Sobatku sekalian dimanapun berada, mungkin kita sudah sering mendengar kalimat bahwa, "Harapan adalah bahan bakar untuk semangat hidup". Namun terkadang kita suatu saat merasa kehilangan sebuah harapan, karena tekanan hidup yang begitu tinggi. Jalan untuk mencapai harapan itu begitu sulitnya, sehingga seakan tak mampu lagi untuk melanjutkan langkah.

Berbagai masalah seperti tak ada habisnya, rintangan selalu mengganjal di setiap jalan yang kita lewati, sementara perjalanan masih begitu jauh untuk kita tempuh. Dalam kondisi seperti itu, tak sedikit dari kita yang kemudian menyerah, tak berani lagi berharap dan pasrah dengan mengatakan, "Biarlah hidup ini mengalir seperti air sungai."

Harapan atau Asa adalah bentuk dasar dari keyakinan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan bebuah menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Harapan itu tak berwujud atau abstrak, yang hanya terdapat dalam pikiran kita masing-masing. Namun meskipun abstrak, harapan itu merupakan bahan bakar untuk semangat hidup kita. Orang yang putus harapan, maka semangatnya pun akan mengendur dan tentunya hal itu akan berpengaruh dalam aktivitas apapun yang dia kerjakan.

Seorang karyawan yang kehilangan harapan untuk mendapatkan posisi atau karir yang lebh baik di tempatnya bekerja, maka semangat kerjanya akan biasa-biasa saja bahkan makin lama makin menurun. Setiap hari seakan malas untuk berangkat bekerja, kalaupun datang ke kantor hanya sekedar absen untuk mengerjakan kegiatan rutin dan berharap waktu cepat berlalu agar dia bisa segera pulang. Bandingkan dengan mereka yang punya harapan akan mendapat karir yang lebih baik. Semangat kerjanya akan lebih tinggi dan setiap tugas akan dikerjakan dengan baik untuk menunjukkan prestasi terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

Begitupun pada orang yang sedang sakit keras. Ketika dia sudah putus harapan bahwa penyakitnya bisa sembuh, maka semangatnya juga akan menurun drastis. Sehari-hari akan tampak murung dan menangisi penyakit yang menimpanya. Obat yang diberikan dan dokter yang menangani sudah dianggap tak akan mampu untuk membuat dia pulih. Orang seperti inilah yang menurut ahli kesehatan paling sulit untuk disembuhkan. Berbeda sekali dengan mereka yang punya harapan untuk sembuh. Meskipun kondisi sakit, mereka akan selalu terlihat gembira. Segala pengobatan akan mereka coba demi untuk memberikan kondisi kesehatan yang lebih baik.

Memang dalam hidup ini tak akan lepas dari masalah dan ujian. Tak selamanya setiap harapan kita akan bisa terwujud, karena harapan adalah ikhtiar manusia yang dibarengi dengan usaha dan doa. Dibalik itu semua ada Sang Pencipta kita yang mengatur roda kehidupan ini. Tuhan tak akan mesti mengabulkan apa yang menjadi harapan kita, tapi setidaknya Dia selalu memberi apa yang kita butuhkan. Air yang kita minum, makanan yang kita makan, rezeki yang kita terima dan kesempatan hidup sampai dengan saat ini, merupakan sebuah karunia yang patut kita syukuri. Ketika harapan kita tidak terwujud, bukan berarti bahwa Tuhan tidak sayang atau pilih kasih dengan kita. Tapi itu semuanya Tuhan lakukan untuk mendidik kita agar menjadi hamba yang lebih baik.

Ingatlah sobat... Seorang ibu takkan rela manyabung nyawa untuk melahirkan, jika dia tidak punya harapan yang baik akan anaknya kelak. Seorang petani takkan rela menunggu 3-4 bulan untuk menggarap sawahnya jika tak punya harapan untuk bisa panen. Seorang guru takkan rela mengajar setiap hari jika tak punya harapan anak didiknya akan menjadi orang yang berguna. Semuanya karena harapan yang merupakan bahan bakar untuk menumbuhkan semangat. Jika tidak ada harapan maka semangat kita pun akan surut dan lama-lama akan mati.

Para motivator handal selalu menyatakan, "HOPE can be Helping Oppressed People Everywhere" (Harapan dapat membantu orang yang merasa tertekan dimana saja).

Dan sebuah lagu "Insya Allah" dari Maher Zein yang sering kita dengar juga menulis dalam baitnya, "Don't Desperate and Never Lose Hope, Cause Allah is Always by Your Side" (Jangan pernah berputus asa dan kehilangan harapan, karena Allah selalu di sisimu).
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

28 comments

23 Januari, 2012

kok postingannya eror bagn arie?

23 Januari, 2012

@sampeweweh: Iya sob, tapi sudah direvisi... penyimpanan bentrok hehe :)

24 Januari, 2012

Tentunya harapan tersebut harus di dukung dengan usaha, keyakinan, kerja keras, keuletan serta bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Insya allah harapan yang telah kita rancang atau kita bangun tsbt akan segera terwujudkan. .

Terima kaish sudah berbagi motivasinya kawand.

