Di tengah kepenatan merangkai tulisan cetak, saat ini saya mau menulis tema lain agar otak saya sedikit fresh hehehe... Postingan ini saya beri judul "Strategi Meningkatkan Traffic untuk Blogger Nyantai", dikarenakan memang saya membuat blog ini adalah untuk refresh dari rutinitas menulis buku dan novel. Sebagai orang yang awam didunia blogging, tentunya saya mulai belajar untuk membangun dan membuat blog ini bisa eksis dan dikunjungi.

Banyak tips dan trik yang diberikan oleh para suhu dan master blogger untuk membuat blog menjadi populer, namun pada akhirnya yang bisa saya lakukan adalah yang sesuai dengan kemampuan dan waktu saya ketika nge-blog. Karena untuk saat ini saya masih belum berpikir untuk menghasilkan uang lewat blog, juga kesibukan menulis buku dan novel serta aktivitas di dunia nyata cukup padat, sehingga nge-blog tidak bisa setiap hari dan dalam waktu yang lama. Apalagi untuk melakukan utak-atik dan optimasi blog ala para master.

Saya coba mencari informasi bagaimana para blogger yang aktivitas utamanya bukan nge-blog, tidak mencari uang lewat blog, postingannya tidak update setiap hari, tidak banyak melakukan trik ini-itu, tapi jumlah visitornya cukup banyak dan pageranknya 3 keatas. Berikut ini adalah strategi yang mereka lakukan untuk membuat blognya populer:

1. Lakukan blogging dengan enjoy.

Jika kita tidak punya banyak waktu buat nge-blog dan tidak mencari uang dari blog, sebaiknya lakukanlah blogging dengan santai. Memang pada saat memutuskan menjadi seorang blogger, maka yang kita lakukan adalah menulis untuk mengisi konten blog. Tapi jangan sampai hanya karena tuntutan menulis konten blog, justru membuat kita stres dan tertekan yang ujung-ujungnya kita malas nge-blog.

2. Buatlah blog Visitor Friendly.

Jika kita bukan pakar SEO maka tidak perlu terpaku untuk membuat blog kita SEO friendly, cukup visitor friendly saja. Fokus saja pada konten dan buatlah pengunjung merasa nyaman saat mengunjungi blog kita. Untuk itu pilihlah paduan warna blog yang tidak merusak mata, misal background putih tapi tulisan postingannya kuning. Hindari membuat link jebakan iklan atau auto reload ke link iklan, itu akan menyakiti pengunjung yang berniat membaca artikel kita. Buatlah blog kita seringan mungkin, tanpa banyak menyedot pulsa modem pengunjung. Tidak perlu memasang widget yang membuat loading menjadi berat. Kita perlu menyadari bahwa tidak semua orang mempunyai koneksi dewa seperti kita.

3. Tulislah apa yang kita kuasai.

Bercita-cita menjadi blogger yang populer dan terkenal memang dambaan setiap blogger. Namun bukan berarti untuk menjadi seperti mereka, kita cenderung meniru apa yang mereka tulis tanpa melihat tulisan itu kita kuasai atau tidak. Sebaiknya kita isi blog kita dengan materi tulisan yang kita kuasai dan kita alami. Dengan begitu maka kita menulis seperti sedang bercerita, sehingga jika ada yang bertanya lewat komentar, otomatis kita bisa menjawabnya.

4. Buatlah beberapa artikel yang banyak dicari.

Setiap orang pasti punya keahlian sendiri-sendiri. Misal ahli komputer, ahli desain, ahli web/blog, ahli matematika, ahli memasak, ahli merawat kucing dan sebagainya. Buatlah beberapa tulisan untuk memberi tips-tips atas keahlian yang kita kuasai tersebut. Ini yang disebut para master sebagai artikel jangkar, artinya artikel yang bisa mendatangkan pengunjung yang mencari informasi lewat search engine. Jika blog kita hanya berisi curhatan dan keluh kesah saja, kecil kemungkinannya bisa mendapat pengunjung dari search engine.

