, ya seperti pedang. itulah waktu.

05 April, 2012

"demi waktu, sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi".. Betul sekali sindiran dari Allah tentang waktu yg disia-siakan hambanya. uang dapte dicari tapi waktu gak bakal kembali.. betul kan mas.. ( kalo di film kartun kayak doraemon sih bisa...hehehe )
sip banget motivasi waktunya mas.. semangat terus tuk bagi waktu...

05 April, 2012

Betul bgt kang, kadang kita bergulat dengan waktu untuk meraih sesuatu, tapi terkadang kita kalah dan menang. namun yang jadi pertanyaan saya, bener gk sih peribahasa Waktu Adalah Uang ?

05 April, 2012

Luar biasa renungan dari bang arie....ringkas tapi dalam dan mencapai sasaran...memang betul bang waktu sangat mahal dan tidak dapat tergantikan...Nabi kita Muhammad SAW juga pernah bersabda " waktu ibarat mata pedang, bila kita tidak bisa menggunakannya maka dia bisa membunuh kita "....salm sukses buat abang sekeluarga

05 April, 2012

Waktu yang berlalu adalah masa lalu yang gak mungkin kembali dan diperbaiki, waktu kini adalah masa yang sedang dijalani, dan nanti adalah waktu yang akan datang yang hanya bisa direncanakan kalaupun beruntung bisa dijalani. semua memang tentang waktu.

Kalau gak silap ada ayat Quran yang isinya tentang bagaimana memanfaatkan waktu. Artinya kira-kira begini, demi masa (waktu)! Sesungguhnya manusia itu dalam keadaan yang merugi, kecuali orang-orang yang....

06 April, 2012

bener banget sob,, jika kita bisa memanfaatkan waktu maka semua yang kita inginkan insyaALLAH tercapai dengan baik...

Saya suka sob, ma judul postingannya

06 April, 2012

bener sekalee..... pdahal kita smw rugi klo kehilangan satu detiknya...

astaghfirullah....
mdahan saya slalu ingat dg waktu..

06 April, 2012

waktu lebih berharga dari pada emas, maka dari itu lebih baik kehilangan emas dari pada waktu
mari gunakan waktu, mari kita menej waktu kita agar kita tak menyesal pada akhirnya

06 April, 2012

bener gan setuju
jangan menyia-nyiakan waktu

bener banget sob..karna waktu tidak bisa diulang jd harus dimanfaatkan dalam menggunakan waktu :)

06 April, 2012

ini jadi motivasi semua pihak, seringkali kita alpa dengan terbuangnya waktu percuma.
ng'blog dengan koneksi lemot juga termasuk buang waktu lai ya kang...:)

sehatlah selalu kang.

06 April, 2012

Benar kang ...
Anda selalu memberi kata positif yang sangat berguna ..

Mantap ...

06 April, 2012

betul sekali itu sob,good sharing xD

07 April, 2012

Betul banget gan... waktu itu mahal. kita harus bijak memanfaatkan waktu di dalam hidup ini. waktu itu tidak bisa diputar mundur dan tidak bisa dibeli...

07 April, 2012

Time is absolutely money dude :) Nice share..

Bener banget, mata uang berharga itu waktu,mudah-mudahan kita bukan termasuk orang2 yang menyianyiakan waktu

07 April, 2012

saya setuju sob..
karna waktu juga yang menjawab kapan kita mati..
dan kapan kita susah..

07 April, 2012

"Al-Waqtu kas-Saifi, In Lam Taqtoqhu Qoto'aka"
Roda waktu terus berputar beriringan dengan perputaran bumi pada porosnya, Waktu memang hal yang paling Urgen dalam kehidupan manusia. Bahkan Allah pun bersumpah atas nama waktu, di dalam surat Adh-dhuha dan Al-Fajri"Wa-Dhuha dan Wal-Fajri". Demi waktu dhuha dan demi waktu Fajri. Ini maknanya adalah Allah pun memberikan posisi yang penting mengenai Waktu dan menyuruh kepada hamba-Nya untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin.
posting yang bermanfaat mas Ari, mengingatkan kita pada urgensi waktu.
Nice share and Happy Blogging...

07 April, 2012

keren :D lama baru mampir lagi disini :d soalnya kehilangan jejak :D

08 April, 2012

hihi setuju sob, orang bisa mencari uang dengan bekerja tapi waktu tidak bisa kita cari tapi akan datang dan terus bergulir ^^

08 April, 2012

nikmatnya tulisanmu teman.. saya juga pernah memikirkan bahwa "waktu adalah pedang", dan saya pernah menggambar jam dengan jarum yang seperti pedang ketika SD.

