Jembatan Paling Unik di Dunia

Seperti kita ketahui bahwa fungsi utama jembatan adalah sebagai tempat penyeberangan atau merupakan jalan penghubung andatara dua (2) jalur transportasi yang terpisah. Namun ada beberapa jembatan yang sengaja dibangun bukan hanya untuk memenuhi fungsi utamanya saja, melainkan juga dibuat sangat unik oleh desainernya dengan bentuk, panjang dan asesoris yang berbeda dengan jembatan lainnya.

Berikut ini beberapa jembatan yang terkenal unik di dunia:

Millau Viaduct

1. Millau Viaduct
Berada pada ketinggian 343 Meter dan dinobatkan sebagai jembatan tertinggi di dunia, berada di Perancis, jembatan ini sangat mengesankan bahkan bila di ukur ketinggiannya hampir sedikit menyamai Empire State Building, memiliki struktur yang sangat kokoh dan mengagumkan bahkan pernah masuk dalam Channel National Geographic dalam edisi "Megastructure", di resmikan oleh Presiden Perancis Jacques Chirac dan telah menjadi kebanggaan bagi negara Perancis.


Banpo Bridge

2. Banpo Bridge
Banpo Bridge melintas sepanjang Sungai Han di Seoul. Jembatan ikon ibukota Korea ini, juga di beri kehidupan baru dengan penambahan air mancur yang sangat menarik, khusus dirancang untuk menarik lebih banyak wisatawan. Air mancur di Jembatan Banpo telah diinstal pada 9 September, sejak menjadi jembatan wisata. Banpo Bridge, telah berubah menjadi daya tarik wisata. Setiap menit 190 ton air memancar melalui hampir 10.000 nozel (lebih tepatnya 9, 380) di kedua sisi jembatan. Menurut Wali Kota Seoul, Oh Se-Hoon, jembatan air mancur akan membantu mengakui Seoul sebagai tujuan ramah lingkungan yang mengumpulkan lebih banyak wisatawan.


Royal Gorge Bridge

3. Royal Gorge Bridge
embatan ini berketinggian 321 m di atas Sungai Arkansas. Yang merupakan jembatan tertinggi di AS, jembatan gantung tertinggi di dunia. Terletak dekat Canon City, Colorado. Jembatan ini selesai pada tahun 1929, dengan panjang 384 m, lebar 5 m, dan lebar tergantung dari menara yang tingginya 46 m. Jembatan ini telah terdaftar dalam Daftar Nasional Tempat Bersejarah dan dibangun terutama untuk tujuan pariwisata.


Akashi-Kaiky Bridge

4. Akashi-Kaiky Bridge
Ketinggiannya 298,3 m, terbentang diatas Selat Akashi dan menghunbungkan kota Kobe di pulau Honshu sampai Iwaya di Pulau Awaji. Selesai pada tahun 1998, ini adalah jembatan terpanjang di dunia kategori jembatan gantung, dengan rentang pusat 1.991 m.


New River Gorge Bridge

5. New River Gorge Bridge
Jembatan besar lain di Amerika adalah New River Gorge Bridge. Berketinggian 267 m diatas sebuah sungai yg bernama New River. Lebih dari 17.000 mobil melintasi jembatan itu setiap hari dan dianggap sebagai jembatan kendaraan tertinggi di Amerika.The New River Gorge Bridge adalah jembatan baja terpanjang sebelum Jembatan Millau di Prancis, jembatan ini sekarang dipakai juga untuk olahraga Extreem Rappelling atau base jumping pada waktu Fayette country festival.


The Great Belt Fixed Link

6. The Great Belt Fixed Link
Jembatan ini adalah jemabtan tertinggi di Eropa dan menghubungkan Zealand dan pulau-pulau Funen di Great Belt Denmark. Selesai pada tahun 1998, memiliki ketinggian 254 m dan terdiri dari sebuah jalan, sebuah trowongan kereta api dan sebuah kotak kayu palang jembatan. Istilah "Jembatan Sabuk Besar" biasanya tergolong ke jembatan gantung. Seperti dalam kasus pembangunan majorbridges lainnya, pembangunannya telah membuka jalan bagi usaha yang lebih baik di daerah. Jembatan ini merupakan milik Denmark dengan budjet termahal dalam sejarah, yaitu DKK 21.4 Miliar.


The Golden Gate Bridge

7. The Golden Gate Bridge
Jembatan gantung elegan ini telah muncul dalam berbagai novel, pertunjukkan, film-film hollywood. Memiliki ketinggian 227.4 m dan menghubungkan kota San Fransisco dan kota Marin Country. Meskipun menghadapi reaksi keras dan tuntutan hukum, konstruksi jembatan selesai pada tahun 1937. Ini difasilitasi laju pertumbuhan ekonomi di kota dan di daerah sekitarnya. Arsitektur dan kemegahannya telah melekat dihati semua orang, tidak hanya warga setempat, Amerika, tapi semua orang di dunia.


