Memahami Arti Sebuah Kesuksesan

Jika berbicara tentang arti kata sukses, tentu akan banyak sekali definisi untuk menjelaskannya. Karena setiap individu mempunyai cara pandang yang berbeda dalam menilai arti sebuah kesuksesan.

Para motivator dan penulis buku Best Seller tentang kesuksesan pun berbeda-beda dalam mengungkap makna kesuksesan.

Jim Rohn mengatakan, "Success is something you attract by the person you become."
(Kesuksesan adalah sesuatu yg anda tarik/dapatkan oleh diri anda yg layak untuk mendapatkannya).

Bob Dylan mengatakan, "A man is a success if he gets up in the morning and gets to bed at night, and in between he does what he wants to do."
(Seseorang bisa dikatakan sukses dalam hidupnya ini bila dia bisa bangun di pagi hari dan tidur di malam hari dan di antara kedua waktu itu dia bisa melakukan hal yang dia ingikan dan sukai).

Herman Cain mengatakan, "Success is not the key to happiness. Happiness is the key to success. If you love what you are doing, you will be successful."
(Kesuksesan bukanlah kunci dari kebahagiaan. Sebaliknya kebahagiaan adalah kunci dari kesuksesan. Bila kau menyukai apa yang kau lakukan dan merasa bahagia melakukannya, maka kau pasti sukses).

Sementara menurut kamus bahasa Indonesia, memaknainya dengan sederhana. Sukses didefinisikan dengan Berhasil atau Beruntung, Kesuksesan didefinisikan dengan Keberhasilan atau Keberuntungan.

Dari perbedaan pandangan tersebut, maka arti kesuksesan bisa di kategorikan menjadi dua bagian. Antara lain:

1. Outside Labeling (Pandangan dari luar atau orang lain).

Penilaian sukses menurut orang lain terhadap seseorang ini biasanya dinilai berdasarkan 3 faktor, yaitu:
  • Wealth (Kemakmuran/Kesejahteraan).
    Seseorang dinilai sukses ketika dia memiliki rumah besar, mobil mewah, perhiasan berlimpah, hewan ternaknya banyak, posisi karir yang bagus dan atribut kekayaan lainnya.
  • Health (Kesehatan).
    Kesehatan juga menjadi tolak ukur orang lain dalam melihat kesuksesan seseorang. Percuma seseorang menjadi kaya raya sementara dia tidak punya keturunan, hidupnya sering dilanda sakit-sakitan dan mengalami stres yang tinggi.
  • Fame (Ketenaran).
    Selebritis dan tokoh terkenal sering dikatakan sukses karena ketenarannya. Karena mereka dianggap mampu membuat diri mereka diidolakan banyak orang, khususnya para penggemarnya.

2. Inside Labeling (Pandangan menurut diri sendiri).

Orang menganggap dirinya sukses ketika dia telah berhasil mencapai apa yang menjadi keinginan dan harapannya. Entah itu menjadi juara dalam lomba 17-an, menduduki rangking 3 besar di sekolah, mampu melanjutkan pendidikan hingga S1, mampu membelikan anak dan istrinya baju baru, terpilih sebagai karyawan terbaik, berhasil mendapatkan hati pria/wanita pujaannya dan sebagainya.


Menurut saya pribadi.. arti sukses itu sama dengan cinta. Tidak bisa diungkapkan dengan kata, tidak bisa dilihat dengan mata, namun bisa dirasakan dalam hati. Setiap orang yang dipenuhi dengan cinta, akan merasa hari-harinya begitu berarti dan menyenangkan. Sama halnya dengan orang yang sukses, setiap hari dia akan selalu ceria dan merasa bahagia.

Jika sukses menurut arti bahasa didefinisikan dengan berhasil atau beruntung, sebetulnya tidak perlu bingung untuk mencari arti kata sebenarnya. Karena Rosululloh sendiri pernah bersabda, "Barang siapa yang keadaan amalnya hari ini lebih jelek dari hari kemarin, maka ia terlaknat. Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia termasuk orang yang merugi. Dan barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia termasuk orang yang beruntung." (HR. Bukhari).

Dan Rosululloh juga menegaskan di hadist yang lain, "Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain." (HR. Thabrani dan Daruquthni).

