Mencari Ide untuk Menulis Artikel

Seperti yang sudah saya bahas pada postingan sebelumnya, bahwa pengertian sederhana menulis itu adalah membuat sebuah tulisan. Namun jika ditinjau menurut para pakar bahasa, arti menulis adalah sebuah proses kreatif menuangkan ide/gagasan dalam bahasa tulis untuk suatu tujuan. Misalkan untuk memberi informasi, meyakinkan, menghibur dan sebagainya.

Jika menurut pakar seni, arti menulis adalah proses menuangkan ide dari hasil mengamati dan merenungkan berbagai fenomena, melalui bahasa yang komunikatif sehingga tercipta karya seni yang bernilai estetik. Intinya menulis itu takkan pernah lepas dengan yang namanya ide. Ada banyak jenis karya tulis yang bisa dihasilkan, namun pada kesempatan kali ini saya akan lebih spesifik untuk mengulas tentang menulis artikel atau postingan di blog.

Sobatku sekalian... pada saat kita memutuskan menjadi seorang blogger, tentunya kita sudah memahami bahwa tugas kita adalah menulis konten blog. Namun terkadang ada diantara kita (khususnya untuk blogger pemula), sering kesulitan menemukan ide untuk bahan tulisan yang mau di posting. Sehingga tak jarang diantara blogger yang kebingungan ini lebih memilih "menyalin" artikel dari blogger atau web lain untuk sekedar dijadikan bahan postingan di blog-nya.

Dalam prinsip seorang penulis, ada dua sumber yang bisa dijadikan ide untuk menulis. Yaitu sumber yang berasal dari dalam diri kita dan dari luar diri kita. Sumber ide yang berasal dari dalam diri kita contohnya: kenangan masa kecil, kejadian pada saat sekolah, pengalaman hidup kita, kisah cinta kita, perjalanan merintis karir, keahlian yang kita miliki dan sebagainya. Apapun kejadian menarik yang pernah kita alami dan layak untuk di share, itu bisa dijadikan sebagai sumber ide menulis. Misalkan kita ingin menulis kiat-kiat kita saat berhasil diterima di perguruan tinggi negeri, atau menulis tips-tips ketika kita sukses diterima di sebuah perusahaan PMA besar, atau trik memancing yang bagus agar bisa mendapatkan banyak ikan, atau bila kita seorang pengajar bisa share tentang bagaimana cara mang-handle murid yang bandel. Saya rasa ada banyak sekali ide dari dalam diri kita yang bisa jadikan bahan untuk menulis, karena tiap orang pasti punya keberhasilan dibidang tertentu.

Sementara sumber yang berasal dari luar diri adalah kejadian yang tidak kita alami sendiri. Contohnya: kisah menarik di sebuah sinetron atau film, kisah sukses para pengusaha, biografi para tokoh, pengalaman hidup teman dan orang-orang yang kita kenal, bahkan curhatan seorang sahabat juga bisa dijadikan sebagai ide untuk menulis. Misal ada sahabat yang curhat tentang hubungan jarak jauhnya dengan pacarnya yang mulai renggang. Ketika kita menasehati sahabat kita, sebenarnya nasehat itu bisa kita tuangkan untuk sebuah tulisan "bagaimana menjalin hubungan jarak jauh". Atau sebuah kisah dari hasil imajinasi kita, juga bisa menjadi ide tulisan. Yang jelas semua peristiwa yang terjadi pada diri dan di sekitar kita, itu bisa dijadikan sebagai ide untuk bahan menulis.

Yang penting pada saat kita menemukan ide lalu menuangkannya dalam sebuah tulisan, jangan pernah ada perasaan takut kalau yang kita tulis akan jelek, banyak menerima kritikan dan tidak menarik. Kemampuan menulis kita tidak akan pernah terasah jika kita tidak pernah menulis ide kita sendiri dan dengan menggunakan gaya bahasa kita sendiri. Kalaupun kita menemukan ide dari sebuah buku, sebisa mungkin tidak kita tulis sama persis seperti didalam buku. Kita cukup ambil intisarinya, lalu kita tuliskan dengan imajinasi dan gaya penulisan kita sendiri. Jika kita terus melatihnya, maka lama-lama kemampuan menulis kita akan semakin meningkat. Jangankan untuk menulis sebuah artikel di blog, untuk menulis buku dan novel yang berisi ratusan halaman pun suatu saat kita akan bisa.

