Banyak cara untuk bisa melatih keyakinan kita menjadi semakin percaya diri. Meski setiap orang punya 1 atau 2 kepribadian yang lebih dominan dari 4 macam kepribadian yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Dimana seorang Sanguinis dan Koleris punya kekuatan lebih percaya diri dan seorang Plegmatis dan Melankolis punya kekuatan lebih teliti dan bijaksana. Namun siapapun orangnya dan apapun kepribadian dominan yang ada pada dirinya, akan mampu menumbuhkan dan mengembangkan keyakinan dan kepercayaan diri asalkan dia mau.

Postingan saya kali ini akan membahas tentang bagaimana membangkitkan keyakinan dan kepercayaan diri yang saya dapatkan dari pelatihan (training) yang pernah saya ikuti. Ada berbagai macam simulasi, untuk kali ini saya akan bahas cara melatih keyakinan dengan memecahkan keramik menggunakan bohlam (lampu pijar).


Di setiap pelatihan biasanya seorang Tentor akan selalu bertanya, "Menurut anda jika sebuah bohlam dibenturkan dengan keramik, yang akan hancur bohlamnya atau keramiknya?" Mendapat pertanyaan itu kebanyakan bahkan semua peserta selalu menjawab, yang akan hancur adalah bohlam. Kenapa? karena bohlam terlihat lebih rapuh dibandingkan dengan keramik. Namun ketika Tentor tersebut menjatuhkan bohlam keatas keramik dan yang pecah ternyata keramiknya, banyak diantara peserta yang keheranan dan merasa penasaran "Kok bisa ya...".


Simulasi ini ingin menunjukkan bahwa sesuatu yang menurut kita lebih rapuh, ternyata juga bisa memecahkan atau mematahkan sesuatu yang kelihatan lebih kuat. Seperti contoh lainnya mematahkan balok kayu dengan tangan, mematahkan pensil dengan satu jari bahkan berjalan diatas bara api. Kesemua simulasi itu bisa dilakukan dengan cara membangkitkan keyakinan pada diri bahwa kita "Bisa" dan tentunya mengetahui tekhniknya.

Untuk simulasi memecah keramik dengan bohlam yang sering dipakai adalah tekhnik seperti poto diatas. Dan kita semua bisa melakukan seperti yang telah dilakukan oleh tentor tadi.

Bahan yang perlu dipersiapkan:
  1. Bohlam (lampu pijar), bisa yang ukuran 15watt atau untuk pemula lebih baik memakai yang ukuran 40watt keatas karena kaca lampunya lebih tebal.
  2. Keramik, bisa memakai keramik dinding.
  3. Kotak penampung, bisa menggunakan kardus bekas mie atau lainnxa.
  4. Batu, untuk mengganjal.

Cara melakukannya:
  1. Letakkan keramik didalam kardus dan ganjal keramik tersebut dengan 2-3 batu pada sisi-sisinya (kardus fungsinya untuk menahan serpihan kaca, jika ternyata pada percobaan yang pecah adalah bohlamnya).
  2. Pegang ujung (bagian besi/tembaga) bohlam dengan ibu jaridan jari telunjuk.
  3. Atur posisi tubuh dengan berdiri tegak, tangan yang memegang bohlam kedepan tegak lurus. Pastikan bohlam posisinya lurus dengan keramik dibawahnya, agar jatuhnya tidak meleset.
  4. Pusatkan pikiran ke bohlam, tingkatkan sugesti bahwa bohlam lebih kuat dan tidak akan pecah. Konsentrasi sampai merasa betul-betul yakin.
  5. Pandang keramik dibawah, tingkatkan sugesti bahwa keramik lebih rapuh dan pasti pecah. Konsentrasi sampai betul-betul merasa yakin, lalu lepaskan bohlam yang kita pegang.
Jika tekhnik yang kita lakukan benar, maka kita akan bisa memecahkan keramik tersebut dengan bohlam seperti video berikut:






Seperti yang saya sebutkan di awal pembahasan, bahwa tekhnik memecah keramik dengan bohlam ada beberapa macam. Namun yang paling sering dipakai pada pelatihan umum adalah tekhnik seperti yang telah dijelaskan diatas.

2 video dibawah ini adalah pelatihan memecah keramik dengan bohlam dengan tekhnik yang berbeda, namun cara memposisikan bohlam dengan keramik relatif sama harus tegak lurus.








Simulasi semacam ini tidak membutuhkan tenaga dalam, jampi-jampi atau pakai merapal mantra. Semuanya dilakukan dengan keyakinan dan tekhnik tersendiri. Jika masih belum bisa memecahkan keramik atau malah bohlamnya yang pecah, coba lagi sampai bisa. Lama-lama kita akan mengetahui bagaimana tekhnik/cara yang benar untuk melakukannya.

Hikmah dari pelatihan seperti ini adalah:
  1. Mengasah Kepekaan (Fokus).
    Saat kita berkonsentrasi, kita mensugesti diri bahwa bohlam akan menjadi lebih kuat dari keramik. Dan saat dijatuhkan maka yang akan pecah adalah keramiknya.
  2. Membangkitkan Keyakinan.
    Input yang selalu kita masukkan ke otak adalah "saya bisa", "pasti keramik akan pecah" dan sebagainya. Itu adalah cara menstimulasi keyakinan pada diri dan ketika sudah yakin baru kita melakukan.
  3. Set Goal.
    Bohlam ibarat cara dan keramik adalah goal (tujuan), jika kita tidak yakin cara kita bisa mencapai tujuan maka kita takkan pernah bisa melakukan apa-apa.

Begitulah penjelasan tentang tekhnik melatih keyakinan dengan memecah keramik menggunakan bohlam. Mungkin dengan membaca kita bisa menggambarkan caranya, namun saya katakan seperti belajar menyetir mobil, hanya dengan membaca manual tidak akan membuat kita mahir mengemudi. Yang harus kita lakukan adalah dengan berlatih dan terus berlatih.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

7 comments

04 Desember, 2011

Saya butuh waktu lama untuk mencobanya mas, mohon doanya biar bisa ;)

05 Desember, 2011

apa iya bisa bisa mas....??

mau tag coba dah....

05 Desember, 2011

wah, dicoba ah...dicopy dulu ya sambil dipraktekin

05 Desember, 2011

@Blog Internet Tutorial: yg belum pernah memang agak ragu masbro, saya pertama kali coba di seminar makan korban 3 bohlamp hahahaha :D

@Akhsa Nant: bisa jika tau tekhniknya, jika mencoba saya sarankan cara pertama saja biar aman. cara kedua dan ketiga bisa beresiko kena tangan bila tak ada pendamping :)

@Belajar Komputer: monggo gan, silahkan dicoba :)

05 Desember, 2011

menarik info y mas..
salam kenal mas

05 Desember, 2011

@saka: terima kasih juga komentarnya, mudah²an berguna :)

02 September, 2013

Assww. Salam hormat kami pada Maaster Arie. kami ingin berbagi dengan Master, karna menurut kami sebagian pendapat master ada kesamaan dengan kami, khususnya untuk melatih dan meningkatkan rasa percaya diri dan keyakinan dengan aplikasi dan simulasi :
pecahkan kramik dengan bolhlamp, patahkan besi cor pompa dragon, pecahkan botol dgn telapak tangan, bergantung di lampu neon, tidak selalu belajar tenaga dalam atau kanuragan, karna ada cara yang lebih pratis dan manis, cepat dan murah, hanya di motivasi I menit saja Insya"Allah bias !cek di blog kami Senopatikodri7blogspot.com
trimakasih Wss.ww. hormat kami umbut muda.

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.