5. Submit artikel di forum, blog directory dan sosial media.

Jika kita tidak punya waktu untuk blogwalking setiap hari, maka sebaiknya kita mendaftar ke forum seperti kaskus.us, detik-forum dan forum besar lainnya. Juga kita mendaftar ke blog directory seperti bloggers.com, topofblog.com, blogtopsites.com dan sebagainya. Selain itu kita manfaatkan sosial media seperti facebook dan twitter untuk men-share artikel yang kita buat. Tidak perlu semua kita ikuti, semampu kita saja. Dan setiap kita posting artikel baru, sekalian kita submit untuk menambah kemungkinan pengunjung datang.

6. Bertukar link dengan blogger lain.

Sarana tukar link tidak hanya membuat hubungan kita dengan blogger lain semakin erat, tapi juga membuat blog kita makin populer karena semakin banyak link yang menempel di blog lain. Selain itu blog kita berkesempatan mendapat kunjungan dari pengunjung blog lain (yang bertukar link dengan kita) yang meng-klik link kita. Tapi dalam bertukar link, kita harus fair dan jujur. Jangan ketika kita sudah mendapat baclink dari sebuah blog, atau blog kita sudah semakin populer, justru kita menghapus link blog tersebut terutama yang pagerank-nya lebih rendah dari blog kita. Ingatlah.. bahwa blog kita pernah tidak punya pagerank.

7. Budayakan mengunjungi dengan berkomentar.

Jika ada waktu untuk blogging, usahakanlah mengunjungi blog lain dan meninggalkan jejak dengan menulis komentar yang baik dan sesuai dengan isi artikelnya. Jika kita hanya numpang lewat di shoutmix atau shoutbox saja, maka blogger lain juga akan sekedar lewat saja di guestbook kita. Sangat disayangkan, kita sudah susah-susah membuat artikel tapi tidak ada yang membaca. Selain itu dengan berkomentar, kita berpeluang mendapatkan backlink serta pengunjung yang membaca postingan kita. Niatkan diri kita saat mengunjungi blog lain adalah untuk mencari sahabat, bukan hanya mencari backlink semata.


Tujuh tips diatas telah saya lakukan, karena tidak terlalu menyita banyak waktu untuk blogging. Dan hasilnya memang tidak sehebat para blogger yang melakukan banyak optimasi, karena mereka memang mampu dan cukup waktu untuk melakukannya. Tapi bagi blogger santai seperti saya, hasil ini sudah cukup memuaskan.

Kenaikan traffic dari september 2011 s/d februari 2012


Link asal pengunjung yang menuju blog


Artikel populer yang banyak dibaca

Semoga strategi untuk meningkatkan traffic ini bisa bermanfaat, khususnya bagi para blogger yang memiliki waktu terbatas saat nge-blog. Jika tidak menghasilkan uang dari blog atau tidak punya rencana untuk membuat blog monetize, maka sebaiknya kita melakukan blogging dengan "fun". Bijaksanalah dalam mengatur waktu, jangan sampai hanya karena ingin membuat blog kita tampil cantik dan ngetop, justru mengorbankan banyak waktu, tenaga dan dana.


~ Happy Blogging and Keep Enjoy ~
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

94 comments

28 Februari, 2012

wah mantap ni gan, yang enjoy itu yang perlu gan. kadang kita ngeblog malah bikin stres sendiri. ane si belum ngalamin, mudah mudahan jangan. klo yang forum, ane udah gan. kaskus tentunya, klo yang forum lain, boleh lah ane coba. visitor frendly, okelah. ane juga mulai mempelajari itu. yang komentar gan, iya bener. kadang cuma sekedar lewat aja. barusan saya koment ke orang yang numpang lewat, eh dia bales juga. ternyata dia angap komentar hanya untuk orang senior, ooo... saya jadi punya sudut pandang yang berbeda jadinya.
ane selalu berusaha meningalkan koment yang bermutu, tentunya yang sesuai dengan postingan. agar tidak OOT. doakan saya agar traficnya juga naik kaya agan ya... ok

28 Februari, 2012

mantap mas tulisanx...! thx ya dah berbagi.., Happy blogging :)

btw kita sdh tukaran link blom ya..??, klo blom ntr aq pasang ya.. terima kasih....

