Pada postingan kali ini saya mencoba mengulas tentang 4 macam kepribadian inti yang dimiliki oleh manusia. Dengan memposting tentang hal ini, bukan berarti bahwa saya ahli dalam bidang psikologi lho. Postingan ini hanya ingin memberikan gambaran bahwa dalam kehidupan kita sehari-hari, akan berhubungan dengan 4 macam kepribadian manusia yang berbeda-beda. Sehingga setelah mengetahui perbedaan itu, diharapkan bisa timbul rasa saling memahami antar sesama.

Nah 4 kepribadian yang terdapat dalam diri manusia antara lain:
  1. Sanguin → dijuluki si "Populer" karena pandai persuasif dan ingin terkenal.
  2. Koleris → dijuluki si "Kuat" karena sering dominan dan kompetitif.
  3. Melankolis → dijuluki si "Sempurna" karena perfeksionis dan serba teratur.
  4. Plegmatis → dijuluki si "Cinta Damai" karena kesetiaannya dan menghindari konflik.

    4 kepribadian diatas tidak ada yang lebih bagus atau lebih jelek, sebab masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan. Sekarang mari kita ulas kekuatan dan kelemahan dari 4 kepribadian tersebut.

    SANGUIN

    Kekuatan :
    • Suka bicara.
    • Secara fisik memegang pendengar, emosional dan demonstratif.
    • Antusias dan ekspresif.
    • Ceria dan penuh rasa ingin tahu.
    • Hidup di masa sekarang.
    • Mudah berubah (banyak kegiatan / keinginan).
    • Berhati tulus dan kekanak-kanakan.
    • Senang kumpul dan berkumpul (untuk bertemu dan bicara).
    • Umumnya hebat di permukaan.
    • Mudah berteman dan menyukai orang lain.
    • Senang dengan pujian dan ingin menjadi perhatian.
    • Menyenangkan dan dicemburui orang lain.
    • Mudah memaafkan (dan tidak menyimpan dendam).
    • Mengambil inisiatif/ menghindar dari hal-hal atau keadaan yang membosankan.
    • Menyukai hal-hal yang spontan.

    Kelemahan :
    • Suara dan tertawa yang keras (bahkan terlalu keras).
    • Membesar-besarkan suatu hal / kejadian.
    • Susah untuk diam.
    • Mudah ikut-ikutan atau dikendalikan oleh keadaan atau orang lain (suka ikutan Gank).
    • Sering minta persetujuan, termasuk hal-hal yang sepele.
    • RKP (Rentang Konsentrasi Pendek) alias pelupa.
    • Dalam bekerja lebih suka bicara dan melupakan kewajiban (awalnya saja antusias).
    • Mudah berubah-ubah.
    • Susah datang tepat waktu jam kantor.
    • Prioritas kegiatan kacau.
    • Mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas.
    • Sering mengambil permasalahan orang lain, menjadi seolah-olah masalahnya.
    • Egoistis alias suka mementingkan diri sendiri.
    • Sering berdalih dan mengulangi cerita-cerita yg sama.
    • Konsentrasi ke "How to spend money" daripada "How to earn/save money".

    KOLERIS

    Kekuatan :
    • Senang memimpin, membuat keputusan, dinamis dan aktif.
    • Sangat memerlukan perubahan dan harus mengoreksi kesalahan.
    • Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran/ target.
    • Bebas dan mandiri.
    • Berani menghadapi tantangan dan masalah.
    • "Hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini".
    • Mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat.
    • Mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus pada produktivitas.
    • Membuat dan menentukan tujuan.
    • Terdorong oleh tantangan dan tantangan.
    • Tidak begitu perlu teman.
    • Mau memimpin dan mengorganisasi.
    • Biasanya benar dan punya visi ke depan.
    • Unggul dalam keadaan darurat.

    Kelemahan :
    • Tidak sabar dan cepat marah (kasar dan tidak taktis).
    • Senang memerintah.
    • Terlalu bergairah dan tidak/susah untuk santai.
    • Menyukai kontroversi dan pertengkaran.
    • Terlalu kaku dan kuat/ keras.
    • Tidak menyukai air mata dan emosi tidak simpatik.
    • Tidak suka yang sepele dan bertele-tele / terlalu rinci.
    • Sering membuat keputusan tergesa-gesa.
    • Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain.
    • Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan.
    • Workaholics (cinta mati dengan pekerjaan).
    • Amat sulit mengaku salah dan meminta maaf.
    • Mungkin selalu benar tetapi tidak populer.

