Merubah Kelemahan Menjadi Kekuatan


Sebagian besar orang akan lebih mudah menuliskan kekurangan yang mereka miliki daripada menuliskan kekuatan apa saja yang ada dalam dirinya. Walaupun setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan berbeda-beda, namun hampir semuanya merasa kesulitan bila mereka ditanya mengenai kekuatan yang dimiliki.

Keadaan inilah yang sebenarnya menjadi kelemahan utama kita. Sebab, selama ini kita terlalu fokus memikirkan kekurangan yang ada tanpa memperhatikan kekuatan yang bisa kita manfaatkan untuk mengubah semua kekurangan tersebut menjadi prestasi baru yang menguntungkan.

Sebenarnya mengetahui kekurangan dalam diri kita bukanlah hal yang buruk, bahkan akan menjadi poin positif bila kita memanfaatkan informasi tersebut sebagai motivasi untuk membangun kekuatan. Lalu, bagaimana caranya mengubah kekurangan menjadi kekuatan?

Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan :

  1. Belajarlah dari kekurangan kita.
    Bila kita sudah mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada dalam diri kita. Maka sekarang saatnya kita mengubah kekurangan tersebut menjadi kekuatan bagi diri kita. Bila kita merasa tidak memiliki keahlian tertentu untuk memulai usaha, tidak ada salahnya bila kita mengikuti kursus keterampilan yang kita minati, mengikuti pelatihan bisnis dari entrepreneur yang sukses dibidangnya, atau menambah pengetahuan dari buku-buku. Jangan hanya terpaku pada kekurangan kita, paksakan diri untuk mempelajarinya dan ubah yang dulunya “tidak bisa” menjadi “bisa”. Karena semua masalah yang muncul, selalu dilengkapi dengan solusi.

  2. Fokus pada kekuatan bukan kekurangan.
    Kebanyakan orang hanya fokus pada kekurangannya saja, saya tidak bisa ini dan saya juga tidak terbiasa itu. Hal itulah yang perlu kita ubah dari sekarang. Ketahuilah bahwa satu kekuatan diri yang kita kembangkan dengan fokus, bisa menghapus sepuluh kekurangan yang kita miliki. Seperti layaknya memulai bisnis, banyak orang lebih fokus memikirkan kekurangan teknis saja dan mengesampingkan kekuatan non-teksnis yang sebenarnya mereka miliki. Padahal bila mereka fokus memperkuat niat dan tekad untuk memulai usaha, maka tidak menutup kemungkinan semua urusan teknis bisa mereka selesaikan dengan baik.

  3. Motivasi diri kita untuk mencapai Goal.
    Biasakan memotivasi diri untuk segera mencapai impian besar yang kita cita-citakan selama ini. Bayangkan keuntungan-keuntungan yang akan kita peroleh, setelah mencapai impian besar tersebut. Dengan demikian kita tidak akan mudah menyerah dengan kekurangan yang ada, dan lebih fokus mencapai goal yang telah ditetapkan. Jangan biarkan kekurangan-kekurangan tersebut menghambat kita mencapai kesuksesan yang telah kita impikan selama ini.

Yakinkan diri kita untuk memulainya dari sekarang, dan pastikan untuk melihat kekurangan kita bukan hanya dari sisi buruknya saja. Lihatlah kekurangan kita untuk membangkitkan motivasi diri kita, agar bisa lebih baik kedepannya. Semoga motivasi diri, ubah kelemahan jadi kekuatan ini, memberikan inspirasi baru bagi kita yang masih takut dan ragu untuk memulai usaha.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

9 comments

10 Desember, 2011

asiek............
Nice post................

10 Desember, 2011

@Angga-Fian: terimakasih telah berkunjung :)

10 Desember, 2011

kekurangan bagi saya ndak jadi penghalang justru menjadi kelebihan...

karena apa yang kurang dalam diri kita itulah kelebihan kita yang tidak dimiliki orang lain...:)

bener kan kaka, sahabat ku?? hehehe.....

10 Desember, 2011

Hello, I visit and give your full support and please support me back. Thank you in advance.

11 Desember, 2011

Jangan pernah memberitahukan kekurangan kita pada orang lain, karena itu bisa menjadi kelemahan kita yang jika kita pandai menutupinya maka akan jadi sebuah kekuatan (kelebihan). Eh apa gak salah tu?

12 Desember, 2011

tips yang bagus nih gan

08 Januari, 2012

benar skali mas..dari kelemahan kita, bisa jadi motivasi untuk maju :)
mantab mas Arie

15 Januari, 2012

@Akhsa Nant: Sepakat sob, tiap orang punya kelemahan dan kelebihan sendiri... jgn terpaku dg kelemahan, tapi tingkatkan aja kelebihannya :)

@GLace TIng: Thanks for supporting my blog buddy :)

15 Januari, 2012

@ismanpunggul: Hehehe... kata-katanya seperti mario teguh mas, dibolak balik :)

@Belajar Komputer: Terima kasih gan, semoga berkenan :)

@Tonnys: Dengan tidak berfokus dg kelemahan, Insya Allah kita akan lebih semangat menjalani hidup mas. Karena kan selalu tahu potensi diri :)

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.