Untuk artikel selanjutnya, akan saya ulas lebih detail bagaimana mengembangkan sebuah ide menjadi sebuah rangkaian kata dalam bentuk tulisan. Karena itu tetaplah "staytune" di blog sederhana ini, bila perlu di bookmark ya... hehehehe... (ngarep.com).


~ Happy Blogging and Keep Writing ~
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

95 comments

03 Maret, 2012

mantabss mas tulisannya....
ide menulis mungkin juga dari apa yang kita rasakan,lihat dan kita dengar dari lingkungan kita, sukses selalu:}

03 Maret, 2012

kalo masalah ide,sepertinya insya ALlah saya terus diberi ide oleh yang MAha kuasa,thanks sharingnya,sehingga saya dapet pencerahan disini

03 Maret, 2012

ide itu bs datang dari mana aja sob..
yg penting bs mengolahnya ke dalam bentuk tulisan. justru terkadang ingatan manusia itu yg terbatas, disaat dpt ide, eh besoknya mlh lupa. disinilah peran penting 2 buah alat tulis yaitu pulpen dan kertas.

03 Maret, 2012

setuju bgt dgn apa yg anda tulis, aku sendiri menulis itu idenya brasal dr hati dan pikiran kala itu.

BTW, aku follow blognya, folback ya, coz aku newbie nih..

03 Maret, 2012

Keren post bang, Ide menulis dapat kita dapatkan dengan mudah asal kita berniat untuk menulis ..
klo gk, Idenya gk akan muncul .

03 Maret, 2012

sedang terus belajar, tips dan ilmunya banyak saya serap dari sini. nuhun terimakasih sharenya

03 Maret, 2012

ane juga ada niat menulis untuk buku gan. makasih infonya. ane bisa belajar bahwa ide ada di mana mana, di luar atau di dalm diri ini. trus satu lagi yang penting gan, klo menurut saya dalam menulis tu harus punya 'pesan' yang ingin di sampaikan. klo asal menulis saja, kayanya kurang mantep, klo ada pesan yang di sampaikan kan bila orang yang membaca paham apalagi sampe menirukan kita bisa dapet pahala darinya. bukan begitu gan?

03 Maret, 2012

wahh, sy koq selalu kesulitan nyari ide buat ditulis ... gimana ya...

03 Maret, 2012

kerend mas,,emang mas ari empunya pnulis dilawan,,hehehe

mantaf nih, . .biasanya ane dapt insprasi menuls tuh, pas lg mngendarai motr gan. . Hehehe

03 Maret, 2012

thanks gan pencerahannya, bisa jadi inspirasi nih buat mencari ide

03 Maret, 2012

keren...keren..mari menulis...

03 Maret, 2012

seperti halnya jatuh cinta
malu malu mengungkapkannya
inilah yang saya rasa
pertama saya posting tulisan saya
lama-lama asik juga dan terbiasa
dengan datangnya ide ide tak terduga

hehehe

mantab deh artikelnya, saya suka :)

03 Maret, 2012

Cari ide buat menulis di blog dibuat santai aja, Kalau kita punya buku bisa juga jadi inspirasi tulisan dengan mengembangkannya menjadi tulisan yang layak di baca publik, dan yang penting bisa bermanfaat bagi orang lain. Jika tulisan mengenai kehidupan pribadi kayaknya lebih baik jadi blog pribadi dan privasi aja dech, tidak perlu dipublikasi karena orang lain juga males bacanya...hehehe

03 Maret, 2012

Menulis itu nggak terburu-buru kan sobat ? Ide itu datang dengan sendirinya seiring kita menjalani hidup ini. Lama-lama juga asik deh nulisnya, tinggal disetting tata bahasanya ... Menurutku tulisan yang (mohon maaf) copas, nggak bakalan berkesan dalam memposting suatu hal ,,, :) nice post sobat !

03 Maret, 2012

asyik nih.... artikel yang beginian nih yang ane cari.... bikin tambah semangat nulis..!

03 Maret, 2012

mantef gan ilmunya... ijin nyimak yahhh..!