    MELANKOLIS

    Kekuatan :
    • Analitis, mendalam, dan penuh pikiran.
    • Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal.
    • Artistik, musikal dan kreatif (filsafat & puitis).
    • Sensitif.
    • Mau mengorbankan diri dan idealis.
    • Standar tinggi dan perfeksionis.
    • Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi).
    • Hemat.
    • Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif).
    • Kalau sudah mulai, dituntaskan.
    • Berteman dengan hati-hati.
    • Puas di belakang layar, menghindari perhatian.
    • Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi.
    • Sangat memperhatikan orang lain.

    Kelemahan :
    • Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan).
    • Mengingat yang negatif & pendendam.
    • Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah.
    • Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan.
    • Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah.
    • Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan.
    • Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan.
    • Hidup berdasarkan definisi.
    • Sulit bersosialisasi (cenderung pilih-pilih).
    • Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya.
    • Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang).
    • Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian).
    • Memerlukan persetujuan.

    PLEGMATIS

    Kekuatan :
    • Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh.
    • Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik.
    • Tidak banyak bicara, tetapi cenderung bijaksana.
    • Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi).
    • Kuat di bidang administrasi, dan cenderung ingin segalanya terorganisasi.
    • Penengah masalah yg baik.
    • Cenderung berusaha menemukan cara termudah.
    • Baik di bawah tekanan.
    • Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan.
    • Rasa humor yg tajam.
    • Senang melihat dan mengawasi.
    • Berbelaskasihan dan peduli.
    • Mudah diajak rukun dan damai.

    Kelemahan :
    • Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/ kegiatan baru.
    • Takut dan khawatir.
    • Menghindari konflik dan tanggung jawab.
    • Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar).
    • Terlalu pemalu dan pendiam.
    • Humor kering dan mengejek (Sarkatis).
    • Kurang berorientasi pada tujuan.
    • Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri.
    • Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat.
    • Tidak senang didesak-desak.
    • Menunda-nunda / menggantungkan masalah.

    Sekarang sudah tahu kan antara perbedaan sanguin, koleris, melankolis dan plegmatis? Setiap orang bisa saja memiliki 4 kepribadian sekaligus, namun pasti akan ada 1 kepribadian yang lebih dominan diantara yang lain.

    Jika anda ingin mengetahui kepribadian anda yang lebih dominan, silahkan ikuti kuisioner Tes Kepribadian!
    These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
    • Facebook
    • Twitter
    • Google
    • Digg
    • Sphinn
    • del.icio.us
    • Mixx
    • Furl
    • Reddit
    • StumbleUpon
    • Technorati

    134 comments

    yudhistira
    07 Maret, 2012

    artikel sangat bagus, mksih bang, ijin ngopy

    Mbond
    12 Maret, 2012

    ini yang saya cari. trimakasih

    22 Maret, 2012

    Kalo saya kyaknya Melankolis bang,, soalnya ciri sifat saya ada di melankolis.

    24 Maret, 2012

    kalo saya campuran melankolis-plegmatis, tapi dominasi plegmatisnya jauh lebih besar... :)

    11 April, 2012

    Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    11 April, 2012

    aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    11 April, 2012

    cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    11 April, 2012

    Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    11 April, 2012

    Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    11 April, 2012

    Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    11 April, 2012

    Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

    11 April, 2012

    Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    11 April, 2012

    Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    11 April, 2012

    Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    11 April, 2012

    Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    11 April, 2012

    setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    11 April, 2012

    Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

    11 April, 2012

    boleh di coba tipsnya dan artikelnya

    11 April, 2012

    Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

    11 April, 2012

    Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

    11 April, 2012

    Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.

    Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

    11 April, 2012

    Saran yang bagus. Mungkin sebagian dari kita juga sudah mempraktekkannya. Makasih infonya

    01 Mei, 2012

    lanjut ke postingan berikutnya.. ^_^

    08 Mei, 2012

    wah ternyata melankolis seperti itu ya kelebihan dan kelemahannya ada beberapa part yang cocok dengan saya ^_^

    17 Mei, 2012

    numpang baca, dan izin copas boleh ya ... terima kasih

    18 Mei, 2012

    @Susilowati UsiSilahkan jika dirasa bermanfaat. Terima kasih sudah sudi membacanya mbak :)

    22 Juni, 2012

    ijin copy boleh yaa,, :) makasiih dengan infonya

    07 Juli, 2012

    klu saya memilih MELANKOLIS karna mempunyai pemikiran yang matang dlm pemikiran, nice info, slm knl ya sob

    Anonim
    08 Agustus, 2012

    terima kasih banyak ilmunya,semoga manfaat :)

    15 September, 2012

    kalo sanguinis melankolis gimana dong? bukannya dua-duanya itu bertolak belakang ya? eh, tapi iya sih... ah, bingung.. -.-

    07 Oktober, 2012

    saya melankolis, trimakasih yah atas bantuann postingannya...

    Anonim
    10 Oktober, 2012

    Ternyata saya Masuk di Karakter Koleris......

    sanguing paling top wkkwkwk

    02 Desember, 2012

    Saya PLEGMATIS :)

    02 Desember, 2012

    Mas Bro, ada e-book yg gratis gak tentang ”PERSONALITY PLUS” itu ?

    05 Desember, 2012

    @Raudhatul JannahSaya kurang tahu link e-booknya. Dulu di facebook ada aplikasi tes kepribadian, tidak tahu apakah sekarang ada dg fitur timeline. Buku personality plus di toko buku tidak sampai 100rb kok :)

    05 Desember, 2012

    @Maria ImmaculataBerarti mbak mungkin tipe ceria tapi pemikir. Setiap org itu ada 4 kepribadian dalam dirinya sekaligus, hanya saja yg paling dominan selalu ada. Memang terasa bertolak belakang antara sanguinis dan melankolis, tapi mbak bukan satu²nya yg memiliki paduan sifat ini.. jadi gak usah bingung :D

    03 Maret, 2013

    sip gan.. hehe izin copy.. hehe

    08 Maret, 2013

    wah saya masuk dalam sifat yang mana ya??
    Bingung
    Zvelite

    Anonim
    17 Maret, 2013

    izin share ya :)

    Anonim
    18 Maret, 2013

    aku apa ya ???

    Anonim
    21 Maret, 2013

    terimakasih sudah berbagi ilmu :D

    Anonim
    23 April, 2013

    luar biasa, sangat bermanfaat
    izin untuk menjadi salah satu inspirasi dalam buku saya ya mas,
    suwun

    Anonim
    07 Juni, 2013

    nilai koleris saya 19, melankolis dan plaghmatis sama-sama 8, trus sanguinisnya cuma 5.brati saya ada dua kombinasi gtu ya? koleris-melankolis dan koleris plaghmatis?? itu wajar tidak?

    01 Agustus, 2013

    kyke ak sanguin deh

    Anonim
    31 Agustus, 2013

    ijin ngopi ya

    03 September, 2013

    dulu saya tak kenal dgn diri sendiri tapi sekarang saya tau bahwa saya seorang plegmatis-melankolis tapi lebih condong ke melankolis dan pada saat keadaan terdesak, saya akan menjadi seorang koleris. makasih bnyk utk infonya.

    Anonim
    24 September, 2013

    Saya Sanguinis - Melankolis ternyata. Type artis banget.

    19 Oktober, 2013

    bermanfaat bgt ni gan.....thx infonya ya.........tapi setelah ane tes hasilnya melankolis (50%), plegmatis (20%), koleris (20%), sisanya sanguin (10%)....ane sendiri ngasih tes ini ke 4 org terdekat ane yg (ibaratnya) udah bareng lama bgt......brarti yg 2nd dominant nya ada 2 dong????..........wajarkah hasil yg kya gitu?

    Anonim
    23 Oktober, 2013

    sangat membantu.

    zainudin
    03 November, 2013

    Tambahan wawasan yg bk,yg syogya.a stiap indifidu mngthui akn hal ini.
    thank ats ilmu.a

    thyo
    28 November, 2013

    Thanks, melankolis tidak buruk2 amat ternyata

    01 Desember, 2013

    Saya dulu punya bukunya tapi sekarang gak tau ada ditangan siapa....kemarin anak sy menanyakan ttg 4 kepribadian ini, ternyata disini ada...makasih banget deh...jd dia dan teman2nya bisa baca sdr.