Tatara Bridge

8. Tatara Bridge
Sekarang giliran Jepang. Jembatan Tatara yang menghubungkan pulau-pulau Jepang Honshu dan Shikoku di seberang Laut Pedalaman Seto dan dikenal memiliki rentang terpanjang dari jembatan kabel di dunia. Memiliki ketinggian 220 m( sampai menara baja ) dan memiliki pusat rentangan 890 m. Jembatan mengagumkan Jepang ini dibuka pada tahun 1999. Jembatan ini dibangun hanya dalam waktu 6 tahun dengan konstruksi yang mengagumkan.


Penang Bridge

9. Penang Bridge/ Jembatan Pulau Penang
Selain terkenal dengan Petronas Tower nya yang tergolong bangunan tertinggi di dunia, Malaysia membanggakan Jembatan Penang (orang setempat menamainya Jembatan Pulau Penang) sebagai satu dari kehebatan bangunan struktur nasional Malaysia. Dianggap sebagai jembatan terpanjang ketiga di dunia, Jembatan Penang berdiri 8.4 km di atas air, memiliki empat menara di midspan beridiri 101.5 m dan membentang 13.5 km dari Seberang Perai di daratan Malaysia sampai Gelugor di Pulau Penang. Butuh waktu 40 tahun sejak awal konsepsi sampai terwujud dan secara resmi dibuka pada tahun 1985. Sekarang jembatan itu melayani lebih dari 70.000 orang per hari dan tetap menjadi sumber kebanggaan bagi Malaysia.


Le Point De Normainde

10. Le Point De Normainde
Jembatan ini berlokasi di Prancis. Panjang'a 2.800 kaki dengan tinggi 165 m di atas permukaan air atas Sungai Siene. Pada saat selesai, biaya konstruksi mencapai 465 juta dolar.


The Verrazano-Narrow Bridge

11. The Verrazano-Narrows Bridge
Dinamai dengan nama penjelajah Italia terkenal "Giovanni de Verrazano", jembatan ini memiliki menara tinggi 693 kaki dan memiliki rentang pusat 4.260 kaki (1.298 m). Dibangun pada tahun 1964 sampai 1981, adalah jembatan gantung terbesar di dunia. Jembatan ini menghubungkan Brooklyn dengan State Island dan telah memainkan peranan penting dalam pembangunan kawasan Big Apple tersebut.


Jembatan Suramadu

12. Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu ini adalah jembatan terpanjang di Indonesia, setidaknya saat ini, karena mempunyai panjang 5.438 m. Yang unik dari jembatan Suramadu ialah adanya tiga bagian yang membagi jembatan ini, yakni jembatan penghubung (approach bridge), jembatan utama (main bridge) dan jembatan layang (causeway).
Tujuan utama dari dibangunnya jembatan Suramadu ialah untuk mempercepat prosespembangunan di wilayah pulau Madura, yakni pembangunan pada bidang ekonomi dan infrastruktu di Madura, yang cukup tertinggal jika dibandingkan kawasan lain di JawaTimur. Dan biaya untuk pembangunan jembatan Suramadu menghabiskan biaya kira-kira 4.5 triliun rupiah. Ada 3 sisi yang digunakan dalam membangun jembatan Suramadu ini, yakni dari sisiSurabaya dan sisi bangkalan Madura. Selain itu, saat yang sama juga dibangun jembatan bentang tengah untuk membangun dari main bridge dan approach bridge.


Jembatan Balerang


13. Jembatan Balerang
Jembatan ini dibangun pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998, pemrakarsanya BJ Habibie yang kala itu menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi. Pembangunan jembatan ini menelan biaya lebih dari Rp 400 miliar. Sebenarnya yang dimaksud dengan Jembatan Barelang itu adalah enam buah jembatan yang menghubungkan tiga pulau besar dan beberapa pulau kecil yang termasuk dalam provinsi Kepulauan Riau. Nama Barelang sendiri merupakan akronim dari nama tiga pulau besar yang dihubungkan oleh jembatan ini, yakni Pulau Batam, Pulau Rempang, dan Pulau Galang. Struktur dan modelnya mirip dengan golden gate-nya San Fransisco USA. Jembatan inilah yang paling dikenal oleh masyarakat. Jembatan ini menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Tonton dan memiliki lebar tinggi 642 x 350 x 38 meter. Jembatan ini bercirikan model Cable Stayed yang menjuntai dan megah.


Source: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8083717
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

1 comment

01 Februari, 2012

Saya paling suka jembatan no 9 yaitu Jembatan Pulau Penang, benar2 unik dan keren..i like it:) Postingannya bagus dan menarik sobat. thanks. Happy blogging.

Leave a comment

Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.