24 Januari, 2012

blogwalking

24 Januari, 2012

Pecerahan nih...
Harapan harus dijaga biarhidup lebih bergairah...

wah, lama2 bang arie bisa jadi motivator terkenal nih...amin..

Sukses sob..

24 Januari, 2012

bener bgt sob..? harapan beda tipis dengan cita2.? jd harus semangat mengejar nya(mewujudkan nya)

24 Januari, 2012

Memang ruang inspirasi betul betul menginsspirasi...trims ya:)

24 Januari, 2012

harapan harus selalu ada
kemudian harapan itu harus selalu diperbarui
sesuai dengan keadaan.

24 Januari, 2012

yup...seorang Hamba haruslah mempunyai pengharapan..karena pengharapan itu merupakan do'a. bang arie jg ska lagu maher ya...hehehee...sama... "Don't Desperate and Never Lose Hope, Cause Allah is Always by Your Side"

24 Januari, 2012

bener gan
berharap membuat kita memiliki semangat untuk hidup

24 Januari, 2012

@KiosBisnis.com: Iya sob.. harapan tanpa usaha dan doa itu sama halnya dengan hayalan belaka :)

@Blogging Dan Internet: Trims udah berkunjung kemari gan :D

24 Januari, 2012

@uniknya: Amiin.. semoga sob. Jadi motivator itu berat bebannya, harus ada wujud kesuksesan agar kita bisa dipercaya sama orang. Selama ini yang saya lakukan hanya sekedar sharing pengalaman :)

@MASNADY-BLOEGREEN: Biasanya utnuk membedakan, cita² itu untuk target jangka panjang, sementara harapan untuk jangka pendek sob... misal harapan kita di tahun naga air ini apa? :)

24 Januari, 2012

setuju sama bang arie hehe alhamdulillah kalo udah di revisi hehe

24 Januari, 2012

@Muro'i El-Barezy: Terima kasih bang, semoga memang betul² bisa menginspirasi :)

@Fakry Naras Wahidi: Betul sob... diperbarui ketika sudah tercapai, jika masih belum ya dicoba lagi :)

24 Januari, 2012

@Kang Farhan: Sepakat masbro :D
Untuk masalah lagu kebetulan saya suka mula keroncong sampai rock, asal telinga ini bisa menerima hehehe... Tapi jika untuk motivasi, kan harus disesuaikan :)

@district16: Iya gan, tanpa harapan hidup terasa menjemukan :)

24 Januari, 2012

@iman@sampeweweh: Iya nih sob, templateku ini serasa susah jika dimasuki html baru. Setiap ada perubahan, selalu terjadi keruwetan... akhirnya aku balikin lagi :)

24 Januari, 2012

Artikel luar biasa gan... mantab...

24 Januari, 2012

NIce Infoo ,, Sob ,, :d

Kepp posting and Happy Blogging

24 Januari, 2012

Sebenarnya ada perbedaan yang jelas antara pasrah dan menyerah. Pasrah: menerima apa adanya setelah kita berupaya. Menyerah: Ada kalanya kalah sebelum berupaya (Kayak gak jelas ya perbedaannya). Yang dianjurkan kepada kita adalah pasrah menerima "ketentuan" dari Yang Kuasa. Gitu ya PakBro?!

24 Januari, 2012

wah mantab kang. emang iya gan harapan itu harus ada :) . ya semoga semuanya apa yang harapkan bisa di capai :)
salam sukses gan . keep posting :)

25 Januari, 2012

@Achin Dan Azin: terima kasih gan, sudah bersedia membacanya :)

@enonovan44: Terima kasih sudah singgah disini sob :)

25 Januari, 2012

@ismanpunggul: Bedanya sangat tipis antara pasrah dengan menyerah pak-bro... karena menyerah juga kadang masih melakukan perlawanan di awal. Pasrahnya ketika berdoa, setelah itu lanjut lagi meneruskan pertandingan :)

@duniasharing: Moga kita semua diberi kesuksesan dibidang masing² gan.. sehingga bisa terus salaing berbagi :)

25 Januari, 2012

jangan menyerah...karena kita selalu masih mempunyai harapan. Jalani hari kita dengan semangat. Kesuksesan akan kita raih jika kita bersemangat dan terus berjuang untuk meraih harapan kita.

25 Januari, 2012

@Sweethy Amore: Betul sist... moga harapan kita bersama bisa terwujud di tahun naga air ini :)

25 Januari, 2012

sep bang......
harus tetap berusaha, jangan gampang menyerah.....
hehe.....

25 Januari, 2012

@Ope' baft: Memang sob, karena tidak ada hasil tanpa sebuah usaha... kecuali kalau dapet warisan hehehe :)

26 Januari, 2012

Hope adalah harapan, harapan juga butuh usaha untuk mewujudkan harapan tersebut. semoga kita selalu bisa mendapatkan yang kita harapkan. amin..
tetap semangat blogging y masbro..
sekalian, mw tukeran link ga mas bro?

26 Januari, 2012

memang harapan adalah satu-satunya yang bisa diandalkan ketika semuanya telah berakhir. dalam hal ini saya maksudkan adalah doa. semoga harapan ini kan selalu menjadi doa dan doa yang terijabah

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.