Keberuntungan Datang Karena Diciptakan

Pada tahun 2010 ada sebuah fenomena menarik yang sempat saya baca. Di negara Singapura yang notabene adalah negara yang perkembangan teknologinya sangat pesat, sempat pemerintahnya dibuat pusing akan kepercayaan atau mitos yang dipegang warganya. Singapura terancam mengalami penurunan jumlah kelahiran pada tahun 2010, dikarenakan banyak warga negara Singapura yang berpendapat bahwa tidak baik melahirkan di tahun Macan (2010). Mereka lebih suka anaknya lahir di tahun Naga, Kelinci atau lainnya.

Kepercayaan akan hari baik, bulan baik atau tahun keberuntungan masih dipercaya oleh sebagian orang hingga saat ini. Bahkan ketika melihat kehebatan seseorang seperti David Beckham yang memiliki akurasi tendangan bebas hingga 80%, juga Michael Jordan yang bisa memasukkan bola basket dengan mata tertutup, adalah sebuah keberuntungan yang dimiliki oleh mereka berdua. Kebanyakan orang yang berpendapat bahwa kemampuan yang dimiliki oleh David Beckham dan Micahel Jordan adalah sebuah keberuntungan, dikarenakan mereka hanya melihat hasil akhirnya saja tanpa mengetahui upaya apa yang dilakukan David Beckham dan Michael Jordan untuk memperoleh kehebatannya tersebut.

Untuk dapat menciptakan akurasi yang tinggi, David Beckham melatih tendangan bebasnya dengan menciptakan suasana nyata seperti saat pertandingan. Dia menggunakan pagar betis yang terbuat dari papan seukuran manusia sebagai ganti pemain lawan. Dia berlatih menendang bola melewati penghalang untuk menuju gawang. Dan yang dipakai sebagai gawang adalah sebuah ban mobil yang diameternya sedikit lebih besar dari bolanya. Begitupun Michael Jordan yang mampu melakukan lemparan bebas dengan mata tertutup. Dia melakukan latihan yang lebih dari pemain lainnya. Saat pemain lain berlatih melempar ratusan kali, dia melakukannya ribuan kali. Michael Jordan kerap berlatih sendiri untuk mengasah kemampuan lemparannya. Dia telah melewati 10.000 jam latihan sebelum bisa melempar bola basket dengan mata tertutup. Keberuntungan akurasi tendangan bebas David Beckham hingga 80% dan ketepatan melempar bola Michael Jordan dengan mata tertutup, adalah karena mereka sering berlatih secara tekun dan melakukan yang orang lain tidak lakukan.

Menurut buku-buku motivasi yang pernah saya baca, juga para mentor dalam seminar-seminar yang pernah saya ikuti, serta para pebisnis dan karyawan ber-karir tinggi yang pernah saya kenal, selalu menyatakan tidak ada yang namanya kebetulan dan keberuntungan. Keberuntungan itu akan datang, karena kita telah menciptakan kondisinya. Bagaimana kita bisa beruntung memenangkan lomba, jika kita tidak pernah mengikuti lomba? Apakah kita bisa beruntung menjadi seorang Idol dengan berhayal, tanpa pernah mengikuti kontes seperti Indonesian Idol, Got Talent dan sebagainya? Bagaimana kita bisa beruntung menjadi pebisnis yang sukses, jika kita tidak pernah melakukan bisnis apapun? Apakah kita juga bisa beruntung memiliki karir yang bagus di perusahaan bonafit, jika kita tidak pernah masuk ke perusahaan tersebut dan membuat prestasi? Cara terbaik memperoleh keberuntungan, adalah dengan menciptakannya.

Keberuntungan tidaklah sama dengan Mukjizat. Keberuntungan adalah sebuah upaya yang dilakukan secara terus menerus, sehingga seseorang bisa beruntung mendapatkan apa yang diinginkan. Contohnya seperti saat kita pergi ke pasar malam. Lalu bermain melempar gelang ke dalam botol untuk mendapatkan hadiah boneka, minuman dan sebagainya. Kita bisa berpeluang beruntung mendapat hadiah, jika kita melakukan lemparan gelang sehingga bisa masuk kedalam botol. Sementara mukjizat adalah murni merupakan kekuasaan Allah (yang tidak bisa dinalar dengan akal manusia) yang diberikan kepada hamba yang dipilih-Nya. Contohnya seperti Nabi Musa yang memiliki mukjizat tongkat yang bisa menjadi ular dan membelah lautan; Nabi Isa memiliki mukjizat bisa menyembuhkan orang sakit seketika serta menghidupkan orang mati beberapa saat; Nabi Sulaiman yang memiliki mukjizat bisa mendengar dan mengerti bahasa binatang.

