Bidang Pekerjaan bagi Para Penulis

Saat ini sudah banyak orang yang mulai menyukai profesi sebagai penulis. Karena selain menulis adalah sebuah hobi, juga bisa menjadi ladang rezeki dari kemampuan yang dimilikinya tersebut. Selain itu profesi sebagai penulis bisa menjadi pekerjaan utama atau menjadi sampingan di sela-sela menjalani rutinitas pekerjaan utama. Ada kesalah-pahaman bahwa profesi menulis itu terpaku pada menulis buku atau novel saja. Istilahnya orang baru dianggap sebagai penulis, ketika dia sudah memiliki karya tulis berupa cetak (buku atau novel). Padahal bukan seperti itu kenyataannya, anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang "Arti Menulis dan Penulis".

Pada postingan ini saya akan mengulas bidang pekerjaan yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi penulis. Untuk itu penjelasan kali ini saya fokuskan bagi mereka yang memilih menjadi "Penulis Profesional", yaitu seseorang yang menjadikan kemampuan menulisnya sebagai profesi yang bisa mendatangkan penghasilan buat dirinya. Jadi saya tidak akan membahas seseorang yang menulis di blog/web, tapi sumber penghasilannya didapat dari publisher iklan yang ada di blog/web-nya.

Berikut ini pekerjaan yang bisa mendatangkan rezeki bagi penulis:

  • Menulis Buku
    Bagi yang menguasai ilmu atau memiliki hobi tertentu, bisa menuliskan apa yang dikuasainya tersebut menjadi sebuah buku. Buku tersebut bisa berisi tentang tutorial, panduan, tips dan trik, tekhnologi, pengetahuan, kuliner, wisata dan sebagainya. Jadi kemampuan yang kita miliki dan kuasai bila ditulis menjadi buku, akan menjadi sumber penghasilan bagi kita.

  • Menulis Cerpen atau Novel
    Bagi yang memiliki banyak ide cerita, puisi atau menulis kisah dalam rangkaian kata, juga bisa mendatangkan rezeki jika kita mampu menorehkannya dalam cerpen maupun novel. Kita bisa mengirimkan karya cerpen ke surat kabar, rubrik, buletin atau majalah yang biasa memuat cerpen. Jika karya kita dimuat, maka kita akan mendapatkan fee. Untuk novel kita bisa kirimkan ke pihak penerbit atau bisa kita cetak sendiri, yang rincinya sudah saya bahas di artikel "Perjuangan Menjadi Seorang Penulis".

  • Pengisi Konten Web
    Sebagian web yang bersifat komersial juga memanfaatkan jasa penulis untuk mengisi konten di web-nya. Ini bertujuan untuk membuat artikel yang selalu update dan berisi bermacam kategori yang ditulis oleh penulis yang ahli dibidangnya masing-masing. Pekerjaan ini juga bisa menjadi alternatif pilihan bagi para penulis untuk memperoleh penghasilan.

  • Jasa Menulis Skripsi atau Essay
    Bagi sebagian orang merasa kesulitan dalam menulis skripsi atau essay. Meski bahan dan materi sudah ada, namun untuk merangkai tulisan terasa sulit. Maka dari itu mereka biasanya memanfaatkan jasa penulis untuk membuatkan skripsinya sesuai dengan bahan materi yang sudah ada. Ini juga bisa menjadi sarana untuk mendapatkan penghasilan, apalagi jika penulis tersebut paham tentang Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan bisa mengetik dengan cepat.

  • Jurnalis atau Kolumnis Lepas
    Beberapa perusahaan surat kabar, buletin, majalah dan radio juga membutuhkan penulis untuk membuat artikel informasi, tips, resep masakan, kesehatan, olahraga dan sebagainya. Hal ini agar supaya konten yang disajikan lebih berbobot dan lebih beragam, yang tentunya ada standar tersendiri yang ditentukan oleh perusahaan tersebut. Ini juga bisa dijadikan ladang bagi penulis untuk mengais rezeki.