03 Maret, 2012

Kalau muncul ide lebih baik langsung di tulis atau dicatat, biar gak lupa seperti kebiasaanku. hehehe
Artikel yang membangun bgt

03 Maret, 2012

Mantap gan

ane biasanya dapat ide dari teman ane yang sering nanya-nanya (crepet)

#kunjungan malam
)jgn lupa difollow, kufolback lho

03 Maret, 2012

ide bisa datang dari apa saja, bahkan dalam mencari ide, pencarian ide itu pun, ide tersendiri. semua sisi adalah inspirasi,,,
artikelnya bagus kawan :),,,

03 Maret, 2012

Sebagai guru (SD), Aku masih belum percaya diri atas kemampuan menulisku sebagai pengaplikasian sebuah ide. Selalunya ada perasaan takut kalau yang kita tulis akan jelek, banyak menerima kritikan dan tidak menarik (kopas dari kata artikel di atas).

Kalau seseorang yang memahami kondisi guru SD mungkin bisa memakluminya dimana guru SD adalah "guru kelas" yang wajib menguasai dan mengajarkan semua bidang studi. Sangat berbeda bidang keahlian antara guru SD dengan guru bidang studi (spesialis) misalnya guru Bahasa Indonesia. Kalau guru Bahasa Indonesia gak pandai nuangkan ide melalui tulisan, malu gak MasBro!

Dari pengamatanku, MasBro bisa jadi tutor bagi para guru (terutama Aku) yang ingin menjadi penulis, ya sekurang-kurangnya mereka jadi percaya diri dan mampu menuangkan idenya. (Jangan bilang siapa-siapa, Mas!) Banyak ide yang belum mampu kutuangkan menjadi sebuah karya tulis, selalunya memerlukan referensi yang kuanggap gak orisinil.

Penulis memang gak pernah kekeringan ide, layaknya MasBro! Sukses ya...

Ide bisa datang dari mana saja mas, bisa dari pengalaman, kejadian hari ini, dari buku, blog tetangga maupun dari alam. Untuk bisa menghasilkan karya yg cemerlang dari ide artikel tersebut maka tergantung niat kita sebagai si peng otak - atik ide tersebut.

03 Maret, 2012

bener sekali Bang Arie...Ndak usah takut untuk salah.Saya pernah dengar dari orang yang sudah lama berkecimbung didunia blogger..beliau berkata..
"BLOGGER KO DILARANG"..hehehehe...Jadi ndak ada yg ngelarang untuk salah..karena salah adalah langkah awal untuk benar....(^_^)

03 Maret, 2012

Yang penting jangan di bawa beban, ungkapkan saja karena dengan mengungkapkan ada satu bahkan seribu makna yang bisa sang penulis petik. Alhamdulilah jika bermanfaat untuk pembaca, klo ane yang penting enjoy menulis, enjoy membaca dan enjoy bereksperimen.

04 Maret, 2012

sebenarnya ide sudah ada di pikiran ketika hendak di wujudkan dalam tulisan malah jadi "Blank"..trik nya apa yach bang??

04 Maret, 2012

ajiibbb... saya juga jadi keranjingan menulis nih bang , walau awut2an hehehe... mulai 3 bulan ngeblog jadi gatal kalo gak ngetik,,,hehehe,,,kadang bingung juga mau numpahin isi otak yg full ( full gak tahunya sihhh :) )....
sip bang... saya sangat terinspirasi sekali bila baca post2 bang arie.. ingin selalu mraktekin pokoknya... :)
happy nulis ahhh...makasih bang arie ...sangat menginspirasi banget pokoknya si abang,,,,hahayyyy

04 Maret, 2012

kalo saya nulis asal2an.. hehe soanya ga tau teknik menulis heheh :D

04 Maret, 2012

@Muro'i El-Barezy: Iya mas, banyak sumber ide yang bisa didapat kalau kita jeli :)

@randy oktaran: Terima kasih juga sob atas supportnya :)

@Penghuni 60: Betul sob, jika memang kita berniat jadi penulis, memang harus bawa perbekalan untuk mencatat semua ide yang masuk di pikiran :)

04 Maret, 2012

@Michael Angelo: Yang jelas, apapun bisa dijadikan ide untuk tulisan hehehe :)

@Rosyd Aqbar: Sepakat sob, jika memang menulis bisa hunting apapun utk dijadikan bahan :)

@Desa Cilembu: Sama² belajar pak kades. Saya juga suka surfing untuk mencari data sebagai referensi tulisan :)