Seorang pembawa acara talkshow terkenal yang menjadi salah satu wanita terkaya dan berpengaruh di dunia, Oprah Winfrey, dalam success storynya pernah berkata, "Keberuntungan terjadi saat kesempatan bertemu dengan persiapan." Dalam hidup kita sesungguhnya banyak sekali kesempatan yang datang menghampiri, tetapi pada saat itu kita belum siap untuk mengambilnya. Tidak ada orang yang tidak pernah mendapat kesempatan, hanya saja dia kurang peka disaat kesempatan itu datang menghampirinya. Allah Tuhan semesta alam selalu memberikan kesempatan kepada kita semua, jika Dia merasa kita telah siap menjemput kesempatan tersebut.

Untuk itu jika kita ingin hidup kita dipenuhi dengan keberuntungan, bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Merubah sikap dan pandangan akan adanya hari keberuntungan, dengan menganggap semua hari merupakan hari keberuntungan.
  • Senantiasa berpikir positip bahwa setiap masalah yang menimpa adalah sebagai sebuah tantangan dalam memperoleh keberuntungan kita.
  • Selalu belajar untuk menggali potensi diri sehingga ketika kesempatan datang, kita telah siap untuk menjemputnya.
  • Memperbanyak wawasan agar ketika kita merasa tidak siap dengan kesempatan yang satu, maka kita masih bisa mengambil kesempatan yang lainnya.


~ Happy Blogging dan Teruslah Berkarya ~
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

40 comments

18 April, 2012

setuju dengan keempat poin diatas, pola pikir kita memang harus dirubah akan hari keberuntungan, sama kira-kira dengan "APA YANG KITA pIKIRKAN TENTANG ALLAH SWT seperti itu pulalah yang akan ALLAH berikan pada kita"...cie..cie...cie..cilembu hari ini rada cerdas kang...hehe

18 April, 2012

semua hari ada baik selama kita mengisi dgn kebaikan & semua hari buruk klo kita mengisi dgn keburukan..., begitu pula dgn keberuntungan, ibarat bola yg harus dijemput..., nice post & happy blogging *smile

18 April, 2012

betul sekali bang Arie, keberuntungan memang kita yang harus menciptakan,pradigma kita yang berperan, tapi ada kuasa yang Maha Pencipta yang menentukan

trims motivasinya

18 April, 2012

kita tidak selamanya juga menng sob.....

18 April, 2012

kata orang sukses itu 1% bakat dan 99% keringat. artinya meamang semua itu di persiapkan mantang mantang, kita saja yang haya melihat hasilnya saja tanpa mengetahui perjuangannya, jadinya kita menilai orang lain hanya beruntung.. baru tau klo michel jordan dan david beckham berlatih segitu kerasnya.

18 April, 2012

saya sangat setuju dengan opra winnie, eberuntungan terjadi saat kesempatan bertemu dengan persiapan. karena ga ada satu ga akan terjadi namanya keberuntungan.

18 April, 2012

setuju banget mas bro , makasih penjelasan dan di barengi dengen kisah seseoarang menjadi lebih enak di bacanya dan mudah di pahami.

keberentungan berrti bisa di katakan harus ada prosses seblmnya terima kasih bang arie atas motivasinya

18 April, 2012

Setuju mas,,mantap juga nih artikelnya :)

18 April, 2012

keberuntungan datang karena ada usaha dan memulai...walau keberuntungan itu sudah digariskan tapi manusia tak akan tahu letak sisi keberuntungan akan menghampirinya..maka keberuntungan haruslah diplanning, dilatih dan dijalankan... gagalpun juga termasuk beruntung kan mas? beruntung masih gagal, esok harus tidak gagal....semoga mas arie dan bini selalu mendapat keberuntungan..aamiinn.....

18 April, 2012

Betul sekali gan.keberuntungan tidak datang dg sendirinya jika tanpa usaha.

18 April, 2012

Setuju, MasBro!
Semua orang bisa beruntung/mendapatkan keberuntungan jika mereka beriman! (dalil: sesungguhnya manusia itu dalam keadaan merugi, kecuali orang-prang yang beriman.......)
Mereka percaya bahwa usaha baiknya akan mendatangkan hasil yg menguntungkan, mereka yakin dengan usaha yg sungguh-sungguh akan dihampiri keberuntungan, dan seterusnya...
Jelasnya, keberuntungan itu merupakan buah dari usaha yang gigih karena iman!

18 April, 2012

terkadang, orang pinter tidak lebih baik dari orang yg beruntung..
hhehe.. ^_^

18 April, 2012

Mantef bang Arie artikelnya..memang keberuntungan itu dalam meraihnya diantaranya dengan cara USAHA,SERTA DOA...pokoknya saya setuju satikelnya bang Arma arie..hahhahyyyy.

19 April, 2012

Mantaf bang artikelnya....

19 April, 2012

Aku juga percaya dengan ketekunan, keuletan, semangat kerja yang tinggi keberuntungan suatu saat nanti akan datang.
Jangan pernah menyerah berusahalah dab berikhtiarlah.