28 Februari, 2012

Strategi Blogging nya keren banget...bisa dicoba nih. Saya juga blogging untuk santai dan menambah sahabat di dumay...hihihi. Alhamdulillah selama ini walau santai bloggingnya tetep lancar dan enjoy aja dan pengunjung juga nambah tiap harinya.

Thanks info berharganya ini ya friend.

28 Februari, 2012

ckckckc...huebat nih bang arie... baru 4 bulan kunjungan tiap harinya menanjak terus...ckckckckc.... emang bener bang ngeblog emang banyak menyita waktu..saya sendiri merasakannya lho :) sampai2 dimarahi bini gara2 ngeloni komputer mlulu...hehehehe
tips diatas yg selama ini saya lakukan bang... asal gak bikin stres dan enjoy pastiii setelah posting langsung mak nyusss banyaknya yg comment...hehehehe :)
salam blogger nyantai bang arie.... :)

28 Februari, 2012

no 5 itu saya belum pakek.. wah naik terus ya, bisa di tiruh ni om hehe..

29 Februari, 2012

wow... dari google yg paling banyk. keren abis kang!!! hmmm..., harus lebih giat lagi nih. and thanks kang dah berbagi tips. sangat berguna sekali.

salam sukses n salam blogger^^

mantab nigh saya langsung peraktekin yaa

29 Februari, 2012

ijin nyoba Om thanks karena sudah berbagi

29 Februari, 2012

okedeh, kalo gitu saya mau pake cara 6, bertukar link. :) mampir ke blog saya ya :)

29 Februari, 2012

Terima kasih sahabat atas berbagi pengetahuannya ini.
Bermanfat bagi saya yang baru belajar

29 Februari, 2012

Terimakasih atas tips dan strategi jitu meningkatkan traffic. Semoga bermanfaat bagi para blogger terutama yang Newbie seperti saya ini.

29 Februari, 2012

Alkhamdulillah mampir di blog sahabat tercinta ini bisa nambah wawasan serta pengetahuan baru mengenai strategi blogging. info yang cukup sangat menarik buat di simak secara baik2 bang. terima kasih infonya bang

29 Februari, 2012

terima kasih sekali untuk sharing nya ya sobat

29 Februari, 2012

Terima kasih pak... membantu sekali strateginya

29 Februari, 2012

strategi yang bagus untuk dicoba, makasih ya

29 Februari, 2012

makasih bang tipsnya juga strateginya,bisa di praktekin nich

29 Februari, 2012

mantap mantap mantap,,,,

29 Februari, 2012

terima kasih atas sharing ilmu bloggingnya sob, moga bermanfaat buat banyak orang

01 Maret, 2012

wah.. lama nih tidak berkunjung ke sini Mas Arie, biasalah lagi sibuk banyak kerjaan, hehehe...

wahh..mantep tuh 7 tips di atas Mas, hehe, tapi yang paling saya suka adalah yang nomor 3 Mas, seperti pesan Mas Arie kemarin...

oke dah Mas, sukses terus ya :)

terima kasih pencerahanya mas arie, strateginya mantaf.
kasih bocoran dikit dong mas, cara bagi waktu..
karna kadang saya susah antara bagi waktu antara bisnis online ma offline :(

01 Maret, 2012

hmmmmm... pencerahan nih...!! kalo saya cuma suka kirim ke situs2 aja..klo dimuat sukur, ga dimuat gpp..hahha

01 Maret, 2012

@cerita anak kost: Kaskuser juga ya gan? Jika ada artikel bagus, tulis aja du thread lalu kasih link ke blog kita. Otomatis kita bisa dapatkan pengunjung dari member kaskus :)

@Lentera Langit: Sepertinya kita belum bertukar link gan :)

01 Maret, 2012

@sweethy: Semoga berguna sist.. sbb memang saya lebih banyak menulis untuk penerbit dibanding menulis blog. Jadi waktunya harus dibagi :)

@Kang Farhan: Karena saya gak ahli optimasi, jadi yang bisa saya lakukan adalah cara manual kang yg tidak banyak nyita waktu kang. Lagipula ya kalau nge-blog terus, tulisan novel gak kelar² hahaha :)

01 Maret, 2012

@agusbg: Silahkan gan, ini cara paling sederhana :)