Jadi sobatku sekalian, jangan pernah berkecil hati. Karena pada dasarnya kita semua bisa dikatakan orang sukses, karena mampu melewati kehidupan hingga saat ini. Saya yakin semua dari kita pernah merasakan kebahagiaan yang mengesankan, ketika berhasil mencapai apa yang menjadi harapan kita. Orang yang bisa bahagia, biasanya adalah orang yang pandai bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan. Tinggal kita tingkatkan kesuksesan kita sedikit demi sedikit, agar rasa bahagia juga bisa dirasakan oleh orang lain, khususnya orang-orang yang kita cintai.


~ Happy Blogging dan Tetap Semangat ~
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

17 comments

31 Januari, 2012

mantap tulisanx pak..., konsep sukses dlm islam dah jelas bahwa sukses hrs vertikal & horisontal.. klo pincang salah satux maka bukan sukses namax..., nice post *smile

31 Januari, 2012

@Rohis Facebook: Terima kasih tambahannya sob, semoga betah untuk singgah kemari :)

31 Januari, 2012

sukses adalah keberhasilan seseorang yang dikerjakannya menguntungkan.


Salam sukses gan.

01 Februari, 2012

menurut saya semua yang di atas benar... dan untuk meraih kedepanya yang menurut saya sukses "banyak waktu banyak uang".. banyak uang tidak ada waktu tidak baik(kerja melulu) banyak waktu nggak ada uang juga tidak baik(pengangguran) banyak waktu banyak uang mo bagaimana bisa uang juga ada... tiap orang mungkin memang berbeda tentang sukses..

01 Februari, 2012

pendapat diatas sedikit banyak sudah mewakili arti sebuah kesuksesan dan sayapun sepakat bahwa kesuksesan tidak hanya keberhasilan semata tetapi ada cinta didalamnya, mencintai apa yang kita kerjakan/lakukan.

01 Februari, 2012

waaah...Luar biasa...di Sambungkan dengan Hadist Nabi...heheheh... Ilike This Post kawan....hadir disini sambil silaturohim...semoga anda senantiasa diberi kesehatan..(^_^)

01 Februari, 2012

@Dian18: Salam sukses juga sist, terima kasih sudah memberi masukan :)

@agusbg: Memang sob, kebanyakan orang menginginkan kebebasan waktu dan finansial. Trims inputannya :)

01 Februari, 2012

@BRI Jakarta Veteran: Hehehe iya bang, sukses tapi merasa tertekan juga apa enaknya ya bang :)

@mrofiuddin: Terima kasih sob, hadist utk menambah literatur saja sehingga terlihat dari berbagai pandangan :)

01 Februari, 2012

saya pengin sukses, ternyata halal :-)

01 Februari, 2012

Artikel yang menarik, isinya tentang kesuksesan, semoga yang baca artikel ini semua bisa sukses dech, sukses dunia dan akhirat. Aamiin. Salam...:)

01 Februari, 2012

@Antok Suryaden: mana ada sukses yg halal gan? asal sumber rezekinya didapat dari yang halal :)

@Sweethy Amore: Makasih sist, moga kita semua bisa sukses yang barokah di bidang masing² :)

01 Februari, 2012

'Allah sekali-kali tidak akan membebani pundak seorang hamba melebihi apa yang dapat dipikulnya'.... supper sekali bang arie..sukses dimata setiap insan mulia akan selalu berbeda menurut sudut pandang setiap individu. semakin banyak beban diterima semakin besar pula harapan dipanjatkan untuk sebuah kesuksesan. ... sip dan inspiring banget bang

01 Februari, 2012

iya benar mas, sukses itu bukan diukur dari materi tapi dari sudahkah kita merasa cukup dengan yang kita miliki...perasaan tidak cukuplan yang banyak membuat kita sering mengambil jalan pintas, pengen cepat sukses dengan cara tidak benar :)

02 Februari, 2012

Man Jadda Wajada: barang siapa yg bersungguh2 akan tercapai cita2nya. Salam sukses buat anda!

02 Februari, 2012

@Kang Farhan: Iya kang, seperti pepatah semakin tinggi pohon maka anginnya semakin kencang. Mudah²an harapan kita semua bisa terwujud kangmasbro :)

02 Februari, 2012

@Tonny Mondong: Karena kebanyakan kesuksesan orang diukur dari harta bendanya mas, jadi makanya banyak yg hanya memburu harta. Tapi setelah memperolehnya, ternyata tidak membuat dia bahagia :)

@kucob@: Betul bang, sepakat. Sukses juga untuk abang ya...

Anonim
15 Februari, 2013

pak.. boleh minta buku2 referensix gak..???
soalx Kesuksesan adalah bahan yang menjadi proposal skripsi saya.

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.