19 April, 2012

keberuntungan bagi manusia biasa seperti kita bukanlah mu'jizat tetapi hasil dari usaha,do'a dan ikhtiar... betul gak mas arie....:)
...hahayyy moga mas arie tetap sukses dengan keberuntungan2 yg selalu mengalir... maju terus pantat mundur mas...hahayyy

19 April, 2012

Like this artikel... bener banget tuh perumpamaan beckham sama michael jordan. mereka sudah berlatih keras untuk mendapatkan semuanya. intinya jika kita ingin sukses maka tidak ada yg namanya keberuntungan tapi kerja keras. :) ini bukan mitos namun fakta!!

19 April, 2012

artikel bagus banget, kang Arie .... I'm not lucky man, but blessed man ,,, :)

19 April, 2012

setuju mas.. smua perlu usaha, berdoa dan tekun serta kerja keras...
keberuntungan itu mgkn hanya beberapa persen saja

19 April, 2012

moga saja berkunjung ke sini menjadi keberutungan.

salam sukses

19 April, 2012

Sangat setuju dengan semua yang dipaparkan dalam artikel ini. Menurut saya hal Yang terpenting dalam kehidupan ini kita harus berusaha dan berdoa, setelah itu kita harus tawakal kepada Allah apapun hasil yang kita peroleh karena semua sudah ada yang mengatur yaitu Sang Maha Pengatur segala sesuatu di langit dan di bumi yaitu Allah. Semoga kita jadi insan yang beruntung di dunia maupun di akhirat serta dapat meraih kebahagiaan sejati dalam Kasih Sayang Allah Azza Wa Jalla.

20 April, 2012

Setuju bang, gimana mau beruntung kalau kitanya ga bergerak.
Gimana mau berubah nasib kalau kita hanya diam saja.

Semoga kita termasuk orang yang beruntung. Amin...

20 April, 2012

keberuntungan hanya akan terjadi jika kita punya SKILL dan kesempatan, dan jika skill dan kesempatan kita itu bertemu maka keberuntungan akan berpihak kepada kita!... mudah-mudahan sobat blogger semua menjadi orang2 yang selalu beruntung (khususnya buat Admin nya!).......!

20 April, 2012

Keren gan. sukses selalu dan penuh keberuntungan. :)

20 April, 2012

Terima kasih sahabat atas berbagi motivasi dan artikelnya yang penuh dengan pencerahan ini.
Kita harus yakin dengan kemampuan diri sendiri, karena manusia diciptakan dengan kelebihan dan juga kekurangan.

20 April, 2012

iya mas Arie, banyak hal yang dianggap keberuntungan padahal sebenarnya jalan untuk itu sudah disiapkan, dan kadang kita sendiri tidak menyadarinya...

21 April, 2012

wahhh, manteb nih sob :)

sama seperti waktu saya UN tempo hari, kata guru saya Orang pintar kalah sama orang nekat, orang nekat kalah sama orang gila, orang gila kalah sama orang BERUNTUNG

21 April, 2012

sangat bagus isi artikelnya, titlenya pun menarik :)

22 April, 2012

thanks motivasinya gan

22 April, 2012

dg sllu beriktiar kbruntungan insyaallah akan datang
jadi motivasi sob, thanks

23 April, 2012

artikelnya bagus2 ya..
inspiratif skali.. makasi dah berbagi

23 April, 2012

@Desa Cilembu Bukankah aslinya cerdas, tapi pura² gak cerdas kang? hehehe :)

23 April, 2012

ARtikelnya sangat bermanfaat dan menginspirasi... sukses selalu buat blog sobat..

23 April, 2012

saya setuju dengan artikel agan. kita tidak harus menunggunkesampatan datang, tapi kita yang harus menciptakan dan mengusahakannya.

07 Mei, 2012

setuju banget dengan pendapat kang arie, keberuntungan tidak akan begitu saja menghampiri hidup seseorang...terkecuali ada proses dimana kita telah melakukan sesuatu sebelumnya, ikhtiar dan doa adalah kunci utama meraih keberuntungan..thanks atas motivasinya kang arie...

07 Mei, 2012

iya ini kayak buku-buku motivasi. banyak buku motivasi juga bilang begini bang, kalo keberuntungan datang karena diciptakan, gabungan dari peluang dan usaha.

tapi juga ada keberuntungan murni keberuntungan sih,.

keberuntungan ini muncul bukan dari peluang atau usahanya, namun benar2 murni keberuntungan. saya sendiri juga gak percaya sih, tapi buktinya ada teman saya yang mendapat nilai 100 dengan mengerjakan 2 nomor, dan sisanya hanya NGASAL. bener2 ngasal

07 Mei, 2012

wah wah wah , bagus banget artikelnya mas :D

BETUL KATA SAHABAT, UP UP UP...

SALAM KKISP :)

Anonim
27 Desember, 2012

yoyoy banget tuh.....gw orang terBEJO belum tentu selalu benar, banyak kesalahan yang gw rasa, dari kesalahan itu gw belajar ngoreksi diri, nah dari situ datang keberuntungan

27 Januari, 2015

Orang bodoh makanan orang pintar,Orang pintar makanan orang licik,orang licik makanan orang beruntung...

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.