@Jejak Puisi: Jika artikel jangkar yang kita buat menarik dan dicari banyak orang, kemungkinan dapat pengunjung dari search engine lebih besar gan :)

01 Maret, 2012

@Make Unique Post with Blogazine template: Silahkan gan, jika memang dirasa bermanfaat :)

@Ngintip Rong: Sama² gan, tapi ini bukan cara para master lhooo :)

01 Maret, 2012

@Teguh Kurnaen: Silahkan aja jika mau bertukar link gan :)

@Blog Keperawatan: Sama² belajar masbro, sbb blog ini juga masih belum ada setaun umurnya :)

01 Maret, 2012

@NesThie: Tapi utk blogger cewe, biasanya paling gampang kok membuat blog-nya rame sist :)

@Ary_Putra: Terima kasih juga sudah mampir ke blog yg sederhana ini sobatku sang penebar motivasi :)

01 Maret, 2012

@Juli suhendri: Sama² sob, terima kasih juga sudah mau mampir :)

@Lathif: Saya juga belajar dari pendahulu nih sob :)

01 Maret, 2012

@Tutorial Blog: Monggo jika memang ada yang bisa dipraktekkan :)

@Wahid Sahidu: Wah kalau sama blog agan, blog saya ini tidak ada apa²nya nih :)

01 Maret, 2012

@agung: Terima kasih sob :)

@M. Chandra Panjinata: Jadi malu nih sama yang lebih senior :)

01 Maret, 2012

@muhammad hidayat: Memang mengisi konten blog berdasarkan yg kita kuasai, bebannya tidak akan berat sob. Karena menulis seperti layaknya kita bercerita :)

@tasbih souvenir pengajian: Saya juga berbisnis via online gan, saya jualan di forum dan juga ada blog utk jualan. Tapi utk membuatnya dibaca org, saya hanya bermain iklan dan mempromosikan ke forum² besar. Karena saya berpikir, jika dipromosikan lewat blogwalking kurang ada pembeli. Karena rata² blogwalker itu hanya numpang lewat saja, jarang membaca isi jualan kita.
Untuk membagi waktunya, ya tentukan mana hasil yg lebih besar yg diprioritaskan. Jika yg offline lebih besar, ya waktunya berbisnis secara offline diberi jatah lebih banyak gan :)

01 Maret, 2012

@adeline: Memang jika kita mencari pembaca, ya submitnya ke situs², blog directory atau forum. Karena kebanyakan mereka para pembaca yg baik sist :)

Nice Post..Thanks for sharing this information which is useful for all.

php web development

01 Maret, 2012

Bener mas bro , tulis artikel yang banyak di cari orang tentu lebih bagus di kuasai oleh kita juga :)


point2 di atas sudah di jalankan mas bro, mudah2an tambah naik lagi kedepannnya mas bro :)

salam dan suport dari duniasharing

01 Maret, 2012

met sore, ada bingkisan untuk sobat, silahkan diambil, makasih

01 Maret, 2012

Oke banget tipsnya sobat, beberapa poin sudah saya jalani dan memang bisa meningkatkan traffic blog kita.

01 Maret, 2012

tips nya membantu sob, thx

sekalian blogwalking

Anonim
01 Maret, 2012

mantapp sob..

semua poin di atas memang benar,,

dan semoga kedepannya kita makin bagus,,

happy blogging bangg

01 Maret, 2012

memang lebih gampang kalo bikin artikel sesuai kemampuan kita. Jadi tidak ada beban.
Yang penting aktif blogwalking dan tinggalkan jejak di kotak komentar, lama2 blog kita akan kebanjiran pengunjung. Jika sudah banjir, kita juga bisa memanfaatkannya untuk mencari ikan (uang)..

01 Maret, 2012

Tipsnya para master juga kayak gitu MasBro! Cuma menyatukan poin 3 dan 4 lumayan berat lho. Menulis apa yang kita suka tapi banyak dicari orang malah kadang bikin seseorang stress, lainlah jika yang selalu dicari orang malah itu yang menjadi kesukaan/keahlian kita.