    Anonim
    12 Desember, 2013

    melankolis+sanguin
    dominan melankolis ,tpi aq pgen terkenal

    15 Desember, 2013

    sangat membantu luar biasa, trimakasih infonya

    18 Desember, 2013

    keren :) saya sekarang tahu kalau saya termasuk orang melankolis :)

    29 Desember, 2013

    trnyata masuk dalam kategori Plegmatis :)

    15 Januari, 2014

    izin copy ya ;) makasih buat nambah wawasannya

    16 Januari, 2014

    Mntaàaappp....
    izin share ya: )

    20 Januari, 2014

    Tambahan:
    (Selain 4 kepribadian ada lagi)
    Supine : Mereka tampak seperti melankolis namun ternyata mereka berperasaan seperti sanguin! Harga diri mereka rendah hingga membuat mereka menjadi helper/servant.

    23 Januari, 2014

    makasih... bermanfaat bgt :)

    28 Januari, 2014

    saya bener" KOLERIS ini.. cara merubah'a gimana ya??

    28 Januari, 2014

    semua yg ada di dirisaya benar" KOLERIS.. untuk merubah'a saya harus gimana ya?

    03 Februari, 2014

    izin copy mas ariebuat nambah ilmu.....moga slalu mendapat kesuksesan.....amien

    05 Februari, 2014

    bagus infonya, makasih ya...

    06 Maret, 2014

    Aku sih hampir semua sifat2nya cocok sama sanguinis..baik sifat positif atau negatifnya.. hehee.. :D

    06 Maret, 2014

    Kalo aku sih paling dominan sanguin. Semua sifat2nya cocok sama aku,baik sifat yg positif atau negatif..

    Anonim
    20 Maret, 2014

    Saya lebih ke koleris. Tapi kenapa kelemahan di sanguin kok rasanya semuanya persis dengan kepribadian saya ya?

    27 Maret, 2014

    ada yang tau ga film apa yang tokohnya menggambarkan ke 4 karakteristik masing2? lagi nyari ni buat tugas.. film yang tokohnya itu menunjukkan ke 4 karakteristik..ada yang tau ga?

    12 Mei, 2014

    kok g dkcih tau referensix ce,,,

    12 Mei, 2014

    terimakasih gan, sangat bermanfaat, ijin share ilmu gan :D

    10 September, 2014

    Wah keren hehe

    Anonim
    22 September, 2014

    mantap., izin copy ya ilmunya... semoga berkah

    24 September, 2014

    aku si populer

    Anonim
    07 Oktober, 2014

    melankolis

    06 November, 2014

    Postingan keren. Hehee...baru baca bukunya, nyampe halaman 21. Terima kasih berbagi ilmunya :)

    Anonim
    16 November, 2014

    Kalau saya pernah tes kepribadian dapat plegmatis..alhamdulillah bs jadi kenal diri dan mengatasi diri,,

    17 November, 2014

    Kita sadari atau tidak setiap orang pasti pernah mempunyai ciri ciri sifat di atas. Karena hati manusia itu mudah berubah ubah.

    19 November, 2014

    like it

    Anonim
    12 Desember, 2014

    artikel ini sgt bagus dan persis bgt kelebihan yg dikatakan...itu pas dgn tipe gue bgt.

    Anonim
    13 Desember, 2014

    Aq kog ganda ya...

    14 Desember, 2014

    aku berdasarkan paparan di atas, meduduki posisi tipe orang yang memiliki kepribadian sanguinin. tapi tank semuanya benar. ada juga yang terlewatkan... terma kasih atas postingnya..

    Anonim
    26 Desember, 2014

    Sangat bermanfaat

    30 Desember, 2014

    izin copas mas yaa

    03 Januari, 2015

    Informasi ini sangat penting dan sangat bermanfaat bagi banyak orang

    sangat bermanfaat informasinya master... saya sangat terbantu untuk mengenal kepribadian saya sendiri

    04 Februari, 2015

    sangat goodddddddddddddddddddddddd

    Anonim
    10 Maret, 2015

    Aku sanguinis (65%) melankolis (20%) koleris (5%) dan plegmatials (10%).