#jaditeringatmasakecil

09 April, 2012

waktu...sudah begitu banyak waktu berlalu tanpa amalan yg berarti...

bagi sebagian orang 'waktu adalah uang' tapi saya lebih setuju pendapat bang arie 'ternyata waktu lebih berharga daripada uang' :)

menurut para sufi 'waktu ibarat pedang', kalau bukan kita yang menebas maka kita lah yang akan di tebas!


salam bang arie, makin rame aja nih blognya,
sukses terus ya :)

09 April, 2012

wah keren sob.!? bener bgt yg sobat uraikan d atas.!? setiap waktu yg terlewatkan, dy akan jd kenangan, g bs d kembalikan lg.!?

kunjungan mlm sob, maaf nih g bs isi buku tamu, cz saya OL pke hp sob, menyedihkan hehehehehe

Siang sahabat ku ...

Hemmmm, membaca ini membuat bathin sejenak diam dan tertunduk. Semoga hidup ini selalu berada di jalan Nya.

Maaf sahabat, lg sibuk jd jarang ol. moga skrg uda berkurang :)
salam KKISP.

11 April, 2012

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

11 April, 2012

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

11 April, 2012

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

11 April, 2012

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

11 April, 2012

masa tak akan pernah kembali,,,
manfaatkan dengan semaksimal mungkin
isi dengan yang yang terbaik,,,

11 April, 2012

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

11 April, 2012

mampir lagi di disini, sobat baikku *smile

12 April, 2012

waw....ini dia blog inspirasi yg keren bgt, mantab bgt sharingnya, sangat memotivasi....thanx bgt yaaa...

13 April, 2012

saya sangat setuju...

14 April, 2012

bener banget,, ini tertuang dalam film in time,,, waktu menjadi mata uang.. nice share sob

14 April, 2012

setuju,, mata uang paling mahal adalah waktu.. tp sy terkadang masih suka ngulur waktu bahkan sering.. haha

15 April, 2012

Hargailah waktu, karena waktu akan selalu bergerak maju dan takkan mundur lagi ke masa lalu, jangan buang waktumu. waktu harus dipergunakan untuk hal2 yang bermanfaat dan untuk beribadah kepada Allah untuk kepentingan akhirat juga. Jadi waktu harus dipergunakan sebaik mungkin untuk dunia dan akhirat kita, agar tak sia2 waktu kita di dunia.

Thanks mas arie atas sharing artikel yang mantap bin keren ini.

selamat page sahabat,
sedikit berbagi inspirasi pagi ya..

"ketika waktu pagi tiba, jangan menunggu sampai sore. Hiduplah dalam batasan hari ini.
kerahkan seluruh semangat yang ada untuk menjadi yang lebih baik dari hari kemarin.
dan Don't forget sobat! bahwa esok belum pasti memnghampiri kita"

Salam semangat pagi..^^

ditunggu kunjungannya ya di http://www.nolimitadventure.com/

25 April, 2012

Setuju gan.... maaf baru mampir nih :)

27 April, 2012

oh ya, gimana kalo artikel-artikelnya...dijadiin buku, biar kita lebih gampang nyimpen n bisa baca dengan leluasa... selain buat koleksi juga bisa baca di tempat-tempat santai.

13 Mei, 2012

kang Arie, aku kurang setuju dengan pndapat orang barat yang mengatakan waktu adalah uang. waktu adalah waktu. tapi kita harus memanfaatkannya dengan bijaksana agar tidak berlalu sia-sia. jika kita berpikir waktu adalah uang maka prioritas waktu kita ya untuk uang, padahal kita mempunyai kewajiban terhadap Tuhan yang lebih penting dari sekedar bekerja, yaitu shalat 5 waktu. nuwun

14 Mei, 2012

@vega casmiKalimat uang adalah waktu hanya sebagai prolog untuk menunjukkan pentingnya arti waktu bagi orang barat. Dan kalau orang Arab mengatakan waktu laksana pedang.

Namun pada paragraf inti, saya tuliskan bahwa waktu lebih penting dari uang. Karena tidak semua orang adalah oportunis, yang selalu menilai sesuatu dg uang. Terima kasih atas klarifikasinya mbak :)

14 Mei, 2012

@duniasharingSeperti yg sudah diupload di blog masbro DS ya... Raihan - Demi masa :)

14 Mei, 2012

@Tonny MondongBetul sekali mas Tonny, kalau tidak salah dalam surat Al-Asyr 1-3 :)

wah sangat bermanfaat sekali gan infonya.
saya yakin bermanfaat juga buat orang-orang atau pengunjung yang sudah membacanya.
thanks ya gan.
update selalu dan semoga tambah sukses.
mantap..!

01 Desember, 2014

yup mas, saya juga setuju, jangan sia-siakan waktu, biasanya saya selalu pakai jam tangan di tangan saya, biar inget waktu.

nice share sis :)

01 Desember, 2014

yup mas, saya juga setuju, jangan sia-siakan waktu, biasanya saya selalu pakai jam tangan di tangan saya, biar inget waktu.

nice share sis :)

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.