Kata master yang paham tentang SEO, justru yang MasBro lakukan yakni menulis artikel asli, unik, dan bukan dari hasil copas sangat disukai google panda. Tapi Aku belum coyo MasBro, ada tulisan yang dikopas malah bagus di search engine untuk blog tetangga dan derita untuk blog yg kena copas.

Yang paling Aku setuju adalah ngeblog nyantai tapi mampu ngilangin stress sekalian mendatangkan manfaat bagi orang lain. Sukses buat MasBro!

01 Maret, 2012

Semua strategi yang sobat Utarakan sangat Mantap untuk dicoba

01 Maret, 2012

Wah,,,ini cocok dengan blog saya Bang Arie,,Ndak Paham SEO,,Ndak Tahu script2an...yang penting bisa bersilaturohim di Blognya Bang arie.....heheheh...terima kasih Informasinya Bang...sukses selalu Bwt Bang arie

01 Maret, 2012

aku jadi kagum
strategimu mendatangkan senyum
yang tentu mendatangkan pengunjung

mantab sangat :)

01 Maret, 2012

terima kasih ..atas infonya..:)

-abadiorkes-

01 Maret, 2012

Alhamdulillah, sangat beermanfaat,
beberapa sudah saya terapkan,
Menyambung silaturahim disini...
izin naro link blognya sob di blogroll ane,
menambah silaturahim dan banyak belajar disini....

01 Maret, 2012

ya..kang aqu setuju aqu termasuk blogger nyantai karena kesibukkan dagang...herbal....di dunia nyata....

wah ternyata si abang, penulis novel n buku ya, mantep bener... ada g novel karya abang yg menurut abang paling bagus, kw ada saya mau donk, tapi gratis ya, hahhahahhayyyyy

02 Maret, 2012

mantap nih tipsnya buat blog ane yang masih sepi :)

Starteginya bagus sekali kang, kemungkinan caranya akan kugunakan pada blog aq ini

02 Maret, 2012

Mantef banget bang artikelnya..betul banget tuh kata abang ini namanya strategi maknyuzz bang ariee..heeee.

02 Maret, 2012

@Neesa Technologies Ltd: Thanks for visited at my blog :)

@duniasharing: Mudah²an masbro, sbb waktu online sangat terbatas ini :)

@Tutorial Blog: Terima kasih sob, segera meluncur ke TKP :D

02 Maret, 2012

@COF: Iya sob, hanya ini yg bisa saya lakukan krn tidak ada waktu untuk optimasi macem² :)

@nero-vista: Silahkan jika dicoba, terima kasih sudah berkunjung ya :)

@ubaybingokil.com: Semoga aja masbro, pelanggannya selalu setia mampir kesini. Dan blog masbro juga semakin rame :)

02 Maret, 2012

@Yusup Laskar: Bener sob, mudah²an aja kedepan ada waktu cukup shg bisa sekalian cari uang lewat blog :)

@isman: Memang poin 3 dan 4 akan menjadi berat bila tidak ada bahan atau keahlian yg kita miliki. Tapi saya yakin lah, tiap blogger memiliki keahliannya masing² yg itu bisa jadi artikel yang dicari.
Tentang copas ya kita memang tidak bisa menghindari di dunia maya ini, bahkan blog copas lebih dipandang oleh mbah google, dikarenakan memang si pemilik blog jago optimasi masbro. Ya ikhlasin aja... biar jadi amal ilmu. Kalo ga ikhlas, ya laporin ke DMCA ato blogger aja.. hehehe :)

@Adie Konoe Poetra Dyanaz: Silahkan jika memang bermanfaat sob :)

02 Maret, 2012

@mrofiuddin: Sukses selalu buat kita semua, moga blog mas uddin juga ramai pengunjung :)

@anisayu: Jika yang dimakasud adalah komen dan salam di shoutbox, memang selalu saya buat lucu²an mbak hehehe :)

@spirit lion: Sama² bang, terima kasih juga sudah berkunjung :)

02 Maret, 2012

@zaenal blog: Terima kasih bang, segera nanti link-nya saya pasang di sidebar :)

@bursaobatherbal: Saya juga pedagang bang, tapi memang lebih banyak di offline. Dunia online cuma saya buat untuk ngiklan saja :)