04 Maret, 2012

@cerita anak kost: Memang dari artinya, menulis itu untuk sebuah tujuan gan. Entah memberi informasi, humor atau apapun. Moga aja bukunya cepat terealisasi ya gan :)

@kangtok: Tentukan saja tema yang yang paling dikuasai sob. Lalu kita ekplore kemampuan dari diri dulu, sebelum kemudian mencari bahan dari luar termasuk literatur :)

@agung: Bukan empu.. Kadang penulis dengan jenis tertentu, kemahirannya juga berbeda sob :)

04 Maret, 2012

@Arief Rachmadi Blogger Pemula: Hehehe.. ide bisa muncul disaat apa saja gan. Jika ide agan muncul saat mengendarai motor, ya sering² aja berkendara hehehe..

@Belajar Komputer: Sumonggo gan, moga aja ada manfaat yg bisa diambil :)

@Catatan_Su: Mari terus menulis !!... :)

04 Maret, 2012

@anisayu: Iya mbak, namanya blog adalah milik kita. Jadi ya suka² kita mau diisi apa. Itu biasanya yang dilakukan blogger yang enjoy hehehe :)

@sweethy: Namanya juga blog sist, tergantung tujuan awal si pemilik saat pertama membuat blog. Kisah pribadi tidak mesti membuat pembaca jenuh, kadang juga menjadi inspirasi atau kadang menghibur. Raditya Dika salah satu blogger yg kebanyakan kontent-nya adalah kisahnya sendiri. Penggemarnya banyak, pagerank-nya juga 4. Dan masih banyak blogger dg pagerank diatas 3 yg menulis pengalaman dan kisahnya sendiri di blog kok. Asalkan bagaimana bisa mengolah kisah itu menjadi enak dibaca, saya rasa orang juga akan suka :)

@Salim: Ide yang datang dikumpulkan dalam list, untuk kemudian dikembangkan dalam rangkaian tulisan. Jadi tidak perlu terburu². Kita update artikel seminggu sekali juga tidak ada yg melarang khan sob.. hehehe.. :)

04 Maret, 2012

@bocah n: Memilih jadi blogger ya memang harus semangat untuk nulis sob :)

@iduy: Silahkan gan, moga ada manfaatnya :)

@Mbah Soendoel: Beruntung deh jika punya banyak teman, jadi bisa banyak ide yang muncul hehehe :)

04 Maret, 2012

@hamparan: Memang kawan, ide bisa muncul saat proses pencarian ide. Itu juga sering terjadi pada saya, niat cari bahan palestina malah dapet info korea yg justru menjadi ide menulis novel korea :)

@isman: Yang pakbro rasakan itu sama dg yg kami rasakan sebelum punya satu karya yg diterbitkan. Dalam benak selalu muncul, "kirim gak ya, kirim gak ya,,, nanti ditolak karena jelek."

Tapi akhirnya kami memilih untuk mengirimkan naskah pertama berjudul "Dejavu" yang ternyata memang benar, 10 penerbit menolak mentah². Dan akhirnya ada 1 penerbit yang menerima, itupun kami harus rela menunggu 6 bulan utk diterbitkan.

Bila pakbro guru bahasa Indonesia, sebetulnya sudah punya bekal atas aturan penulisan dan tata bahasa yg benar. Sekarang ya tinggal melatih dalam merangkai kata dg gaya bahasa sendiri. Saya yakin pakbro bisa jika memang berniat jadi penulis :)

@Aditya - KiosBisnis.com: Setubuh sob, rangkaian kata bisa menarik memang tergantung bagaimana si penulisnya mengotak-atik kata :)

04 Maret, 2012

memunculkan ide gampang gampang susah bagi saya... merasa takut tulisan atau kata kata yang jelek pernah menghantui saya juga^^..

kayaknya menarik neh yang depan mengembangkan sebuah ide..

04 Maret, 2012

@mrofiuddin: Blog itu adalah luapan opini dari si blogger bang, jadi mau nulis apa aja ya terserah blogger itu sendiri. Tapi perkara blog itu dibaca apa tidak, ya semua menjadi pilihan si pembaca dan pengunjung hehehe :)

@amdhas: Bener sob, enjoy with self opinion. Seperti sobat menulis di blog juga sangat enjoy :)

@Roedie: Itu adalah masalah yg umum bang. Detailnya nanti saya ulas di postingan saja ya :)

04 Maret, 2012

@KangFarhan: Memang sekarang kang farhan makin ok kok artikelnya. Paragrafnya makin lama makin bertambah hehehe...