  • Ghost Writter (Penulis Hantu/Bayangan)
    Sebutan "Ghost Writter" biasa ditujukan untuk para penulis lepas yang tidak pernah menampilkan namanya sendiri di setiap karyanya. Karena biasanya karya tersebut sudah dibeli oleh seseorang, perusahaan atau institusi tertentu yang bertujuan untuk mendongkrak popularitasnya. Sesuai dengan julukannya, maka penulis yang memilih jalur ini tidak akan dikenal publik, tapi belum tentu penghasilan yang didapatkan lebih sedikit dibandingkan penulis yang mencantumkan namanya.

  • Penulis Ide Cerita
    Pihak perfilm-an atau Production House (PH) dalam membuat film drama, FTV dan sinetron diharuskan menyajikan cerita yang berbeda setiap harinya. Karena penonton akan menjadi jenuh jika jalan cerita film yang ditontonnya selalu sama. Karena itu perusahaan film atau PH selalu mencari penulis yang mampu memberikan ide cerita untuk film atau sinetron yang akan mereka buat. Dan tentunya ide cerita yang diterima, akan mendapatkan fee sesuai kesepakatan.

  • Penulis Skenario
    Jika yang diatas tadi adalah penulis ide cerita, maka yang ini adalah penulis skenarionya. Film tidak akan pernah jadi film jika tidak ada gerakan, percakapan dan settingnya. Karena itu dibutuhkan seorang penulis skenario yang bertugas menjabarkan ide cerita menjadi seperti film atau sinetron yang pernah kita lihat. Dan kesibukan penulis skenario akan semakin bertambah, jika film atau sinetronnya mendapat rating tinggi dan harus kejar tayang.

Mungkin segini dulu bidang pekerjaan yang bisa saya sajikan buat sobat penulis (atau yang ber-keinginan menjadi penulis) untuk bisa menghasilkan uang. Dan perlu diketahui bahwasanya bidang pekerjaan yang telah saya uraikan diatas bisa dilakukan secara "freelance", artinya seorang penulis tidak perlu terikat dan datang ke kantor setiap hari. Jadi pekerjaan tersebut bisa kita lakukan dirumah tanpa harus meninggalkan keluarga kita.

Untuk ke-depannya (jika kesibukan di dunia nyata tidak padat)... saya akan menjabarkan lebih detail tiap-tiap bidang diatas berikut seluk-beluknya. Tentunya ini berdasar pengalaman saya bersama istri dan juga informasi yang saya ketahui. Profesi apapun (termasuk menulis) bila kita kerjakan dengan serius, hati yang ikhlas, ide yang kreatif dan tentunya bertujuan untuk ibadah karena Allah, maka profesi itu akan bisa menjadi sumber rezeki dan mendatangkan manfaat khususnya untuk kita sendiri.


~ Happy Blogging dan Tetap Semangat ~
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

60 comments

09 Februari, 2012

pertamaxx..
mantep banget share nya..
^^

10 Februari, 2012

Beda memang sob menulis sendiri dengan copas punya orang, kalo nulis sendiri punya kebanggaan tersediri, apa lagi kalo jadi populer. hehehe
Menulis sebagai ungkapan hati...

nice share sob :)

10 Februari, 2012

Memang sobatku yang satu ini ciamik kalau bikin artikel. Apalagi yg ini yg aku suka sob, bisa menambah wawasan. Lama2 aku juga pengen jadi penulis juga nih..

10 Februari, 2012

wah keren ni. kalu ane kadang rada males kalo mau update blog :p

wah, info yg bermanfaat gan

10 Februari, 2012

WIH SAYA nggak bakat nulis bang :D

10 Februari, 2012

Saya pingin jadi penulis Novel, trus Novel saya di jadikan Film yang bermutu dan ditonton di berbagai dunia ( cita-cita seperti itu, khan boleh ya Mas?). Semoga cita-cita saya terwujud ya mas. Doakan saya.