@goyang pattah pattah: Saya tidak pernah punya stok sob, semua penjualan ditangani penerbit. Saya hanya membantu promosi saja :)

02 Maret, 2012

@hamparan: Lambat laun nanti juga akan ramai sob, sering² aja berkunjung ke blog yang kunjungannya ramai :)

@Download Game PC Gratis: Silahkan kang.. tapi untuk di forum, jgn terlalu sering nyebar link. Karena moderatornya biasanya kejem :)

@ICAH BANJARMASIN: Saya juga menerapkan ilmu dari bang Icah, hanya memang untuk berburu link.. tidak ada cukup waktu bagi saya bang :)

02 Maret, 2012

wah, thanks buat tipsnya ya bang :D

02 Maret, 2012

Iya Mas Arie Sangat benar sekali, apalagi kita menulis dengan ciri khas kita, pasti orang bisa lebih mengenal hasil karya tulis kita...

hehehe..thanks banget infonya Mas Arie, Skses Selalu Mas :)

02 Maret, 2012

Siiip mas ... ngeblog santai itu nggak bikin panas saingan posisi terdepan ... :)

tehnik yang menarik dan sangat berkwalitas sobat.tank's for share n thank's sudah menambah pengetahuan saya

02 Maret, 2012

@arie5758 Ya "terpaksa" ikhlas MasBro! Mau gimana lagi. Yang penting kita masih tau yang dicopas adalah karya kita, gak perlu ampek ngadu segala...
Thaks, dan sukses...

02 Maret, 2012

selalu banyak pelajaran berharga dari artikelnya bung arie..
visitornya sampai ribuan yach..ck.ck.ck..hebat banget..nanti satu tahun lagi mbah google kayaknya kalah tuch..

02 Maret, 2012

salut buat abang... saya bookmark ya blog nya

02 Maret, 2012

tanks banget ne bang,sangat bermanfaat ne ....masalah nya ane sering nyantai ..hehehe

02 Maret, 2012

ilmunya langsung diterapin kang di blog desa, soalnya terlalu lama di depan laptop, mata dan kepala tua ini sering senut-senut juga.Poin 5 saya masih minus nih.
semoga selalu sehat untuk akang dan keluarga agar saya terus dapat menimba ilmu disini.

02 Maret, 2012

wah, bener bener strategi yang super boss! :D

02 Maret, 2012

wah bagus nih ilmunya, boleh dicoba ni strateginya..

03 Maret, 2012

slmt pagi gan..trimakasih infonya..sangat berguna buat aku..salam..

03 Maret, 2012

Inspiring nih bang..Memang kadang kita tidak bisa menafikkan ngeblog tuh gampang-gampang susah dan dituntut konsistensi juga. Tapi dengan membaca postingan abang, para blogger (termasuk ane tentunya) bisa menjadikan aktifitas mereka sebagai pekerjaan di waktu senggang yang menyenangkan..Salam silaturahim buat semua.

03 Maret, 2012

wah mantep screenshootnya mas..
kapan yah bisa kaya gitu :/
haha

03 Maret, 2012

@atdayyan: Sama² bang, semoga ada manfaatnya artikel ini :)

@muhammad hidayat: Iya sob, tiap orang punya seni untuk menyampaikan gaya bahasanya sendiri :)

@Salim: Hehehe... menjadi number 1 google memang asyik mas, tapi jika tidak punya kemampuan untuk itu ya lebih baik nyantai saja :)

03 Maret, 2012

@Dapur Tutorial Blogspot: Saya hanya membagi apa yang saya dapat dari para senior sob :)

@isman: Sukses juga buat pak guru, moga kedepan bisa menulis buku sendiri :)

@roedie: wah, wah, jangan kelewatan bang mujinya. Ntar helm saya gak muat lagi hehehe :)

03 Maret, 2012

@pelajar goblok: Terima kasih, blog sobat juga bagus kok :)

@catatan bazzo: Nyantai asal konsisten saja sob, posting berkala agar blog kita tidak dilupakan sama search engine hehehe :)

@Desa Cilembu: Terima kasih doa dan supportnya pak kades. Saya sebenarnya juga bekerja dg komputer, tapi saat menulis, internet selalu saya matikan agar konsentrasi :)