    20 Maret, 2015

    saya kayaknya cenderung plegmatis nih

    21 Maret, 2015

    Sangat perlu banget alam hiup kita untuk berpikir secara fositip

    21 Maret, 2015

    salam suksesss selalu dalam berpikir fositip

    21 Maret, 2015

    salam suksesss selalu dalam berpikir fositip

    Informasi yang bermanfaat sekali nih, sekarang saya jadi tahu tipe kepribadian saya sekarang. terimaksih gan,,,

    Hahaha.. Ane manusia tipe Koleris...
    kalo di versi lain seperti MBTI ane tipe ENTJ..

    18 Mei, 2015

    referensi buku yang berkaitan sama artikel diaatas please :) thanks

    roman ragaza
    23 Mei, 2015

    Kalau saya sepertinya plegmatis bang , soalnya hmpir mirip bang

    08 Juni, 2015

    Jadi tau yangmana tipe kepribadian sendiri :D

    Sip artikelnya :)

    sangat baik luar biasa , gan anda ngeblog dari kapan / kok bagus saya amat sangat tertarik mengunjungi blog anda

    Anonim
    18 Juni, 2015

    Aku nggak tahu pasti tipe kepribadian aku apa, susah menilai diri sendiri. Biarlah orang lain yang menilainya. Lagipula kepribadian aku berubah-ubah, tergantung sedang berkumpul dengan siapa. Kalau dengan yang lebih berprestasi, rasa percaya diri lemah; kalau dengan yang kurang berprestasi, rasa percaya diri kuat. Dan tergantung hal-hal apa yang aku hadapi. Kalau yang menarik bagi aku, bergairah; kalau nggak menarik bagi aku, nggak bergairah.

    Anonim
    04 Juli, 2015

    Bermanfaat bangett, jadi tau kepribadian sendiri:))

    29 Juli, 2015

    Wah bagus banget penjabaran tentang kepribadian
    Makasih ya

    03 Agustus, 2015

    silahkan baca juga ulasan kepribadian di blog saya

    12 Agustus, 2015

    kalau orang yang inginnya dimengerti, terus sering mengatur, selalu menyalahkan orang lain masuk yang kategori mana?

    24 Agustus, 2015

    aku sudah pasti melankolis, tenang dan damai

    Anonim
    27 Agustus, 2015

    waduhhh saya kudet nihh :D
    Saya baru nyoba sekarang, dari hasil pengisian kuisioner tadi, kebanyakan jawabannya B, jadi we si aku teh KOLERIS :D

    02 Desember, 2015

    @yudhistira
    kolektif dan sanguin

    27 Januari, 2016

    waaahh infonya mantap nih, tp aku pernah denger-denger kalo posisi tidur juga ngasih liat arti kepribadian kita loh hehee

    19 Februari, 2016

    maaf saya mau nanya mas, ada referensi buku tentang membahas tentang kepribadian manusia? mohon bantuannya. terima kasih

    07 Maret, 2016

    Kalau saya yg mana ya...

    13 Maret, 2016

    BAng,kpribadian dominan sewaktu-waktu bisa berubah nggk?

    18 Maret, 2016

    Ini yang saya cari, thanks

    22 April, 2016

    setelah membaca sy sendiri bingung, sebenarnya sy pd posisi dimana yg lebih dominan,
    namun ucap syukur dan terimakasih kepada penulis, karena Anda sy berusaha lebih banyak belajar utk evaluasi terhadap pribadi sy,matur suwun dulur

    ooooh jadi kepribadian manusia ada 4 ya, ane baru tau gan thanks ya infonya

    23 Mei, 2016

    waaaah terimakasih, min. baru lihat ini artikel dan sangat simpel tetapi padat. namun apapun jenis kepribadiannya jika buruk, tinggalkan saja orangnya. btw izin copy yah gan. maaciiiw

    Leave a comment

    Silahkan tulis komentar, kritik dan saran yang membangun. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak perlu menautkan link karena sudah tersedia login dengan Url.