10 Februari, 2012

Ternyata banyak peluang ya jadi penulis.
Nice share bang n happy blogging!

10 Februari, 2012

mnulis memang butuh mood plus inspirasi, jngn sampai menulis krna terpaksa, ujung2nya bakalan gak ajib tuh tulisan

10 Februari, 2012

hal yang paling suka yg no 2

10 Februari, 2012

waw. mantab bos postingannya. saya sih jarang update blog, digolongkan apa bang..?

10 Februari, 2012

bener-bener lengkap gan......
thank's ya dah share

10 Februari, 2012

oke banget sharenya :D

10 Februari, 2012

mantap... thanks share-nya... bisa menjadi pemacu seseorang untuk terus menulis

keep posting sob

10 Februari, 2012

mantap nih bang,, pekerjaan yg cocok buat penulis jadi tau skrang,,

10 Februari, 2012

wah bidang seorang penulis mantab juga ya sob :)
Absen sore

10 Februari, 2012

oalah..ternyata begitu banyak ya bang bentuk2 freelance-nya sosok penulis... kok saya jadi pengen manjadi kayak gitu.. :), ini baru namanya ilmu dari pakarnya... saya tunggu penjelasan bab 'tulmenul' alias tulis menulis nek gitu bang...sambil belajar minum seteguk ilmu di ruang penulis....hahayyyy
mantaf bangetttt..... :)

10 Februari, 2012

aku suka nulis, tapi sayang aku masih gaptek sehingga blog yang diharapkan mendukung kurang suport, terima kasih telah menjadi inspirasi yang positif

10 Februari, 2012

@Juli suhendri: Makasih sob, moga ada manfaat yang bisa diambil :)

@muhammad hidayat: Jika yg dimaksud adalah menulis di blog, mending jika tidak punya keahlian khusus.. ya buat aja blog diary sob, tujuannya utk mencatat momen spesial. Kalo nulis diary khan ga perlu cari bahan copas.. hehehe.. :)

10 Februari, 2012

@Ika Stembaya: Hahaha.. monggo masbro jika ingin jadi penulis. Sampean khan pinter web dan suka ngasih pelatian, tulis aja tentang itu juga bisa :)

@ino putro: Males itu biasanya karena tidak punya bahan untuk ditulis sob. Karena kalo sudah niat jadi blogger, khan harus tahu bahwa seorang blogger itu harus nulis konten :)

10 Februari, 2012

@Arief Rachmadi Blogger Pemula: Terima kasih, semoga bermanfaat :)

@imanarsyad: Tapi jika nulis di blog bisa khan? Buktinya banyak konten tutorialnya :)

10 Februari, 2012

@sweethy: Apa sekarang sudah mulai menulis sist? Jika sudah, coba aja bergabung dg komunitas penulis biar ada yg membantu. Siapa tahu karya novelnya nanti bagus dan layak utk dijadikan film... Semoga keinginannya bisa terkabul sist :)

@Hacc: Sebenarnya masih banyak lagi sob, tapi yg saya ulas itu yg umum saja :)

10 Februari, 2012

@Kang Topjer: Betul kang, menulis memang dibutuhkan inspirasi dan mood. Dan kalau dipaksakan, hasilnya nanti tidak akan sesuai harapan :)

@Spenza-Sumpiuh: Sama ketika saya masih SMP sob, saya punya 3 buku tulis yg isinya cerpen dan puisi karya sendiri :)

10 Februari, 2012

@ahmas2396: Jika sudah bikin blog, tentu harus siap ngisi konten donk... cara mudah ngisi konten itu ya menulis sesuai bidang yg dikuasai saja sob :)

@Agus KBM: Biar memberi gambaran bahwa menulis tidak hanya sekedar buku dan novel bang :)

10 Februari, 2012

@ale kaleng: Makasih sob, moga bermanfaat :)