03 Maret, 2012

@firman taruna nugraha: Kata super jadi teringat kata² pak Mario teguh nih hahaha... ini sih tips dari blogger nyantai sob :)

@eko: Silahkan dicoba sob, memang repot diawal.. tapi selanjutnya cukup submit saja :)

@Indonesia Ku: Terima kasih juga sudah mau mengunjungi dan membaca artikel ini sob :)

03 Maret, 2012

@Techno Time!: Setiap blogger punya aktivitas masing² sob. Jika memang aktivitas utamanya dan mencari uang di blog, ya memang sudah barang tentu tiap hari blogging. Namun jika ada kesibukan lain, maka blogger tersebut harus mencari cara termudah yang bisa dilakukan agar blog tetap ramai pengunjung :)

@ABC: Dengan konsistensi nge-blog, saya rasa blog sobat pasti bakal ramai kok. Bersabar saja dan enjoy saat blogging :)

03 Maret, 2012

iya,,mudahan aja deh.. hehe :D

03 Maret, 2012

cocok ni tulisan sama blog ku ka, nyantai abis ga mikirin yang namanya page rank atau semacamnya .. jalanin aj spt air .. makasi kk ud berbagi :D

03 Maret, 2012

wah posting yang membangun Sooob !! thanks infonya. .

04 Maret, 2012

mantaf tipsnya bang arie saya nggk pernah ping artikel ke sosbok -,- kpan2 sy coba deh hehe

04 Maret, 2012

@ABC: Nanti lambat laun akan ada pelanggan tetap sendiri sob, asal konsisten aja dalam blogging :)

@outlet: Jika memang tidak lagi ikutan kontes atau berencana making money lewat blog, lebih baik nyantai dan enjoy saja sob :)

04 Maret, 2012

@Galih: Terima kasih juga sudah berkunjung dan memberi masukan sob :)

@imanarsyad: Utk blog sobat Iman ini, meski gak di submit di sosbook juga sudah ramai hehehe :D

04 Maret, 2012

wah makasih tipsnya sob, ane juga salah satu blogger yang jarang on hihi ^^

06 Maret, 2012

makasih tipsnya mas
nitip link
http://www.XoX-CybeR.blogspot.com

07 Maret, 2012

siap!!! saya ahrus ikutin ini,, soalnya saya ini bikin arikelnya jarang2. . . . beberapa ahri sekali

08 Maret, 2012

Saya sangat setuju Mas menempatkan enjoy di urutan pertama. karena menikmati aktifitas ngeblog adalah kunci untukd apat ngeblog secara santai dan berkesinambungan. Memang lebih baik menuliskan apa yang kita kuasai sehingga kita tidak menjadikan aktifitas blogging sebagai beban. dan tidak masalah memasukkan warna personal, dalam arti kita mungkin saja tidak menuliskan sesuatu yang sempurna dan final, karena kita terus berproses maka bloggingpun akan berproses. membuatnya menjadi ruti adalah kuncinya, dan mendapatkan respon adalah salah satu cara untuk tetap membuat kita semangat ngeblog. Jadi tepat mas menyarankan setiap blogger untuk blogwalking dan berkomentar. Artikel bagus Mas, terus menulis hal2 yang bermanfaat seperti ini.

12 Maret, 2012

siap laksanakan,,makasih atas ilmunya :)

18 Maret, 2012

saya ahrus ikutin ini,, soalnya saya ini bikin arikelnya jarang2. . . . beberapa ahri sekali

24 Maret, 2012

bagus bos ssmua aya suka info seperti ini bos semoga bermanfaat tuk kta

06 April, 2012

wah,,mantap strateginya.Thks

11 April, 2012

alon asal kelakon ya mas bro hihi

03 Mei, 2012

wah , artikel yang bagus...

01 Juni, 2012

makasih banyak ya gan buat infonya

18 Juli, 2012

komentar

01 Agustus, 2012

hmm,, masih ada yang belum dicoba..
mesti nyoba nih. yng penting tetep santai..

oya, nyari postingan seluruhnya di sebelah mana yah?

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.