Masalah awut²an itu sah-sah saja kang, karena itu dipengaruhi gaya bahasa, asal masih mudah dibaca dan dimengerti. Mantep deh pokoknya artikelnya kang farhan sekarang :)

@ale kaleng: Itu gaya bahasa sob. Saya sering membaca postingannya dan sangat menarik karena cukup lucu. Itu adalah keahlian tersendiri dalam merangkai kata, tak banyak orang menulis seperti orang ngobrol :)

04 Maret, 2012

@agusbg: Semua karena jam terbang sob.. sering berlatih akan membuat kita makin moncer dalam menuangkan ide apapun. Pokoknya berani melakukan :)

04 Maret, 2012

Waduh kalau saya idenya dateng sendiri

04 Maret, 2012

@Diat: Beruntunglah jika memang ide sobat datang dg sendirinya. Jadi tidak perlu mencari ide lagi :)

04 Maret, 2012

hahahayyy... mantap dah si akang ini. ketika ingin menulis, biasanya ane menulis apa yg ada di pikiran ane. apapun itu tanpa memikirkan bagus or tidaknya kualitas tulisan ane (meski dibutuhkan rancangan lebih dulu). selanjutnya, kalo dah selesai... ane cek kembali tulisan ane tersebut.^^

but, ide menulis itu dapat dari mana saja n setiap waktu, hanya bagaimana kita menuangkanny menjadi sebuah tulisan. terpenting jangan malas or ragu^^ keep writing aja dah pokokny.

thanks banget y kang atas artikelny. salam blogger

05 Maret, 2012

@arie5758 = owh,, gitu,,,, oke deh,, Hehehe makasih ^^ hm,, berarti saya nulis kaya orang ngobrol ya??? ^^ oke!!! lanjutkan berarti ya???

05 Maret, 2012

kadang ide untuk membuat tulisan datang dengan sendirinya, tapi kalo direncanakan menulis dengan tema tertentu yang tidak dikuasai mungkin akan sulit sekali... makaish untuk sharenya mas..

05 Maret, 2012

abang selalu menginspirasi bagi saya, saya juga pengen jadi penulis tapi masih canggung lo bang :)
salam persahabatan dan sukses selalu untuk abang

05 Maret, 2012

Kadang2 memang sulit mencari ide untuk sebuah artikel, thanks artikelnya sobat, mudah2an selalu ada ide untuk membuat artikel.

Thanks for sharing.

php web development

nah ini dia yang ditunggu2, tutor menulis artikel.
Saya ingin belajar menulis artikel yang baik, makanya saya nyari yang mau berbagi cara menulis.
eh, malah sekarang dapat langsung dari mastah nya...
ditunggu kelanjutanya bang :D

05 Maret, 2012

@Ale Kaleng: Gaya bahasa merupakn cirikhas dari penulis. Dan penulis yang bagus adalah yang bisa membawa pembacanya memasuki alam yg dibawa oleh sang penulis sob :)

@Jejak Puisi: : Memang selayaknya sebelum di poublish, artikel harus di baca ulang dulu untuk menghindari kesalahan sob. Konon mbah google katanya juga memeriksa kesalahan kata saat melakukan crawl (katanya sih...) :)

05 Maret, 2012

@adibey.web.id: Untuk itu dalam blogging semestinya kita memilih tema yang kita kuasai mas. Jika memang kesulitan, ya ambil tema blog pribadi itu lebih mudah menulis kontennya hehehe :)

@MAsChandra: Jika yang dimaksud adalah penulis konten blog, mungkin belajarnya tidak butuh lama sob. Tapi jika menulis buku dan novel, tentu dibutuhkan latihan ekstra. Sbb kita dituntut bisa merangkai kata dengan jumlah halaman yang banyak :)

05 Maret, 2012

@COF: Nge-blog dengan enjoy, saya yakin akan lebih bisa menuliskan apapun yg ingin kita tulis sob. Ide biasanya muncul di kepala, tapi menjadi hilang saat kita tidak mampu merangkainya dalam bentuk tulisan :)

@tasbih souvenir pengajian: Saya bukan master mas, hanya kebetulan saja pekerjaan sebagai penulis. Jadi hanya berbagi pengalaman saja. Mungkin pengalaman dari penulis lain juga beda² :)

05 Maret, 2012

Ada ungkapan, "Lebih baik menulis namun jelek daripada mengomentari sebuah tulisan namun tak pernah menulis sama sekali..."