@Jejak Puisi: Tetap semangat sob, siapa tau tulisan sobat yg di blog nantinya bisa menghasilkan :)

10 Februari, 2012

@Ayriy Zone: Hehehe... khan postingan sobat akhir² ini review cerpen dan pilem... :)

@Black Angel Syndicate: Jika ditekuni, memang akan menjadi profesi yang bisa diandalkan sob :)

10 Februari, 2012

@Kang Farhan: Hahahaha... jika menguasai ilmu tertentu, itu juga bisa dijadikan bahan untuk menulis kangmasbro farhan :)

@samsunisarman: Jika sukanya nulis tapi tidak bisa optimasi blog, berarti seperti saya bang. Jadi pilih aja template yg ringan dan sudah tersedia fitur² yg penting.. jadi ga perlu untuk nambahin macem² lagi. Fokus saja pada tulisan, tidak perlu pusing dg variasi di blog apalagi SEO dan tetek bengeknya :)

10 Februari, 2012

hahaha, baner sekali mas arie, tapi kalo cuman untuk diary saja berarti kita tidak memberi apa-apa kepada pembaca hanya cerita hati kita saja hehehe :)

10 Februari, 2012

@muhammad hidayat: Maksudnya diary tentu tidak melulu berisi curhatan sob. Bisa tentang kejadian lucu, momen spesial dan menarik serta bisa juga menulis hobby. Raditya Dika saja konten blognya cuma isinya kisahnya sendiri, tapi setelah dijadikan novel malah jadi best seller. Jangan memaksakan diri menulis artikel yg tidak kita kuasai sob :)

10 Februari, 2012

Jadi penulis kalo bukan bakatnya susah ya mas.. di paksain juga susah, perlu ide2 yang brilian untuk menulis,, haapy bloging mas arie

10 Februari, 2012

Lumayan banyak pekerjaan yang cocok untuk para penulis.
Saya saja baru belajar untuk membuat blog.Terima kasih atas sharenya...
Follow sini 166 untuk lebih banyak belajar sahabat

10 Februari, 2012

@Yozgie: Memang jika berbakat itu akan lebih memudahkan sob. Tapi sebenarnya bakat bisa dilatih, jika memang punya kemauan menerjuni dunia menulis. Intinya harus sering banyak belajar dg yg sudah berpengalaman :)

@Blog Keperawatan: Terima kasih atas kunjungannya, semoga ada manfaat dari postingan saya ini. Follow back sudah diluncurkan :)

10 Februari, 2012

wah ternyata banyak ya gan bidang penulis aja, ane kira dulu namanya penulis cuma yang menulis buku ato novel, jadi nulis di blog dan cerpen juga temasuk penulis ya. makasih ni gan ilmunya.

10 Februari, 2012

@cerita anak kost: Semua yang berhubungan dg tulis menulis itu bisa disebut penulis sob, termasuk para blogger yg nulis postingan itu juga bisa disebut penulis :)

10 Februari, 2012

Pena hadir dan absen malam sobat...
Dulu postingan pena hampir sama hanya beda temanya.Postingan pena pekerjaan yang cocok untuk pecinta makanan sob

10 Februari, 2012

menulis adalah proses meninggalkan jejak kehidupan...

salam blogger

-Abadiorkes-

11 Februari, 2012

@Kompilasi Pena: Terima kasih sudah mengunjungi blog sederhana saya sob. Moga ini jadi awal persahabatan :)

@spirit lion: Bisa jadi sob... karena menulis butuh inspirasi dan mood dari sang penulis :)

11 Februari, 2012

iya kang bisa nambah penghasilan dengan karya tulis ...di dunia maya atw di dunia nyata...lumayan buat tambahan...syukur2 bisa jadi penghasilan tetap yah kang..hehehe

membuat tulisan yang berkualitas adalah hal yg sangat susah dilakukan.
tetapi jika hanya menulis itu hal yg mudah.

blogger yg hebat adalah blogger yg mampu membuat tulisannya menjadi inspirasi bagi orang lain..
hehehe
CMIIW

11 Februari, 2012

@bursaobatherbal: Betul sob, hobi yang bisa menghasilkan :)

@http://farid-complete.blogspot.com: Untuk itu kita belajar yg mudah dulu, kemudian belajr untuk semakin berkualitas... jika kita ideal di awal, bisa takut untuk melakukan apapun sob :)

11 Februari, 2012

:)
berawal dari iseng, bisa jadi profesi yah

nice share om ...

11 Februari, 2012

wah saya termasuk yang mana ya
karna saya cuma menulis puisi
sebagai hoby setiap hari

hehehe :)

11 Februari, 2012

kalo saya termasuk yang mana ya? nice share sob

11 Februari, 2012

Selamat banyak komentatornya, semoga sukses selalu .

Nice info,Maaf baru hadir lagi sob

11 Februari, 2012

kalau saya mah cuma penyuka koleksi artikel, saya nggak cocok jd penulis

11 Februari, 2012

@Shinigami: Iya sob, kalau hobi khan bisa menyenangkan :)

@anisayu: Hehehe.. mungkin sekarang hanya sekedar hobi mbak. Tapi siapa tahu ada pencari bakat yg tertarik dg kumpulan puisi yang mbak tulis di blog :)

11 Februari, 2012

@Tutorial Blog: Ya... jika kumpulan tutrialnya dibukukan, khan bisa jadi penulis buku sob hehehe :)

@A.Salim: Terima kasih ya sudah mampir di blog saya dan jadi salah satu komentator juga :)

11 Februari, 2012

@Gadget Reviews-Faisal Blog: Tidak apa² sob :)
Jika memang padat urusan offline, tidak perlu dipaksa utk online :)

@Rizkyzone.com: Hehehe.. bisa saja sob. Memang profesi yg menyenangkan itu pilihan bukan keterpaksaan. Terimakasih sudah mampir kesini ya :)

11 Februari, 2012

waaahh...Kayaknya sudah ada di Bang Arie nich,,,cZ artikel diblognya I Like this semua...hehehehe,,,good Luck Bang arie...

11 Februari, 2012

wah bisa inspirasi ini buat saling berbagi kawan.
salam kenal nama saya Sugeng dari Ponorogo

12 Februari, 2012

Wah artikel bagus nih gan,saya pernah belajar nulis cerpen tapi ga pernah bisa sampai selesei,slalu buntu di tengah jalan..:p

12 Februari, 2012

@mrofiuddin: Belum semuanya masbro, kalau digeluti semua bisa kramnih otak hehehe :)

@Sugeng: Terima kasih sudah mampir mas, salam kenal ya ")

12 Februari, 2012

@Lirik Lagu Baru: Memang menulis itu harus ada mood masbro, jika mood hilang, nulis jadi malas. Akhirnya kita seperti kehilangan ide :)

12 Februari, 2012

Hey Arie, it's ok bro. I was just kidding.

How was your weekend? Hope you had fun.

12 Februari, 2012

iya juga sob, kalau kita memaksakan diri untuk menulis sesuatu yang tidak kita kuasai nanti pas di tanya maksud dari karya tulis itu sama orang, kita malah ikut bingung juga...hehehe, tentunya gak lucu kan kita yang nulis tapi kita gak tau maksud dari isinya... :)

12 Februari, 2012

@Michael: Hahaha... thank you so much buddy :)
My weekend is very fun, cause my talk show was successfull myke.

@muhammad hidayat: Betul sob, memang begitulah maksudnya :)

21 Februari, 2012

Nice info.....

27 Februari, 2013

two thumbs. :)
Thanks Infonya...

29 Juni, 2013

aku udah nulis cerpen sama novel, tapi belum disharing, pengen diterbitin, gimana caranya ya gan? happy blogging emang kerennnn(y)

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.