Jadi, Bung... Teruslah menulis dan teruslah memotivasi teman-teman untuk menulis... :)

Best Regards

05 Maret, 2012

memang agak susah juga ya menuangkan ide, tapi kadang ide bisa muncul secara tiba2, bener juga bang bisa dari tv atau media lain.


mau tanya nih bang, bos ane selalu bilang

ATM = Amati tiru Modifikasi :D

kira2 itu salah ga :P ..

salam dan suport dari duniasharing

06 Maret, 2012

@Muro'i El-Barezy Sepakat dan sependapat. Saya juga menjadikan apa yang saya lihat, dengar, rasakan dan juga pikirkan sebagai bahan untuk tulisan.

Dan sepakat serta sependapat pula bahwa keraguan, takut akan kritikan haruslah dihilangkan,yang terpenting kita yakin bahwa apa yang akan kita tulis adalah membawa kebaikan dan mengajak pada perbaikan, mengenai keindahan bahasa, alur cerita dengan sendirinya akan terbentuk bila kita sering berlatih / mengasahnya.

06 Maret, 2012

mantab mas idenya.

heehehe salam kenal dan sehat selalu

06 Maret, 2012

Keren mas artikelnya, memang pada dasarnya untuk bisa jadi seorang penulis bisa di katakan gampang2 susah, faktor utama /kendala biasanya masalah ide. pembahasan serta gaya bahasa apa yg hrs mesti kita tuangkan dalam tulisan. saya sendiri bukanlah seorang penulis namun g ada salahnya jg saya ambil tulisan/artikel dr seseorang lalu kita sharing ke sesama. bagiku indahnya rasa berbagi terhadap sesama memiliki nilai sesuatu yg tersendiri. nice posting mas. sukses selalu ya

08 Maret, 2012

nice :)
saya senang mengikuti postingan anda
postingan yang menarik .

salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
website kami.

08 Maret, 2012

i love ur post, keep share^^
mampir balik ke website kami yaa...
berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

16 Maret, 2012

Thank's infonya masbrow :D

14 Juni, 2012

thnks infonya agan. .
info in merupakan suatu wadah untuk saya mencari ilmu . . .

emoga kita semua menjadi orang sukses

06 Juli, 2012

kalau saya ide, kadang banyak... cuma cara menuangkannya ke dalam bentuk tulisan yang sering merasa kesulitan... karenanya pas nemu artikel di media internet atau media lainnya seperti tabloid atau koran yang menurut saya pantas untuk saya share kembali, saya share coba tulis dengan gaya bahasa penulisan yang saya punya... walau terkadang beberapa kalimat tetap saya kutip dari sana... Terimakasih ilmunya Mas Arie... jalan-jalan disini, makin banyak ilmu yang bisa diserap. Salam ^_^

08 Juli, 2012

banyak panduan menulis diweb ini, makasih ikutan belajar.

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

12 Juli, 2012

Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

12 Juli, 2012

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

12 Juli, 2012

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berha

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

12 Juli, 2012

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

12 Juli, 2012

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Informasinya keren sekali, sangat bermanfaat.sukses selalu

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

12 Juli, 2012

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

12 Juli, 2012

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

12 September, 2012

Terkadang ide tulisan juga bisa muncul dari hal-hal kecil yang ada di sekitar kita, yang sering terjadi adalah terbatasnya ide karena tema awal yang di usung oleh sebuah blog/web. Salam kenal buat admin & sobat blogger yg memberikan komentar di blog ini :)

05 Agustus, 2014

Jadi gak sabar mau segera menghasilkan tulisan....thanks ...mantap

17 April, 2015

kalau mood nya lagi bagus,, bkin artikel itu suka lancarrr :D

02 Agustus, 2015

siip mas, posting yang sangat membantu bagi saya sebagai newbie :)

25 November, 2015

ruangannya harus sunyi sepi

terima kasih tas informasinya bagus dan bermanfaat sekali informasinya

jelly gamat qnc

nyari ide buat nulis artikel emang gak mudah, kadang kita harus muter-muter dulu tuk dapat inspirasi.

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.